Cara Menjadi Pelajar yang Berprestasi di Sekolah

0
Pelajar berprestasi
Ilustrasi Pelajar Berprestasi - Foto Jessica Milla

Waktuku.com – Cara menjadi pelajar berprestasi di sekolah. Menjadi pelajar berprestasi adalah hal yang di inginkan oleh setiap pelajar atau murid di seluruh sekolah. Siapa sih yang gak mau jadi pelajar berprestasi? Tentu saja anda yang baca artikel ini ingin sekali menjadi pelajar yang berprestasi dan sukses di kehidupan anda.

Menjadi pelajar berprestasi banyak hal yang dapat kita peroleh. Mereka akan mendapat penghargaan terbaiknya, mulai di puji oleh bapak/ibu guru, teman, tetangga, serta membuat kedua orang tua bangga dan bahagia melihat anaknya yang dia cintai mampu mendapatkan prestasi di sekolah.

Untuk mendapatkan itu semua, tentu saja anda harus melakukan perubahan-perubahan dalam pola belajar anda. Salah satu penyebab menurunnya prestasi anda adalah Pacaran ( Baca: Dampak Positif dan Negatif Pacaran bagi pelajar) , malas, serta masalah lainnya. Untuk itu anda harus mengubah pola kehidupan anda sebagai pelajar yang normal dan aktif.

Selain itu, tentu saja anda harus memiliki cara-cara agar anda menjadi pelajar terbaik dan berprestasi, lalu bagaiama caranya? simak ulasan saya berikut ini. Mari kita membahasnya satu persatu.

#1 Hapus Kemalasan dan Miliki Tujuan Yang Jelas

Sebagian besar pelajar yang tidak berprestasi banyak di sebabkan oleh faktor malas, ya malas menjadi musuh pertama bagi pelajar. Karena malas itulah, anda dimasukkan kedalam dunia lain atau dunia yang seharunya pelajar tidak lakukan. Maksud dunia lain di sini adalah bentuk-bentuk kemalasan, yang diantaranya adalah nge-game, nonton tv, dll. Itu adalah penyebab pertama pelajar yang gak mau belajar.

Tentukan tujuan anda untuk menjadi seorang pelajar, apakah hanya mencari teman atau benar-benar untuk menuntut ilmu yang tinggi. Sebelumnya, tanyakan pada diri anda sendiri, apakah anda paham mengapa anda harus pergi ke sekolah? Jika anda paham, apakah anda merasa bahwa sekolah itu penting?

Apabila anda tidak merasa sekolah itu penting, lalu tujuan apa yang anda lakukan di sekolah? Jika anda pergi kesekolah hanya untuk mencari teman, anda tidak perlu pergi kesekolah. Anda tinggal pergi ke komunitas-omunitas, di sana anda akan mendapatkan banyak teman dan kesenangan.

Pelajar yang memiliki Tujuan belajar, itu akan membantu dia dalam proses belajar dan fokus pada hal yang mempengaruhinya dalam mencapai tujuannya. Karena Tujuan sangat menentukan seseorang dalam berpikir dan bertindak. Jika pelajar berpikir “Sekolah itu sangat penting” maka tindakannya pasti belajar yang giat untuk mendapatkan prestasi. Karena akan mempengaruhi niat, disiplin, dan belajar untuk mencapai tujuan tersebut.

Nah, bagi anda yang belum memiliki tujuan belajar anda, maka mulai dari hapus rasa malas yang menghantui anda. Buatlah tujuan hidup anda yang lebih bermakna bagi anda. Tentu saja semakin bermakna tujuan anda, maka anda akan semakin bersemangat dalam memperolehnya. Bener kan? :v

#2 Miliki Kemampuan Belajar Yang Baik

Semua tahu, jika ingin menjadi orang yang berprestasi hal yang harus di lakukan pertama adalah Belajar. Dengan memiliki kemampuan belajar, maka prestasi belajar mereka akan lebih meningkat. Kemampuan belajar ini yang mempu membangun pola pikir belajar anda yang lebih giat dan menentukan proses belajar yang mempengaruhi prestasi anda.

Kemampuan belajar, tentu saja membuat proses belajar anda akan lebih mudah dan baik. Dengan memilki kemampuan itu anda akan mampu mengerti secara cepat tekhnik belajar, seperti cara menghafal dengan baik, cara memahami rumus-rumus, dan cara belajar yang benar.

Latihlah kemampuan berpikir anda dengan cara mulaialah dari mendengarkan, menulis dan membaca, dengan melakukan ketiga hal ini kemampuan otak anda akan lebih meningkat ( Baca: Cara Untuk Meningkatkan dan Melatih kemampuan Otak). Dengan melatih itu anda tinggal menerapkannya di proses belajar anda. Mulai sekarang cobalah untuk meningkatkan pola pikir belajar anda, jika anda ingin berprestasi. Cobalah mengerti! :v

#3 Belajar Mengendalikan Diri dan Bangun Kebiasaan Sukses

Pelajar pada umunya memiliki pribadi yang masih kekanak-kanakan, mereka mudah dipengaruhi. Terbukti bahwa mereka tidak bisa menahan diri dan cenderung dipengaruhi dengan perkembangan tekhnologi. Untuk menghindari hal-hal yang kurang baik dalam hidup anda dan melakukan hal yang tidak penting, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan memiliki pengendilian pribadi yang baik.

Karena tidak ada orang sukses yang tidak memiliki pengendalian diri yang baik, sebagai bukti semua orang sukses mampu mempertahankan kesuksesan mereka karena dia memiliki kemampuan pengendilian yang baik. Mampu memiliki kebiasaan sukses mampu membuat prestasi anda akan lebih mudah. Dengan melakukan pengandalian yang baik maka anda mampu melatih untuk lebih fokus, serta mau memaksa otak anda untuk berpikir mengenai kebiasaan pelajaran.

Jika anda ingin mendapatkan kesuksesan, maka anda mampu melihat orang yang sudah sukses. Lihatlah kebiasaan mereka yang mampu mengantarkan mereka mendapatkan kesuksesan. Contoh kebiasaan mereka, seperti cara berpikir, berbicara dan bertindak.

Mulailah dari hal yang sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan cara belajar. Buatlah jadwal beralajr anda, atur kesibukan waktu yang anda harus lakukan di luar jam belajar. Dengan anda belajar secara kondusif serta mampu mengingat semua informasi yang anda pelajari, maka anda akan lebih tinggi kesempatannya untuk menjadi orang sukses. Good Luck Bro and Sist.. 🙂