Mengenal 10 Contoh Hewan Vertebrata Beserta Penjelasannya

Contoh Hewan Vertebrata

Waktuku.com – Akankah anda sudah mengenal pengertian dari Contoh hewan Vertebrata? Hewan tersebut menjadi salah satu binatang yang sudah mempunyai tulang belakang. Ada beberapa binatang yang termasuk dalam kategori ini yakni amfibi, ikan, burung, reptile bahkan juga mamalia.

Mungkin banyak diantara anda yang belum mengenal hewan ini bahkan masih bingung membedakannya dengan binatang yang lainnya. Kali ini kita akan melakukan pembahasan mengenai contoh hewan vertebrata sekaligus penjelasan lengkap lainnya.

Ciri dari Hewan Vertebrata

Setelah anda mengenal hewan invertebrata beserta dengan contohnya. Kini anda pun juga harus mengenal hewan vertebrata yakni hewan yang sudah mempunyai tulang belakang ataupun tulang punggung ini. Lantas apa sajakah ciri dari hewan tersebut? Supaya anda tak lagi merasa bingung untuk membedakan keduanya. Alangkah baiknya anda ketahui cirinya berikut ini:
– Mempunyai Kerangka Internal
– Kerangka ini merupakan kerangka luar yang mampu mendukung hewan dalam melindungi organ internalnya bahkan lebih memungkinkan lagi untuk melakukan sebuah gerakan.
– Hidup Vertebrata Pun Dalam Beragam Ukuran
– Siapa sih yang tak kenal dengan spesies ikan mas. Ternyata spesies ikan ini sudah hadir dalam berbagai ukurannya. Bahkan ada yang sekesil 0,3 inci. Sedangkan untuk ikan paus biru besarnya saja sepanjang 110 kaki.
– Hewan vertebrata ini mempunyai sistem otot yang terdiri dari sistem saraf pusat yang berada pada bagian tulang belakang dan juga mempunyai pasagan massa
– Mempunyai sebuah tongkat gelatinosa yang bisa merubahnya menjadi kaku
– Sistem respirasi dari hewan ini menggunakan paru-paru, ingsang dan juga operculum
– Mempunyai rongga tubuh yang mampu tubuh dengan lebih baik
– Sistem organ yang sudah dimilikinya begitu kompleks
– Mempunyai segmentasi tubuh yang terbilang begitu jelas
– Memiliki sebuah kelenjar endoksin
– Mempunyai suhu tubuh yang cenderung panas, bisa dikatakan tidak menetap
– Mempunyai alat reproduksi yang berpasangan
– Mempunyai dua jenis lapisan kulit yakni lapisan epidermis dan juga lapisan endodermis
– Memiliki alat pencernaan yang memanjang, entah itu dari bagian mulutnya hingga menuju pada bagian anusnya yang berada dibagian depan dari tulang belakang hewan
– Memiliki sebuah susunan saraf yang terdiri dari otak dan juga bagian sumsum tulang belakang
– Otak dari hewan vertebrata ini sudah dilindungi oleh tengkorak yang mempunyai sifat kuat dan juga keras

Dari berbagai macam ciri hewan vertebrata yang sudah anda ketahui ini, pastinya anda pun mempunyai gambaran apa saja contoh hewan yang termasuk dalam kategori hewan vertebrata ini. Semoga saja dengan berbagai macam penjelasan maupun informasi tersebut memberikan gambaran bagi anda tentang hewan vertebrata.

Contoh Hewan Vertebrata di Sekitar Lingkungan Kita

Vertebrata merukan jenis hewan yang mempunyai tulang belakang. Tentunya banyak sekali contoh hewan vertebrata yang bisa anda temukan dengan mudah di sekitar anda. Apabila anda masih merasa penasaran, inilah berbagai macam contoh hewan vertebrata yang harus anda ketahui, Yakni:

1. Ikan hiu

ikan hiu
Image by: bbci.co.uk

Ikan hiu ternyata masuk dalam kategori contoh hewan vertebrata. Jenis ikan yang satu ini seringkali di sebut sebagai predator. Bahkan hewan tersebut juga memiliki tulang belakang yang sudah terbentang mula dari bagian kepala hingga ke bagian ekornya. Hal inilah yang menjadikan kan hiu termasuk dalam kategori hewan vertebrata. Gigi taring nan tajam yang sudah dimilikinya seringkali membuat manusia maupun kelompok hewan yang lain merasa takut.

Ikan hiu ini mampu bernafas dengan menggunakan insang yang mempunyai 5 lubang. Uniknya pada bagian lapisan kulitnya sudah terlindungi oleh lapisa dermal sehingga mampu menghindarkan hewan tersebut dari bahaya berbagai macam penyakit.

2. Ikan Salmon

ikan salmon
Image by: oceana.org

Ternyata ikan salmon ini juga masuk dalam kategori contoh hewan vertebrata. Pastinya anda sudah tahu bahwa ikan yang satu ini lebih dikenal berkat adanya kandungan omega 3 yang ada di dalamnya. Dimana kandungan tersebut sangat bagus sekali bagi kesehatan tubuh sang anak. Ikan salmon ini mempunyai system pernafasan yang terbilang khusus yakni insang.

3. Salamander atau amphibi

Salamander

Salamander ini menjadi salah satu hewan yang hidupnya bisa di alam yakni perairan. Namun setelah mereka dewasa bakalan hidup di daratan. Konon salamander ini mempunyai sebuah proses perkembangan pada bagian system pernafasannya. Ketika masih kecil mereka bernafas menggunakan insang namun saat sudah dewasa mereka pun bernafas dengan paru-paru.

4. Katak

katak
Image by: natgeo

Katak menjadi salah satu jenis amphibi yang begitu mudah anda temui dimanapun tempatnya. Katak mampu mengalami sebuah fertilisasi eksternal yang berada di luar tubuh. Biasanya saat telur katak tersebut akhirnya menetas maka katak pun akan berubah jadi kecebong. Katak biasanya bernafas menggunakan ingsang. Namun ketika katak sudah tumbuh dewasa maka mereka pun berubah bernafas dengan menggunakan paru-paru.

5. Ular atau Reptil

ular

Contoh hewan vertebrata yang lainnya adalah ular. Ternyata hewan melata yang satu ini tidak mempunyai kaki. Hewan tersebut bernafas dengan menggunakan paru-paru dan juga kulit. Bahkan ular ini mempunyai tingkatan bisa yang mampu membunuh mangsa incarannya. Kini anda bisa menemui hewan tersebut dalam berbagai macam ukuran dan juga warnanya.

6. Kadal

kadal
Image by: nationalgeographic.com

Kadal merupakan salah satu jenis hewan yang sudah masuk dalam kategori reptil. Hewan tersebut menjadi salah satu hewan yang berdarah dingin. Mereka memang tak mampu mengubah kondisi tubuhnya sesuai dengan kondisi yang berada pada lingkungan sekitarnya. Ketika udara dingin setelah terjadinya hujan, reptil ini biasanya akan menghangatkan tubuhnya.

7. Penguin

penguin
Image by: dagelan.co

Siapa sih yang tak kenal dengan hewan yang satu ini. Mereka kelihatan lucu sekali dari bentuknya bahkan juga warnanya. Penguin memang mirip dengan burung mempunyai sayap namun tak mampu terbang. Hal ini pastinya karena bobot penguin lebih besar jika kita bandingkan dengan sayap yang dimilikinya. Menariknya penguin ini pandai sekali dalam berenang. Hewan tersebut biasanya bernafas menggunakan paru-paru.

8. Burung Beo

burung beo
Image by: mumbailive.com

Contoh hewan vertebrata yang satu ini terkenal karena ocehannya yang begitu renyah. Semua orang pecinta burung suka sekali memelihara burung beo ini. Burung tersebur mempunyai kantong udara yang bisa membantu mereka saat terbang diatas langit. Wajar saja anda bisa menemuinya dengan mudah saat melihatnya terbang di langit.

9. Kangguru

kangguru

Kanguru ini merupakan salah satu jenis hewan mamalia yang mempunyai kantung. Hewan tersebut berkantung karena mampu melahirkan bayi dalam usia yang lebih muda. Kantung tersebut nantinya akan dipergunakan untuk hidup bersama dengan ibunya.

10. Kelelawar

kelalawar
Image by: nationalgeographic.com

Hewan yang satu ini begitu aktif sekali saat malam hari tiba. Saat itu anda bisa dengan mudah menemuinya berkeliaran di sekitar lingkungan anda. Hewan ini termasuk dalam mamalia terbang dengan adanya kelenjar mamae. Tangannya saja mampu berkembang mirip dengan sayap sehingga kemampuannya untuk terbang begitu bagus. Hewan yang satu ini ternyata juga masuk dalam contoh hewan vertebrata.

Itulah tadi berbagai macam contoh hewan vertebrata yang harus anda ketahui. Pastinya semua hewan tersebut mudah sekali anda temui dimanapun tempatnya. Kini anda pun semakin mampu membedakan antara hewan vertebrata dan juga hewan invertebrata.