Kenali Gejala Awal dari Gambar Kanker Payudara

Gambar Kanker Payudara

Waktuku.comGambar Kanker Payudara adalah penyakit yang ditakuti oleh kaum wanita. penjelasan jelas terkait Gambar kanker payudara dberikan agar dapat mudah dipahami dan dimengerti mengenai ciri-ciri khususnya.

Gambar Kanker Payudara Beserta Ciri-Cirinya:

1. SAKIT, KEMERAHAN DAN GATAL PADA PUTING
SAKIT, KEMERAHAN DAN GATAL PADA PUTINGTerlihat dari Gambar kanker payudara, Indikasi yang paling terlihat dari kanker payudara adalah, daerah benjolan akan terasa panas (nyeri), bersisik, dan kemerahan, Apabila disentuh akan terasa gatal dan sakit, yang dapat disertai dengan pembengkakan atau bintik ungu yang menyerupai memar.

Namun, penting untuk diketahui. Beberapa gejala ini juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain. Seperti, kehamilan, ketidakseimbangan hormon, atau ruam lainnya.

Tapi, jika gejalanya melewati lebih dari siklus menstruasi anda, daya tahan tubuh menurun, dan terbatas hanya pada satu payudara. Disarankan anda segera konsultasi dengan dokter spesialis terkait.

2. NYERI PUNGGUNG ATAS
NYERI PUNGGUNG ATASTerlihat dari Gambar kanker payudara, Kadang-kadang gejala kanker payudara juga bisa dirasakan dengan timbulnya rasa sakit pada bagian punggung atas atau bahu, daripada bagian dada dan payudara.

walaupun anda melakukan peregangan atau mengubah posisi, rasa sakitnya tidak akan hilang. Selain itu rasa sakitnya akan berlangsung lama, disertai dengan nyeri di dalam tulang atau berdenyut.

Hal ini disebabkan oleh penyebaran kanker payudara pada tulang bagian belakang, sehingga menjadi kanker tulang sekunder.

Dalam kebanyakan kasus, wanita jarang mengenali gejala ini sebagai tanda kanker payudara, dan sering menganggapnya sebagai peregangan otot biasa.

Jika sakit punggung anda tidak hilang dengan istirahat dan peregangan, segeralah konsultasikan ke dokter.

3. PERUBAHAN PADA PUTING
PERUBAHAN PADA PUTINGTerlihat dari Gambar kanker payudara, Pertumbuhan tumor dekat puting akan cepat terlihat, seperti perubahan bentuk dan penampilan yang sangat cepat berkembang. Anda pun bisa dengan mudah menyadari ketika anda berpakaian atau becermin.

Sedangkan perubahan yang paling umum yang terkait dengan kanker payudara adalah menyusutnya bagian puting(tidak menonjol) seperti biasanya. Kemudian biasanya kulit menjadi bersisik, meradang dan berkerak.

Dan juga rasa kesensitifannya akan menurun drastis, ditambah dengan keluarnya cairan dari dalam puting susu dengan sendirinya. Apabila cairan tersebut berupa darah, maka bisa dipastikan itu adalah kanker.

4. PERUBAHAN UKURAN PAYUDARA
PERUBAHAN UKURAN PAYUDARA

Terlihat dari Gambar kanker payudara, Perubahan tidak merata dalam ukuran payudara juga bisa menjadi tanda, pada dasarnya ini sangat penting untuk diketahui. karena benjolan biasanya bisa sering tersembunyi dan tidak dapat dirasakan.
Bahkan kadang-kadang sinar-x (mammogram) pun bisa luput mendeteksinya.

Coba anda perhatikan ukuran payudara anda di depan cermin dengan seksama. Kemudian lihat dari samping kanan dan kiri, apakah ada perbedaan. Jika ada, diharapkan anda tidak panik terlebih dahulu. karena tidak semua perubahan tersebut merupakan kanker payudara.

Biasanya 1-2 minggu sebelum menstruasi payudara akan sedikit mengalami perubahan, dan akan menghilang 1 minggu setelah menstruasi berakhir.

Namun jika perubahan itu terus berlanjut dan menggangu dalam 2-3 minggu siklus menstruasi berikutnya, sebaiknya anda periksakan diri ke dokter. Selain itu, diperlukan juga pemeriksaan lanjutan, seperti pemeriksaan mammografi dan ultrasonografi.

5. BENJOLAN DAN PEMBENGKAKAN DI KETIAK
BENJOLAN DAN PEMBENGKAKAN DI KETIAKTerlihat dari Gambar kanker payudara, Tempat umum yang juga berpengaruh jadi gejala kanker payudara adalah kelenjar getah bening yang ada di ketiak. Cairan limpatik yang mengalir dari payudara akan membentuk benjolan di sekitar ketiak.

Ketika anda sentuh dengan jari, anda akan merasakan seperti ada benjolan yang keras dan melekat.

Ini terjadi karena kelenjar getah bening yang ada di ketiak dekat dengan area payudara, sehingga memungkinkan menjadi gejala awal kanker payudara.

Namun, flu, pilek dan infeksi juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Jadi, jika anda sedang sakit, anda bisa menunggu sampai anda sembuh. Kemudian periksa kembali apakah pembengkakan itu masih ada atau sudah menghilang.