Para kandidat yang akan mengikuti Debat Cagub DKI 2017 pada Jumat, 13 Februari 2017 nanti.
Para kandidat yang akan mengikuti Debat Cagub DKI 2017 pada Jumat, 13 Februari 2017 nanti.

Waktuku.com – Debat Cagub DKI, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, memastikan debat kandidat akan menampilkan kualitas dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017.

Pada debat cagub DKI nanti, KPU DKI akan menyiapkan enam segmen dalam debat kandidat cagub-cawagub DKI Jakarta yang akan diselenggarakan pada 13 januari 2017.

“Kami siapkan enam segmen,” kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, Jumat (06/01/17) seperti yang dikutip dari Uzone.id.

Baca juga: Ahok-Jarot Siapkan Solatip Untuk Debat Besok

Apa sajakah keenam segmen pada debat kandidat pilkada DKI Jakarta 2017 nanti?

Pertama, Pemaparan Visi Misi

Pada segmen pertama ini, ketiga kandidat cagub-cawagub DKI akan memaparkan visi, misi serta programnya jika terpilih pada saat pemilu nanti

Kedua, Pendalaman Visi Misi

Di segmen ini, setiap pasang akan diberikan pertanyaan oleh moderator terkait visi misi yang dipaparkan di segmen sebelumnya. Di beberapa pemilihan, segmen ini sedikit banyak menentukan kelayakan dan kepatutan pasangan di mata pemilih

Ketiga, Permasalahan Jakarta

Masih belum ada debat antar pasangan, pertanyaan maish berasal dari moderator yang terfokus pada permasalahan di Jakarta. Temanya bisa menyangkut sosial-ekonomi, pendidikan-kesehatan hingga lingkungan-transportasi.

Keempat, Saling Lempar Pertanyaan

Di segmen ini akan semakin seru karena setiap pasang calon diperbolehkan memberikan pertanyaan pada pasangan lain. Hanya saja belum terjadi debat, prosesnya hanya memberi pertanyaan lalu dijawab oleh yang bersangkutan.

Baca juga: Mahasiswa Rala Hujan-Hujanan pada Aksi Demo 121

Kelima Debat Antar Calon

Di sini, debat sebenarnya akan terjadi karena setiap pasangan calon bisa saling mendebat pernyataan dari pasangan lain. Namun Sumarno mengatakan jika debat akan tetap diatur. Para pasangan pun dilarang melontarkan kalimat sensitif yang menyinggung SARA.

Keenam, Pernyataan Penutup

Mirip dengan segmen 4, di segmen terakhir ini setiap pasang diperbolehkan memberi pertanyaan penutup kepada pasangan lain.

Sementara itu, Sumarno mengatakan materi debat sendiri sedang disusun oleh KPU bersama dengan tim panelis. Tim panelis ini terdiri dari sejumlah pakar yang sudah dipilih. “Masih kami siapkan materi debatnya,” kata dia.

Ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno diwajibkan hadir dalam debat kandidat ini. KPU berencana menyelenggarakan tiga kali debat kandidat sebelum hari pemilihan pada 15 Februari 2017 mendatang.

(zio/dbs)