19 Cara Menghilangkan Stres Pikiran dan Masalah

Cara Menghilangkan Stres

Waktuku.comCara menghilangkan stres sangat dibutuhkan ketika seseorang sangat sibuk dengan pekerjaanya dan tidak ada waktu untuk bersantai. Stress juga sebuah keadaan ketika seseorang sedang berhadapan langsung dengan segala persoalan hidup. Sehingga, dituntut harus bisa bertindak, mengontrol dan menyesuaikan segala sesuatu supaya seimbang.

Tekanan hidup sering kali membuat seseorang merasa stress. Siapapun bisa mengalami stress ketika mengalami masalah tertentu dalam hidupnya. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa apalagi orang tua.

Semua orang berpeluang mengalami stress ketika masalah hidup yang di hadapinya sangat berat. Jika hal ini sudah terjadi, maka cara menghiangkan stres harus anda ketahui dan lakukan. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa anda lakukan.

Pikiran, Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat:

Pemijatan

Cara yang pertama untuk menghilangkan stress ialah dengan pemijatan. Cara ini sangat baik untuk merelaksasi dan juga menormalkan tekanan darah anda. Dengan melakukan pemijatan, akan membuat kualitas tidur lebih baik dan membuat stress yang anda rasakn lebih berkurang.

Banyak yang meneliti manfaat pemijatan ini untuk mengelola stress. Berdasarkan penelitian, pemijatan akan mengusir stress yang disebabkan adanya perubahan biokimia dalam tubuh sesudah mendapat sentuhan tangan. Sedangkan terapi pemijatan untuk mengurangi stress bisa dilakukan dengan beberapa pemijatan berikut ini:
– Pemijatan yang pertama ialah menekan perut diantara sekitar pusar & tulang dada bawah bisa mengurangi kecemasan seseorang.
– Selanjutnya ialah pemijatan dengan cara menekan tulang selangka akan meredakan kecemasan seseorang.
– Sementara pemijatan dengan menekan daerah pantat bisa mengurangi frustasi.
– Sedangkan pemijatan dengan menekan wilayah antara alis dengan tulang dada bisa mengurangi kemarahan seseorang.

Sebuah penelitian juga menunjukkan jika hormone stress dapat berkurang sampai 53% setelah melakukan pemijatan. Anda bisa memilih salah satu pemijatan yang sesuai dengan stress yang anda alami.

Olahraga

Selain melakukan pemijatan, anda juga bisa melakukan olahraga sebagai cara menghilangkan stres dengan mudah. Karena olahraga bisa meredakan emosi yang bersifat negative misalnya saja mengalami stress.

Hal ini karena dengan olahraga akan melepaskan hormon serotonin sehingga membuat anda merasa senang. Apalagi ada penelitian yang membuktikan jika olahraga bisa menyembuhkan depresi dengan baik. Ada beberapa olahraga yang bisa menyembuhkan stress diantaranya:

Berenang

Olahraga yang pertama adalah berenang. Dengan melakukan orahraga renang akan membuat anda lebih tenang. Bahkan emosi positif menjadi bertambah jika anda mengajak orang terdekat berolahraga renang bersama. Anda juga bisa berenang sambil berolahraga voli air atau lainnya. Olahraga renang juga akan membuat jantung dan paru paru lebih sehat.

Menari

Olahraga selanjutnya ialah menari. Dengan melakukan aktivitas menari, maka akan membuat perasaan anda menjadi sangat baik. Anda bisa memilih jenis music ataupun tarian sesuka anda. Akan tetapi, bila anda tidak memiliki referensi tarian yang akan dilakukan, maka tari salsa bisa dijadikan alternative.

Olahraga outdoor

Cara menghilangkan stres juga bisa anda lakukan dengan olahraga outdoor. Itu karena olahraga outdoor bisa memacu adrenalin yang sangat baik untuk menghilangkan stress yang anda alami. Sementara untuk tipe olahraga outdoor yang bisa anda lakukan diantaranya bungee jumping, naik gunung, surfing, jumping rope, dan panjat tebing.

Jalan sehat

Dengan olahraga jalan sehat, maka akan memberi waktu yang baik untuk merasakan ketenangan. Apalagi jika anda melakukan jalan sehat dengan rutin, maka bisa menjernihkan pikiran supaya lebih rileks. Dengan begitu, perasaan setelah melakukan aktivitas jalan sehat akan lebih baik dan stress yang dialami akan hilang.

Lompat tali

Olahraga lainnya yang bisa membuat seseorang merasa rileks ialah lompat tali. Dengan aktivitas ini, maka perasaan senang akan muncul dalam diri anda sehingga stress akan pergi. Hal itu karena jenis olahraga ini bisa melepas hormon endorphin sehingga memberi perasaan senang setelah melakukannya.

Aromaterapi

Cara menghilangkan stres selanjutnya ialah dengan jalan aromaterapi. Dengan melakukan aktivitas ini, maka bisa mempengaruhi emosi seseorang. Karena indra penciuman adalah indra yang berkaitan dengan system limbik yang merupakan pusat kendali emosional pada otak manusia. Dengan begitu, aromaterapi dapat menjadi terapi untuk merangsang emosi seseorang. Jika anda ingin mencoba cara ini, maka bisa memilih salah satu aromaterapi berikut ini:

Lavender

Dengan aromaterapi lavender, maka akan membantu dalam memperlambat aktivitas otak anda yang mulanya cepat karena tengah mengalami stress. Jika aktifitas otak lebih lambat, tentu akan membuat anda merasa lebih santai dan tenang dan akhirnya stress yang anda rasakan akan hilang.

Melati

Cara menghilangkan stres juga bisa anda lakukan dengan aromaterapi bunga melati. Karena langkah ini akan membuat saraf tegang menjadi lebih tenang. Bahkan minyak melati akan membuat kadar stress lebih stabil, baik kegembiraan, kecemasan atau lainnya. Sehingga semua emosi tersebut tidak berlebihan dan lebih teratur dan stabil.

Mawar dan Germanium

Anda juga bisa menggunakan aromaterapi dari aroma kedua bunga tersebut yang akan menghilangkan rasa cemas pada diri anda. Hal itu karena minyak tersebut bisa menyeimbangkan jumlah hormon pada tubuh. Dengan begitu, tubuh anda akan lebih rileks dan tenang.

Minyak Bergamot

Cara menghilangkan stres dengan aromaterapi ini berasal dari kulit jeruk yang masih mentah. Dengan begitu, aroma yang akan dikeluarkan dari aromaterapi ini adalah aroma khas buah jeruk.

Aromaterapi ini akan membantu hipotalamus dalam otak anda menjadi lebih tenang lagi. Hal inilah yang menjadikan aromaterapi ini sangat dianjurkan dalam meredakan stress dan rasa cemas yang berlebih pada seseorang.

Ylang-ylang

Aromaterapi ini juga bisa menghilangkan stress seseorang yang berlebih. Untuk memperoleh aromaterapi ylang ylang, anda bisa mencampur minyak bergamot dan ylang ylang. Dengan aromaterapi ini, stress yang anda alami akan berkurang dan perasaan anda akan lebih tenang dari sebelumnya.

Tidur

Cara mengatasi stres yang selanjutnya dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur juga salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan stress. Selain itu, tidur juga meningkatkan produktivitas dan bisa meremajakan kulit jika anda tidur minimal 8 jam perhari.

Membuat anda lebih fres ketika melakukan kegiatan keesokan harinya. Selain bisa menghilangkan stress, ternyata tidur cukup juga bisa memberikan manfaat lain seperti dikutip oleh Times of India dibawah ini:

– Bisa memperbaiki tubuh, karena dengan tidur akan menghasilkan molekul protein tambahan sehingga bisa menguatkan tubuh dan system imunitas yang bisa melawan infeksi supaya lebih sehat.
– Menjadikan seseorang lebih bersemangat. Dikarenakan dengan waktu tidur yang kurang bisa membuat seseorang gampang merasakan depresi & cemas.
– Bisa memperbaiki kualitas hidup bila dilakukan dengan konsisten ketika malam hari.
– Dapat meningkatkan memori. Sehingga waktu tidur yang kurang bisa membuat masalah dengan memori ingatan anda. Sehingga, bahaya karena tidur terlalu larut harus dipertimbangkan supaya tidak merasakan stress.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi tingkat stress seseorang. Jadi, jika anda mengalami stress, cara yang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Konsumsilah makanan yang mengandung omega 3, vitamin B, asam folat, vitamin C, dan magnesium.

Jadi, konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini yang akan meredakan stress yang anda alami.
– Makanan dengan kandungan vitamin B diantaranya: Buah alpukat, pisang, ikan salmon, yogurt, ikan tuna, susu dan ikan sarden.
– Jenis makanan yang mengandung asam folat diantaranya: Oatmeal, jeruk ataupun asparagus.
– Jenis makanan yang mengandung magnesium diantaranya: Kacang almond, sayur bayam dan tofu.
– Jenis makanan yang mengandung vitamin C diantaranya: jeruk, kiwi, jambu biji dan strowbery.
– Mengkonsumsi air putih, minimal 2 liter setiap harinya.
– Mengkonsumsi teh herbal ataupun teh rasa buah.

Dengan makanan yang mengandung gizi tersebut, akan membuat stress yang anda alami bisa berkurang. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi juga sangat baik untuk melancarkan memori otak anda.

Bernafas Dalam Dalam

Banyak yang melakukan yoga untuk menghilangkan stress yang dialami oleh seseorang. Salah satu trik yoga yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress ialah dengan menarik nafas dalam dalam.

Dengan cara ini, maka bisa memproduksi hormone endorfin sehingga membuat pikiran anda lebih tenang dan hati akan lebih bahagia. Untuk melakukan hal ini, pilihlah tempat yang jauh dari keramaian. Misalnya anda bisa memilih ruangan yang sejuk dan tenang. Gunakan halaman rumah anda untuk hal ini, ketika pagi hari atau sore hari.

Dengarkan Musik Santai

Dengan menikmati camilan dan music santai, ternyata cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan stress. Music yang santai juga bisa membawa anda kedalam suasana santai bebas dari tegang dan semua masalah. Anda bisa memiliki aliran music klasik yang akan membuat hati tersentuh dan merasa gembira ketika mendengar beberapa bagian melodi lagu tersebut.

Tertawa

Cara paling banyak digunakan ialah tertawa. Efek dari tertawa memang sangat ampuh untuk menghilangkan stress yang anda alami. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika tertawa selama 10 menit bisa merangsang keluarnya endorphine, serotonin serta metanonin.

Dengan ketiga senyawa tersebut, akan member efek lebih baik bagi otak dan membuat tubuh anda lebih tenang. Tertawa juga bisa menyembuhkan gangguan mental karena stress berat yang dialaminya. Tidak hanya bisa menghilangkan stress yang anda alami, ternyata tertawa juga bisa bermanfaat seperti:

– Bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda.
– Mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi.
– Bisa mencegah resiko penyakit jantung.

Sehingga, jika stress melanda, anda bisa tertawa lepas untuk menghilangkannya. Namun jangan terlalu berlebihan ketika tertawa karena bisa jadi orang yang melihat beranggapan jika anda stress sungguhan.

Positive Thinking

Berfikiran positif juga bisa meredakan stress yang anda alami. Dengan pikiran positif, seseorang akan menerima apa yang menjadi takdirnya baik itu cobaan hidup atau lainnya. Sudut pandang yang baik akan sesuatu hal juga bisa membuat diri anda menjadi lebih tenang, sehingga stress yang anda rasakan semakin berkurang.

Anda juga harus yakin jika semua cobaan yang sulit pasti ada jalan. Dan semua itu pasti ada hikmahnya. Dengan berfikiran seperti ini, masalah apapun akan menjadi ringan dan anda tidak akan merasa stress karena semua tantangan hidup bisa dilewati dengan baik. Itulah beberapa cara menghilangkan stres yang bisa anda lakukan dirumah.

Jika anda tidak ingin merasa stress, maka hindari semua penyebab stress yang anda alami. Misalnya pekerjaan yang menumpuk, kurang istirahat, atau kurang liburan. Untuk mengatasi pekerjaan yang menumpuk, anda bisa membuat jadwal harian sehingga pekerjaan anda bisa terselesaikan dengan baik dan stress tidak akan anda alami.