3 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi

Waktuku.com – Contoh teks eksplanasi, tahukah anda apa itu teks eksplanasi? Jenis teks eksplanasi banyak di temui pada kurikulum 2013. Materi ini akan dibahas pada mapel bahasa Indonesia kelas VII. Karena jenis teks eksplanasi ini terbilang baru, maka masih banyak yang belum tahu jelas tentang teks ini.

Contoh teks ekpslanasi juga sulit didapat sekarang ini. Namun anda tak perlu khawatir jika ingin belajar tentang teks eksplanasi. Karena berikut ini akan dibahas tentang teks eksplanasi secara mendalam. Mulai dari contoh hingga struktur teksnya. Sebelum membahas tentang contoh teks eksplanasi, pelajari dulu pengertian teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Menurut etimologi, kata ekspalansi berasal dari bahasa Inggris yakni Eksplanation. Maksud dari kata eksplanation tersebut ialah keterangan ataupun penjelasan. Sementara itu pengertian dari teks eksplanasi menurut istilah adalah sebuah paragraf yang didalamnya memuat informasi terkait suatu tahapan “mengapa” serta “bagaimana” dan mencakup berbagai peristiwa. Umumnya peristiwa peristiwa yang dapat dijadikan menjadi teks ekplanasi ialah tentang peristiwa alam, budaya, sosial, serta ilmu pengetahuan.

Setiap peristiwa di sekitar kita tentunya ada hubungan sebab dan juga akibat maupun suatu proses didalamnya. Anda dapat mengamati dan merasakan banyak peristiwa tersebut secara mudah. Bahkan anda pun dapat mempelajari polanya menggunakan kata ”mengapa” dan “bagaimana” tentang terjadinya peristiwa tersebut. Sehingga menciptakan contoh teks eksplanasi yang runtut.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Sebuah teks pastinya punya ciri ciri tersendiri. Salah satunya adalah teks eksplanasi ini. Cirri cirri pada contoh teks eksplanasi akan memudahkan anda agar lebih mudah membedakan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya. Dibawah ini beberapa cirri cirri pada teks eksplanasi:

1. Didalamnya memuat informasi sesuai pada fakta ataupun nyata
2. Adapun fakta mengenai informasi yang melekat dalam teks eksplanasi bersifat ilmiah (ilmu pengetahuan)
3. Struktur teks eksplanasi ada 3 jenis yakni pernyataan umum, kemudian sebab-akibat, sampai intrepretasi.
4. Memakai sequnce markers, contohnya pertama, kedua, ketiga maupun dengan pertama, berikutnya, serta berakhir.

Teks eksplanasi juga tak berusaha untuk mempengaruhi pembacanya agar percaya hal yang di ulas pada teks. Namun teks eksplanasi cuma bersifat informative saja.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur pada contoh teks eksplanasi berbeda dengan struktur teks lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa struktur teks eksplanasi dibawah ini:

1. Terdiri atas pernyataan umum
Yang dimaksud dengan pernyataan umum ini adalah memuat penjelasan tentang sebuah topik dan juga proses yang dibentuk oleh proses terjadinya peristiwa.

2. Sebab dan Akibat
Berikutnya adalah sebab dan akibat. Pada tahapan ini, teks eksplanasi berisi tentang sebuah tahapan dalam peristiwa yang berlangsung. Sebab akibat ini juga disusun dengan bertahap dari awal sampai akhir peristiwa.

3. Interpretasi
Selanjutnya adallah interprestasi. Yakni bagian yang memberi pernyataan masalah topic yang dijelaskan pada teks. Interprestasi juga dapat disebut dengan kesimpulan teks eksplanasi.

Bagian-Bagian Teks Eksplanasi

Untuk menyusun contoh teks eksplanasi, dibutuhkan bagian bagian teks eksplanasi sebagai pendukung fungsi teks tersebut. Dengan begitu, teks yang dibuat akan mudah dipahami.
Dibawah ini bagian-bagian teks eksplanasi diantaranya:

1. Pembuka
Bagian teks eksplanasi yang pertama adalah bagian pembuka. Pada bagian ini penulis akan menceritakan secara umum terkait apa saja pembahasan pada teks eksplanasi.

2. Isi
Berikutnya adalah bagian isi. Pada bagian ini merupakan rentetan penjelasan fenomena pada teks eksplanasi.

3. Penutup
Pada bagian penutup ini berisi tentang inti dari ulasan teks eksplanasi yang dibuat.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan dari contoh teks eksplanasi tidak sama dengan teks lainnya. Sehingga anda bisa membedakan antara teks eksplanasi dengan jenis teks lain. Dibawah ini kaidah kebahasaan yang dimiliki oleh teks eksplanasi:

– Ada istilah ilmiah.
– Pembahasan pada teks eksplanasi bersifat umum. Sekaligus tidak mengajak parsitipan dari manusia
– Penulisannya dibuat berdasarkan peristiwa yang benar-benar fakta atau sebuah kenyataan
– Pada teks eksplanasi menggunakan kalimat pasif
– Terdapat konjugasi kasual maupun waktu
– Penggunaan kata kerjanya lebih sering mengandung relasional dan juga material

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturya

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

gempa bumi
Image by: voanews.com

Gempa bumi merupakan sebuah guncangan karena adanya pergerakan yang terjadi di lapisan batu bumi. Asal dari getaran tersebut adalah dari wilayah dasar permukaan bumi. Terdapat daerah daerah tertentu di Indonesia yang kerap mengalami gempa bumi. Daerah tersebut ialah daerah di sekitar gunung berapi aktif serta daerah yang ada di sepanjang lautan luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat:

Sebab adanya gerakan ataupun pergeseran lapisan dasar bumi sekaligus letusan gunung berapi sangat kuat akhirnya mengakibatkan getaran gempa bumi. Tak hanya itu saja, gempa bumi terjadi sangat cepat sehingga wilayah disekitarnya merasakan getaran yang sama kuatnya.

Getaran gempa bumi tersebut menyebar di seluruh penjuru, sehingga seluruh bangunan bisa rata dengan tanah. Kejadian tersebut juga bisa memakan korban. Berdasarkan penyebab terjadinya, terdapat 2 jenis penggolongan gempa bumi yaitu gempa vulkanik dengan gempa tektonik.

Penyebab gempa vulkanik terjadi ialah letusan gunung berapi yang sangat besar. Jenis gempa vulkanik juga lebih jarang terjadi dibandingkan gempa tektonik. Sementara penyebab gempa tektonik ini ialah lapisan kerak bumi yang lunak sehingga mengalami pergerakan atau pergeseran.

Berdasarkan teori tektonik plate, menjelaskan jika terdapat beberapa lapisan buatan sebagai bagian dari bumi. Kebanyakan daerah berlapis kerak tersebut nantinya dapat hanyut serta mengapung pada suatu lapisan, seperti salju. Pergerakannya pun sangat pelan. Jadi, lapisan satu dengan lapisan lainnya pun akan bertabrakan lalu terpecah pecah. Itulah yang bisa menyebabkan kenapa gempa bumi dapat terjadi.

Intrepretasi

Tidak mengenal musim, terjadinya gempa bumi dapat berlangsung kapan saja. Meskipun begitu, masalah gempa bumi ini hanya terjadi di wilayah tertentu saja. Contohnya saja di perbatasan plat pacifik. Hal itu karena sebagian besar wilayah tersebut telah dikelilingi oleh gunung berapi. Sehingga tempat tersebut disebut sebagai lingkaran api.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

bencana alam

Pernyataan Umum:

Bencana gunung meletus dapat terjadi karena adanya endapan magma di perut bumi. Gas dari dalam perut bumi telah menyembur keluar dengan kekuatan besar. Bencana letusan gunung berapi juga termasuk bencana alam sangat luar biasa besarnya. Terciptanya gunung berapi dari letusan letusan hebat. Saat ini di Indonesia ada banyak gunung aktif. Beberapa gunung aktif yang ada di Indonesia diantaranya Gunung Krakatau, Merapi, Tambora, Toba, Gunung Kerinci, serta masih banyak lagi.

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat

Karena ada hubungan langsung dengan suatu batas lempeng bumi, maka sebagian besar gunung berapi aktivitasnya berkaitan dengan zona kegempaan yang masih aktif. Tanda yang dapat diketahui sebelum terjadinya gunung meletus ialah adanya aktivitas perubahan suhu maupun tekanan yang signifikan di batas lempeng bumi.

Dengan begitu, hal tersebut membuat material batuan di sekitarnya akan meleleh. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai magma ataupun cairan pijar. Material-material di dekatnya di instruksi magma melalui rekahan rekahan yang telah mendekati permukaan bumi.

Cairan pijar ataupun magma tersebut terbentuk dalam perut bumi disebabkan suhu yang panas didalamnya. Lalu material-material, gas-gas itu pun dikirimkan. Dengan begitu gas gas tersebut dapat bercampur dengan magma. Terbentuknya magma ada di kedalaman antara 60 sampai 120 km diukur dari bawah permukaan bumi. Kemudian di sekitar kawah ada juga magma mengandung gas. Yang mana letak magma itu ada di bawahnya tekanan batu-batuan.

Akibat adanya tekanan tersebut terjadilah gunung meletus dengan mengeluarkan magma halo. Magma tersebut dari perut bumi akan keluar dari permukaan bumi. Lalu gas dan juga magma secara bersamaan akan meledak kemudian menciptakan sebuah lubang. Biasanya lubang tersebut di namakan dengan lubang utama. Lubang tersebut banyak materi materi materi-materi vulkanik yang akan di semburkan. Saat semburannya selesai, maka di puncak gunung berapi akan tampak seperti mangkok. Namun sebenarnya mangkok tersebut merupakan sebuah kawah. Letak lubang utama tersebut ada di dasar kawah.

Letusan gunung berapi yang terjadi bisa mengakibatkan efek negative dan positif. Khususnya bagi masyarakat setempat. Dampak positif dari letusan gunung berapi ini adalah tanah yang subur. Tak hanya itu saja, material yang di keluarkan oleh perut bumi tersebut juga dapat digunakan untuk mata pencarian masyarakat. Umumnya digunakan untuk sumber daya air serta wisata alam berupa enegri panas bumi.

Adapun dampak negative yang ditimbulkan oleh bencana ini berupa efek langsung dan tak langsung dapat dirasakan seluruh makhluk hidup. Efek langsung yang ditimbulkan seperti marabahaya yang mengancam kehidupan makluk hidup sebab gunung berapi meletus akan keluar gas beracun, lalu awan panas, bahkan jatuhan piroklastik. Sementara efek tak langsungnya adalah rusaknya area perkebunan karena hujan lahar hingga menyebabkan berbagai macam penyakit contohnya penyakit pada saluran pernapasan.

Interpretasi:

Oleh karena itu, sampai saat ini bencana alam yang sangat mengerikan yang di rasakan oleh masyarakat adalah gunung meletus. Apalagi kehebatan letusan gunung berapi mampu memecah pulau serta menciptakan danau.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

pelangi

Pernyataan Umum:

Pelangi ataupun Rainbow merupakan peristiwa optik/ meterologi berbentuk cahaya berbagai warna parallel antara satu dengan lainnya yang ada dilangit ataupun media yang lain. Saat hujan ringan, akan terlihat pelangi layaknya bercahaya menuju cakrawala. Kita bisa melihat pelangi yang indah di sekitar air terjun.

Uraian penjelasan

Terbentuknya pelangi di cakrawala melalui 4 siklus yaitu pembiasan sinar matahari. Karena, pelangi bisa terjadi disebabkan oleh pembiasan cahaya ataupun sinar matahari yang dibelokkan menuju arah lain di satu medium menuju ke medium lainnya oleh tetesan air di atmosfer. Selanjutnya tetesan air akan dilewati cahaya matahari dan cahayanya dibiaskan sehingga menciptakan warna-warna indah terpisah sendiri-sendiri.

Pembelokkan cahaya. Setiap warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang beda. Dari pembelokan cahaya tersebut akan menghasilkkan warna-warni indah pelangi.
Terciptanya warna pelangi. Ungu adalah warna pertama dibelokkan. Sedangkan warna merah merupakan warna terakhir dibelokkkan.

Lalu disusul oleh berbagai warna pelangi lainnya. Diantaranya kuning, jingga, biru, hijau, dan juga nila. Fenomena tersebutlah yang membuat kita bisa melihat pelangi secara lengkap karena ada geometri optik saat terjadinya penguraian warna pelangi.

Ketika hujan ringan, bersama munculnya sinar matahari anda dapat mengamati fenomena pelangi. Tapi harus dari arah berlawanan dengan kita. Anda harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan posisi matahari di belakang kita. Kemudian pusat busur pelangi dengan mata kita pun harus ada di satu garis lurus.

Itulah beberapa contoh teks eksplanasi disertai dengan strukturnya. Masih ada contoh teks eksplanasi lainnya yang bisa anda buat dengan tema yang berbeda. Semoga bermanfaat.