4 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah

Berat Badan Ideal

Waktuku.comCara menghitung berat badan ideal untuk wanita dan pria itu mudah. Untuk mengetahui ideal atau tidaknya berat badan, kita harus menghitungnya dulu. Dalam menghitung berat badan yang ideal Anda harus menghitungnya dulu dengan menggunakan sebuah rumus. Kini sudah banyak aplikasi yang berisi cara menghitung berat badan. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda belajar untuk menghitungnya sendiri dengan cara manual.

Tinggi dan berat seseorang sangat mempengaruhi berat ideal yang dimiliki. Ada banyak sekali orang di sekitar kita yang bentuk tubuhnya tidak seimbang. Misalnya seperti badan kurus tapi tinggi. Badan gemuk tapi pendek. Bentuk tubuh yang seperti itu memang wajar-wajar saja untuk semua orang. Hanya saja hal tersebut pasti tidak terlalu baik untuk penampilan.

Dalam ulasan kali ini, kami akan membagikan informasi tentang bagaimana cara menghitung berat badang ideal secara manual. Hal ini berlaku untuk wanita dan pria dewasa. Karena dalam menggunakan sebuah rumus yang dihitung dengan cara manual.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Badan Ideal

Yang harus dipersiapkan sebelum cara menghitung berat badan ideal adalah data tinggi badan. Ada beberapa cara untuk menghitung berat badan yang ideal yang bisa digunakan. Yaitu menggunakan rumus dan Brocha dan BMI (Body Mess Index). Kedua rumus ini terbilang cukup mudah untuk dihitung secara manual.

1. Menggunakan Rumus Brocha

Rumus Brocha merupakan rumus yang cukup mudah ketimbang rumus BMI (Body Mess Index). Dalam menggunakan rumus ini, acuan yang harus digunakan adalah tinggi badan. Baik wanita maupun pria bisa menggunakan rumus Brocha ini dengan mudah.

Pertama-tama, siapkan data tinggi badan milik Anda. Selanjutnya hitunglah data berat badan tersebut dengan menggunakan rumus berikut ini. Rumus Brocha Wanita= [Tinggi badan – 100] – [15% (Tinggi Badan – 100 )]

Jika Anda memiliki tinggi badan 167 cm, maka berikut adalah cara menghitungnya. Rumus Brocha Wanita = [167 – 100] – [15% x (167 – 100)] = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 = 56,5 kg. sehingga didapat hasilnya adalah berat badan yang ideal untuk Anda adalah 56,5 kg.

Di atas adalah rumus Brocha untuk wanita. Sedangkan Rumus Brocha untuk pria agak sedikit berbeda. Yaitu pada angka 15% diganti dengan 10%. Sehingga akan rumusnya akan berubah menjadi seperti di bawah ini.

Rumus Brocha Pria = [Tinggi badan – 100] – [10% x (Tinggi badan – 100)].

Cara menghitung antara pria dan wanita sama. Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam penghitungan rumus ini. Yaitu kondisi tubuh Anda harus dalam keadaan sehat dan bugar.

1. Menggunakan Rumus BMI (Body Mess Index)

Pada Rumus Brocha hanya menggunakan data tinggi badan, maka akan sedikit berbeda dengan Rumus BMI ini. Kali ini yang butuhkan adalah data tinggi dan berat badan Anda sekarang. Berikut ini adalah rumus BMI untuk mendapatkan berat badan ideal.

Rumus BMI = Berat Badan (kg) : (Tinggi Badan x Tinggi badan). Contoh menghitungnya = 45 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0.

Sedangkan dalam Rumus BMI, ada sedikit perbedaan acuan pada wanita dan pria. Jika hasil rumus BMI <18 maka artinya Anda kurus. Untuk Rumus BMI 18 – 25 maka artinya Anda berat badan normal. Hasil Rumus BMI 25-27 maka artinya Anda kegemukan. Dan utnuk hasil Rumus BMI > 27 maka artinya Anda memiliki berat badan yang termasuk obesitas.

Beda rumus acuan untuk wanita maka berbeda pula rumus acuan untuk pria. Jika hasil Rumus BMI < 17 maka artinya Anda kurus. Jika Rumus BMI 17-23 maka Anda termasuk memiliki berat badan normal. Jika Rumus BMI 23-27 maka Anda termasuk memiliki tubuh yang gemuk. Dan sedangkan Rumus BMI >27 maka Anda termasuk obesitas.

Kedua rumus di atas merupakan rumus paling mudah dan cepat untuk mendapatkan hitungan berat badan yang ideal. Jadi jika Anda termasuk dalam kategori kurus, maka Anda harus menambah porsi resep makanan berkalori. Hal ini dimaksudkan agar berat badan Anda meningkat. Jika Anda termasuk kategori normal, maka Anda harus pertahankan pola hidup sehat.

Namun jika Anda merasa gemuk, mulailah perbaiki pola makan Anda. Sedangkan jika Anda sudah mengalami obesitas, itu artinya Anda harus memulai program diet secara teratur.

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Badan Ideal

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan berat badan ideal. Tips-tips di bawah ini bisa digunakan oleh wanita maupun pria dewasa.

1. Meningkatkan porsi makan

Meningkatkan porsi makan

Anda harus meningkatkan jumlah porsi makan setiap harinya. Jika biasanya Anda hanya makan 3 kali dalam sehari, tingkatkan menjadi 6 kali sekali. Hal ini harus disesuaikan dengan pola makan yang sehat. Karena porsi makan yang ditambah bukan berarti Anda  bisa makan segala makanan.

2. Berolahraga dengan rutin

olahraga dengan rutin

Lakukanlah olahraga dengan rutin setiap ada waktu luang. Untuk Anda yang termasuk orang sibuk, ambilah sedikit waktu luang untuk berolahraga. Anda bisa melakukan kegiatan olahraga di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. Pastikan pula Anda mengatur pola istirahat dengan benar. Karena waktu istirahat yang kurang juga bisa mengganggu berat bedan.

3. Menghindari pikiran stress

pikiran stress

Anda juga harus menghindari pikiran yang stress. Tidak baik untuk Anda memiliki banyak pikiran. Karena jika terlalu banyak pikiran bisa menyebabkan stress secara berkepanjangan. Pastikan Anda selalu dalam keadaan berbahagia, sehingga program menaikkan berat badan bisa berjalan dengan lancar.

4. Mengatur asupan nutrisi pada tubuh

nutrisi pada tubuh

Pastikan Anda selalu mengatur asupan nutrisi ke dalam tubuh. Makanlah makan yang sehat. Banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Misalnya seperti teratur mengkonsumsi kacang-kacangan dan daging segar. Bisa juga Anda mulai mengkonsumsi buah dan sayuran segar mulai sekarang.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan tentang rumus dan tips berat badan ideal untuk wanita dan pria dewasa. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu Anda utnuk mengetahui berat badan yang ideal dan sehat.