Ciri Ciri Orang Munafik

Waktuku.comCiri ciri orang munafik bisa anda kenali dengan mudah baik secara kasat mata ataupun tidak terlihat. Karena ciri sifat munafik bisa dilihat dari sifat orang tersebut. Jadi, dengan mengenali apa saja ciri sifat munafik tersebut, anda akan lebih hati hati jangan sampai anda memiliki ciri sifat kurang baik ini.

Ciri ciri orang munafik identik dengan istilah lain dibibir lain dihati. Yakni perkataan yang tidak sesuai dengan apa yang ada dihatinya. Namun sebenarnya ciri orang munafik masih ada banyak lagi. Berikut ini ada beberapa ciri ciri orang munafik yang perlu anda ketahui.

Ciri Ciri Orang Munafik Menurut Islam:

Dusta

Ciri yang pertama ialah memiliki sifat dusta atau berbohong. Tindakan ini bukan Cuma dibenci oleh agama namun juga manusia yang dibohongi juga pasti tidak akan ridho. Sehingga agam telah melarang dengan keras agar umatnya meninggalkan sifat dusta ini. Karena sifat dusta bisa merugikan orang lain dan diri sendiri.

Allah Azza wa Jalla membagi manusia menjadi 2 bagian, manusia yang memiliki sifat jujur dan yang memiliki sifat dusta. Hal ini seperti dalam firmannya pada surah al-ahzab ayat ke 24. Dalam firman ini Allah akan memberi balasan untuk orang yang benar ( jujur ), serta menyiksa orang yang munafik bila dikehendaki-Nya maupun menerima taubat dari mereka.

Khianat

Cirri ciri orang munafik yang kedua ialah memiliki sifat khianat. Orang yang memiliki sifat ini biasanya tidak berkomitmen terhadap apa yang sudah dijalaninya. Bahkan tidak pernah menepati apa yang sudah dikatakannya tanpa memiliki kejelasan apapun.

Sehingga islam dengan tegas telah melarang umatnya untuk berkhianat. Sebab bagi seorang yang dikhianati keperayaannya akan merasa tersakiti. Hal ini juga dijelaskan dalam surah al-mu’minun ayat ke 8 dan juga surah al-anfal ayat ke 27.

Fujur

Mungkin anda masih belum mengetahui dengan jelas apa itu fujur. Tindakan ini juga termasuk salah satu ciri ciri orang munafik yang harus anda hindari. Fujur ialah seseorang yang memiliki emosi yang sangat berlebihan hingga melampaui batas disaat ada perselisihan.

Tindakan ini juga cenderung ingin menang sendiri bahkan tidak menerima kesalahannya. Dengan begitu, dia akan menunjukkan tindakan yang melampuai batas dan ingin menekan lawan perselisihannya.

Ingkar Janji

Tentu anda sudah tahu dengan ciri ciri orang munafik satu ini. Ingkar janji adalah ciri umum seorang yang memiliki sifat munafik. Biasanya orang yang ingkar janji tidak dapat menepati janjinya. Dia juga tidak bisa melakukan apa yang sudah dikatakannya sendiri.

Menepati janji adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat islam. Jadi, jika anda pernah berjanji, usahakan untuk menepatinya agar orang yang anda beri janji tidak kecewa. Didalam kitab suci alquran juga dijelaskan jika janji yang diucapkan harus ditepati janganlah diingkari.

Hal ini sudah dijelaskan dalam alquran surah an-Nahl ayat ke 91. Yang intinya jika anda berjanji atas nama Allah, maka wajib menepatinya. Apalagi disertai dengan sumpah yang mengatasnamakan Allah sebagai saksinya, karena Allah maha tahu apa yang sudah diperbuat oleh makhluknya.

Malas Beribadah

Ciri ciri orang munafik selanjutnya yang harus anda ketahui ialah malas beribadah. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam QS An-Nisa ayat ke 142. Yakni orang yang munafik ialah orang yang menipu Allah, sehingga Allah pun akan membalas tipuannya. Yaitu bagi orang yang malas shalat melainkan hanya riya’ dihadapan manusia lainnya.

Riya

Sifat riya juga salah satu tindakan yang dibenci oleh Allah dan sangat tercela. Sifat riya ini termasuk sifat sombong sehingga agama juga melarang keras umatnya yang memiliki sifat tercela ini. Contoh nyata yang bisa diambil dari sifat riya ini ialah ketika orang tersebut menampakkan kebaikannya dihadapan orang lain.

Sedangkan jika dibelakang orang lain mereka bersikap seolah tidak sebaik yang ditampakannya. Ini sering kali dijumpai ketika seseorang menampakkan shalat khusu’ nya dihadapan orang orang. Sementara jika dibelakang orang lain mereka shalat dengan asal asalan.

Mempercepat Gerakan Sholat

Jika melakukan shalat yang tidak khusu’ melainkan mempercepat gerakan shalat maupun bacaanya, hal ini juga termasuk sifat munafik. Karena pikiran dan juga hatinya tidak bisa menyatu. Apalagi tidak bisa menghadirkan keagungan serta kebesaran Allah didalam shalatnya.

Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi shalat orang munafik ialah yang mempercepat shalatnya.

Mencela Orang-Orang Yang Taat dan Soleh

Ciri ciri orang munafik lainnya juga bisa dilihat pada seseorang yang tidak melihat dirinya sendiri. Apalagi mereka justru memperolok orang yang memiliki ketaatan beragama. Ungkapan yang digunakan mereka berupa sindiran dan cenderung kasar sehingga kurang enak didengar oleh orang lain.

Dengan begitu, hidupnya penuh dengan cemoohan terhadap orang orang sholeh. Mereka menganggapnya selalu jelek atau berlebihan.

Mengolok olok Al-Quran, As-Sunnah, dan Rasulullah SAW

Biasanya orang yang punya sifat munafik juga sering tidak menyadari terhadap ucapan dan juga tindakan yang melampaui batas. Bukan Cuma mengolok olok orang sholeh, tapi juga mengolok olok kedua pedoman orang islam yakni akquran dan alhadits.

Walaupun telah menganggap hal tersebut sebagai candaan, namun ini adalah salah satu ciri sifat munafik. Hal ini juga dijelaskan dalam quran surah at-taubah ayat ke 65-66.

Bersumpah Palsu

Dengan melakukan sumpah palsu, hal ini juga termasuk kedalam ciri sifat munafik. Yaitu untuk orang orang yang telah bersaksi dengan sumpah palsunya. Mereka bahkan tidak perduli terhadap dosa dan juga akibat buruk yang diperbuat oleh sumpah palsunya tersebut.

Mereka juga berani bersumpah dengan atas nama Allah yang digunakan sebagai penutup kedustaannya. Jika mereka dinasehati atau ditegur oleh seseorang, maka justru mereka akan mengumpat, menghindari bahkan memfitnah yang lainnya. Hal ini semata agar dia terbebas dengan semua sangkaan maupun dugaan kepadanya.

Masalah sumpah ini juga sudah dijelaskan dalam surah al munafiqun tepatnya di ayat 2 dengan surah al mujadilah ayak ke 16.

Enggan Berinfak

Bukan Cuma sangat merugikan orang lain, ternyata orang munafik memiliki ciri ciri sangat pelit. Bahkan mereka tidak mau berkorban atau merugikan dirinya sendiri demi membantu orang lain. Mereka juga ingin untung sendiri tanpa memperhatikan kerugian orang lain.

Orang ini sangat itung itungan serta tidak mau melakukan hal yang bisa mengurangi harta kekayaanya. Walaupun sebenarnya harta kekayaan yang dimilikinya ada hak orang lain didalamnya. Apalagi jika dia mau infak tentu bukan karena Allah, melainkan hanya ingin menyombongkan diri agar dilihat orang lain.

Infak sangatlah dianjurkan serta diperintahkan oleh agama. Hal ini telah dijelaskan dalam alquran serta alhadits.

Tidak Menghiraukan Nasib Sesama Kaum Muslimin

Mereka juga cenderung tidak mempunyai rasa kepedulian terhadap sesama. Bahkan sesame muslim sekalipun. Karena orang munafik Cuma perduli dengan kemakmuran dirinya sendiri. Ini juga membuat kekuatan orang orang muslim menjadi melemah. Disebabkan terjadi perpecahan karena rasa kepedulian mereka yang hilang.

Sering Menyebarkan dan Melebih-Lebihkan

Melebih lebihkan kejadian maupun kesalahan orang lain juga termasuk ciri ciri orang munafik. Jika dia melihat perbuatan salah yang dilakukan orang lain, pasti akan langsung menyebarkannya dengan berlebihan. Apalagi mereka juga terus mengulangi sampai dirinya bosan dengan apa yang dilakukannya. Hal ini membuat adanya salah paham terjadi antara orang lain dan juga orang yang menjadi bahan omongan tersebut.
Mengingkari Takdir

Bagi orang munafik, juga selalu mempunyai pikiran pendek terhadap apa yang sudah terjadi dengan dirinya. Sehingga mereka tidak akan menyadari jika hal tersebut adalah seizin Allah.

Jika dia mengalami musibah, dia pasti menyalahkan orang lain terhadap langkah yang sudah diambilnya. Bukannya menerima musibah tersebut dengan sabar dan mengakui jika ada hikmah dibalik musibah yang dialaminya.

Mencaci Maki Kehormatan Orang-Orang Soleh

Bagi orang munafik, hal yang biasa dilakukan ialah menjelek jelekan orang lain ketika dibelakang mereka adalah hal yang sudah biasa dilakukannya. Mereka juga menjatuhkan kehormatan orang tersebut dan tidak bercermin pada dirinya sendiri.

Sering Meninggalkan Sholat Berjamaah

Ciri ciri orang munafik juga memiliki sifat malas dan cenderung meninggalkan shalat berjamaah meskipun dirinya sedang sehat. Suara adzan yang sudah dikumandangkan tidak mampu membawa mereka untuk datang ke masjid. Walau dirinya sedang tidak ada halangan untuk datang kemasjid melaksanakan shalat jamaah.

Dengan suara adzan yang didengarnya, ia tetap diam saja karena hatinya tertutup dengan kemunafikan. Jadi, jika anda tidak ingin kemunafikan ada dalam diri anda, usahakan untuk shalat berjamaah.

Membuat Kerusakan di Muka Bumi Dengan Dalih Mengadakan Perbaikan

Bagi orang munafik, pasti akan memutar otak untuk memperoleh keuntungan meskipun harus merugikan orang lain. Hal ini tidak akan membuatnya untuk sadar. Mereka juga pandai memutar balikkan fakta. Bahkan mau menipu orang lain yang seakan akan telah mengusahakan perbaikan dunia.

Hal ini hanyalah ingin memperoleh keuntungan semata. Dia juga rela mengorbankan kerusakan dibumi. Sehingga dilakukan berbagai cara agar mereka mendapat simpati dan keuntungan sendiri.

Tidak Sesuai Antara Zahir Dengan Bathin

Ciri ciri orang munafik lainnya ialah mereka akan menyadari serta mengakui adanya Nabi Muhammad secara zahir. Sementara dalam batinnya masih mendustakan kesaksiannya tersebut. Bahkan dia juga punya perasaan yang busuk serta menghancurkan. Jika dilihat dari penampilan luarnya akan terlihat seperti orang beriman, tetapi hatinya hanyalah main main saja.

Takut Terhadap Kejadian Apa Saja

Bagi orang munafik, dirinya selalu mempunyai siasat yang jahat. Dengan begitu, dia juga merasa takut jika ada orang lain yang mempunyai siasat jahat kepadanya. Jiwa mereka juga tidak bisa tenang karena banyak pikiran negative yang dimilikinya. Mereka sangat sibuk dengan masalah duniawi.

Hal ini membuatnya ingin hidup yang tetap begitu saja tanpa ada gangguan dari siapa pun. Walaupun sebenarnya kehidupan seseorang seperti roda yang berputar. Jadi adang diatas terkadang dibawah. Hal ini adalah hal yang harus dipercayai oleh siapa saja.

Menyuruh Kemungkaran dan Mencegah Kemakrufan

Ciri ciri orang munafik ialah secara diam diam mereka terus merusak bumi dengan seisinya. Hal tersebut dilakukannya melalui akhlak para masyarakatnya. Banyak cara yang dilakukan untuk tujuannya tersebut.

Misalnya mereka akan mengajak masyarakat dengan dalih yang baik namun kenyataanya tidak seperti itu. Orang munafik juga akan memasyarakatkan konser dan juga nyanyian bahkan sudah banyak yang menyebarkan narkoba.