Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja
Workplace, Man working on the laptop

Waktuku.comContoh Surat Lamaran Kerja berikut ini dibuat tentu untuk memberikan referensi bagi Anda yang sedang mencari panduan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Telah ada jutaan artikel di internet yang sudah menyediakan panduan tentang bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan beserta dengan contohnya.

Surat lamaran kerja tergolong sebagai surat dinas atau surat resmi. Oleh karena itu pembuatannya pun juga harus mengikuti aturan tertentu yang sudah dibakukan. Membuat surat lamaran kerja yang baik adalah salah satu kunci sukses untuk dapat diterima di sebuah perusahaan ataupun institusi yang akan Anda tuju.

Oleh sebab itu penggunaan bahasa yang baik dan menghindari kesalahan dalam ejaan serta penulisan huruf harus Anda perhatikan. Anda bisa melihatnya dalam Contoh Surat Lamaran Kerja dibawah.

Disamping itu struktur surat juga akan pertimbangan oleh perusahaan dalam menerima Anda. Oleh sebab itu buatlah surat dengan singkat, jelas, informative dan juga tepat sasaran. Berikan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Bagian Penting yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja

kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja yang akan kami bagikan nanti merupakan surat lamaran yang memenuhi ciri surat yang bagus. Banyak sekali perusahaan yang memandang surat lamaran ataupun cover letter sebagai bagian paling penting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Oleh sebab itu penting sekali untuk menuliskan surat lamaran yang baik dan benar. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja Anda:

1. Kesan Individual

Apabila Anda berencana untuk mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan, pastikan Anda menuliskan nama perusahaan dengan benar dalam surat lamaran Anda. Disamping itu, perlu juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan untuk perseorangan. Gunakan nama dan juga jabatan yang spesifik apabila mungkin.

Aturan secara khusus, untuk surat yang ditujukan untuk seorang perempuan, pabila Anda tidak mengetahui status pernikahannya, maka Anda dapat menggunakan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.

Di Internet dan di MS Word telah tersedia banyak template atau Contoh Surat Lamaran Kerja. Jangan hanya begitu saja mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah surat tersebut sesuai dengan keperluan Anda.

2. Singkat dan Padat

Jangan pernah menggunakan bahasa yang bertele-tele atau basa basi. Tuliskan surat Anda dengan kalimat singkat dan juga padat. Gunakan bahasa yang mudah dalam membuatnya. Gunakan kata-kata yang umumnya digunakan.

Anda tidak perlu berusaha untuk membuat pembaca terkesan dalam membaca surat Anda dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang sulit.

Jangan menulis surat lamaran Anda melebihi satu halaman. Perusahaan mungkin nantinya akan menerima belasan atau bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang dalam hal ini menjadi tidak efektif.

3. Rapi dan Bersih

Sebaiknya gunakan program komputer untuk menulis surat lamaran yang Anda buat. Dengan demikian Anda bisa menuliskan surat lamaran yang rapi dan juga bersih sehingga akan mudah dibaca.

Hindari untuk menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari pula menggunakan tip-ex atau sejenisnya pada surat lamaran Anda. Contoh Surat Lamaran Kerja yang akan kami berikan dibawah ini merupakan contoh surat yang sudah tertata rapi.

4. Isi

Didalam surat lamaran Anda, terdapat beberapa hal yang harus dituliskan. Anda bisa melihat selengkapnya di Contoh Surat Lamaran Kerja. Berikut penjelasannya:

a. Pembukaan

Sebutkan dimana Anda memperoleh informasi mengenai lowongan kerja tersebut. Misalnya, Anda dapat menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan pada surat kabar, iklan yang ada di Internet, atau dari seorang teman.

b. Informasi data pribadi

Terkadang didalam membuat surat lamaran kerja kebanyakan orang sering melupakan hal–hal kecil. Padahal hal-hal kecil tersebut sangat penting dan juga sangat berpengaruh pada nasib surat yang Anda dibuat.

Apakah selanjutnya dibuang atau disimpan untuk melanjutkan proses selanjutnya. Berikut ini hal-hal kecil yang perlu Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja. Anda perlu mencantumkan data pribadi Anda sebagai berikut.

Data pribadi dalam Contoh Surat Lamaran meliputi:

Nama Lengkap
Tempat dan Tanggal Lahir
Alamat
Telepon dan/atau HP
E-mail (bila ada, tidak wajib)
Status Perkawinan

c. Pekerjaan Anda sekarang

Jika ada, ceritakan pula secara singkat posisi dan juga bidang pekerjaan Anda yang sedang Anda jalani saat ini. Anda juga bisa menceritakan secara singkat pencapaian utama Anda didalam pekerjaan tersebut. Supaya memberikan gambaran yang lebih baik, maka berikan informasi secara kuantitatif.

Yang harus Anda perhatikan dalam hal ini, tuliskan hanya hal-hal yang ada hubungannya saja dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Baca secara baik persyaratan yang diperlukan pada iklan lowongan pekerjaan tersebut.

Apabila pekerjaan yang Anda lamar merupakan di bidang marketing research, maka Anda mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda dalam bidang logistik.

d. Pendidikan

Apabila latar belakang pendidikan juga perlu diinformasikan, maka tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Apabila Anda pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, maka ada baiknya Anda menuliskannya didalam surat lamaran.

e. Penutup

Didalam bagian penutup ingatkan pembaca bahwa Anda memiliki keinginan yang kuat untuk memperoleh pekerjaan tersebut. Dan yang paling penting jangan lupa untuk mengucapkan “Terima kasih”. Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja dibawah.

5. Proof Read

Proof read artinya Anda perlu membaca kembali seluruh tulisan Anda serta memastikan bahwa semuanya sudah benar. Pastikan pula tidak ada kesalahan alam pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang/repetitif, dan juga tata bahasa (grammar) yang digunakan sudah sesuai.

Dalam program MS Word Anda dapat menggunakan spell dan juga grammar checker. Anda dapat mencoba mengecek Contoh Surat Lamaran Kerja yang akan kami sediakan dibawah untuk mengecek bahasa yang digunakan.

Tips Penting Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Untuk bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, maka sebelumnya Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah:

1. Jangan menulis ulang yang ada di CV

Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang berisi tentang penjelasan apa pencapaian Anda dan beberapa hal yang Anda cantumkan di CV. Tapi usahakan untuk tidak membuatnya sama persis dengan CV yang Anda tulis sebagai lampiran. Cobalah untuk merangkum pencapaian dan juga data kalian secara singkat dan memakai kata-kata yang menarik. Anda bisa melihat Contoh Surat Lamaran Kerja dibawah.

2. Paragraf pertama dan terakhir

Perhatikan bagian paragraf pertama dan juga bagian terakhir pada surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal Anda tidak berbelit-belit serta langsung menuju ke pokok bahasan. Paragraf awal ini harus ditulis secara jelas dan juga bersifat menjual.

Sementara itu di paragraf terakhir, Anda juga harus terlihat tegas serta meminta mereka untuk menghubungi Anda jika berkenan. Jangan membuat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tidak peduli atau terlihat terlalu berharap dengan cara yang buruk.

3. Bicarakan perusahaan

Sebelum Anda menulis surat lamaran pekerjaan, terlebih dahulu lakukan beberapa penelitian mengenai perusahaan yang akan Anda tuju. Pihak perusahaan akan senang apabila kalian mengetahui berbagai hal mengenai mereka.

Tapi jangan terlalu berbasa – basi saat Anda membicarakannya. Tetap jelas serta tunjukkan bagaimana perusahaan tersebut bisa membuat Anda terkesan. Selain itu, tunjukkan pula dalam bidang apa kalian dapat berguna bagi mereka.

4. Jangan sebutkan semua kemampuan

Seluruh kemampuan dan juga keterampilan yang Anda miliki tentunya sudah tercantum di CV yang Anda lampirkan. Oleh sebab itu jangan repot-repot untuk menyebutkan seluruhnya dalam surat lamaran pekerjaan. Sebutkan 4 atau maksimal lima kemampuan dan juga pengalaman yang Anda anggap terbaik serta sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

5. Tunjukkan kepribadian

Anda perlu memastikan surat lamaran kerja yang Anda tulis tersebut dapat mencerminkan betapa antusiasnya Anda untuk memperoleh pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat – kalimat yang negatif serta gunakan kalimat kerja aktif dan juga dinamis.

6. Tanda tangani surat lamaran kerja

Kecuali Anda menggunakan lembar lamaran kerja khusus yang didapat dari perusahaan ataupun secara online, pastikan Anda menandatangani surat lamaran kerja yang akan Anda kirimkan tersebut. Hal ini mungkin terdengar kuno, tapi ini menunjukkan keaslian dari diri Anda melalui tanda tangan tersebut.

Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Kerja diatas dapat Anda lengkapi dengan bukti-bukti yang mendukung pernyataan Anda pada surat tersebut. Fungsi lampiran – lampiran tersebut adalah untuk mempertegas surat lamaran supaya dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak perusahaan ataupun instansi yang tengah menawarkan pekerjaan. Lampiran tersebut adalah sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
2. Foto copy Ijazah terakhir
3. Pas Foto terbaru
4. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
6. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)

Kesalahan dalam Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat menulis surat lamaran kerja. Kesalahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mencantumkan besar gaji

Salah satu kesalahan yang akan membuat anda tidak lulus seleksi adalah mencantumkan jumlah gaji yang di inginkan. Kecuali jika disyaratkan, sebaiknya Anda tidak perlu mencantumkan gaji yang Anda inginkan didalam surat lamaran Anda. Biarkan proses negosiasi tersebut terjadi ketika Anda mendapat kesempatan untuk interview dan memang saat itu ditanyakan oleh pihak perusahaan.

Sebaiknya apabila Anda seorang pelamar pemula jangan mencoba untuk menetapkan besaran gaji, kecuali apabila Anda memang seorang profesional dengan segudang pengalaman dan keahlian. Anda dapat melihat Contoh Surat Lamaran Kerja yang kami sediakan.

2. Tidak menuliskan apapun di amplop surat lamaran

Kesalahan umum lainnya adalah Anda tidak menuliskan apapun di amplop surat lamaran yang Anda kirimkan. Sebaiknya Anda menuliskan nama perusahaan yang Anda lamar secara lengkap dengan alamatnya pada bagian depan amplop. Selain itu, tuliskan nama dan juga posisi yang Anda lamar pada bagian belakang atau pada bagian sudut kiri atas amplop.

Hal ini penting terutama apabila Anda mengirimkan surat lamaran tersebut melalui pos. Jangan sampai surat lamaran yang sudah Anda buat justru berakhir di tempat pembuangan sampah hanya sebab bukan dikira bukan sebagai sebuah surat lamaran.

Anda dapat menggunakan amplop cokelat besar dan juga polos standard. Lebih baik hindari untuk menggunakan amplop putih dalam mengirim surat apalagi memakai stofmap folio.

3. Tidak melampirkan foto

Sebagus apapun surat lamaran yang sudah Anda persiapkan, tidak akan ada gunanya apabila Anda tidak melampirkan foto terbaru Anda. Foto merupakan syarat utama yang wajib di lampirkan pada berkas surat lamaran.

Jangan menggunakan pas photo sekolah pada surat lamaran Anda. Sedapat mungkin berikan foto dengan tampilan yang rapi dan. Foto merupakan alat peraga yang menggambarkan diri Anda didalam sebuah surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bank:

Berikut ini Contoh Surat Lamaran Kerja untuk melamar pekerjaan di bank sebagai customer service/teller:

Tulungagung, 14 September 2016

Kepada Yth,

Pemimpin Cabang PT Bank Rakyat Indonesia

Tulungagung

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi adanya lowongan kerja di Bank Rakyat Indonesia pada bagian Customer Service/ Teller, maka dengan ini saya:

Nama                      : Ani Fatma Sari

Tempat/Tgl. Lahir     : Tulungagung, 20 Oktober 1992

Jenis Kelamin          : Perempuan

Pendidikan Terakhir  : S1 Bahasa Inggris

Alamat                    : Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung.

No. Hp                    : 085736353352

Status                     : Belum Menikah

Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan pada posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Curriculum Vitae
2. Pasfoto terbaru 4 x 6 dan foto diri
3. Fotocopy KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga
4. Fotocopy Ijazah Terakhir
5. Fotocopy Transkrip Nilai
6. Surat Keterangan Belum Menikah
7. Surat Kesehatan
8. Surat Keterangan Catatan Kepolisisan (SKCK)
9. Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan di Seluruh Unit Kerja BRI

Demikianlah surat lamaran ini saya buat, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Tentunya saya akan melakukan yang terbaik untuk Bank Rakyat Indonesia ini. Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Pengirim)

Contoh Surat Lamaran Pengajar:

Berikut ini Contoh Surat Lamaran Kerja untuk melamar pekerjaan di sebuah Sekolah sebagai tenaga pengaja/guru:

Tulungagung,

Kepada Yth, 14 September 2016

Kepala SDS Islam Al Gontory

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini:

Nama                              : Ani Fatma Sari

Tempat dan Tanggal Lahir : 20 Oktober 1992

Jenis kelamin                  : Perempuan

Pendidikan terakhir         : S1 (Tadris Bahasa Inggris) di IAIN Tulungagung

Alamat                          : Dusun Setonokalong RT 001 RW 00, Bendiljati Wetan,                                                       Sumbergempol, Tulungagung.

Agama                          : Islam

Bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi tenaga pengajar di Sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan fotokopi dokumen administratif:

1. Fotokopi ijazah terakhir
2. Fotokopi transkip hasil belajar
3. Fotokopi daftar riwayat hidup.
4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
5. Foto ukuran 3 x 4

Demikianlah surat lamaran ini saya buat, sangat besar harapan saya untuk dapat dapat bergabung di Sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Pengirim)

Demikianlah beberapa tips dan juga Contoh Surat Lamaran Kerja yang dapat kami bagikan untuk Anda. Sekali lagi sebelum Anda mengirim atau mengantarkan surat lamaran yang Anda buat, pastikan untuk mengecek kembali apakah Anda sudah mematuhi seluruh aturan-aturan diatas.

Perlu Anda ingat bahwa sebuah surat lamaran merupakan etalase diri anda, cantumkan hal-hal positif mengenai diri anda tapi jangan sampai terlalu berlebihan. Semoga Anda bisa mencapai kesuksesan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Daftar Situs Pencari Kerja Online:

https://www.karir.com/
https://www.jobstreet.co.id/
https://id.jobsdb.com/id/id

Panduan Membuat Email:

Cara Membuat Email Gmail Baru

Cara Membuat Email Yahoo Baru

Cara Membuat Email Gmail Dan Yahoo Melalui Hp

Curriculum Vitae:

Membuat Curriculum Vitae