7 Dampak Positif Globalisasi Dalam Berbagai Bidang

dampak positif globalisasi

Waktuku.com – Globalisasi yang selama ini terjadi di penjuru bagian dunia ternyata memiliki pengaruh, baik berupa dampak positif globalisasi maupun dampak negatif yang timbul karena hal tersebut. Dan selama ini pengaruhnya memang sangat banyak dirasakan penduduk dunia karena setiap hari semua orang memang merasakan hal serupa atas kejadian ini.

Secara umum globalisasi dapat diartikan sebagai proses integrasi yang menyangkut hubungan banyak manusia karena adanya pertukaran pandangan baik pemikiran, produk serta beberapa aspek kebudayaan yang terjadi di dalamnya.

Dalam pandangan etomologi ungkapan globalisasi memang makna dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata, globalization dan ization. Dimana globalization arti proses mendunia, sehingga dapat diartikan sebagai proses pemikiran, informasi, gaya hidup serta teknologi yang dijalankan secara mendunia.

Faktor Terjadinya Globalisasi

Pada proses terjadinya globalisasi memang terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab utama. Di mana faktor tersebut memang sangat mempengaruhi beberapa hal yang membuatnya terkesan memberikan banyak sekali perbedaan dalam beberapa sektor kehidupan. Berikut ini merupakan faktor yang menjadi penyebab adanya globalisasi yang sudah kita rasakan sejauh ini.

Perkembangan Teknologi dan Informasi

Terjadinya perkembangan teknologi dan informasi tentu saja mempengaruhi adanya proses globalisasi yang saat ini banyak dirasakan masyarakat dunia. Sedangkan dalam masalah ini juga mempengaruhi faktor transportasi yang menjadikannya semakin meningkat. Apalagi sejak adanya elektronik transaksi yang membuat semua proses kegiatan jual beli di seluruh dunia menjadi lebih mudah dan nampak sederhana.

Kerjasama Bidang Ekonomi Internasional

Terjadinya proses kerjasama dalam bidang ekonomi antara negara-negara ada di seluruh dunia juga masuk menjadi faktor terjadinya globalisasi. Dalam proses ini semua kesepakatan perdagangan yang bersistem internasional menjadi lebih mudah. Dan proses yang terjadi pada sektor ekonomi bisa berjalan secara berkelanjutan sampai saat ini.

Mempermudah Pengiriman Barang dan Jasa

Terjadinya transaksi pengiriman barang yang terjadi antar negara juga merupakan faktor adanya perkembangan globalisasi. Sehingga beberapa produk dari negara lain bisa masuk pada sebuah negara yang masih dalam taraf berkembang. Proses ini membuat Banyak masyarakat semakin mengkonsumsi beberapa produk dari negara lain dan proses asimilasi dan pertukaran kebudayaan menjadi terpengaruh.

Berkurangnya Konflik Antar Negara

Semakin sadarnya masyarakat yang ada di seluruh dunia tentang pentingnya kerjasama internasional juga mampu mengurangi konflik yang terjadi beberapa waktu sebelumnya. Hal inilah yang membuat globalisasi bisa masuk dan dirasakan sepenuhnya pada beberapa negara yang sedang mengalami konflik.

Pengaruh Sumber Daya Alam

Semakin mudahnya sistem perdagangan pastinya akan mempengaruhi sumber daya alam sebuah negara. Hal inilah yang membuat globalisasi menjadi bisa berkembang pada negara yang membutuhkan suplai sumber daya alam dari negara lain. Sehingga pengaruh globalisasi semakin bisa dirasakan oleh negara yang membutuhkan tersebut.

Meskipun seringkali banyak sekali pandangan negatif tentang adanya perkembangan era globalisasi, namun pada kenyataannya globalisasi banyak memberikan dampak negatif kepada masyarakat dunia yang menerimanya. Berikut ini adalah beberapa dampak positif globalisasi yang bisa dipelajari untuk memperoleh nambah pengetahuan bagi Anda semuanya.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Beberapa Bidang

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

– Banyak sekali lapangan pekerjaan baru yang semakin muncul dikalangan masyarakat sehingga nilai pengangguran pada sebuah negara menjadi lebih berkurang.
– Terjadinya pasar bebas dalam beberapa negara juga membuat kegiatan ekspor impor barang termasuk jasa menjadi terus berkembang
– Banyak sekali peluang usaha internasional terbuka dan membuat pangsa pasar pada negara lain dapat dijangkau oleh setiap pengusaha.
– Di pasar domestik banyak sekali produk dari mancanegara yang memiliki nilai guna lebih tinggi.
– Banyak berdiri pusat perbelanjaan yang memiliki sistem modern dan peluang usaha menjadi semakin meningkat.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Politik

– Semakin naiknya nilai demokrasi pada negara menerima globalisasi secara terbuka.
– Banyak negara yang turut berpartisipasi isi dalam usaha menciptakan tujuan perdamaian dunia.
– Semua bidang semakin mudah karena terjadi kerjasama antar negara.
– Adanya pengakuan HAM (hak asasi manusia) pada negara yang mengalami globalisasi.

Dampak Positif di Bidang Sosial Budaya

– Semakin meningkatnya rasa solidaritas antara negara satu dengan lainnya.
– Pertukaran pelajar membuat taraf pendidikan sebuah negara menjadi meningkat.
– Masuknya beberapa budaya asing semakin menambah kekayaan budaya bangsa.
– Ini terjadinya perkembangan yang pesat pada ilmu pengetahuan dan teknologi di sebuah negara.
– Semakin tumbuhnya sikap toleransi yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Transportasi

– Teknologi transportasi menjadi canggih baik kendaraan umum maupun pribadi.
– Semakin murahnya biaya transportasi pada sebuah negara.
– Distribusi alat transportasi menjadi murah dan terjangkau.
– Masyarakat semakin nyaman saat berkendara umum maupun pribadi.

Dampak Positif di Bidang Informasi dan Komunikasi

– Semakin tidak ada batas waktu dan jarak saat melakukan komunikasi dengan orang lain.
– Sikap kosmopolitan semakin meningkat dari toleransi yang terjadi di masyarakat.
– Dunia informasi menjadi cepat didapatkan dengan adanya internet.
– Semua kegiatan niaga barang menjadi lebih mudah dari segi penjualannya, pembayaran dan distribusinya.

Dampak Positif di Bidang Pendidikan

– Banyak situs pendidikan yang bermanfaat bisa dipakai semua kalangan.
– Proses belajar mengajar menjadi lebih aktif dari adanya informasi di media internet.
– Kualitas tenaga pendidikan menjadi lebih meningkat dan semakin baik.
– Banyak karya inovatif muncul dari adanya media yang membantu pada dunia pendidikan.

Dampak Positif di Bidang Pertahanan dan Keamanan

– Meningkatnya supremasi hukum dalam sebuah negara sehingga demokratisasi menjadi berkembang.
– Semakin menguatnya regulasi hukum serta peraturan undang-undang masyarakat umum.
– Sistem penegak hukum semakin transparan, akuntabel dan profesional.
– Kerjasama antar bangsa dalam segi pertahanan dan keamanan menjadi meningkat.
– Keamanan bilateral, regional dan internasional menjadi semakin kuat di beberapa negara.

Beberapa dampak positif globalisasi pada ulasan di atas, ternyata pengaruh dari perkembangan globalisasi juga membuat beberapa hal yang terjadi di masyarakat menjadi semakin bergeser ke arah yang lebih baik. Hal inilah yang membuat globalisasi semakin diterima banyak masyarakat dunia. Bukan hanya dapat memudahkan tetapi juga membuat sebagian orang bisa lebih mengembangkan pemikiran rasional mereka. Karena dulunya sebagian negara masih menerapkan sistem pemikiran rasional yang membuatnya tertutup dari negara lain.

Selain itu dengan adanya dampak globalisasi semua negara yang masih dalam taraf berkembang juga semakin bisa menikmati kecanggihan teknologi dan ilmu pengetahuan. Aktivitas yang terjadi di lingkungan masyarakat juga menjadi lebih berinovasi sehingga banyak masyarakat yang semakin berpikir lebih maju. Bahkan jika terdapat permasalahan yang biasanya menjadi kendala dalam aktivitas sehari, semakin cepat terpecahkan bahkan akan mendapatkan solusi yang jauh lebih baik.

Saat ini banyak sekali negara yang panik karena banyaknya pengangguran yang semakin meresahkan masyarakat. Dari adanya pengaruh positif globalisasi tersebut, tentu saja masalah pengangguran bisa segera terpecah. Banyak lapangan pekerjaan yang dapat membantu para pengangguran untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang layak.

Sehingga taraf hidup sebagian besar masyarakat dunia semakin tertolong dengan sistem perubahan yang diakibatkan oleh globalisasi tersebut. Demikian pengertian dan dampak positif globalisasi yang bisa dipelajari dan diketahui secara lebih luas. Semoga beberapa hal di atas dapat menambah pengetahuan dan juga kesempatan menghadirkan banyak peluang menuju taraf hidup yang lebih baik.