Diet OCD: 4 Cara yang Diet OCD Benar Untuk Pemula

Diet OCD

Waktuku.com –┬áBerbagai program diet untuk menurunan berat badan, sekarang sedang diterapkan oleh banyak orang yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal. Salah satu metode diet yang terkenal adalah OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) yang merupakan metode diet yang diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier. Kemudian bagaimana cara diet ocd yang baik dan benar, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Cara Diet OCD untuk Menurunkan Berat Badan

Cara diet ocd ternyata diminati oleh banyak orang, karena sudah memberikan bukti hasil maksimal. Banyak orang menggunakan metode ocd dan memberikan pengakuan (testimoni) bahwa mereka mendapatkan hasil diet maksimal. Tentunya jika Anda tertarik dan ingin menurunkan berat badan secara serius, anda bisa menggunakan cara diet ocd ini.

Ada perbedaan yang cukup mencolok dari diet ocd bila dibandingkan dengan diet biasa. diet yang diperkenalkan Deddy Corbuzier memungkinkan makanan tak terbatas dalam jangka waktu tertentu, agak berbeda dengan metode diet biasa yang mengurangi porsi makanan dan juga membatasi jenis makanan yang dikonsumsi.

Dimana sebenarnya cara diet ocd ini ditemukan oleh Deddy Corbuzier?. Diet ocd adalah metode yang terinspirasi dari seseorang yang berasal dari hongkong yang merupakan supir. Pengemudi memiliki tubuh yang kokoh dan bugar meski sudah berusia 72 tahun tapi terlihat seperti berusia 40 tahun. Sopir yang juga mantan pekerja di biara Shaolin, dan akhirnya dia menceritakan rahasianya bahwa cara itu digunakan dalam makanan ocd yang terkenal sekarang ini.

Dalam diet ocd ada istilah yang digunakan “jendela makanan”. Jendela makanan adalah satu masa dimana orang yang diet diperbolehkan makan makanan apapun, tapi jika jendela makan ini berakhir maka dilanjutkan dengan puasa makan, namun tetap diperbolehkan mengkonsumsi minuman tanpa kalori seperti air. Air mineral, teh segar, kopi pahit dan minuman non-kalori lainnya.

Bila diaplikasikan, jendela makan dilakukan pada siang hari, seperti mulai pukul 11, 12, 1, 2 dan seterusnya. Metode diet ini juga tidak memperbolehkan penggunannya untuk makan makanan dipagi hari karena hal ini bisa memperlambat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Tips dan Tata Cara Diet OCD yang Tepat

Jika anda ingin menggunakan cara diet ocd ini agar berhasil menurunkan berat badan, anda harus tahu bagaimana teori yang harus dilakukan saat melakukan diet ocd ini, agar bisa dipraktekkan dengan baik dan benar. Silahkan simak prosedur berikut bila anda ingin melakukan diet dengan cara diet ocd.

1. 8 Jam Bebas Makan dan 16 Jam Puasa

Dalam metode pertama ini anda bisa menggunakan 8 jam untuk bebas makan makanan apapun (dalam jumlah yang wajar) dan setelah 8 jam kemudian dilanjutkan dengan puasa untuk makan, namun anda tetap diperbolehkan minum minuman yang tidak memiliki kalori.

Contoh: anda memulai diet ocd jam 1 siang, maka anda bebas mengkonsumsi makanan sampai jam 9 malam dan setelah itu berpuasa. Dan seterusnya. Dalam metode pola makan pertama ini sangat cocok untuk pemula dalam waktu 1 sampai 2 minggu agar tubuh menyesuaikan dengan metode diet ini, maka anda bisa masuk pada tingkat makan berikutnya.

2. Waktu Bebas Makan 6 Jam dan 18 Jam Puasa

Metode yang kedua ini bebas mengkonsumsi makanan dalam waktu 6 jam dan sisa waktu tersebut digunakan untuk makanan cepat saji seperti yang dicontohkan pada metode pertama.

Contoh: anda memulai diet ocd pada jam 1 siang, maka Anda bebas mengkonsumsi makanan sampai jam 7 malam dan sisa waktu itu digunakan untuk makanan cepat saji. Jendela makan kedua ini dianjurkan jika anda dapat menyesuaikan diri dengan metode pemberian makan jendela pertama.

3. Waktu Bebas Makan 4 Jam dan 20 Jam Puasa

Metode jendela makan ketiga ini, waktu makan menjadi semakin terbatas. Jangka waktu makan hanya 4 jam dan sisanya digunakan untuk puasa. Minuman yang bisa diminum tapi tidak berkalori. Misalnya, anda mulai melakukan cara diet ocd jam 1 siang, maka anda bebas mengkonsumsi makanan sampai jam 5 sore.

Dan sisa waktu berikutnya adalah berpuasa tapi bebas mengkonsumsi minuman non-kalori seperti yang disebutkan di atas. Metode ketiga ini, jika terlalu berat, bisa digabungkan dengan jendela makan pertama atau jendela makan kedua.

4. Puasa Selama 24 Jam

Cara yang keempat ini terlihat menyeramkan, tetapi tidak perlu khawatir, karena meski puasa 24 jam tidak berarti anda sama sekali tidak mengonsumsi makanan. Namun, waktu makan yang anda gunakan hanya sekali sehari, seperti biasa bebas makan apa saja tapi setelah makan di lain waktu digunakan untuk puasa makan.

Misalnya: anda makan ocd pada hari minggu jam 1 siang, maka anda bisa makan lagi pada hari senin jam 1 siang, lalu lanjutkan dengan jendela makan misalnya jam makan 4 jam maka anda bisa makan pada hari senin dari jam 1 siang sampai jam 5 sore. Puasa 24 jam diterapkan 1-2 kali dalam setiap minggu. Akan tetapi, jangan memaksakan dalam artian anda harus melakukan sesuai kemampuan tubuh anda.

Dan yang perlu diingat adalah cara diet ocd sangat fleksibel. Terkadang hanya sekali 24 jam berpuasa dengan pola makan jendela 6 jam, terkadang 2 kali puasa dengan jam makan 4 jam atau 8 jam.

Akan tetapi yang paling penting ketika andan menggunakan cara ini, anda harus memiliki keseriusan melakukannya. Semua metode diet memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Dan diet ocd ini telah dilakukan oleh Deddy Corbuzier sendiri dan menurutnya sesuai. Selain itu, banyak juga yang telah menerapkan metode diet ini dan mendapatkan hasil yang cukup terlihat.

Perlu diperhatikan bahwa bagi anak-anak yang masih tumbuh dewasa, cara diet ocd ini tidak diperkenankan. Karena pada usia pertumbuhan (remaja) pertumbuhan HGH masih sangat tinggi. Jika ingin menurunkan lemak atau menambah tinggi badan, aktivitas olahraga rutin lebih baik bagi remaja. Aktivitas ini bisa membantu menurunkan berat badan atau menambah berat badan. Jangan lupa untuk memenuhi asupan kalori dan gizi yang seimbang setiap harinya.