11 Dampak Pemanasan Global Bagi Manusia dan Terhadap Lingkungan

Dampak Pemanasan Global

Waktuku.com – Sekarang ini seluruh dunia memang sedang mengalami permasalahan pemasanan global. Perubahan iklim pun terjadi akibat dari pemanasan global ini. Apalagi saat ini berbagai daerah Indonesia sedang dilanda musim kemarau yang begitu panjang namun tiada yang namanya hujan. Di sini kebakaran hutan bahkan kekeringan pun semakin meluas akibat dari kemarau yang panjang. Kini dampak pemanasan global pun tidak boleh disepelekan begitu saja.

Sebab hal tersebut bisa memberikan pengaruh besar baik bagi manusia bahkan juga lingkungan. Pemanasan global merupakan salah satu bentuk dari adanya perubahan iklim dimana suhu udara justru semakin memanas. Hingga akhirnya perubahan curah hujan pun harus terjadi dan bisa menyebabkan adnaya kenaikan intensitas cuaca yang begitu ekstrim.

Secara luas pemanasan global ini memang memberikan efek bagi manusia sebab bisa berpengaruh pada makanan, air yang mereka minum bahkan juga udara yang di hirup. Dari sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tinggalnya di Negara berkembang ini akan rentan sekali terkena masalah kesehatan.

Sebetulnya pemanasan global ini bisa disebabkan oleh beragam hal mulai dari penggunaan energi yang terbilang boros, kurangnya pepohonan nan hijau, usia bumi yang semakin tua bahkan bisa juga diakibatkan oleh bocornya lapisan ozon yang sudah melindungi tubuh kita dari sengatan sinar matahari.

Dampak Pemanasan Global Terhadap Manusia dan Lingkungan

Kebanyakan efek yang dirasakan oleh manusia sebagai dampak pemanasan global ini memang berbahaya. Jadi tak menutup kemungkinan lagi bahwa efeknya ini bisa saja akan merembet pada lainnya. Jika anda merasa penasaran dengan dampak pemanasan global, inilah diantaranya:

1. Sumber Air Tawar Kian Berkurang

sumber air
Image by: sciencedaily.com

Semakin berkurangnya sumber air tawar tentu saja bisa menyebabkan berbagai daerah nantinya mengalami kelangkaan air. Tetapi ada pula berbagai daerah yang justru mengalami hal yang sebaliknya. Mereka justru mengalami kelebihan debit air yang bisa menyebabkan bencana alam seperti halnya banjir. Secara namanya pemanasan global pastinya mampu menyebabkan sumber daya air yang berada di daerah permukaan dan juga dalam tanah semakin menurun.

2. Manusia Akan Kehilangan Tempat Tinggalnya

kota mati
Image by: bindlestifftours.com

Dampak pemanasan global ternyata juga bisa menyebabkan manusia kehilangan tempat tinggal. Dataran rendah seperti halnya daerah pesisir yang sudah menjadi tempat tinggal manusia lama kelamaan tentu saja bakalan terendam oleh air. Hal ini bisa terjadi karena permukaan air laut mengalami peningkatan. Hal ini pastinya bisa terjadi karena sebagian dari gunung es yang berada di daerah kutub semakin mencair.

3. Mengakibatkan Adanya Gangguan Pada Produksi Pangan

gagal panen
Imag eby: mg.co.za

Supaya kesehatan tubuh kita tetap terjaga tentunya kita membutuhkan makanan yang sehat juga. Hanya saja dampak pemanasan global ini seakan memberikan perngaruh besar pada produksi pangan. Semakin meningkatnya suhu yang ada dibumi bisa berakibat pada hasil panen yang kurang maksimal hingga akhirnya harus berakibat pada pasokan makanan yang semakin berkurang. Bahkan parahnya lagi ada saja tempat yang mengalami gagal panen karena cuacanya memang buruk.

4. Membawa Pengaruh Pada Kesehatan Manusia

kesehatan
Image by: singularityhub.com

Dampak pemanasan global pada kesehatan manusia ini tentu saja bisa membawa pengaruh negatif. Suhu yang semakin meningkat nyatanya bisa menyebabkan berbagai macam permasalahan kesehatan. Terutama bagi mereka masyarakat yang tinggalnya berada di negara berkembang. Bisa saja hal ini dikarenakan fasilitas yang kurang memadai untuk menghadapi akibat dari pemanasan global ini. Hingga akhirnya berakibat fatal pada manusia yang bisa menyebabkan kematian.

5. Menyebabkan Kebakaran Hutan

kebakaran hutan
Image by: cbc.ca

Dampak pemanasan global ternyata juga mampu mengakibatkan kebakaran hutan. Seringkali kebakaran hutan menjadi perbincangan yang menakutkan sekali terutama pada system pernapasan manusia. Bahkan pemanasan global ini juga menyebabkan berbagai daerah miskin harus mengalami kekurangan gizi. Hal ini dikarenakan pasokan makanan yang harusnya didapatkan justru semakin berkurang saja. Ada baiknya anda jangan menebang pohon yang ada di hutan terlebih membakarnya.

6. Terjadinya Pergolakan Sosial

demo
Image by: awsimages.detik.net.id

Dampak lain dari pemanasan global ternyata juga berpengaruh pada resiko pergolakan social yang semakin hari makin naik. Di daerah yang terbilang panas, konflik kekerasan pun akan meningkat. Hal ini sebagai dampak dari perubahan iklim maupun stabilitas ekonominya.

7. Bumi Terasa Semakin Panas

bumi semakin panas
Image by: autos.id

Dampak pemanasan global ternyata juga mampu menjadikan suhu udara yang ada di bumi ini semakin panas saja. Nyatanya pada tahun 2015 suhu yang ada di permukaan bumi sudah mencapai titik terpanasnya. Hal ini bisa saja akibat dari adanya pembakaran bahan bakar fosil. Seperti halnya minyak bumi dan juga batu bara. Padahal kala itu suhu permukaan rata-rata dunia sekitar 0,73 derajat celcius.

8. Mampu Memicu Cuaca yang Begitu Ekstrem

extreme weather
Image by: paxworld.com

Dampak dari pemanasan global ini adalah bencana alam. Dimana bencana ala mini bisa terjadi karena perubahan cuaca yang terbilang ekstrem. Banyak permasalahan yang akan terjadi mulai dari kekeringan, kebakaran hutan, banjir, kemarau panjang bahkan bisa juga longsor. Semakin meningkatnya pemanasan global ternyata juga bisa mengakibatkan banyaknya penguapan yang bisa mengakibatkan lebih banyak hujan. Di sini tumbuhan maupun hewan memang tak mampu beradaptasi dengan curah hujan yang meningkat. Tanaman pun biasanya akan mati bahkan hewan ini akan berpindah ke area yang lainnya.

9. Frekuensi Badai Semakin Meningkat

badai
Image by: squarespace.com

Saat suhu yang ada di lautan semakin naik, maka angin topan bahkan badai pun akan semakin kuat. Jika pemanasan global semakin meningkat maka air yang berada di laut nantinya semakin memanas hingga akhirnya bisa memanaskan udara yang ada di sekitarnya.

10. Bisa Berpengaruh Pada Pertanian

pertanian
Image by: solvay.com

Saat suhu global ini semakin meningkat maka tanaman pun akan merasa kesulitan untuk bertahan hidup bahkan kebanyakan ada yang mati. Apalagi tumbuhan kini menjadi sumber makanan yang utama bagi manusia. Jangan sampai permasalahan kekurangan makanan terjadi hingga menyebabkan beragam konflik di berbagai negara.

11. Pergantian Musim Terbilang Tidak Teratur

pergantian musim
Image by: indianexpress.com

Pemanasan global di muka bumi ini memang bisa membuat suhu udara yang ada di bumi semakin meningkat. Meningkatnya suhu yang ada dibumi ini bukan hanya membuat suasana semakin panas namun juga menjadikan makhluk hidup banyak yang mati. Pergantian musim yang terbilang tidak stabil ini menjadikan kita kesulitan memprediksi musim yang nantinya kita hadapi.Jika pergantian musim saja tidak teratur pastinya bisa membawa dampak buruk bagi kehidupan kita.

Dampak dari pemanasan global terhadap lingkungan bahkan kehidupan manusia ini ternyata bukanlah mitos. Nampaknya beragam dampak pun sudah terjadi bahkan kita pun juga merasakannya. Jangan sampai pemanasan global ini berpengaruh pada kehidupan anda. Setidaknya untuk mengatasinya bisa dengan menanam banyak pohon agar semakin hijau sehingga udara yang kita hirup pun juga menyegarkan.

Memang telah menjadi rahasia umum dimana pemanasan global ini bisa membawa kondisi buruk di bumi ini. Belakangan ini dampak pemanasan global semakin mengancam kehidupan manusia dan juga lingkungannya. Bisa dikatakan permasalahan ini seperti bencana alam. Hampir semua dampak pemanasan global ini memberikan dampak buruk bagi kehidupan. Terlebih lagi dampaknya ternyata bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.