10 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Cara Merawat Rambut

Waktuku.com – Cara Merawat Rambut, Rambut kering dan rontok akan membuat penampilan Anda kurang menarik, dan pastinya Anda harus melakukan berbagai cara untuk merawat rambut kerijng dan rontok. Jika rambut kering dan kusam, maka rambut akan mudah rusak karena sering terpapar oleh efek jahat sinar matahari.

Bahkan produk perawatan rambut dengan bahan kimia yang tinggi seperti yang Anda pakai sehari-hari juga dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan rontok. Efek polusi ketika Anda berada di luar rumah pun dapat menjadikan rambut sangat kering. Tak hanya itu, ternyata blow dry juga akan mengakibatkan rambut kering, baca juga Cara Memutihkan Kulit.

Setiap permasalahan tentu ada jalan keluarnya. Untuk itu, Anda bisa mencari cara merawat rambut kering dan rontok secara alami dan aman. Aplikasikan beberapa langkah yang direkomendasikan dibawah ini agar rambut tetap terjaga kelembutan serta kesehatannya.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Dengan Baik

Menyisir Rambut secara Benar

Menyisir rambut

Setiap hari Anda pasti menyisir rambut, namun tahukah Anda cara menyisir dengan benar?. Nah, jika Anda belum tahu maka ikutilah langkah berikut:

– Jika rambut berantakan dan dalam keadaan kering jangan sekali-sekali menggunakan sisir dengan gigi rapat.
– Untuk meratakannya, Anda dapat merapikannya serutin mungkin. Untuk menghindari kerontokan, Anda dapat menyisir rambut dengan sisir dengan jenis gigi lebar.
– Jika dalam keadaan basah Anda dapat menggunakan sisir dengan gigi rapat agar terlihat lebih rapi. Lakukan secara rutin sehabis mandi.

Ternyata cara merawat rambut kering dan rontok terbilang mudah dan dapat dimulai dengan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari.

Mencuci Rambut dengan Teratur

cuci rambut

Mencuci rambut atau berkeramas secara rutin tak hanya akan membantu menngurangi masalah rambut berminyak, tapi juga menolong jenis rambut kering supaya selalu sehat dan lembab. Beberapa cara yang sering digunakan adalah:

– Anda dapat memilih jenis shampoo dengan aroma yang membuat Anda lebih rileks.
– Pijatlah kulit kepala Anda agar shampoo meresap kedalam.
– Lakukanlah secara rutin minimal sekali dalam sehari, atau dapat Anda sesuaikan dengan kondisi rambut Anda.

Dengan Anda menggunakan shampo yang tepat, tentunya tak ada masalah dalam merawat rambut Anda yang kering dan rontok. Tentunya cara merawat rambut kering dan rontok berikut cukup mudah untuk diterapkan bukan?

Memilih Perawatan Rambut yang Tepat

Cara Merawat Rambut

Merawat rambut dengan kondisioner juga menjadi hal yang penting. Biasanya rambut kering terjadi karena minyak alami rambut tak terproduksi secara banyak atau mungkin terhambat. Maka dari itu, kondisioner dibutuhkan untuk mengganti minyak alami yang diproduksi oleh rambut Maka ikuti tips berikut:

– Pilihlah sampo yang benar-benar cocok untuk jenis rambut Anda yang kering, dan tidak akan membuatnya semakin kering dan juga rusak
– Pilih juga kondisioner yang sesuai untuk rambut kering supaya rambut Anda selalu

lembab dan terjaga kelembutannya. Mungkin sebagian dari Anda ada yang tak begitu suka memakai kondisioner, padahal manfaat conditioner bagi rambut terbilang sangat besar. Dengan kondisioner rambut menjadi lebih terproteksi, indah dan rapi serta terlihat lebih menarik. Ternyata cara merawat rambut kering dan rontok dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

Menggunakan Cuka Sari Apel

merawat rambut

Manfaat cuka apel Selain bisa mengatasi penyakit darah tinggi, jantung serta kolesterol, cuka juga mampu menangani masalah rambut kering. Rambut yang rusak, dapat dihindari dengan langkah yang benar. Maka dari itu ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.

– Siapkan setengah cangkir cuka sari apel, lalu minyak gandum sebanyak 1 sendok makan dan air putih sebanyak 2 cangkir.
– Setelah bahan tersedia, campurkan seluruh bahan tersebut, kemudian campuran ini dapat dioles secara langsung ke rambut Anda yang sedang dalam keadaan basah.
– Tunggulah kira-kira sekitar 10 menit, lalu cucilah rambut dengan air biasa sampai bersih dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner untuk mengurangi aroma menyengatnya.

Tidak perlu khawatir dengan aromanya, karena kondisioner akan menghilangkan aroma yang kurang sedap tersebut. Tidak terlalu sulit kan cara merawat rambut kering dan rontok berikut ini?

Menggunakan Buah Pisang

pisang

Pisang adalah salah satu buah yang tak hanya menjadi nutrisi bagi tubuh Anda, namun juga sangat baik untuk dijadikan solusi untuk rambut kering dan rontok. Tingginya kadar air dan kalium dalam manfaat buah pisang dapat digunakan untuk meningkatkan elastisitas dan kelembutan rambut Anda. Untuk menghasilkan rambut yang sehat ada 2 cara. Cara yang pertama adalah berikut ini:

– Sediakan pisang yang sudah matang sebanyak 1 buah.
– Hancurkan sampai halus, lalu langsung gunakan dengan mengoleskannya ke rambut mulai dari akar hingga ke ujungnya.
– Tunggulah selama kurang lebih 1 jam.
– Setelah 1 jam basuhlah menggunakan air hangat.
– Untuk hasil yang memuaskan, perawatan ini dapat dilakukan sekali seminggu.

Cara merawat rambut kering dan rontok kedua adalah sebagai berikut:

– Anda perlu menyiapkan sebuah pisang, satu sendok makan minyak almond serta madu sebanyak 2 sendok makan.
– Campur semua bahan dan jadikan masker rambut.
– Aplikasikan ke rambut Anda selama setengah jam.
– Setelah setengah jam, barulah Anda bisa membasuh rambut dengan menggunakan air hangat.
– Lakukan cara tersebut sekali seminggu saja untuk mendapatkan rambut lembut dan berkilau.

Selain enak untuk dimakan, ternyata pisang juga dapat digunakan untuk solusi dan cara merawat rambut kering dan rontok.

Menggunakan Cuka

rambut

Cuka adalah salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat rambut kering Anda teratasi. Terdapat dua cara dalam pengunaan cuka untuk solusi rambut kering dan rontok. Cara yang pertama adalah:

– Anda harus menyeediakan cuka sebanyak ½ cangkir dan air secangkir saja.
– Campurkan semua bahan, dan gunakan ketika anda selesai keramas.
– Tunggu kira-kira sekitar 10 menit dan Anda bisa membilas dengan air sampai bersih.
– Perawatan ini hanya dianjurkan untuk di lakukan sekali saja dalam seminggu.

Cara yang kedua adalah:

– Anda perlu mempersiapkan 1 ½ cangkir cuka dan 2 cangkir air.
– Campurkan bahan tersebut lalu oles ke rambut Anda setiap sehabis keramas sembari memijat-mijatnya.
– Perawatan dengan bahan tersebut hanya disarankan untuk di gunakan seminggu sekali saja.

Tentunya cara yang pertama maupun yang kedua terbilang ampuh sebagai cara merawat rambut kering dan rontok.

Memakai Lidah Buaya

lidah buaya

Manfaat lidah buaya sudah dipercaya sejak dulu mempunyai manfaat untuk rambu. Pada lidah buaya, terdapat kandungan mineral, vitamin, dan asam amino yang dapat memberikan khasiat bagi rambut rusak dan kering Anda. Ada dua cara untuk mengolah lidah buaya sebagai alternatif masalah rambut Anda. Untuk membuat ramuannya, beikut langkah-langkahnya:

Cara yang pertama:
– Pertama, Sediakan gel lidah buaya 1 ½ cangkir, kemudian bubuk fenugreek dan minyak jarak 2 sendok teh, yang terakhir adalah bubuk kemangi juga 1 sendok teh.
– Selanjutnya, masing-masing bahan tersebut dicampurkan bersama-sama. Setelah tercampur rata, Anda dapat menerapkannya langsung ke rambut Anda.
– Tutup dengan shower cap hingga semalaman.
– Lakukan seminggu 1 kali, akan terlihat hasilnya dalam 2 bulan.

Cara yang kedua:
– Anda perlu mempersiapkan pasta kembang sepatu yang kental sebanyak 2 sendok teh, gel lidah buaya sebanyak ½ cangkir.
– Campurkan kedua bahan tersebut.
– Gunakan campuran ini sebagai bahan kondisioner. ini

Lidah buaya ternyata sangat ampuh untuk merawat rambut. Bahan yang mudah didapat serta manfaat yang tinggi menjadi keunggulan cara merawat rambut kering dan rontok paling mudah.

Memanfaatkan Minyak Wijen

minyak wijen

Minyak wijen sangat kaya nutrisi. Dengan sifat emoliennya minyak wijen mampu menjadi solusi terbaik bagi masalah rambut yang kering. Segala lapisan rambut yang rusak akan terlindungi oleh nutrisi ini.

Minyak wijen bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti virus dan anti bakteri. Tentu ini menjadikan minyak wijen sangat terpercaya dalam mencegah rontoknya rambut. Ada dua cara yang dapat digunakan dalam mengolah minyak wijen sebelum digunakan untuk merawat rambut. Berikut cara-caranya:

Cara pertama:
– Anda harus menyediakan bahan seperti minyak wijen 1 sendok maka, jus lemon dan jus bit setengah cangkir.
– Campuran semua bahan tersebut lalu aplikaskan ke kulit kepala Anda sampai merata.
– Diamkan selama semalaman lalu cucilah rambut Anda esok paginya.
– Terapkan 1 minggu 1 kali untuk hasil yang memuaskan.

Cara yang kedua:
– Siapkan minyak wijen 3 sendok teh dan beberapa jahe parut secukupnya.
– Campurkan bahan tersebut. Lalu terapkan ke kulit kepala sambil memijat-mijatnya hingga 10 menit.
– Selanjutya tutuplah rambut dengan handuk hangat. Sesudah 15 menit Anda dapat mengeramasinya.
– Lakukan sekali seminggu agar memberikan manfaat yang maksimal.
Minyak wijen tidak terlalu sulit didapatkan sehingga cara ini tergolong cara merawat rambut kering dan rontok yang cukup mudah.

Memakai Bir

merawat rambut

Bir adalah salah satu minuman beralkohol. Meski demikian, bir juga dapat digunakan untuk perawatan rambut kering dari luar dan bisa langsung dibuktikan. Untuk itu, perhatikan langkah-langkah berikut:

– Setelah selesai mengeramasi rambut, tambahkan sedikit bir ke rambut.
– Kemudian biarkan rambut mengering, dan Anda akan melihat bagaimana hasilnya setelah itu.
– Anda dapat menyemprotkan bir ke rambut sebelum Anda menatanya. Dijamin protein dalam bir akan memperbaiki kerusakan kutikula rambut dan memeliharanya untuk selalu sehat dan kuat.

Membiarkan rambut Anda kering tanpa metode blow-dry akan membuat cara ini lebih ampuh. Jika Anda ragu dengan cara merawat rambut kering dan rusak yang satu ini, Anda dapat langsung mencobanya.

Memanfaatkan Mayones

mayones untuk rambut

Bahan selanjutnya yang bisa Anda pakai adalah mayones. Protein dari mayones inilah yang bakal membuat rambut Anda mengkilap dan semakin lembut secara alami. Caranya adalah sebagai berikut:

– Pertama, sediakan mayones full-fat sebanyak 1 cangkir.
– Anda dapat terapkan pada rambut Anda yang masih dalam keadaan basah. Jangan lupa oles ke kulit kepala sampai merata sambil memberikan pijatan lembut agar nutrisinya meresap dengan sempurna.
– Setelah itu, tutup rambut dan kepala dengan menggunakan shower cap sekitar kurang lebih 1 jam.
– Setelah itu bilaslah menggunakan air hangat dan dikeramasi seperti biasa.
– Terapkan cara ini 1 minggu 1 kali.

Tak hanya sebagai pelengkap makan donat atau daging, ternyata mayones juga dapat diterapkan untuk rambut yang rusak. Tentu cara merawat rambut kering dan rusak yang satu ini terbilang cukup unik.