15 Cara Meninggikan Badan Secara Alami dan Cepat

Cara Meninggikan Badan

Waktuku.com – Cara meninggikan badan sekarang ini banyak dicari oleh anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kebanyakan yang memiliki masalah tinggi badan ialah anak anak yang tidak tercukupi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, anda juga harus rajin olahraga jika ingin mempunyai tinggi badan yang ideal.

Usaha lain yang bisa dilakukan selain berolah raga ialah mengkonsumsi makanan sehat sebagai peninggi badan yang alami. Suplemen peninggi badan juga dibutuhkan jika semua itu masih kurang. Namun untuk cara meninggikan badan yang aman bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini. Selamat mencoba.

Makanan Apa Saja Yang Bisa Meninggikan Badan

Susu

susu

Cara meninggikan badan yang pertama ialah dengan mengkonsumsi susu secara rutin. Hal itu karena dalam susu mengandung kalsium, vitamin D, protein, serta kandungan mineral. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang anda.

Pertumbuhan tulang sangat dipengaruhi oleh adanya kandungan kalsium dan juga protein yang terdapat pada susu. Sedangkan untuk vitamin D yang terdapat dalam susu akan memaksimalkan penyerapan kalsium dari makanan yang masuk dalam tubuh. Jadi, konsumsi susu 2 kali sehari untuk memperoleh tinggi badan yang maksimal. Khususnya susu yang mengandung kalsium tinggi.

Daging Ayam

daging ayam

Dalam daging ayam juga mengandung protein sangat tinggi sama halnya dengan susu. Kandungan protein memang sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang. Jadi, jika ingin memperoleh tinggi badan maksimal, bisa mencoba mengkonsumsi daging ayam secukupnya. Setidaknya satu hari anda harus mengkonsumsi daging ayam 50 gram jika ingin kebutuhan protein anda tercukupi.

Untuk mengkonsumsi daging ayam, sebaiknya anda mengolah daging ayam dengan cara direbus ataupun dipanggang. Hindari mengkonsumsi daging ayam yang digoreng karena bisa meningkatkan lemak dan kalori pada daging ayam. Hal tersebut bisa membuat badan anda menjadi lebih gemuk dan beresiko mengalami obesitas.

Kedelai

kedelai

Cara meninggikan badan yang selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan dari bahan dasar kedelai. Makanan berbahan dasar kedelai misalnya tahu, susu kedelai, dan tempe juga berperan penting untuk meninggikan badan. Beberapa makanan dari bahan dasar kedelai tersebut mempunyai kandungan vitamin, folate, protein, dan kandungan serat yang tinggi.

Kadar protein dalam makanan berbahan dasar kedelai juga dapat memicu pertumbuhan tulang sekaligus meningkatkan masa otot dalam tubuh anda. Dengan begitu, tinggi badan anda akan bertambah. Kebutuhan tubuh per harinya untuk meningkatkan tinggi badan ialah 50 gram kedelai. Jadi, cukupi kebutuhan kedelai jika anda ingin tinggi badan bertambah.

Telur

telur

Makanan yang tidak bisa dilewatkan ialah telur. Karena kandungan protein dalam telur sangat tinggi sehingga berperan penting untuk meninggikan badan. Selain mengandung protein tinggi, telur juga mengandung vitamin D dan juga kalsium sebagai nutrisi tulang dan otot.

Namun bagian kuning telur telah mengandung lemak tinggi sehingga konsumsilah bagian putih telurnya saja. Dalam putih telur juga mempunyai kandungan protein terbanyak dibandingkan kuningnya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tulang, maka konsumsilah telur 2 sampai 4 telur setiap harinya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi tulang tercukupi, tinggi badan anda juga bisa bertambah.

Oatmeal

Oatmeal

Selain mengandung karbohidrat, oatmel juga mengandung protein sangat tinggi yang berperan penting untuk pertumbuhan tulang. Mengkonsumsi oatmel juga bisa menambah masa otot dan mendorong pertumbuhan tulang anda. Bukan Cuma itu saja, ada kandungan asam amino dalam oatmel yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan tubuh secara keseluruhan.

Termasuk juga bisa meninggikan badan. Anda bisa mengkonsumsi oatmel untuk sarapan pagi dengan kadar 50 gram perharinya. Selain itu, konsumsi dengan rutin agar tinggi badan anda bertambah.

Wortel

wortel

Meskipun manfaatnya tidak bisa dirasakan secara langsung, namun dengan mengkonsumsi wortel ternyata juga bisa bermanfaat untuk meninggikan badan. Hal ini karena dalam wortel mengandung asupan vitamin A sangat tinggi. Kandungan tersebut sangat berkhasiat dalam penyerapan kalsium dari makanan yang masuk dalam tubuh.

Hal ini membuat organ tubuh baik otot dan juga tulang akan memperoleh manfaat kalsium dengan maksimal. Sehingga membuat tinggi badan anda bertambah.

Kacang-Kacangan

kacang kacangan

Anda juga bisa mengkonsumsi kacang kacangan untuk memperoleh manfaat sebagai cara meninggikan badan secara alami. Dalam kacang kacangan telah mengandung banyak nutrisi maupun mineral. Kedua kandungan tersebut bisa mendorong hormone pertumbuhan dalam tubuh anda. Sehingga tinggi badan anda bisa bertambah secara alami.

Dalam kacang kacangan juga terdapat kandungan asam lemak serta asam amino sehingga bisa memperbaiki sel sel dalam tubuh yang rusak. Sehingga sel tubuh yang rusak tersebut akan diganti dengan jaringan sel baru. Jadi, anda bisa menambahkan menu oatmel ini untuk diet sehat yang anda lakukan.

Pisang

pisang

Cara meninggikan badan selanjutnya juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi pisang secara rutin. Hal ini karena dalam buah pisang mengandung potassium sangat tinggi. Selain mengandung potassium sangat tinggi, buah pisang juga mengandung nutrisi lain sebagai peninggi badan seperti:

– Mengandung kalsium sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang tubuh anda.
– Dalam buah pisang mengandung asupan potassium yang bisa memaksimalkan proses penyerapan kalsium dari makanan yang masuk dalam tubuh anda.
– Buah pisang juga mengandung asupan mangan sangat tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan tulang. Kandungan tersebut juga bisa memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh anda.

Kerang

kerang

Cara meninggikan badan selanjutnya dengan mengkonsumsi kerang dengan kadar yang cukup. Dalam kerang terdapat kandungan yang bisa berkhasiat untuk meninggikan badan. Kandungan tersebut ialah kandungan protein.

Selain mengandung protein sebagai peninggi badan secara alami, dengan mengkonsumsi kerang secara rutin juga mampu menambah kepadatan tulang anda. Sementara kandungan nutrisi lain dalam kerang juga bisa menjaga kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Dengan begitu, agar memperoleh manfaat untuk meninggikan badan, maka anda harus mengkonsumsi 1200 mg asupan kalsium per harinya.

Sayuran Berdaun Hijau

sayuran

Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran berdaun hijau sebagai cara meninggikan badan secara alami. Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa anda konsumsi ialah bayam, brokoli, lobak dan okra yang bermanfaat untuk meninggikan badan. Manfaat beberapa sayur hijau tersebut untuk meninggikan badan bisa anda ketahui dengan beberapa penjelasan berikut ini:

– Sayur brokoli bisa membantu pertumbuhan tulang karena didalamnya mengandung kalsium. Dalam sayur ini juga mengandung vitamin C dan juga zat besi yang bisa memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Dengan begitu, pertumbuhan tulang anda akan lebih maksimal dan tinggi badan anda bisa bertambah.
– Sayur okra juga mengandung protein, serat, dan karbohidrat sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang anda.
– Sementara untuk sayur lobak, juga mengandung nutrisi serta mineral sehingga bisa mendorong produksi hormon pertumbuhan.
– Sayur bayam juga mengandung banyak nutrisi maupun mineral sehingga bisa mendorong produksi hormon pertumbuhan. Dengan begitu, pertumbuhan tulang akan lebih maksimal dan anda akan bertambah tinggi secara alami.

Yogurt

yoghurt

Cara meninggikan badan dengan yogurt memang sama dengan manfaat pada susu. Karena dalam yogurt mengandung kalsium tinggi dan protein sebagai pendorong pertumbuhan tulang. Dalam yogurt juga mengandung vitamin A, B, D dan juga E sehingga bisa membantu penyerapan kalsium maupun nutrisi makanan yang masuk dalam tubuh.

Terdapat kandungan probiotik juga dalam yogurt yang sangat tinggi. Kandungan bakteri baik ini juga berfungsi untuk mempermudah penyerapan kalsium dalam tubuh anda dari makanan yang anda konsumsi. Anda bisa mengkonsumsi yogurt 2 mangkuk per hari agar tinggi badan anda bisa lebih maksmial.

Penuhi Kebutuhan Protein Per Harinya

protein

Cara meninggikan badan memang sangat penting dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Hal ini karena dalam kandungan protein tersebut ada banyak sekali nutrisi khususnya untuk meninggikan badan.

Anda juga bisa mengkonsumsi protein nabati maupun hewani dari makanan tertentu. Makanan yang bisa anda konsumsi untuk diambil kandungan proteinnya ialah:
– Daging ayam
– Ikan tuna
– Daging sapi
– Telur
– Ikan salmon
– Sarden
– Keju
– Bayam
– Kedelai
– Sayur Brokoli
– Oatmel
– Kacang hijau

Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

vitamin
Image by: meetdoctor.com

Jika anda ingin meninggikan badan, maka harus mencukupi kebutuhan vitamin D dengan cara mengkonsumsi makanan yang didalamnya mengandung vitamin D. Karena vitamin D berguna sekali untuk mempercepat proses penyerapan asupan kalsium dalam tubuh.

Asupan vitamin D juga memiliki peran penting dalam membentuk postur tulang sekaligus menjadikan tulang anda lebih kuat dan sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D ialah:
– Susu kedelai
– Ikan
– Kedelai
– Telur
– Jamur
– Kacang almod
– Sosis

Masih ada banyak makanan yang mengandung vitamin D yang bisa anda konsumsi untuk meninggikan badan.

Mencukupi Kebutuhan Kalsium

kalsium

Asupan kalsium memang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan. Hal ini bisa dilihat dari pemberian kalsium yang dilakukan dari masih dalam kandungan. Tujuannya hanya ingin memenuhi kebutuhan nutrisi selama tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Namun kebutuhan tersebut juga harus tetap berlanjut sampai pada usia dewasa. Anda membutuhkan asupan kalsium hingga 1000 mg setiap harinya jika ingin pertumbuhan tinggi badan lebih maksimal. Sehingga masalah pertama ketika seseorang mengalami kekurangan kalsium ialah terhambatnya pertumbuhan tulang dan juga osteoporosis.
Sehingga, untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian anda, maka perlu mengkonsumsi susu berkalsium tinggi atau mengkonsumsi makanan seperti berikut ini.
– Keju
– Yoghurt
– Pisang
– Telur

Masih ada banyak makanan lagi yang bisa anda gunakan sebagai sumber kalsium harian anda. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, tentu akan berakibat baik pula terhadap pertumbuhan tulang yang anda alami.

Melakukan Olahraga Renang Dengan Rutin

berenang

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang, anda juga bisa melakukan beberapa olahraga yang bisa menambah tinggi badan anda. Salah satu olahraga yang bisa anda lakukan ialah berenang. Selain bisa menjadikan tubuh anda lebih sehat, ternyata berenang juga bisa meningkatkan tinggi badan anda.

Jadi, untuk mendukung bertambahnya tinggi badan anda, biasakan berenang menggunakan gaya bebas ataupun gaya dada. Lakukan olahraga tersebut setidaknya selama 30 menit per harinya. Anda juga bisa melakukan olahraga berenang secara rutin 3 kali dalam satu minggu.

Itulah beberapa cara meninggikan badan yang bisa dilakukan secara alami dan tidak ada efek sampingnya. Namun cara diatas mungkin tidak secepat dengan anda mengkonsumsi suplemen peninggi badan. Akan tetapi cara diatas lebih aman dan membuat tubuh semakin sehat. Bahkan tinggi badan anda juga bisa bertambah asalkan dilakukan secara rutin.