Contoh Teks Deskripsi

Waktuku.comContoh Teks Deskripsi, sebuah materi tentang deskripsi sebenarnya yang kerap dipelajari pada pelajaran bahasa Indonesia, yang mana baik itu di kurikulum 2013 maupun KTSP, di SMP, SMK atau SMU.

Dengan adanya materi Contoh Teks Deskripsi ini, siswa diharapkan dapat memahami Contoh Teks Deskripsi dan juga mampu membuat sendiri contoh teks deskripsi baik itu secara lisan maupun tulisan.

Deskripsi ini merupakan salah satu teknik menulis dengan menunjukkan detail serta tujuan pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian perkara, turut merasakan, mengalami, melihat maupun mendengar terkait suatu peristiwa atau dikenal dengan adegan.

Menuliskan sebuah deskripsi dapat membuat karatker yang digambarkan lebih nyata dan hidup lagi gambarannya di benak para pembaca.

Suatu objek di dalam deskripsi tidaklah terbatas pada sesuatu yang dapat dilihat, dicium, didengar, diraba dan dirasa, namun juga dapat berupa perasaan hati seperti rasa takut, cemas, jijik, cinta, haru, kasihan dan masih banyak lagi.

Seorang penulis deskripsi yang baik, ia akan berusaha untuk melukiskan atau menggambarkan suatu objek dengan amat sangat jelas, yang berarti sangat detail.

Dalam hal satu ini, seluruh pancaindera si penulis diharuskan aktif dan juga harus peka. Penulis harus berusaha untuk menyajikan perincian-perincian yang sedimikian rupa dengan pengalaman-pengalaman faktualnya. Dengan begitu, objek pun akan terlihat hidup.

Apa itu Contoh Teks Deskripsi?

Sebelum kita membahas tentang contoh teks deskripsi, ada baiknya kamu mengetahui apa teks deskripsi itu sendiri. Tidak mungkin langsung ke contoh teks deskripsi ‘kan?

Teks Deskripsi merupakan suatu teks yang menjabarkan atau memaparkan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang mampu merangsang pancaindera sehingga si pembaca seolah-olah menyaksikan atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan si penulis tersebut.

Kata deskripsi ini berasal dari bahasa latin discribere yang artinya gambaran, perincian atau pembeberan.

Deskripsi ini merupakan karangan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan dan pengalaman penulisnya.

Sedangkan untuk pengertian deskripsi menurut para ahli adalah tulisan yang dapat menuliskan sebuah kisah dengan tujuan untuk mengajak para pembaca memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati. (Tarigan: 1994).

Deskripsi juga bisa didefinisikan sebagai suatu wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut. (Keraf: 1995).

Jika kamu belum tahu, bagaimana contoh teks deskripsi, berikut ini adalah salah satunya. Berikut contoh teks deskripsi singkat yang mana berada pada set sekolahan.

Kelas XII IPS 1

Kelas XII IPS 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan.

Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2 namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman.

Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping kiri papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar.

Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua.

Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami.

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuannya sendiri adalah untuk memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan dan pengalaman penulis, sehingga seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan dan mengalami peristiwanya sendiri.

Pembaca memperoleh kesan atau pengamatan, perasaan dan pengalaman penulis, sehingga seolah-olah menjadi yang melihat, merasakan dan mengalaminya sendiri. Untuk mencapai kesan yang sempurna, si penulis juga merincikan objek dengan kesan, citraan dan juga fakta.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Sama halnya seperti teks yang lain, untuk mengenali sebuah teks deskripsi dan juga membuat suatu paragraf deskripsi, ada baiknya kamu harus mengetahui ciri-ciri teksnya, yakni.

– Menggambarkan atau melukiskan suatu hal
– Penggambaran dilakukan sejelas-jelasnya atau detail dengan melibatkan kesan indera
– Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, bentuk, ukutan dan keadaan suatu objek dengan rinci
– Buatlah si pembaca atau pendengar merasakan sendiri kejadian tersebut

Pola Pengembangan Teks Deskripsi

Selain daripada itu, pada teks deskripsi ini ada juga yang namanya pola pengembangan, diantaranya:

1. Deskripsi Spasial

Deskripsi Spasial ini merupakan sebuah paragraf yang mana topiknya sendiri berupa ruang atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan jelas kepada para pembacanya.

2. Deksripsi Objektif

Objektif ini bermakna apa adanya atau bisa dikatakan sesuai kenyataan. Maka dari itu, paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan sesuai kenyataan tanpa dibumbui opini atau kesan pribadi seseorang.

3. Deskripsi Subjektif

Deskripsi Subjektif ini berbeda dengan deskripsi objektif, paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan dan dilihat oleh si penulis.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi ini tersusun dalam beberapa struktur, diantaranya:

– Deskripsi umum, menjelaskan tentang definisi/identitas suatu objek yang dideskripsikan
– Deskribsi bagian, menjelaskan peng-klarifikasian objek yang dideskripsikan penulis. Peng-klarifikasian dijelaskan secara lebih rinci dengan memberikan gambaran-gambaran yang lebih jelas lagi.
– Penutup kesimpulan atau penegasan hal yang penting

Jenis Teks Deskripsi

Sebelum saya memberikan contoh teks deskripsi, mari ketahui terlebih dahulu jenis teks deskripsi itu sendiri

1. Deskripsi Imajinatif

Deskripsi Imajinatif ini merupakan paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi, agar ruang tersebut dapat tergambar dengan jelas.

Contoh Teks Deskripsi Imajinatif:

Malam gelap gulita di hulu sungai Brantas. Sebentar-sebentar hiruk pikuk yang tiada berketentuan itu menjadi satu dengan gegap gempita yang mendasyatkan dan mengecilkan hati, pertanda seorang raja rimba alam jatuh ke tanah untuk selama-lamanya.

Ramai peperangan di rimba itu dan rupanya tak akan berhenti. Tak ada kasihan- mengasihani, yang rebah tinggal rebah, tak akan ada yang mengangkatnya. Sekali-kali terang cuaca hutan belantara itu, seperti diserang api. Tetapi kenyataanya dalam sekejap mata hilangnya cahaya yang berani menyerbukan dirinya ke tengah peperangan itu, dimusnakan oleh musuh lamanya “raja gulita”.

2. Deskripsi Faktual

Deskripsi faktual ini adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya, sehingga pembaca mampu membayangkan keadaannya saat itu.

Semakin rinci penulisannya, semakin jelas pula dalam bayangan pembaca. Jika objek yang dilukiskan adalah seseorang, maka dapat dilakukan perincian terhadap aspek fisik maupun rohaninya.

Contoh Teks Deskripsi Faktual:

Di sudut dekat pintu duduk seorang laki-laki. Namanya Paijo. Dia memakai celana pendek dan baju kaos yang telah sobek-sobek, yang melukiskan kemelaratan dan kemiskinan yang sehari- hari dideritanya.

Pada dadanya yang bidang dan berisi, lengannya yang kukuh penuh urat dapat dilihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya. Air mukanya yang keruh, pipinya yang kempis, dan matanya yang cekung menyatakan bahwa jalan hidup yang telah ditempuhnya penuh rintangan dan duri.

Sekarang, saya akan memberikan beberapa contoh teks deskripsi yang semoga dapat memotivasi dan membantu kamu dalam membuat sebuah teks deksripsi. Berikut contoh teks deskripsi singkat:

Contoh Teks Deskripsi 1

Keindahan Alam Indonesia

Indonesia adalah Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia mulai dari daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam bumi pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis.

Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin berwarna.

Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali dan Raja Ampat.

Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia juga merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia sebab ⅓ hutan di Dunia terdapat di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.

Contoh Teks Deskripsi 2

Rumah Ahmad

Rumah Ahmad terletak di depan rumahku, yang mana di halaman rumahnya terdapat pohon mangga yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga indah menghiasi depan rumah Ahmad.

Dinding rumah Ahmad berwarna putih dengan pintu dan jendela yang berwarna hijau. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah Ahmad sangat enak dipandang.

Di dalam rumah Ahmad posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua tertata rapi. Lantainya bersih serta harum ruangannya membuat orang yang singgah mau berlama-lama di dalamnya.

Contoh Teks Deksripsi 3

Blacky

Aku memiliki kucing bernama Blacky, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Blacky sangat suka bermain bola dan gemar memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Itulah Blacky kucing kesayanganku.