8 Dampak Negatif Globalisasi Dalam Bidang Kehidupan

Dampak Negatif Globalisasi

Waktuku.com – Berkat hadirnya era globalisasi kini hubungan yang terjadi antar bangsa makin dekat saja. Hubungan yang semakin global ini memang mampu membawa dampak baik positif maupun negatif dalam kehidupan masyarakat. Dampaknya pun bisa membawa banyak perubahan perilaku dari masyarakatnya. Entah itu dalam bidang politik, ekonomi, budaya bahkan juga keamanan. Biasanya dampak dari globalisasi ini bukan hanya melanda masyarakat di kota besar saja namun juga masyarakat yang hidup di pedesaan. Kini kita akan membahas mengenai dampak negatif globalisasi.

Pengaruh globalisasi kini semakin meningkat bahkan membawa pengaruh buruk dalam berbagai bidang kehidupan. Globalisasi ini adalah proses bersatunya sebuah negara yang ada di dunia menjadi sebuah negara yang besar tanpa adanya sebuah batasan. Lantas apa sajakah yang menyebabkan globalisasi di negara ini? Tentu saja anda akan merasa penasaran dengan hal ini.

Inilah berbagai faktor penyebab era globalisasi, di antaranya:

1. Hadirnya kemajuan dalam bidang informasi dan juga komunikasi sehingga mampu memudahkan transaksi ekonomi yang terjadi antar negara.
2. Kemajuan ilmu pengetahuan yang terjadi dalam bidang teknologi transportasi sehingga mampu memudahkan transfer jasa maupun barang antar negara.
3. Kerja sama ekonomi internasional kini semakin berkembang erat sehingga kesepakatan antar negara juga semakin mudah.

Yang pasti dengan adanya globalisasi ini mampu memberikan pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan. Perlu kita sadari bahwa globalisasi ini tidak selalu memberikan dampak yang positif dalam kehidupan kita. Namun ada pula dampak negatif globalisasi yang harus anda ketahui.

Pengaruh negatifnya saat ini bisa anda rasakan baik dalam lingkungan alam maupun kesehatan. Kerusakan pada lingkungan sudah pasti bisa menyebabkan sebuah gangguan kesehatan untuk masyarakatnya. Semisal saja sebuah kejadian ledakan reactor nuklir Chernobyl yang terjadi pada tahun 1986 di negara Ukraina.

Bahkan bangsa Indonesia ternyata juga sempat diprotes oleh negara lain yang sudah dirugikannya karena kebakaran hutan yang sudah terjadi hingga ke negara yang lainnya. Kebakaran ini sudah pasti mampu mengganggu kesehatan maupun gangguan transportasi masyarakat yang ada di Indonesia.

Munculnya globalisasi ini memang membawa banyak dampak bagi kehidupan yang ada di suatu negara termasuk negara Indonesia ini. Jika anda merasa penasaran dengan dampak negatif globalisasi yang terjadi pada semua bidang kehidupan, diantaranya:

1. Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Memang sudah seharusnya anda mengerti beragam dampak buruk yang bisa terjadi pada bidang ekonomi jika terkena era globaliasasi. Semuanya memang berubah bahkan merugikan perekonomian negara ini.

Dampak negatif globalisasi dalam bidang ekonomi yakni:
a) Kelas ekonomi semakin tumbuh sehingga antara buruh dan majikan menjadi kesenjangan
b) Tatanan perekonomian atas dasar kekeluargaan ternyata makin memudar
c) Semakin menumpuknya barang yang tidak bermutu hingga akhirnya kerugian besar pun terjadi

2. Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Politik

Ternyata globalisasi bukan hanya membawa dampak dalam bidang ekonomi saja namun juga membawa pengaruh dalam bidang politik. Semuanya seakan serba buruk apalagi sifat yang anarkis di negara ini semakin merajalela. Adapun untuk dampak negatif globalisasi dalam bidang politik. Diantaranya:

a. Kini musyawarah dalam suatu proses demokrasi semakin hari semakin ditinggalkan
b. Masyarakat lebih suka mementingkan kepentingan kelompoknya dibandingkan kepentingan umum
c. Sifat anarkis saat ini sulit sekali untuk dibendung
d. Makin banyaknya partai yang nantinya hadir dalam suatu negara
e. Peran masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban sekaligus kedaulatan negara semakin berkurang
f. Fanatisme terhadap agama, etnis maupun rasial yang ada dalam masyarakat semakin meningkat
g. Masyarakat yang mempunyai pandangan berbeda dengan lainnya akan lebih sering melakukan demonstrasi

3. Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Budaya

Hadirnya era globalisasi dalam suatu negara nyatanya juga membawa pengaruh besar dalam bidang social budaya. Semuanya seakan menjadi lebih buruk semenjak hadirnya globalisasi dalam negara ini. Inilah dampak negatif globalisasi yang terjadi dalam bidang social budaya yakni:

I. Para generasi muda sudah sedikit yang mau melestarikan kesenian daerahnya
II. Banyak sekali perumahan elite yang sudah mengusung gaya Eropa dengan mempergunakan perumahan rakyat yang biasa
III. Proses pembelajaran yang sudah berbasis pada kesadaran kini semakin hari semakin ditinggalkan
IV. Model berpakaian masyarakatnya sudah tidak memperhatikan sebuah norma kesopanan
V. Rasa kekeluargaan kini semakin berkurang
VI. Rasa nasionalisme dari masyarakat semakin hari kian memudar
VII. Nilai dari keagamaan kini semakin terkikis
VIII. Moral dari sebagian masyarakat semakin rusak karena mengikuti gaya hidup dari negara lainnya

4. Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Keamanan

Nampaknya dampak negatif globalisasi ini sudah berpengaruh buruk dalam berbagai bidang kehidupan. Termasuk dalam bidang keamanan ini. Jika pengaruhnya dibiarkan begitu saja, maka masa depan anak bangsa semakin buruk. Generasi masa depan pun banyak yang rusak karena terkena pengaruh dari era globalisasi ini. Dampak negatif globalisasi dalam bidang keamanan diantaranya:

– Merebaknya jaringan teroris antar negara
– Semakin merebaknya penjualan dari senjata gelap
– Kini kejahatan yang terjadi melalui media internet semakin menyebar
– Berkembangnya sindikat narkoba yang terjadi antar negara

5. Bidang Komunikasi dan informasi

Era globalisasi ini memang membawa pengaruh yang besar dalam berbagai bidang. Termasuk dalam bidang komunikasi dan informasi dimana dampak buruknya akan lebih cepat kita rasakan. Dunia informasi bisa dengan mudah menyebarkan sesuatu hal yang buruk kepada masyarakat. Di sini kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan berbagai macam fasilitas yang sudah ada. Inilah berbagai macam dampak negatif globalisasi yang ada dalam bidang komunikasi dan juga informasi. Yakni:

a) Jaringan teroris lebih suka memanfaatkan sebuah jasa komunikasi
b) Situs tertentu banyak yang sudah disalahgunakan
c) Kini kerahasiaan dari alat tes semakin terancam keberadaannya
d) Virus kini sering merusak komputer
e) Pelanggaran atas hak asasi seseorang semakin banyak
f) Meningkatnya penyebaran informasi yang terbilang hoax dimana informasi tersebut bisa merugikan banyak pihak

6. Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan

Tahukah anda bahwa era globalisasi memang membawa pengaruh besar dalam segala bidang yang ada di Indonesia. Meskipun banyak juga dampak positifnya namun tak menutup kemungkinan banyak pengaruh buruk yang juga dirasakan oleh masyarakat.

Termasuk dalam bidang pendidikan yang ada di negara kita ini. Era globalisasi seakan merusak generasi masa depan. Jika kita tidak mampu menanganinya tentu saja kita sendiri yang akan merugi.

Kali ini pastinya anda merasa penasaran sekali dengan adanya dampak negatif globalisasi yang ada dalam bidang pendidikan. Inilah berbagai macam dampak buruk yang akan di rasakan oleh masyarakat. Di antaranya:

i. Banyak orang menyalahgunakan pengetahuan untuk melakukan sebuah aksi kriminalnya
ii. Adanya sebuah kesenjangan social yang terjadi antara peserta didik enath dari segi kualitas pendidikannya atau bahkan sisi fasiltasnya
iii. Kekuatan kontrol negara terhadap kualitas pendidikan semakin berkurang
iv. Kualitas moral dari para siswa semakin menurun hanya karena adanya internet

Itulah tadi berbagai macam dampak negatif dari globalisasi yang sering di rasakan oleh masyarakat. Semoga saja masyarakat mampu mengambil beragam manfaat dari adanya pengaruh globalisasi ini dalam kehidupannya.