Doa Zakat Fitrah Untuk Keluarga dan Diri Sendiri

Doa Zakat Fitrah

Waktuku.comDoa Zakat Fitrah, Doa ialah memohon/meminta pertolongan terhadap Allah SWT. Doa dipanjatkan bukan hanya orang yang sedang terkena musibah saja akan tetapi dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan suatu apa pun, sebagai insan yang beriman kiranya kita tetap layak untuk berdoa.

Setidaknya berdoalah memohon kepada Allah SWT agar diampuni segala dosa-dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Meminta doa untuk kekuatan dan ketabahan iman agar kita tidak terjerumus dari lembah kemaksiatan yang akan membawa kita kedalam jurang neraka.

Kita sadari bahwa situasi dan kondisi yang dihadapi sehari-hari berputar bagaikan roda. Mungkin saja hari ini kita sehat bisa menikmati indahnya dunia, tapi kita tidak tahu hari esok, apakah masih bisa bernafas atau tidak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita sepanjang waktu berdoa demi keselamatan hidup. Rasulullah SAW bersabda, “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam -pandangan Allah, selain dari berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang.” (HR. Al-Hakim).

Dalam berdoa jangan memohon yang menurut kita adalah sesuatu yang baik-baik, padahal sesungguhnya buruk. Misalnya karena tidak tahan dengan rasa sakit sehingga kita berdoa supaya cepat mati, karena itu sangat di larang oleh Allah SWT. Rosulullah SAW telah bersabda, Sekali-kali janganlah kalian meminta mati. Jangan pula mendoakannya sebelum mati itu datang sendiri. Sebab jika kamu telah mati, maka berhentilah kalian beramal. Sesungguhnya bertambah panjang umur seorang mukmin, bertambah pula kebaikan yang dapat diperbuatnya”. (HR. Muslim)

Orang yang berdoa akan dikabulkan oleh Allah. Walaupun kita tidak merasakan secara langsung. Apabila doa tersebut tidak kunjung diberikan, Allah akan mengganti dengan yang lebih baik. Bahkan Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku perkenankan bagimu.” (QS. Al- Mukmin: 60) “Dan Dia memperkenankan (doa) orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta menambah (pahala) kepada mereka dari karunia-Nya. (QS. Asy- Syuro: 26)

Doa juga bisa dipanjatkan saat-saat tertentu, misalnya saat zakat fitrah ini. Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam baik laki-laki, perempuan, tua atau muda, merdeka atau budak, besar atau kecil pada awal bulan ramadhan sampai menjelang sholat idul fitri, dengan tujuan untuk mensucikan diri dari segala dosa-dosa, sertaa membantu golongan-golongan tertentu agar bisa merayakan hari raya bersama-sama. Zakat fitrah dikeluarkan berupa makanan pokok di daerah masing-masing yang dibayarkan sebanyak 3,2 liter, atau 2,5 kg (para ulama berbeda terkait jumlah takaran ini).

Bacaan doa zakat fitrah idul fitri secara lengkap kami sajikan di halaman ini. Perlu untuk diketahui bahwa pada prakteknya doa zakat fitrah sangat bermacam-macam, artinya kita bisa niat untuk diri kita sendiri, kita juga bisa niat berfitrah untuk orang-orang yang diwakilkan kepada kita seperti keluarga, anak-anak dan orang lain. Maka lafadz bacaan doa zakat fitrah pun berbeda-beda sesuai yang memfitrahkan, namun intinya sama yaitu niat mengeluarkan zakat yang diwajibkan atas diri setiap individu muslim baik laki-laki maupun perempuan sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan.

Adapun untuk pelaksanaan atau waktu mengeluarkan zakat fitrah yakni pada bulan puasa ramadhan sampai terbitnya fajar menjelang sholat idul fitri. Kebanyakan masyarakat disekeliling kita biasanya zakat fitrah dikeluarkan saat tanggal 27 s/d 30 Ramadhan atau saat Malam Takbiran. Hal tersebut tetap diperbolehkan, karena zakat fitrah selambat-lambatnya dan/atau paling lambat dikeluarkan sebelum orang-orang selesai menunaikan shalat ied (hari raya idul fitri). Apabila dikeluarkan setelah sholat idul fitri maka tidak tergolong ke dalam zakat fitrah, melainkan sedekah biasa.

Dan berikut adalah lafadz doa zakat fitrah dalam bahasa arab, tulisan latin lengkap dengan terjemahannya.

zakat fitrah

1. Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Doa Zakat Fitrah ini diucapkan oleh diri kita sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain. Adapun lafadznya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: “Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala”.

2. Doa Zakat Fitrah untuk Istri

Jika seorang suami ingin membacakan doa zakat fitrah untuk istrinya, maka lafadznya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA’AALAA

Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta’ala”.

3. Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

Bagi orang tua yang mempunyai seorang anak laki-laki dalam keadaan masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca doa zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya:

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ… فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: “Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala”.

4. Doa Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Bagi orang tua yang mempunyai seorang anak perempuan dalam keadaan masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca doa zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya:

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ… فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: “Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala”.

5. Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘ANNII WA’AN JAMII’I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR’AN FARDHOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya:“Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala”.

6. Doa Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya:”Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala”.