15 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Obat Gusi Bengkak

Waktuku.com – Bagi yang menderita gusi bengkak pasti yang pertama akan dicari adalah obat gusi bengkak alami. Meski penyakit ini terlihat sepele tapi jika terjadi bengkak akan sangat mengganggu dan juga menyakitkan. Terjadinya gusi bengkak ini bisa dikarenakan ketika tumbuh gigi. Atau bisa juga dikarenakan kurang menjaga kebersihan.

Bagaimana cara mengobati gusi bengkak?

Gusi Bengkak

Gusi bengkak biasanya terjadi pada bagian gigi paling belakang. Ini akan menimbulkan ketidaknyamanan. Maka dari itu perlu adanya obat gusi bengkak alami. Banyak sekarang ini jenis obat yang beredar yang mengatasi gusi bengkak. Maka harus hati-hati dalam memilihnya, jika tidak malah justru akan mempengaruhi kesehatan gusi. Yang lebih aman menggunakan obat alami. Berikut ini rekomendasi obat gusi alami:

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut bisa digunakan unutk mengatasi bermacam masalah kesehatan. Terutama masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kuman dan juga bakteri.

2. Garam

Selain dapat digunakan untuk masakan. Garam juga bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Pada garam memiliki sifat antibakterial yang dipercaya bisa digunakan sebagai penghilang bakteri dan juga kuman. Caranya, tuangkan garam pada air, gunakan untuk berkumur.

3. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh ini bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak alami. Sekarang ini banyak beredar minyak cengkeh yang palsu, maka harus lebih hati-hati dalam memilih.

4. Jeruk NipisJeruk nipis ini selain bisa digunakan sebagai pengecil perut buncit, bisa untuk obat gusi bengkak alami. Karena pada jeruk nipis ini mengandung vitamin C. Sehingga bisa menstabilkan sistem imun.

5. MaduTidak diragukan lagi, madu memiliki banyak khasiatnya. Mulai dari kecantikan juga bisa unutk kesehatan. Madu juga sangat efektif untuk mengobati gusi bengkak. Untuk lebih aman gunakan madu asli.

6. Bawang MerahTidak hanya bawang putih yang bisa digunakan sebagai unutk mengobati gusi bengkak. Bawang merah pun juga bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak.

7. LemonPada lemon memiliki kandungan vitamin C.  jadi tidak mengherankan jika lemon ini bisa digunakan untuk obat kecantikan dan juga kesehatan. Salah satunya untuk mengobati gusi bengkak.

8. Air PutihSalah satu obat yang bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak adalah air putih. Minum banyak air putih selain bisa mengobati gusi bengkak juga bisa untuk menghindari dehidrasi.

9. Baking SodaCara alami mengobati gusi bengkak bisa dengan mengkonsumsi baking soda. Caranya sangat mudah. Hanya dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda di segelas air hangat.

10. Kulit AndongKulit andong ini berasal dari tanaman andong. Cara menggunakannya sangat simpel dan mudah. Hanya dengan mencampurkan kulit andong dan juga garam. Kemudian kunyah dalam mulut. Setelah halus  tempelkan halusan kulit andong dan garam pada gusi yang bengkak.

11. BayamBayam bisa di gunakan untuk mengobati gusi bengkak, selain bisa dikonsumsi. Pada bayam terdapat kandungan zat besi. Caranya hanya dengan membakar daum bayam di atas genteng.  Kemudian tumbuk hingga halus, setelah halus oleskan pada gusi yang bengkak.

12. Daun krokotDaun krokot selain bisa digunakan untuk sayur juga bisa digunakan untuk obat gusi. Cara membuatnya sangat mudah. Ambil dauk krokot kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu rebus sampai mendidih dengan air 3 gelas hingga menjadi satu kelas. Tunggu hingga dingin kemudian bisa diminum.

13. Asam jawaAsam jawa bisa digunakan untuk mengobati gusi, karena pada asam jawa terdapat kandungan vitamin C. Vitamin C tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan system imun. Jika system imunnya meningkat maka kuman dan juga bakteri akan bisa hilang.Cara membuatnya adalah sangria biji asam jawa, kemudian tumbuk hingga halus dan lembut. Langkah selanjutnya adalah gosok pada bagian gusi yang bengkak.

14. Buah gambirBuah gambir adalah salah satu yang sering digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Cara menggunakannya adalah ambil 3 butir buah gambir dan juga 2 gelas air. Selain itu juga siapkan kunyit sebanyak setengah jari. Cuci bahan tersebut, kemudian rebus hingga menjadi satu gelas air saja. Pakai air rebusan tadi untuk berkumur pada saat air rebusan tadi dalam keadaan hangat.

15. Kompres Hangat atau Dingin Kompres biasanya identik dengan penyakit demam. Tetapi siapa sangka kompres pun bisa digunakan untuk penyakit gusi bengkak juga. kompres ini bertujuan untuk meredakan rasa nyeri yang berdenyut-denyut. Ini bisa merupakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Hal yang Dihindari Selain Menggunakan Obat Gusi Bengkak

Agar gusi bengkak cepat sembuh, tidak hanya mengkonsumsi obat gusi bengkak saja. Tetapi ada hal yang harus dihindari agar gusi bisa cepat sembuh. Mulai dari menghindari adanya alkohol dan juga rokok. 2 hal tersebut bisa membuat gusi menjadi bengkak. Karena bahan tersebut roko bisa berakibat fatal untuk kesehatan gusi dan juga mulut.

Selain itu pada saat gusi bengkak lakukan pemijatan. Pemijatan ini bisa mempercepat penyembuhan gigi. Lakukan pemijatan dengan menggunakan jari telunjuk dengan gerakan yang melingkar secara berulang-ulang. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merasa sakit.

Yang paling utama harus dilakukan adalah untuk menghindari stress. Sudah di percaya bahwa stress adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga berat. Untuk itu agar gusi yang bengkak bisa ce;pat sembuh maka hindari stress. Agar gusi yang bengkak bisa segera sembuh.

Berikut tadi di atas pembahasan terkait obat gusi bengkak secara alami. Penggunaan obat alami akan lebih aman dari pada obat-obatan. Selain itu kesembuhan dari gusi bengkak tersebut akan dipengaruhi juga dari tingkat ketelatenan dalam melakukan semua cara di atas. Hindari juga kegiatan yang bisa membuat gusi bengkak. Karena obat saja belum bisa mendukung.

Demikian tadi pembahasan terkait obat gusi bengkak. Semoga apa yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi semuanya. Apalagi bagi yang sedang mengalami gusi bengkak semoga bisa menjadi referensi. Agar hasil bisa maksimal lakukan juga tips agar gusi bengkak bisa cepat sembuh. Yang tujuannya adalah untuk mengimbangi kinerja dari obat tersebut.