Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Waktuku.comCara menghilangkan sakit gigi secara alami sangat penting untuk diketahui bagi anda yang memiliki keluhan pada gigi. Pasalnya sakit gigi yang dialami bisa disebabkan karena beberapa hal. Kebanyakan mereka mengalami gigi berlubang sehingga membuat rasa nyeri pada giginya.

Dalam gigi terdapat pulpa gigi dan terdiri atas jaringan, pembuluh darah, serta saraf saraf sensitive. Sedangkan sakit gigi yang anda alami bisa diakibatkan karena pulpa telah mengalami peradangan. Jika peradangan yang dialami sangat parah, akan mengakibatkan rasa linu, nyeri maupun bengkak pada area gigi.

Ada banyak factor yang menyebabkan peradangan bisa terjadi. Hal tersebut seperti adanya penumpukan nanah pada dasar gigi karena infeksi bakteri, penyusutan gigi, gigi yang retak, rusaknya gigi yang membuat gigi berlubang, kerusakan tambalan gigi, atau gigi terjepit saat tumbuh. Jadi, untuk mengatasi sakit gigi, anda bisa menggunakan cara menghilangkan sakit gigi secara alami dibawah ini.

Air Garam

garam

Cara yang pertama ini memang banyak digunakan oleh masyarakat dari jaman dahulu. Pasalnya dalam garam telah mengandung yodium yang sangat tinggi sehingga bisa mengurangi rasa ngilu pada gigi anda. Sehingga dengan pemakaian secara rutin akan mampu membunuh kuman yang bisa menyebabkan sakit gigi.

Cara menggunakan air garam untuk mengobati sakit gigi:
– Langkah pertama sediakan garam 3-4 sendok makan.
– Kemudian larutkan garam didalam air hangat satu gelas.
– Aduklah sampai garam bisa larut pada air hangat tersebut.
– Pakailha air garam untuk berkumur sekitar 1 menit
– Tidak perlu mengunyah garam, karena penyebarannya tak bisa sampai di sela sela gigi anda.

Setelah gigi anda sembuh, hentikan penggunakan cara ini. Sebab pemakaian garam secara berlebihan bisa menjadikan gigi keropos.

Bawang Putih

bawang putih

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi ialah bawang putih. Sifat antiseptic yang ada pada bawang putih ini memang sangat tinggi, sehingga bisa membunuh kuman sebagai penyebab radang pada gigi anda.

Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan bawang putih:
– Siapkan bawang putih secukupnya 1 atau 2 siung.
– Setelah bawang putih dikupas, haluskan dengan cara menumbuknya
– Setelah itu, langsung temple pada gigi anda yang mengalami sakit
– Tunggulah sampai 10 menit
– Kemudian bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat

Jika anda tidak suka dengan bau bawang putih, bisa juga menggunakan bawang merah yang ternyata memiliki khasiat sama dengan bawang putih sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

Belimbing Wuluh

belimbing wuluh

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi ialah belimbing wuluh. Hal itu karena didalamnya telah mengandung zat anti bacterial yang sangat efektif untuk membunuh bakteri sebagai penyebab gigi anda sakit.

Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan belimbing wuluh:
– Sediakan belimbing wuluh secukupnya (1-2) buah pilih yang belum masak
– Kemudian haluskan belimbing wuluh dengan cara ditumbuk
– Lalu tempelkan secara langsung pada area gigi yang sakit
– Diamkan sekitar 10 menit, kemudian bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat.

Lakukan cara ini secara rutin sampai sakit gigi anda sembuh. Jika gigi anda tidak terlalu sakit, anda juga bisa langsung mengunyah bahan alami ini sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

Jeruk Nipis

jeruk nipis

Banyak sekali khasiat yang ada dalam manfaat jeruk nipis. Salah satunya ialah sebagai penyembuh sakit gigi. Hal itu karena terdapat kandungan antibiotic alami sehingga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan jeruk nipis:
– Siapkan jeruk nipis 1 buah yang masih segar
– Kemudian belah menjadi 2 bagian
– Ambil air jeruk nipis dengan cara diperas masukkan didalam sebuah wadah
– Langsung oles dibagian gigi yang sakit tunggulah sampai 15 menit
– Setelah itu, kumur dengan air hangat hingga bersih.

Bahan alami lain yang bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi dibawah ini juga sudah banyak digunakan oleh orang tua jaman dulu. Akan tetapi jika anda ingin menerapkan cara tersebut sekarang ini juga bisa dilakukan karena caranya yang aman dan bahannya mudah ditemukan di sekitar rumah anda.

Cengkeh

cengkeh

Tanaman satu ini memang telah banyak diekstrak kedalam bentuk minyak. Sehingga dengan minyak cengkeh tersebut anda bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan sakit gigi yang anda alami.

Dengan minyak cengkeh ini, rasa nyeri yang ada pada gigi anda akan berkurang. Hal itu karena terdapat senyawa anti inflamasi yang sangat tinggi pada cengkeh sehingga mampu mengurangi peradangan yang dialami oleh gigi.

Cara mennyembuhkan sakit gigi dengan cengkeh:
– Langkah pertama sediakan minyak cengkeh secukupnya (2 atau 3 sendok makan)
– Selanjutnya teteskan pada kapas yang bersih
– Tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit
– Tunggulah sampai 30 menit
– Selanjutnya bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat

Selain cara tersebut, anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan minyak cengkeh kedalam satu gelas air yang akan digunakan untuk berkumur.

Lada/Merica

merica butih

Ternyata lada atau merica juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit gigi yang anda alami. Apalagi bahan alami ini sangat cocok untuk gigi sensitive. Terdapat kandungan senyawa anti peradangan sangat tinggi pada merica sehingga bisa meredakan rasa nyeri karena sakit gigi. Dengan begitu anda bisa menggunakan bahan alami ini secara rutin untuk menyembuhkan sakit gigi yang anda alami.

Cara mengobati sakit gigi dengan lada:
– Sediakan merica bubuk secukupnya
– Campurkan dengan garam dapur dan air hangat
– Tempel pada gigi yang sakit selama 30 menit
– Jika selesai, pakailah air hangat untuk berkumur

Dengan merica ini, bisa digunakan oleh gigi sensitive yang biasanya sulit menemukan obat sakit gigi yang sesuai digunakan.

Biji Asam Jawa

biji asam jawa

Bahan alami selanjutnya ini memang sangat baik untuk membunuh bakteri pada gigi yang menyebabkan sakit. Sehingga, biji asam jawa ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi yang alami. Dengan bahan alami ini, rasa ngilu yang berlebihan pada gigi juga bisa diobati dengan mudah.

Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan biji asam jawa:
– Langkah pertama sediakan biji asam jawa secukupnya
– Selanjutnya sangrai biji asam jawa, dan tumbuk sampai halus
– Campurkan dengan air hangat
– Gunakan untuk olesan pada gigi yang sakit
– Biarkan selama 15 menit, kemudian berkumurlah menggunakan air hangat

Bahan alami ini juga lebih efektif dengan tambahan garam halus sedikit saja. Setelah gigi anda sembuh, hentikan cara ini.

Biji Alpukat

biji alpukat

Ternyata yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan bukan Cuma buah alpukatnya saja. Karena biji alpukat juga bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Dengan biji alpukat ini, rasa ngilu karena peradangan pada gigi juga bisa disembuhkan dengan cepat. Jadi, jika dirumah tidak memiliki biji asam jawa, anda bisa menggunakan biji alpukat ini untuk meredakan rasa nyeri pada gigi karena peradangan.

Cara menggunakan biji alpukat untuk menyembuhkan sakit gigi:
-Sediakan biji alpukat secukupnya,
– Selanjutnya keringkan biji alpukat dibawah terik matahari
– Setelah biji kering, sangrai
– Tumbuk setelah disangrai
– Campur tumbukan biji alpukat dengan garam serta air hangat sampai menjadi pasta
– Gunakan untuk olesan pada gigi yang terasa sakit
– Sesudah 30 menit, bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat

Dengan menggunakan bahan alami ini secara rutin, maka sakit gigi yang anda alami akan berangsur angsur hilang. Untuk bahan alami selanjutnya, anda juga bisa memanfaatkan bahan alami lain dibawah ini.

Daun Jambu Biji

daun jambu

Bukan Cuma efektif untuk menyembuhkan wasir, ternyata daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai penyembuh sakit gigi secara alami. Pada daun jambu biji juga terdapat kandungan antibacterial sehingga bisa mematikan bakteri penyebab sakit gigi seperti bahan alami lain sebelumnya. Anda juga bisa menggunakan daun jambu biji juga bisa cara menghilangkan bau mulut.

Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan daun jambu biji:
– Sediakan daun jambu biji secukupnya
– Ambil yang masih muda paling tidak 9 helai
– Haluskan daun tersebut dengan cara ditumbuk
– Tempelkan pada gigi yang sakit tunggu sampai 30 menit
– Setelah itu bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat

Agar sakit gigi bisa cepat sembuh, gunakan cara ini secara rutin. Untuk pemakaian bahan alami lain, anda bisa memilih salah satu bahan dibawah ini.

Cabe Rawit

cabe rawit

Meskipun cara ini masih jarang digunakan oleh masyarakat, namun tidak ada salahnya anda menggunakan cara ini untuk menyembuhkan sakit gigi yang anda alami. Pada cabe rawit telah mengandung senyawa capcaisin sehingga bisa meredakan peradangan yang dialami karena sakit gigi.

Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan cabe rawit:
– Sediakan cabe rawit hijau segar secukupnya
– Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk sampai halus
– Selanjutnya campurkan cabe rawit halus dengan air panas
– Gunakan ramuan tersebut untuk kumur selama 15 menit

Jika anda tidak kuat dengan rasa pedas pada cabe ini, anda bisa menggunakan cara lain yang lebih aman dibawah ini.

Serai

serai

Bahan alami ini banyak digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menambah masakan menjadi lebih nikmat. Namun serai juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi secara alami. Serai bisa mencegah pembengkakan pada gigi sehingga sakit gigi yang anda alami akan sembuh.

Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan serai:
– Sediakan serai secukupnya (40gr)
– Selanjutnya rebus serai tersebut menggunakan 2 gelas air
– Angkat setelah air rebusan tersebut tersisa satu gelas
– Setelah itu, pakailah untuk berkumur sekitar 15 menit

Dengan menggunakan serai ini, anda akan mengambil 2 manfaat sekaligus. Yakni untuk menyembuhkan sakit gigi sekaligus memutihkan gigi anda secara alami.

Getah Jarak

daun jarak

Selain menggunakan serai, anda juga bisa memanfaatkan getah jarak sebagai cara menghilangkan sakit gigi secara alami. Pada getah pohon jarak juga mengandung zat antiseptic, antibacterial, serta zat antibiotic yang sangat tinggi. Sehingga bisa membunuh bakteri sebagai penyebab sakit gigi yang anda alami.

Cara menggunakan getah jarak untuk menyembuhkan sakit gigi:
– Sediakan pohon jarak segar, ( masih baru dipetik )
– Selanjutnya, teteskan getah jarak pada bagian gigi yang sakit
– Tunggulah sampai 30 menit
– Setelah itu, bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat

Masih ada bahan alami lain yang bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Jika anda tidak cocok dengan getah pohon jarak ini, anda bisa mencoba bahan alami dibawah ini untuk menyembuhkan sakit gigi secara alami.

Jahe dan Bunga Matahari

Ternyata jahe tidak hanya bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh secara alami. Tetapi jahe juga bisa anda manfaatkan untuk cara menghilangkan sakit gigi secara alami. Anda bisa memaksimalkan bahan alami ini dengan menambahkan bunga matahari kedalam jahe.

Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan jahe dan bunga matahari:
-Sediakan jahe secukupnya (5 gr)
– Siapkan juga bunga matahari 50 gr
– Selanjutnya rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air
– Setelah air rebusan tersisa 1 gelas, angkat
– Saringlah air rebusan kedua bahan tersebut
– Konsumsi air rebusan ketika masih hangat

Dengan mengkonsumsi rebusan jahe dengan bunga matahari secara rutin, maka sakit gigi yang anda alami akan berkurang. Jika sakit gigi sudah sembuh, maka hentikan cara ini.

Akar Kangkung + Air Belimbing Wuluh + Cuka

Jika disekitar rumah anda ditemukan kangkung dan belimbing wuluh, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan bahan alami ini untuk cara menghilangkan sakit gigi secara alami.
Cara menggunakan akar kangkung, cuka, dan belimbing wuluh untuk menyembuhkan sakit gigi:

– Sediakan akar kangkung secukupnya
– Siapkan juga belimbing wuluh yang masih segar
– Setelah itu, rebus akar kangkung dengan air belimbing wuluh.
– Setelah diangkat, tambahkan dengan cuka
– Kemudian gunakan berkumur air rebusan tersebut dan tahan beberapa waktu
– Ulangi beberapa kali lagi

Dengan pemakaian secara rutin, maka sakit gigi yang anda alami akan berkurang. Pada akar kangkung telah mengandung protein, kalium, kalsium, fosfor, niacin, vitamin B2, dan vitamin A. Dengan kandungan alami ini, maka akan sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Bunga Rumput Jontang + Garam

Jika disekitar rumah anda banyak ditumbuhi dengan bunga rumput jontang, maka anda juga bisa menggunakannya untuk menyembuhkan sakit gigi secara alami. Anda tinggal menambahkan garam pada bunga rumput jontang tersebut.

Cara menggunakan bunga rumput jontang dan garam untuk menyembuhkan sakit gigi:
– Sediakan bunga rumput jontang secukupnya
– Kemudian tumbuk dan haluskan rumput tersebut
– Tambahkan dengan garam sedikit saja
– Buat bulatan kecil untuk dimasukkan kedalam gigi sakit karena berlubang
– Setelah beberapa menit, bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat

Pada bunga jontang telah mengandung zat alkaloid, magnesium, limonen, serta zat lainnya yang penting. Dengan kandungan penting tersebut, sangat efektif untuk cara menghilangkan sakit gigi karena gigi berlubang.

Akar Rumput Jontang + Garam

Selain pada bunganya, ternyata akar rumput jontang juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya juga hampir sama dengan cara menyembuhkan dengan bahan lain sebelumnya.

Cara menggunakan akar rumput jontang untuk menyembuhkan sakit gigi:
– Sediakan akar rumput jontang,
– Kemudian cuci sampai bersih akar rumput jontang tersebut
– Haluskan dengan cara ditumbuk
– Tambahkan dengan sedikit garam
– Buat bulatan kecil untuk dimasukkan pada gigi berlubang yang sakit
– Setelah beberapa menit, kumurlah dengan air hangat sampai bersih

Pada akar jontang telah mengandung zat limonen, alkaloid, dan magnesium. Dengan kandungan alami tersebut, maka sakit gigi yang anda alami akan berkurang. Cara menghilangkan sakit gigi diatas bisa anda gunakan tanpa menimbulkan efek samping.