Ciri Ciri Orang Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan

Ciri Ciri Orang Hamil

Waktuku.comCiri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan yang paling mudah diketahui adalah membesarnya perut. Namun bagi wanita yang masih dalam hamil muda yaitu sebelum trimester kedua maka keadaan perut belum berubah menjadi membesar sehingga Ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan akan sedikit lebih sulit untuk diketahui. Ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan penting sekali untuk diketahui dengan tujuan agar wanita hamil lebih bisa menjaga kondisinya.

Sebab wanita hamil harus lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi kehamilan dan kondisinya sendiri agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Kemungkinan paling buruk yang bisa terjadi adalah wanita hamil mengalami keguguran karena tidak mengetahui kondisi kehamilannya. Wanita hamil memang sangat rentan terhadap berbagai kondisi, seperti kondisi kelelahan atau salah makan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan fisik menjadi drop dan bisa menimbulkan berbagai gangguan kehamilan.

Bagi pasangan yang baru saja menikah kehamilan merupakan hal yang sangat dinanti-nanti. Kehadiran seorang buah hati tentunya sangat diharapkan untuk menyambung keturunan. Oleh karena itu, biasanya pasangan baru akan melakukan berbagai cara untuk memprogram kehamilannya.

Kalkulator Kehamilan:

Bagi wanita kehamilan juga merupakan sebuah hal yang sangat menggembirakan dimana perannya sebagai wanita akan semakin sempurna dengan hamil dan melahirkan. Ketahuilah ciri-ciri kehamilan sejak dini agar dapat meningkatkan kesadaran diri untuk menjaga kesahatan dan kondisi pada saat kehamilan.

Apa Saja Tanda Orang Hamil?

1. Keterlambatan Menstruasi

menstruasi

Hal ini akan sangat mudah diketahui karena biasanya siklus menstruasi pada wanita akan berputar secara teratur setiap bulannya. Pada awalnya wanita hamil akan mengalami keterlambatan menstruasi namun sebenarnya bukan hanya terlambat wanita hamil tidak akan mengalami menstruasi sama sekali.

Hal ini dikarenakan embrio akan berkembang dalam rahim dan menyebabkan sel telur tidak mengalami peluruhan pada dinding rahim. Akibatnya wanita tidak akan mengalami menstruasi. Namun keterlambatan menstruasi tidak hanya terjadi karena hamil saja. Bisa saja faktor hormon atau stres mempengaruhi keterlambatan menstruasi.

2. Mual dan Muntah

Mual dan Muntah

Wanita hamil biasanya akan mengalami mual dan muntah pada pagi hari. Keadaan ini dinamakan morning sickness. Morning sickness disebabkan karena meningkatnya produksi hormon sehingga menyebabkan rasa perih dan mual pada dinding perut. Seperti namanya morning sickness seharusnya terjadi pada pagi hari saja. Namun biasanya ibu hamil juga mengalami mual dan muntah pada siang atau malam hari. Saat mencium bau atau wewangian tertentu ibu hamil akan lebih sensitif sehingga mudah mengalami mual dan muntah.

3. Payudara Membesar

payudara

Payudara membesar juga merupakan salah satu ciri kehamilan. Bagian puting juga akan ikut membesar dan warnanya menjadi lebih gelap. Pembuluh vena akan lebih terlihat disebabkan keadaan payudara yang menegang. Pada kondisi ini payudara akan melembut dan lebih sensitif. Sehinga pada saat tersentuh atau dipegang payudara akan terasa nyeri atau sakit.

4. Mudah lelah

hamil muda

Ibu hamil akan lebih mudah mengalami kelelahan dan juga mudah mengantuk. Hal ini disebabkan beberapa organ vital yang ada di dalam tubuh harus bekerja ganda yaitu untuk mencukupi kebutuhan ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya. Keadaan perut yang semakin membesar juga menyebabkan ibu hamil lebih mudah merasa lelah. Beberapa contoh organ vital yang bekerja ganda pada saat kehamilan adalah jantung, ginjal dan paru-paru.

5. Sering Buang Air Kecil

buang air kecil

Ibu hamil biasanya akan merasakan ingin buang air kecil yang lebih sering dibandingkan biasanya. Hal ini dikarenakan janin yang terus berkembang dalam kandungan akan menekan kandung kemih. Akibatnya kandung kemih akan muda sekali terisi penuh sehingga menyebabkan frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

Meskipun frekuensi buang air kecil ini akan lebih sering dan dalam jangka waktu yang singkat sebaiknya ibu hamil tidak menahan keinginannya untuk buang air kecil. Karena jika ditahan, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Sangat disarankan ibu hamil untuk banyak meminum air putih agar tidak mengalami dehidrasi.

6. Sering Mengalami Pusing dan Sakit Kepala

Pusing

Ibu hamil akan mudah dan sering sekali mengalami pusing dan sakit kepala dikarenakan 2 faktor. Faktor pertama adalah faktor fisik yaitu karena seringnya mual muntah, kelelahan dan tekanan darah rendah. Sedangkan faktor yang kedua berkenaan dengan kondisi psikis yaitu stres dan depresi. Oleh karena itu ibu hamil tidak boleh stres atau depresi, karena hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan janin yang ada dalam kandungannya.

Melakukan pemeriksaan ke dokter

pemeriksaan ke dokter

Ciri-ciri kehamilan yang sudah dijelaskan diatas tidak dapat 100% meyakinkan bahwa seorang wanita mengalami kehamilan. Oleh karena itu sebaiknya jika sudah mengalami beberapa ciri diatas sesegera mungkin melakukan pemeriksaan ke dokter. Atau bisa juga melakukan pemeriksaan dengan menggunakan test pack.

Test pack merupakan media yang digunakan untuk mengukur seberapa besar perkembangan hormon HCG dalam air seni. Namun sebenarnya pemeriksaan yang bisa memberikan hasil yang lebih akurat adalah pemeriksaan di dokter kandungan atau bidan. Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan USG untuk mengetahui citra kandungan dan kondisi janin.

Wanita hamil juga biasanya akan merasakan adanya gerakan janin di dalam perut. Biasanya akan ada sesuatu yang terasa bergerak di dalam perut. Namun pergerakan janin baru akan dirasakan setelah trimester kedua kehamilan. Setelah trimester kedua wanita hamil juga sudah tidak akan mengalami morning sickness sehingga akan terlihat lebih segar.

Masa kehamilan muda memang merupakan masa yang palling berat dialami oleh ibu hamil. Akan banyak perubahan yang terasa dalam tubuh sehingga membutuhkan adaptasi atau penyesuaian masa transisi yang tidak mudah.

dalam masa ini ibu akan sering mengalami mual dan muntah bahkan hingga berkurangnya nafsu makan. Namun bagaimanapun juga wanita hamil harus terus menjaga kesehatannya demi memastikakan janinnya berkembang dengan baik. Sesulit apapun kondisi yang dialami, ibu hamil harus terus survive.

Ibu hamil juga biasanya akan mengalami perubahan emosi yang tidak stabil. Hal ini dikarenakan peningkatan produksi hormon di dalam tubuh. Akibatnya ibu hamil akan mudah mengalami stres dan depresi. Dalam keadaan demikian kerjasama sebagai pasangan sangat dibutuhkan.

Sang suami harus proaktif membuat istrinya terus merasa bahagia agar tidak mudah stres. Sebab depresi dan stres akan sangat mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Ibu hamil juga akan mengalami fase ngidam. Dimana secara tiba-tiba ibu hamil ingin memakan makanan tertentu atau melakukan hal tertentu. Hal ini sangat wajar sekali pada ibu yang masih hamil muda, simak juga cara memutihkan gigi.

Secara fisik memang hal ini tidak akan mempengaruhi perekembangan janin. Namun secara psikis jika ‘ngidam’ ibu hamil tidak dituruti akan mempengaruhi keadaan ibu hamil, karena hal tersebut bisa saja menyebabkan stres atau depresi. Jagalah kondisi kehamilan secara benar dengan mengetahui Ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan.