10 Contoh Kalimat Majemuk Setara Beserta Penjelasannya

Contoh Kalimat Majemuk Setara

Waktuku.com – Contoh Kalimat Majemuk Setara – Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki berbagai macam suku bangsa dan budaya serta bahasa daerah yang beragam. Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beribu pulau dan sering disebut sebagai Nusantara.

Indonesia berada antara benua Asia dan Australia dan antara Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia. Dari ujung barat sampai ke ujung timur atau dari sabang sampai merauke indonesia terdiri dari bermacam suku bangsa, agama dan bahasa.

Bahasa Indonesia digunakan dan di resmikan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bagi bangsa Indonesia sangat penting sekali untuk belajar bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan.

Namun, masih banyak generasi muda saat ini yang menyepelekan bahasa Indonesia. Padahal bahasa Indonesia harus dipelajari dan dipahami kita sebagai bangsa Indonesia. Banyak dari siswa yang tidak memperhatikan ketika ada gurunya yang menerangkan tentang bahasa Indonesia.

Padahal dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan bahasa sebagai media komunikasi dengan orang lain. Bahasa merupakan media komunikasi yang penyampaiannya menggunakan percakapan atau dapat juga secara tulisan.

Selain berfungsi sebagai media komunikasi, bahasa juga berfungsi untuk mengungkapkan suatu perasaan. Karena kumpulan kata dan kalimat yang diucapkan memiliki maksud dan makna tertentu serta gagasan dari pembicaraan. Bahasa juga berfungsi sebagai kontrol sosial.

Kontrol sosial yang dimaksud disini yaitu sering diterapkan dalam hal kegiatan ceramah keagamaan, dan pidato, orasi ilmiah, serta digunakan dalam penyusunan buku-buku pelajaran, dan lain sebagainya. Selain sebagai kontrol sosial, bahasa juga memiliki fungsi sebagai media pemersatu masyarakat.

Terutama masyarakat di indonesia yang mempunyai latar belakang sosial, budaya dan bahasa yang berbagai ragam. Bahasa indonesia mempunyai fungsi yang begitu banyak. Di dalam bahasa indonesia memiliki berbagai macam kata dan kalimat yang mempunyai makna atau arti yang beragam.

Kalimat merupakan kumpulan dari beberapa kata yang tersusun sesuai dengan kaidah yang berlaku. Kalimat dalam bahasa indonesia terdiri dari berbagai macam jenisnya, menurut pengucapan, berdasarkan makna, berdasarkan urutan kata, berdasarkan struktur gramatikal, berdasarkan unsur kalimat, dan lainnya.

Berdasarkan stuktur gramatikalnya kalimat mempunyai berbagai macam salah satunya kalimat majemuk setara. Di dalam artikel kali ini akan di bahas mengenai contoh kalimat majemuk setara, dan perbedaannya dengan kalimat majemuk tunggal serta macam-macam dari kalimat.

Macam macam Kalimat

Seperti halnya penjelasan diatas, kalimat dibedakan berdasarkan sudut pandang atau kriteria tertentu. Maka dari itu, dalam berbagai buku tata bahasa kita dapat meilihat begitu banyak istilah untuk menamai jenis-jenis kalimat. Macam-macam atau jenisnya yaitu sebagai berikut:

1. Jenis Kalimat Menurut Pengucapannya
Berdasarkan pengucapannya, jenis kalimat terbagi atas 2 jenis, yakni:

a. Kalimat Langsung
Definisi kalimat langsung ialah kalimat dari ucapan orang langsung dengan tidak merubah perkataanya tersebut. Dalam kalimat langsung di imbuhkan tanda petik. Contohnya:
– “Ayah akan datang nanti sore” Ibu memberitahu
– “Beri sedikit air pada adonannya” Susi menambahkan
– “Ibu akan pulang hari ini “ Adik berkata
– “Kakek mau makan pangsit “ Kakek berkata

b. Kalimat tidak langsung
Sedangkan kalimat tidak langsung merupakan suatu kalimat dengan menceritakan ulang perkataan namun tidak seluruhnya di tulis. Contohnya:
– Tadi kepala sekolah berpesan untuk tidak membeli makanan dari warung yang berada di luar sekolah.
– Aku mendegar kabar dari desa sebelah bahwa disana ada hama ulat bulu.

2. Jenis kalimat berdasarkan jumlah frasanya
Berdasarkan jumlah frasanya kalimat dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

a. Kalimat tunggal
Yakni kalimat terdiri atas 1 klausa, denagn 1 pola saja. Contohnya:
– Para siswa berdemo (S-P) -> (kata benda – kata kerja)
– Pemilik mobil itu pemarah (kata benda – kata sifat)
– Ibu membeli sayur (S-P-O)
– Pemilik toko itu periang (kata benda – kata sifat)
– Adik membaca komik (S-P-O)

b. Kalimat majemuk
Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua atau lebih kalimat yang saling berhubungan. Jenis kalimat majemuk ini terdiri atas 3 jenis diantaranya:
– Majemuk campuran
– Majemuk bertingkat
– Majemuk setara

Contoh masing masing kalimat di atas banyak sekali. Salah satunya adalah contoh kalimat majemk setara berikut ini.

3. Jenis kalimat berdasarkan isi dan fungsinya
Berdasarkan isi dan fungsinya kalimat dibedakan sebagai berikut:

a. Kalimat berita
Kalimat berita atau dapat juga disebut kalimat deklaratif merupakan kalimat yang memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu informasi atau memberitakan kejadian suatu peristiwa.kalimat ini diakhiri dengan tanda titik (.) dan terkadang menggunakan intonasi yang menurun pada akhir pembacaannya.

b. Kalimat tanya
Kalimat tanya atau dapat juga disebut kalimat interogatif yaitu kalimat yang berfungsi untuk mencari tahu jawaban dari suatu pertanyaan dan mencai tahu respon dari orang lain atau lawan bicara. Umumnya kalimat ini diakhiri dengan menggunakan tanda tanya (?).

c. Kalimat perintah
Kalimat perintah atau disebut juga sebagai kalimat imperatif merupakan kalimat yang memiliki tujuan untuk memberikan suruan atau perintah kepada orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Umumnya secara tulis kalimat ini diakhiri dengan menggunakan tanda seru (!). sedangkan secara lisan menggunakan intonasi yang tinggi di akhir kalimatnya.

d. Kalimat seruan
Kaimat seruan yaitu kalimat yang digunakan untuk menyampaikan perasaan. Hampir sama seperti kalimat perintah, kalimat ini juga ditandai dengan intonasi yang tinggi, dan diakhiri dengan menggunakan tanda seru (!).

e. Kalimat pengandaian
Makna kalimat ini merupakan kalimat dengan tujuan melukiskan keinginan, kemudian tujuan sang penulis yang masih belum ada. Penulisannya di akhiri oleh tanda baca (.) titik.

4. Jenis kalimat berdasarkan unsur dalam kalimat
Berdasarkan unsur kalimat , dibedakan menjadi dua, yaitu:

a. Kalimat lengkap
Kalimat ini merupakan kalimat yang penulisan atau pengucapannya minimal terdiri dari subjek dan predikat.

b. Kalimat tidak lengkap
Sedangkan kalimat tidak lengkap yaitu kalimat yang tidak memiliki kesempurnaan, artinya kalimat ini memiliki bentuk yang tidak sempurna, yaitu kalimat yang hanya memiliki subjek saja, atau predikat saja, atau bahkan keterangan atau objek saja. Mumnya kalimat ini dipergunakan untuk salam, ajakan, perintah, jawaban, sapaan, larangan, dan lain sebagainya.

5. Jenis kalimat berdasarkan pola subjek dan predikatnya
Berdasarkan pola subjeknya, kalimat dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Kalimat inversi
Predikat pada kalimat inverse ini ada di depan subjeknya. Biasanya jenis kalimat tersebut dipakai dalam penegasan sebuah makna. Contonya; Bawa uang mukanya ke kantorku!

b. Kalimat versi
Sementara kalimat versi ialah jenis kalimat dengan susunan yang disesuaikan pada pola kalimat dasarnya yakni S-P-O-K ataupun S-P-O.

6. Jenis kalimat berdasarkan subjeknya
Berdasarkan subjeknya kalimat dibedakan menjadi dua, yaitu:

a. Kalimat aktif
Kalimat aktif yaitu kalimat yang unsur subjeknya selalu melakukan suatu pekerjaan atau tindakan. Umumnya menngunakana predikat dengan imbuhan me- dan ber- serta berbentu kata kerja. Kalimat aktif mempunyai tiga bentuk, yaitu kalimat aktif transitif, aktif intransitif dan kalimat semi transitif.

b. Kalimat pasif
Makna kalimat pasit ialah kalimat dengan unsur subyek dikenai tindakan ataupun pekerjaan. Umumnya kalimat ini subjeknya menggunakan imbuhan ter-, ke-an, di-.
Berbagai macam jenis kalimat dalam bahasa indonesia, selanjutnya kami akan membahas mengenai contoh kalimat majemuk setara dan pengertiannya.

Kalimat majemuk merupakan kalimat yang memiliki dua atau lebih pola kalimat dimana masing-masing dari kalimat memiliki anak kalimat serta induk kalimat. Di dalam contoh kalimat majemuk setara memiliki tiga kata penghubung yang berguna untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lainnya. Jenis jenis kalimat majemuk diantaranya:

1. Kalimat Majemuk Setara

Jenis kalimat majemuk salah satunya yaitu kalimat majemuk setara. Kalimat majemuk setara merupakan kalimat majemuk yang mempunyai dua atau lebih kalimat tunggal yang mempunyai kedudukan setara yang selanjutnya digabungkan menjadi satu buah kalimat dengan mempergunakan kata konjungsi seperti; dan, bahkan, lalu, atau, lantas. Contoh kalimat majemuk setara diantaranya:

a. Rudi pulang ke rumah orang tuanya atau Rudi ingin pulang ke rumah neneknya
b. Rina belajar menggambar sedangkan Ani belajar menulis
c. Ayah ingin minum kopi dan Ibu ingin minum teh
d. Paman ingin membeli durian sedangkan Bibi ingin membeli semangka
e. Kami dapat menyelesaikan tugas atau bahkan kami langsung dapat mengumpulkannya
f. Kakak mendapat makanan ringan sedangkan adik mendapat coklat.

2. Kalimat Majemuk Bertingkat

Jenis kalimat majemuk ini dibuat dengan menggabungkan 2 kalimat ataupun lebih yang kedudukannya beda. Baik itu anak kalimat maupun induk kalimat. Dalam contoh kalimat majemuk setara bertingkat umumnya mengunakan kata konjungsi agar, supaya, jika, maka, dengan, bahwa, tanpa, dan lain sebagainya. Contohnya:

– Rida ingin pulang ke rumah karena ada barang yang tertinggal di rumahnya
– Ibu pergi ke pasar ketika Bibi datang ke rumah.
– Saya berangkat sekolah, jika sudah sarapan.
– Adik menangis, tanpa ibu disampingnya.
– Ibu memasak banyak sekali supaya tamunya kebagian makanan.
– Kami pergi belanja tanpa mengajak ibu bersama.
– Anak itu menangis, maka ibunya pun menenangkannya
– Sari berbelanja dengan ibunya di pasar
– Deni pulang kampung agar keluarganya tidak khawatir
– Adik mengirimkan surat supaya kami merasa tenang.

3. Kalimat Majemuk Rapatan

Kalimat ini merupakan kalimat yang terbentuk dari penggabungan dua kalimat tunggal atau lebih yang mempunyai subjek, predikat, atau objek yang sama.
Contohnya:

a. Ani sedang makan sayur, buah, dan minum susu
b. Kartika menyukai mata pelajaran matematika, biologi dan kimia.
c. Ibu sedang memasak tempe, tahu dan ikan asin.
d. Nenek sedang menonton tv drama, konser musik dan acara masak masak.
e. Ayah sedang membersihkan kebun, mencangkul, memotong rumput dan menanam bunga.
f. Adik sedang bermain boneka, mobil mobilan dan pesawat pesawatan.
g. Kakak sedang menggambar, mewarna dan menebalinya.
h. Ibu sedang menjahit baju, celana dan daster.
i. Beni sedang menulis bahasa inggris, bahasa jawa dan bahasa jepang.

4. Kalimat Majemuk Campuran

Bentuk contoh kalimat majemuk setara campuran berasal dari kalimat majemuk bertingkat dan majemuk setara. Minimal ada tiga kalimat untuk membentuk kalimat campuran. Contohnya:

a. Rudi sedang makan dan Indah sedang mencuci ketika Ibu datang dari pasar
b. Faisal bermain gitar dan Hasan membuat lagu ketika Rizal datang ke rumah
c. Dini belajar menulis dan arin belajar membaca ketika guru prifatnya datang.
d. Ibu memasak sayur dan kakak memasak nasi ketika ayah datang dari luar kota.
e. Nenek sedang mengaji dan adik menemaninya ketika ibu pulang dari kantor.
f. Kakek bertanya dan saya menjawab ketika kakak pergi keluar.

Nah, demikian penjelasan tentang Pengertian, Jenis contoh Kalimat Majemuk setara, Ciri-ciri dan Contoh Kalimat Majemuk Setara. Semoga dapat bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi oleh pembaca dari semua kalangan.