Perpanjang Paspor Online
Image by blog.sepulsa

Waktuku.comCara perpanjang paspor online, setiap orang yang akan pergi keluar negeri sudah seharusnya ia memiliki dokumen Paspor.

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui tentang perpanjangan Paspor. Ketika Anda akan pergi ke luar negeri, sebelum itu harap cek dahulu paspor Anda, apakah harus di perpanjang atau tidak.

Jika masih berlaku, Anda bisa langsung menggunakan Paspor tersebut, namun jika paspornya sudah tidak berlaku alias minta diperpanjang Anda haruslah memperpanjang paspor tersebut, agar bisa pergi ke luar negeri dengan aman, mudah dan lancar.

Untuk itu, perlu Anda ketahui sebelum memperpanjang paspor alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mengikuti panduan syarat dan informasi penting untuk perpanjang paspor.

Panduan Syarat Dan Informasi Penting Untuk Perpanjang Paspor Online

– Hindari calo, hal ini penting karena selain Anda membayar uang lebih ke calo, hal ini juga akan mencoreng nama baik keimigrasian

– Paspor biasa hanya bisa diperpanjang ketika masa berlakunya yang tersisa adalah 6 bulan

– Berkas yang diperlukan untuk paspor baru ; akte kelahiran asli dan fotocopy (jika Anda tidak memiliki akte, maka Anda dapat menggantinya dengan ijazah terakhir atau bisa juga dengan buku nikah, kartu keluarga (KK) asli dan fotocopy, ktp asli dan fotocopy, paspor lama asli dan fotocopy bagian halaman paling depan dan belakang.

– Biaya yang harus Anda bayar adalah untuk Paspor biasa 300.000-an sedangkan untuk e-paspor sebesar 600.000-an, pastikan jika Anda membawa uang saku lebih.

Cara Perpanjang Paspor Online

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs website resmi Imigrasi di imigrasi.go.id

2. Kemudian, setelah itu silahkan memilih menu “Layanan Publik” -> “Layanan Online” -> “Layanan Paspor Online

3. Masukkan email dengan benar, karena nantinya Anda akan mendapatkan email konfirmasi yang harus Anda print dan bawa.

4. Kemudian pilih tanggal dan waktu yang tepat untuk melakukan interview di Imigrasi langsung, slot untuk setiap jam dibatasi. Perlu diingat agar ketika akan ke Imigrasi jangan sampai telat, pastikan jika Anda datang 30 menit sebelum wawancara.

5. Jika Anda mendaftar Online, Anda tidak perlu lagi mengambil antrian di lokasi.

6. Datanglah ke pusat informasi di Imigrasi dan bawa semua dokumen yang telah kita bahas tadi. Ambil juga map kuning yang akan Anda dapatkan dari koperasi. Semua dokumen Anda akan di cek, setelah Anda lolos tahap pertama, Anda akan menunggu antrian.

7. Kemudian para pemohon harus memberikan semua datanya di loket pemeriksaan dokumen, setelah di cek maka Anda akan mendapatkan nomor antrian untuk interview.

8. Setelah mendapatkan nomor antrian, Anda harus menunggu antrian untuk interview dan sesi foto.

9. Bayar di beberapa bank yang telah ditetapkan, Anda akan mendapatkan nomor rekening dan jumlah yang harus dibayarkan.

10. Setelah semuanya selesai, Anda hanya perlu menunggu antrian untuk pembuatan Paspor baru. Biasanya, proses pembuatan Paspor nya memerlukan waktu 2-3 jam.

Baca Juga: Cara Pembuatan Paspor Online

Loket akan tutup jam 15.30, jadi jika Anda tidak mendapatkannya pada jam tersebut, maka Anda harus datang kembali di hari berikutnya.

(Beberapa kantor Imigrasi mempunyai kebijakan yang berbeda-beda, dimana pemohon harus datang kembali 3 hari setelah membayar bank, baru mereka bisa mendapatkan Paspor barunya).

Sumber; sepulsa