Mengenal 11 Contoh Hewan Invertebrata Beserta Ciri Cirinya

Contoh Hewan Invertebrata

Waktuku.com – Sekitar kita memang banyak sekali makhluk hidup seperi halnya hewan bahkan juga tumbuhan. Lantas akankah anda bisa membedakan kelompok hewan tersebut? Perlu anda ketahui bahwasanya saat ini hewan dibedakan dalam dua kelompok yakni hewan avertebrata dan juga hewan invertebrata. Kali ini kita akan mempelajari mengenai contoh hewan invertebrata sekaligus penjelasan mengenai hewan tersebut.

Vertebrata biasanya mempunyai tulang punggung yang terbuat dari tulang rawan. Sedangkan untuk hewan invertebrata ini tidak mempunyai tulang punggung. Sehingga anda harus paham mengenai bab kelompok hewan. Hewan invertebrata ini uniknya bisa hidup dimanapun tempatnya. Mungkin anda yang belum mengenalnya akan merasa kesulitan untuk membedakannya.

Ciri dari hewan invertebrata yang perlu anda ketahui

Sekarang ini anda bisa membedakan kedua kelompok hewan tersebut dengan mengetahui berbagai macam cirinya. Jika anda merasa penasaran sekali, inilah berbagai macam ciri dari hewan invertebrata. Yakni:

1. Mempunyai ukuran yang kecil sebab tidak mempunyai struktur tubuh yang terbilang kompleks
2. Hewan yang tidak mempunyai tulang belakang
3. Tidak mempunyai tulang endoskeleton
4. Hewan tersebut tidak mempunyai dinding sel
5. Habitat dari hewan tersebut bisa di seluruh belahan dunia
6. Hewan invertebrata ini tidak mempunyai kerangka luar
7. Hewan invertebrata tidak mempunyai kerangka dalam
8. Hewan invertebrate ini mempunyai cara dalam berproduksi secara seksual
9. Meskipun dalam kondisi lingkungan yang terbilang ekstrim ternyata hewan ini mampu bertahan hidup
10. Pada umumnya hewan ini mampu membuat makanannya sendiri

Itulah tadi beberapa ciri dari hewan invertebrata yang perlu anda ketahui. Sekarang sudah saatnya bagi anda mengetahui apa sajakah contoh hewan invertebrata ini. Mempelajari tentang hewan juga penting sekali bagi anda. Terlebih untuk bab kelompok hewan ini, jangan sampai anda tidak mampu membedakan manakah hewan avertebrata dan juga hewan invertebrata.

11 Contoh Hewan Invertebrata Berikut Penjelasannya dan Jenisnya

Ketahuilah berbagai contoh hewan invertebrata yang ada di sekitar kita Memang banyak sekali jenis hewan invertebrata yang telah hadir di sekitar kita. Hanya saja kebanyakan dari kita mungkin belum bisa membedakan kelompok hewan tersebut. Hingga akhirnya anda pun merasa penasaran dengan contoh hewan invertebrata ini. Tak perlu khawatir lagi, kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut. Inilah berbagai macam contoh hewan invertebrata yang perlu anda ketahui, Yakni:

1. Kecoa

kecoa
Image by: westernexterminator.com

Hewan yang satu ini mungkin banyak sekali yang membencinya. Bahkan lebih dari 90% persen orang yang ada di dunia begitu membenci hewan yang satu ini. Hal ini dikarenakan hewan tersebut paling suka hidup di tempat yang terbilang kotor, berbau bahkan juga lembab. Wajar saja banyak orang yang merasa jijik dengan hewan yang satu ini. Uniknya kecoa ini mampu bertahan hidup selama beberapa jam kedepan meskipun bagian kepalanya telah terlepas dari bagian tubuhnya.

2. Kupu-Kupu

kupu kupu
Image by: vallartadaily.com

Ada lagi contoh hewan invertebrata yang terbilang indah dan juga menarik yaitu kupu-kupu. Hewan yang satu ini telah masuk dalam sebuah kategori serangga yang bersayap. Umumnya mereka lebih aktif saat siang hari mencari makanan bahkan melakukan aktivitas yang lainnya. Kupu-kupu ini memang indah sekali dengan warna sayap yang indah bahkan terang membuat siapapun begitu takjub melihatnya. Kupu-kupu ini hidupnya mampu menghisap madu bunga. Tak jarang pastinya anda melihat kupu-kupu nan lucu hingga pada bunga mekar nan indah.

3. Laba-laba

laba laba
Image by: medium.com

Perlu anda ketahui juga bahwa laba-laba ini ternyata termasuk dalam hewan invertebrata. Hewan teersebut mempunyai tubuh yang berbuku-buku dengan adanya dua segmen tubuh bahkan tidak sayap dan tidak mempunyai mulut untuk mengunyahnya. Hampir dari semua jenis laba-laba mempunyai bisa yang berada di bagian taringnya. Dimana taring tersebut bisa dipergunakan untuk membunuh mangsanya.

4. Semut

semut
Image by: mnn.com

Jenis hewan yang satu ini merupakan contoh hewan invertebrata. Hewan dengan ukuran yang begitu kecil ini bisa dengan mudah anda jumpai pada kawasan tropika. Semut ini bisa hidup berkoloni dengan membangun sarang yang mampu beranggotakan hingga ribuan semut. Bisa dikatakan bahwa semut ini menjadi salah satu hewan yang terkuat di dunia.

5. Ubur-ubur

ubur ubur
Image by: cbc.ca

Ubur-ubur merupakan hewan invertebrata yang bisa dengan mudah anda jumpai entah itu di perairan tropis maupun air tawar. Bentuk dari tubuhnya saja berbentuk bulat dengan adanya tekstur yang begitu lembut bahkan seakan kenyal. Ubur-ubur ini sering kali dicari masyarakat yang memang ingin menyaksikan keindahannya. Hanya saja meskipun terlihat begitu indah, jangan sampai anda memegangnya sebab sengatannya bisa membuat kulit anda iritasi jika menyentuhnya.

6. Cacing

cacing
Image by: incimages.com

Saat ini tentunya sudah banyak sekali jenis cacing yang sering terlihat di sekitar kita. Mulai dari cacing kremi, cacing sutra, cacing pita, cacing tanah bahkan juga cacing tambang. Cacing tersebut sering kali dipergunakan sebagai pakan untuk hewan bahkan juga sebagai umpan untuk memancing. Meskipun begitu, cacing ini dikenal unik sekali. Meskipun kelihatannya menjijikkan namun hewan ini seringkali dijadikan sebagai obat tradisional.

7. Lebah

lebah
Image by: boingboing.net

Seperti halnya dengan semut, lebah ini juga salah sau contoh hewan invertebrata yang perlu anda ketahui. Biasanya lebah ini hidupnya secara berkelompok dimana mereka akan membuat sarang diatas pohon. Sarangnya ini biasanya dibuat dari sebuah perekat getah pohon dan juga malam yang biasanya di produksi oleh kelenjar lebah betina yang masih muda.

8. Kepiting

kepiting
Image by: coastalliving

Tubuh kepiting dilindungi oleh adanya cangkang yang terlihat keras bahkan juga dipersenjatai dengan capit. Kepiting ini mempunyai lima pasang kaki, dimana perutnya terlipat dibawah dengan bagian mulut yang tertutup oleh maxilliped. Kepiting ini biasanya hadir dengan kepiting air taar dan juga darat. Ukuran dari hewan yang satu ini sangat beragam sekali mulai dari beberapa millimeter hingga ukuran 4 meter.

9. Gurita

gurita
Image by: foxnews.com

Gurita ternyata termasuk dalam salah satu contoh hewan invertebrata. Gurita ini mempunyai 289 spesies yang sudah tersebar di seluruh dunia. Siapa sangka gurita ini menjadi hewan invertebrata yang tergolong cerdas sekali. Kecerdasan yang sudah dimilikinya ini sering kali menjadi sebuah bahan perdebatan di kalangan para ahli biologi. Dari hasil penelitian pun menunjukkan bahwa gurita ini mempunyai ingatan jangka panjang bahkan juga jangka pendek yang dinilai cukup baik.

10. Kerang

kerang
Image by: ehowcdn.com

Contoh hewan invertebrata yang satu ini ternyata mempuntai tubuh yang lunak. Biasanya mereka mempunyai sepasang cangkang yang berbentuk simetri bahkan terhubung dengan sebuah jaringan ikat. Menariknya kerang ini mempunyai dua otot yang bisa dipergunakan untuk membuka maupun menutup cangkangnya. Ia memang tidak mempunyai kepala tetapi ada bagian organ jantung, ginjal, anus bahkan juga mulut.

11. Bintang Laut

bintang laut

Pastinya contoh hewan invertebrata yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi anda. Bintang laut ini mempunyai lengan yang berjumlah lima bahkan lebih. Menariknya hewan ini juga mempunyai rangka yang bisa membantunya dalam bergerak. Biasanya bintang laut ini mampu bergerak menggunakan sebuah system vaskular air. Hanya saja jika umurnya sudah cukup biasanya mereka akan menggunakan kaki tabungnya untuk bisa merayap sepanjang dasar laut dengan kecepatan yang cukup rendah.

Itulah tadi berbagai macam contoh hewan invertebrata yang bisa anda ketahui. Sebetulnya masih banyak sekali jenis hewan invertebrata yang perlu anda ketahui. Setidaknya dengan mengenalnya, anda sudah tidak bingung lagi membedakannya dalam kelompok hewan.