Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Contoh Proposal Usaha

Waktuku.comContoh proposal usaha, ini sangat banyak dicari untuk menjadi referensi bagi si para calon pengusaha muda. Ilmu kewirausahaan telah menjadi mata pelajaran yang mampu membuka wacana dan memotivasi pelajar serta mahasiswa untuk melakukan suatu terobosan dalam menyikapi hidup dengan berwirausaha.

Bagi siswa menengah atas, mencari pekerjaan setelah lulus sudah bukan jadi prioritas utama lagi, sekarang ini telah memiliki pilihan alternatif dengan menjadi seorang pengusaha.

Untuk melamar pekerjaan, mereka juga diharuskan bisa membuat daftar riwayat hidup atau CV Curriculum Vitae yang mana sudah menyebar luas di berbagai website internet.

Menjadi seorang pengusana tentunya bukanlah suatu hal yang mudah, ada banyak sekali hal yang harus dimiliki dan dikuasai untuk siap terjun dalam dunia bisinis, seperti sikap mental dan kemampuan merupakan salah satu modal juga.

Dari berbagai macam faktor tersebut, keterbatasan modal juga merupakan suatu hal yang cukup klasik yang kerap dijadikan alasan seseorang yang akan terjun ke dunia usaha.

Meskipun demikan, bukan berarti keinginan untuk mewujudkan ide usaha mati begitu saja, karena terdapat suatu cara yang bisa mengatasi masalah tersebut, yakni dengan mengajak kerja sama seseorang untuk mendanai atau investor bagi usaha yang akan dijalankan dengan mengajukan proposal usaha.

Berikut ini merupakan contoh proposal usaha yang dapat kamu jadikana acuan jika hendak membuka usaha sendiri.

Apa Itu Contoh Proposal Usaha?

Proposal usaha ini bisa dikatakan sebagai rancangan usaha yang disampaikan secara tertulis kepada pihak lain (investor) secara sistematik dan jelas mencakup gambaran aktivitas yang akan dilakukan, serta rincian kebutuhan, aset serta perhitungan keuangan.

Tujuan Proposal Usaha

Umumnya, proposal usaha dibuat dengan tujuan:

– Sebagai sarana untuk meyakinkan pihak investor terkait kelayakan usaha yang akan dijalankan atau kembangkan
– Merealisasikan peluang usaha yang lebih profitable

Manfaat Proposal Usaha

Dalam pembuatan proposal usaha, kamu akan mendapatkan manfaat yang dapat memudahkan kamu, yakni:

– Memudahkan wirausahawan dalam menjelaskan kepada pihak investor terkait ide atau gagasan usaha yang akan dilakukan
– Proposal usaha membantu mengurangi kerugian yang diakibatkan dari penyimpangan biaya tidak terduga
– Jika terjadi kesepakatan antara investor dengan wirausahawan, maka proposal usaha tersebut dapat menjadi rujukan bagi kedua belah pihak untuk memantau usaha yang dijalankan

Hal Paling Penting dalam Membuat Contoh Proposal Usaha

Sistematika Penulisan Contoh Proposal Usaha

Sistematika dalam pembuatan contoh proposal usaha dapat menjadi prioritas si pembaca atau investor dalam mengeksekusi kelayakan usaha yang akan dijalankan, jika dibuat secara asal-asalan, sudah dapat dipastikan proposal tersebut akan ditolak mentah-mentah.

Untuk membuat sistematika proposal usaha yang baik, harus disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan, karena bisa jadi beberapa aspek yang dibuat untuk masing-masing usaha berbeda dengan yang lainnya.

Berikut merupakan penulisan sistematika yang benar saat membuat contoh proposal usaha:

1. Cover dan Halaman Judul
2. Daftar Isi
3. BAB I PENDAHULUAN
a. Latar Belakang/ Dasar Pemikiran
b. Tujuan Usaha
4. BAB II ASPEK PERENCANAAN USAHA
a. Aspek Pemasaran
b. Aspek Teknis dan Produksi
c. Aspek Ekonomi Sosial
d. Aspek Lingkungan
e. Aspek Manajemen
f. Aspek Keuangan
5. BAB III PENUTUP
6. Lampiran

Contoh Proposal Usaha

Berikut ini merupakan contoh proposal usaha:

Contoh Proposal Usaha/Bisnis

Proposal Usaha

PT.MUTIARA BAHTERA JAYA
Buleleng- Bali
Jl. Raya Gilimanuk-Seririt, Bd. Gondol, Penyabangan, Gerokgak, Buleleng. Bali. 81155

A. PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Saat ini mutiara adalah salah satu komodittas sektor kelautan yang mempuyai nilai ekonomi dan prosfek yang cerah dan panjang, selama manusia masih menjadikan mutiara sebagai salah satu jenis perhiasan yang megah dan mewah, oleh karena itu pula tentu saja

harga mutiara akan terus menerus meningkat dari tahun ketahun.
Semula mutiara hanya diperoleh dari tiram mutiara yang hidup di laut secara alami dan tanpa campur tangan manusia, namun kini berkat perkembangan tekhnologi dan informasi ternyata mutiara dapat kita budidayakan sehingga prosentase keberhasilan tiram mutiara dan mutiara itu sendiri dapat dikembangkan jauh lebih optimal.

Budidaya laut merupakan sebuah upaya manusia menggunakan input tenaga kerja yang terampil untuk meningkatkan produksi organisme laut, dengan cara memanipulasi pertumbuhan, mortalitas dan reproduksi atau sederhananya dapat kita definisikan sebagai kegiatan pengembangan protensi dari sumber daya alam dalam area terbatas (Laut) baik secara terbuka maupun tertutup.

Maka melihat potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, hal ini menjadikan peluang terbesar untuk terus meningkatkan kualitas taraf hidup manusia, selama dapat dikelola dengan baik dan memperkecil angka kerugian ,yang diakibatkan oleh dampak adanya human eror atau karena gejala alam yang tak terelakkan.

2. PROFIL PERUSAHAAN

a. Perusahaan kami yang kami beri nama “PT. Mutiara Bahtera Jaya” berdiri sejak 12 Januari 1998 yang mana perusaahan kami bergerak dibidang pembudi dayaan tiram mutiara dan Mutiara Laut.

b. Lokasi perusahaan kami terletak di Banjar Dinas Gondol Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Bali

3. JENIS USAHA

Perusahaan kami bergerak dibidang budidaya kerang mutiara, yaitu secara umum tekhnis budidaya kerang mutiara antara lain

a. Menanam induk kerang mutiara.
b. proses penyilangan jenis kerang mutiara
c. pemijahan kerang dari laut ke ruang oprasi untuk melakukan oprasi memasukkan nukleus
d. Melakukan seleksi bibit unggul untuk dimasukkan nukleus
e. Kemudian dikembalikan lagi kelaut untuk
f. Selanjutnya melakukan perawatan selama penanaman
g. selama beberama lama mutiara siap dipanen, dan hal ini tergantung dari keinginan kita seberapa besar diameter mutiara.
h. Selanjutnya mutiara siap di lelang / dipasarkan.

Itulah sekilas tentang tekhnis pembudidayaan mutiara yang bisa saya sampaikan pada proposal ini, namun secara terperinci silahkah survey ke perusahaan kami.

4. STRUKTUR ORGANISASI

Adapun struktur organisasi perusahaan kami antara lain:

Direktur Utama : Bapak . M. Taufiq,
Direktur Keuangan : Bapak Ismail,
Direktur Personalia : Bapak Simanjuntak
Direktur : Bapak Dedi Purnawan
Manager : Bapak Marzuki, S.T.P
Manager Personalia : Bapak Wahyudi, S.Mb
Manger pemasaran : Bapak. Hariyanti, SE
ADM & Gudang : Bapak Malik Ridwan
Ketua Tim Lapangan : Muhammad Abduh

5. PROSFEK USAHA DAN PEMASARAN

a. Sebagaimana telah kami paparkan diatas bahwa mutiara adalah jenis perhiasan yang mewah dan terus menerus mengalami peningkatan harga, maka dalam hal ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang bagaimana prosfek budidaya mutiara.

b. Bahwa pemasaran yang yang telah kami kuasai adalah di indonesia sendiri dan kami juga mengskspor mutiara unggul ke berbagai negara misalnya Jepang, Belanda, Jerman, dan masih banyak lagi celah-celah pemasaran yang lain.

6. MODAL USAHA

Bahwa perusahaan kami senantiasa terus berkembang dan maju jika ketersedian modal yang memadai, diantara hambatan yang kami alami adalah antara lain :

a. Operasional : Biaya operasional kami bagi atas tiga bagian yaitu jangka pendek, jangka menengah dan panjang, jangka pendek yaitu terhitung 30 hari sekali, menengah yaitu 6 bulan sekali dan jangka panjang yaitu 1 tahun sekali yang mana biaya operasional tersebut secara keseluruhan menelan biaya Rp. 500.000.000 sebaaimana rincian tercantum pada rencana anggaran biaya operasioanal.

b. Pemasaran : Pada pemasaran ini kami mengalami kendala yaitu biaya pengiriman barang keseluruh negara yang kami sebutkan diatas, bahwa untuk biaya pengiriman setidaknya telah mencapai 150 juta /30 hari, secara terprinci terdapat pada lampiran.

7. PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, agar dijadikan sebagai bahan pertimbangan Bapak untuk berkenan kiranya menjadi infestor pada perusahaan kami, dan mengenai hal-hal yang belum tercantum disini maka akan dijelaskan kemudian pada kesempatan yang lain sebagai tindak lanjut dari proposal ini. dan mengenai keputusan Bapak akan kami tunggu 7 hari setelah proposal ini bapak terima. dan atas perhatian Bapak kami sampaikan terima kasih.

LAMPIRAN-LAMPIRAN