Cara Menghilangkan Panu

Waktuku.comCara menghilangkan panu sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apalagi saat ini semakin banyak beredar obat yang bisa membunuh bakteri sebagai penyebab timbulnya panu pada kulit anda.

Sehingga masalah kulit satu ini bukanlah sebuah hal yang serius lagi. Akan tetapi anda juga tidak boleh menyepelekan masalah satu ini. Karena dengan adanya panu akan membuat kulit anda terasa gatal dan tidak nyaman lagi.

Selain banyak obat panu yang beredar di toko terdekat, anda juga bisa menggunakan bahan alami sebagai cara menghilangkan panu. Bahan alami yang ada disekitar anda yang mudah ditemukan ternyata bisa anda gunakan sebagai penghilang panu.

Anda pasti tidak menyengka beberapa bahan alami dibawah ini yang bisa digunakan sebagai penghilang panu. Dengan pemakaian bahan alami berikut ini, tentunya panu yang anda alami akan berangsur angsur hilang. Selamat mencoba.

Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat dan Alami:

Bawang Putih

bawang putih

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu ialah dengan bawang putih. Hal ini karena dalam bawang putih telah mengandung bahan alami berupa antibiotic sehingga mampu membunuh jamur sebagai penyebab panu.

Inilah yang menjadikan bawang putih lebih efektif digunakan daripada bahan alami lainnya.
Langkah langkah menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu:

– Sediakan bawang putih secukupnya
– potong bawang putih dibagian tengahnya (agar daging maupun cairan bawang putih dapat keluar)
– Sesudah itu, langsung gosokkan pada area kulit yang ditumbuhi panu.
– Tunggulah sampai kering
– Setelah kering bilas dengan air sampai bersih.

Biasanya cara ini akan menimbulkan rasa perih pada kulit. Akan tetapi hal ini diakibatkan oleh kandungan antibiotic pada bawang putih yang bereaksi untuk menghilangkan jamur sebagai penyebab panu.

Akan tetapi bila anda tidak kuat dengan perih yang ditimbulkan, silahkan berhenti dan menggunakan cara lainnya seperti dibawah ini.

Lengkuas dan Garam

garam

Hampir sama dengan bahan alami sebelumnya, pemakaian lengkuas dengan garam juga bisa menimbulkan rasa perih yang luar biasa. Pada bahan alami lengkuas juga mengandung flavonoid, amilum serta kuersetin.

Dengan ketiga kandungan tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan jamur dan bakteri yang menyebabkan panu.

Kedua kandungan zat ini juga bisa menimbulkan rasa perih apabila digunakan untuk menghilangkan jamur penyebab panu. Langkah langkah yang harus anda lakukan untuk menghilangkan panu dengan bahan alami ini ialah:

– Sediakan lengkuas secukupnya serta 1 sendok teh garam.
– Ambil bagian belahan lengkuas kemudian gosokkan dibagian kulit yang terdapat panu.
– Sambil digosok menggunakan belahan lengkuas, taburkan garam pada area panu agar pengobatan yang anda lakukan lebih maksimal.
– Tunggulah beberapa menit sampai ramuan kering.
– Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih

Bagian belahan lengkuas yang mengandung zat flavonoid, amilum serta kuersetin sangat tinggi mampu menghilangkan panu dengan cepat namun terkadang menghasilkan perih yang luar biasa. Jika anda kuat dengan rasa perihnya, maka cara diatas juga sangat efektif untuk cara menghilangkan panu secara alami.

Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

daun sirih

Saat ini memang banyak yang menggunakan bahan alami ini sebagai cara menghilangkan panu. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan cara ini, maka dapat disimpulkan jika cara ini memang sangat aman serta sangat efektif untuk menghilangkan panu.

Langkah langkah yang harus anda lakukan untuk menghilangkan panu dengan belimbing wuluh dengan kapur sirih ialah:

– Sediakan belimbing wuluh segar dengan kapur sirih secukupnya
– Lumatkan semua bahan alami tersebut
– Kemudian campur kedua bahan tersebut sampai menjadi pasta
– Oles campuran bahan tersebut pada bagian kulit yang ada panunya.
– Tunggulah sampai bahan tersebut meresap dan kering.
– Sesudah itu, bilas menggunakan air sampai bersih.

Jika anda ingin mencari cara alami yang tidak menghasilkan rasa perih sebagai penghilang panu, maka cara satu ini bisa digunakan. Untuk cara lain yang bisa anda pilih ialah.

Jeruk Nipis Dengan Belerang

jeruk nipis

Sudah rahasia umum jika jeruk nipis memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Jika dicampur dengan belerang, maka jeruk nipis ini akan sangat bagus untuk menghilangkan panu.

Dalam jeruk nipis memang mengandung vitamin C sangat tinggi. Sedangkan pada belerang memiliki kandungan mineral sangat tinggi pula yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur sebagai penyebab panu. Nah, jika kedua bahan alami diatas dicampur, maka akan sangat efektif untuk menghilangkan panu.

Cara menghilangkan panu dengan belerang dan jeruk nipis:
– Sediakan perasan jeruk nipis dengan belerang yang sudah dihaluskan (ditumbuk)
– Campurkan kedua bahan tersebut sampai menjadi pasta
– Setelah itu, oles pasta pada wilayah kulit yang ditumbuhi panu.
– Tunggulah sampai ramuan mengering, dan bilas sampai bersih.

Cara menghilangkan panu menggunakan bahan alami belerang dengan jeruk nipis tidak akan terasa perih seperti cara sebelumnya. Jadi, untuk anda yang kurang cocok menggunakan cara 1 dan 2, bisa memilih cara ini untuk menghilangkan panu.

Jahe

jahe

Dari jaman dahulu sudah banyak yang menggunakan jahe sebagai cara menghilangkan panu yang paling mudah. Namun, efek yang dihasilkan dari bahan alami ini ialah rasa perih yang sangat luar biasa. Jadi, untuk anda yang kuat dengan rasa perih yang dihasilkan oleh jahe bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan panu.

Terdapat kandungan zat aktif dalam jahe yang sangat baik untuk pengusir jamur sebagai penyebab panu. Cara melakukan metodenya juga sangat mudah hanya dengan beberapa langkah dibawah ini:

– Siapkan jahe cuci bersih dan potong
– Sebelum dilakukan cara ini, bersihkan terlebih dahulu area kulit yang terdapat panunya.
– Setelah itu, anda bisa langsung mengoleskan potongan jahe pada area kulit yang ditumbuhi panu.
– Tunggulah sampai ramuan kering
– Bersihkan setelah ramuan kering.

Untuk anda yang memiliki kulit sensitive sebaiknya menggunakan bahan alami lain untuk menghilangkan panu. Karena bahan alami ini bisa membuat kulit anda memerah dan terasa perih. Anda juga bisa memilih salah satu cara menghilangkan panu berikut ini.

Tea Tree Oil

Banyak yang menggunakan bahan alami pohon teh ini untuk menyembuhkan luka yang dialaminya. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya penelitian yang menyebutkan jika pohon teh mampu membunuh berbagai bakteri, virus maupun jamur.

Jadi, anda bisa menggunakan khasiat pohon teh sebagai cara menghilangkan panu yang alami.

Cara menggunakan pohon teh untuk meghilangkan panu:
– Siapkan tea tree oil, minyak lavender dan minyak kelapa
– Kemudian campur ketiga bahan msing masing 5 tetes, sedangkan minyak kelapa 1 sendok teh
– Setelah dicampur sampai rata, oleskan pada area kulit yang berpanu dengan bantuan kapas.
– Jika anda ingin hasil optimal, tambahkan juga minyak oregano

Anda juga bisa menggunakan bahan alami diatas untuk menghilangkan panu yang ada pada wajah anda. Selain itu, jika anda ingin mencari bahan alami lain yang lebih gampang didapat, bisa menggunakan bahan alami dibawah ini.

Minyak Kelapa

minyak kelapa

Terdapat sebuah penelitian yang membuktikan jika minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu. Minyak kelapa juga bisa membantu tubuh dalam peningkatan resitensi berbagai jamur, bakteri dan virus.

Sementara untuk kandungan asam lemaknya mampu menghambat perkembangan jamur yang dapat menyebabkan panu.

Cara menghilangkan panu dengan minyak kelapa ialah :
– Siapkan minyak kelapa secukupnya
– Bersihkan dahulu area kulit yang ditumbuhi panu
– Gunakan minyak kelapa untuk olesan pada kulit yang ditumbuhi panu
– Tunggu beberapa saat atau sampai ramuan kering
– Setelah itu bersihkan dengan air

Anda bisa melakukan cara ini setelah mandi dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar hasil yang anda dapat lebih maksimal. Bahan alami ini juga tidak menyebabkan rasa perih sehingga, anda bisa menggunakan bahan alami satu ini terutama untuk kulit sensitif.

Minyak Oregano

Minyak Oregano

Anda juga bisa menggunakan bahan alami berupa minyak oregano sebagai cara menghilangkan panu. Jika anda masih belum tahu dari mana asal dari minyak ini, anda bisa memperolehnya dari tumbuhan oregano.

Sementara untuk bagian yang digunakan sebagai penghilang panu ialah pada bagian bunga serta daunnya. Hal ini karena terdapat senyawa carvacrol pada minyak oregano yang sangat ampuh untuk membunuh infeksi bakteri, virus, parasit, jamur maupun alergi.

Senyawa carvacro juga bertugas sebagai penangkal sekaligus anti bakteri, virus, dan anti jamur. Untuk menggunakan bahan alami ini, sangatlah mudah hanya dengan langkah langkah:

– Sediakan minyak oregano secukupnya baik dari daun atau bunga tumbuhan oregano
– Bersihkan terlebih dahulu kulit anda yang akan diberi olesan ini
– Gunakan minyak oregano untuk olesan di area kulit yang ditumbuhi panu
– Tunggulah sampai minyak kering
– Lalu bilas dengan air sampai bersih

Untuk bahan alami lain yang sudah anda kenal, bisa mencoba bahan alami dibawah ini. Karena mungkin minyak oregano sulit anda temukan, jadi, gunakan bahan alami yang mudah didapat saja untuk menghilangkan panu.

Cuka Apel

cuka apel

Bahan alami selanjutnya sebagai cara menghilangkan panu ialah dengan cuka apel. Dalam cuka apel memang ada kandungan yang berfungsi sebagai anti-mikroba. Jadi, dengan kandungan anti-mikroba tersebut akan menjaga kulit dalam mengontrol perkembangan jamur sebagai penyebab timbulnya panu.

Cara menghilangkan panu dengan cuka apel ialah:
– Sediakan cuka apel secukupnya
– Berilah air hangat 1 sendok makan pada cuka apel 1 sendok makan
– Campur kedua bahan tersebut untuk olesan
– Terapkan pada kulit yang ditumbuhi jamur menggunakan bantuan kapas
– Tunggu sampai ramuan kering atau sekitar 15 menit
– Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

Banyak yang menggunakan cuka apel untuk menghilangkan panu. Cuka apel juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit lainnya. Sehingga bukan Cuma manfaat untuk menghilangkan panu saja yang bisa anda ambil dari cuka apel ini.

Yogurt

Cara menghilangkan panu juga bisa anda lakukan dengan bantuan bahan alami yogurt. Banyak sekali kandungan gizi yang terdapat pada yogurt yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti kandungan protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6, maupun vitamin B12.

Terdapat kandungan probiotik sebagai pengontrol perkembangan jamur sebagai penyebab panu.

Cara menggunakan yogurt untuk menghilangkan panu:
– Siapkan yogurt secukupnya
– Bersihkan terlebih dahulu area kulit yang ditumbuhi panu
– Setelah semua siap, gunakan yogurt untuk olesan pada kulit anda yang ditumbuhi jamur.
– Tunggulah sampai bahan alami ini kering dan meresap pada kulit (30 menit)
– Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

Anda juga bisa menggunakan yogurt dengan cara mengkonsumsi yogurt 2 gelas per harinya. Dengan ini, anda bisa menghilangkan infeksi jamur yang anda alami dari dalam tubuh.

Kunyit

kunyit

Cara menghilangkan panu selanjutnya bisa anda gunakan dengan bahan alami kunyit. Anda bisa menggunakan kunyit ini untuk menghilangkan panu baik panu putih maupun panu hitam pada tubuh anda.

Terdapat kandungan minyak volatile dalam kunyit yang sangat bermanfaat untuk anti-inflamasi.

Selain itu, bahan alami ini juga sangat berkhasiat sebagai anti oksidan yang sangat kuat sehingga dapat menetralkan serangan radikal bebas. Hal itu karena adanya kandungan kurkumin. Jadi, kandungan kurkumin serta minyak volatile bisa memberi perlawanan pada jamur penyebab panu.

Untuk menggunakan kunyit sebagai penghilang panu dengan langkah langkah:
– Siapkan kunyit 1 ruas jari
– Kupas terlebih dahulu dan bersihkan sebelum digunakan
– Potong kunyit dan usapkan irisan tersebut dibagian kulit yang ada panunya
– Tunggulah sekitar 5 menit atau sampai ramuan kering
– Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

Cara kedua:
– Siapkan kunyit secukupnya
– Kupas dan bersihkan kunyit
– Setelah bersih, tumbuk sampai halus
– Gunakan untuk masker tumbukan kunyit tersebut
– Tunggulah sampai 15 menit atau sampai ramuan kering
– Kemudian bersihkan dengan air hangat

Anda bisa memilih salah satu cara diatas sebagai cara alami untuk menghilangkan panu. Selain kedua cara diatas anda juga bisa menggunakan cara lainnya berikut ini.

Lengkuas

lengkuas

Jika cara diatas anda bisa menggunakan campuran lengkuas dengan garam, untuk cara selanjutnya ini bisa anda gunakan dengan lengkuas saja. Senyawa yang terdapat pada lengkuas juga mampu menghambat oksida-nitar serta produksi lipopolisakarida.

Untuk menggunakan lengkuas sebagai penghilang panu bisa dilakukan dengan langkah langkah :

– Siapkan lengkuas yang masih segar
– Bersihkan lengkuas sebelum dipotong potong
– Langsung usap potongan lengkuas tersebut pada area kulit yang terdapat panu
– Tunggulah sampai 5 menit atau sampai kering
– Bilas dengan air sampai bersih

Cara kedua:
– Siapkan lengkuas 2 ruas jari
– Bersihkan terlebih dahulu kemudian haluskan
– Campurkan lengkuas yang sudah dihaluskan dengan garam 1 sendok teh
– Oles campuran bahan alami tersebut dibagian panu
– Tunggulah sampai 30 menit
– Terakhir bilas dengan air hangat

Cara menghilangkan panu diatas bisa anda lakukan secara rutin agar panu dapat hilang dengan sempurna. Namun biasanya panu yang sudah diobati akan kambuh lagi. Ini adalah hal yang biasa karena jamur telah diproduksi oleh kulit.

Ada beberapa hal yang bisa anda gunakan sebagai pencegah agar jamur tidak lagi mengakibatkan panu pada kulit tubuh anda. Berikut ini yang harus anda lakukan:

– Gunakan pakaian yang menggunakan bahan berserat alami (katun)
– Hindari penggunaan baju terlalu ketat
– Kurangi mengkonsumsi makanan berminyak
– Hindari paparan sinar matahari secara langsung
– Sebelum anda keluar rumah, sebaiknya gunakan tabir surya

Dengan beberapa hal tersebut, anda sudah bisa mencegah timbulnya jamur pada kulit anda yang bisa menyebabkan panu. Jadi, anda harus berhati hati agar panu tidak tumbuh lagi pada kulit anda.