Cara Mengobati Sariawan

Waktuku.comCara Mengobati Sariawan, Mungkin kamu pernah mengalami Sariawan baik itu di lidah, bibir maupun sekitar mulut pada bagian dalam yang mana sariawan dapat muncul akibat kamu mengalami stres, alergi atau kekurangan vitamin.

Selain daripada itu, sariawan juga muncul akibat sistem kekebalan tubuh kamu tengah bermasalah, siklus menstruasi, faktor hormon dan yang paling sering terjadi adalah karena dinding mulut atau lidah tergigit serta luka di mulut yang menjadi faktor timbulnya sebuah sariawan.

Apa Itu Sariawan?

Sariawan merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada mulut dengan berbentu bercak warna putih kekuning-kuningan serta permukaannya agak cekung. Sariawan ini muncul dengan disertai rasa sakit atau perih yang tinggi.

Sariawan ini adalah penyakit yang seringkali ditemukan di seluruh dunia. Sekitar 10% dari seluruh populasi dunia menderita penyakit yang satu ini, ‘katanya’ wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Cara Menghilangkan Sariawan ini akan berada pada tempat yang sama selama sekitar kurang lebih dua minggu sampai dengan satu bulan lamanaya, juga dapat dijadikan indikasi terkait adanya kanker rongga mulut.

Munculnya penyakit satu ini bukan hanya karena kekurangan Vitamin C, melainkan karena alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam-asaman, imun yang lemah, obat tertentu, trauma fisik dan masih banyak lagi.

Untuk penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah skorbut (scurvy) atau karena kegagalan proses sintesis kolagen yang mana ditandai dengan gusi yang sangat mudah berdarah, pendarahan pada kulit dan lain-lain.

Berdasarkan pada ukurannya, sariawan ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, yakni minor, mayor serta herpatiformis.

Luka sariawan minor memiliki diameter 1 cm dan merupakan salah satu jenis yang paling banyak diderita banyak orang.

Sedangkan cara mengobati sariawan mayor memiliki diameter 2 – 3 cm dan dapat tumbuh di sekitar langit-langit mulut atau lidah. Jenis ini memiliki luka yang lebih dalam dengan tepian yang tidak beraturan.

Untuk yang ketiga ini sangat berbeda dengan kedua jenis tadi. Herpatiformis ini merupakan jenis sariawan yang jarang sekali terjadi. Ukurannya sendiri hanya 1 – 2 milimeter dan cendurung timbul secara berkelompok yang mana terdiri dari 10 – 100 luka.

Penyakit Sariawan ini bukanlah penyakit yang menular. Akan tetapi, pada beberapa faktor, sariawan dapat disebabkan karena infeksi sebuah virus.

Kondisinya sendiri biasa terjadi pada anak-anak. Penyakit satu ini kebanyakan dialami oleh seorang remaja berusia 10 – 19 tahun akibatnya sendiri karena kurang menjaga kebersihan mulut. Biasanya dapat pulih dalam waktu satu sampai dua minggu, meskipun tanpa pengobatan medis.

Tanda-Tanda Terkena Sariawan Serta Gejalanya

Secara umum, gejala yang terjadi ini meliputi pada sensasi prodromal layaknya terbakar, atau gatal sekitar beberapa jam sebelum terjadinya luka serta rasa nyeri yang tidak sesuai dan diperparah lagi dengan adanya kontak fisik, terutama makanan dan minuman tertentu.

Rasa sakit yang paling buruk terjadi saat sariawan pada mulut timbul. Namun, perlahan-lahan akan berkurang seiring dengan berlangsungnya proses penyembuhan.

Apabila sariawan terjadi pada daerah lidah kamu, maka sariawan tersebut akan membuat berbicara serta mengunyah menjadi amat sangat tidak nyaman. Sedangkan untuk sariawan di langit-langit mulut dapat menyebabkan rasa sakit ketika menelan.

Penyebab Sariawan dan Cara Mengobati Sariawan

Sariawan dapat terjadi karena beberapa alasan, yakni:

• Kondisi medis, yang mana meliputi kekurangan zat besi, infeksi virus, imunitas yang lemah dan masih banyak lagi.
• Perubahan hormon, kondisi yang satu ini biasanya dialami oleh kaum hawa atau para wanita yang mana dapat mengalami sariawan selama masa menstruasi.
• Kerusakan pada lapisan mulut, Kondisi ini terjadi karena bibir tergigit secara tidak disengaja, memakai kawan gigi dan mengunyak makanan yang keras sehingga melukai lapisan mulut.
• Meng-konsumsi makanan atau minuman tertentu, makanan dan minuman yang dimaksud seperti makanan pedas dan juga kopi.
• Kondisi Psikologis, Kondisi saat gelisah atau tengah stres.
• Menggunakan Pasta Gigi tertentu, pasta gigi yang dimaksud adala pasta gigi yang mengandung natrium lauret sulfat.

Diagnosis Terhadap Sariawan

Diagnosis Cara Mengobati Sariawan ini dapat ditetapkan berdasarkan pemeriksaan terhadap fisik si pasien, terutama dalam memeriksa ukuran luka sariawan tersebut serta riwayat kesehatan pasien.

Sariawan ini umumnya dapat pulih dalam jangka waktu satu sampai dengan dua minggu. Apabila demikian, penanganan secara mandiri pun dapat kamu lakukan agar mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan yang dialami, diantaranya seperti:

• Menggunakan sedotan ketika kamu minum, yang mana bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada mulut.
• Menghindari seluruh hal yang dapat memicu luka sariawan menjadi lebih parah lagi.
• Meng-konsumsi makanan yang empuk dan lembut, serta hindarilah makanan yang keras, pedas, asin maupun asam.
• Gunakanlah pasta gigi yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membuat si pengguna iritasi, sepert sodium laurel sulfat. Lalu gunakanlah sikat gigi yang lembut untuk menggosok gigi.

Pengobatan Sariawan

Apapbila rasa sakit tersebut tidak kunjung reda dan tidak dapat ditangani dengan cara mandiri, malah membuat luka membesar atau banyak, maka kamu dapat menggunakan obat-obatan yang dianjurkan dokter, yakni:

• Pereda nyeri, obat ini dapat membuat mulut tidak merasakan nyeri untuk sementara waktu, karena bibiru kamu akan terasa kebas. Obat ini diberikan dalam bentuk obat kumur, gel atau semprot. Untuk penggunaannya sendiri sebaiknya tidak lebih dari 7 hari dan juga tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 12 tahun.
• Antimikroba, Obat ini mampu mempercepat penyembuhan dan mencegah adanya infeksi pada luka. Contoh obatnya seperti hidrogen peroksida, tetracycline dan chlorhexidene gluconate.
• Immunosupresan, Obat ini dapat menghambat daripada pembentukan luka di mulut dan juga biasanya digunakan bagi penderita sariawan yang paling parah. Obat yang termasuk Immunosupresan diantaranya thalidomide, cochcline, clofazimine dan azathioprine.
• Kortikosteroid, Obat ini mampu meredakan nyeri dan juga mempercepat kesembuhan. Obat ini harus segera digunakan begitu luka timbul. Obat yang termasuk kortiosteroid diantaranya triaciomonole, dexamethasone, clobetasol dan fluocionide.

Pada umumnya, cara mengobati sariawan ini akan mereda dan hilang dalam kurun waktu satu hingga dua minggu, kamu perlu memeriksanya ke dokter jika:

• Kamu menderita sariawan secara berulang-ulang.
• Sariawan tidak kunjung sembuh dalam waktu tiga minggu.
• Sariawan bertambah sakit atau menjadi merah yang artinya kamu terinfeksi suatu bakteri.

Pengobatan Sariawan Secara Alami

Jika kamu ingin mengobati sariawan dengan budget serendah mungkin, maka kamu dapat melakukan metode pengobatan alami, diantaranya sebagai berikut:

• Letakanlah bongkahan kecil es batu pada sariawan hingga benar-benar meleleh.
• Banyak-banyak minum air dapat membuat sariawan mereda.
• Oleskanlah sedikit magnesium hidroksida cair ke sariawan selama beberapa kali dalam sehari.
• Rajinlah sikat gigi dengan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
• Berkumur dengan larutan garam selama 3 – 4 kali sehara, atau jika punya, gunakanlah baking soda dengan air hangat.
• Konsumsi makanan yang lunak dan mudah ditelan.
• Hindari memakan-makanan pedas atau asam karena dapat membuat iritasi.
• Hindari meminum kopi, cokelat, dan lain-lain.
• Jangan menyentuh sariawan, karena dapat mengganggu proses penyembuhan, bahkan dapat membuat infeksi semakin menyebar.