8 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Beserta Telurnya

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Waktuku.com – Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Memiliki kulit kepala yang bersih dan tidak ada noda sedikitpun adalah dambaan setiap orang. Karena rambut adalah sebuah mahkota yang dimiliki oleh masing-masing orang yang harus dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Banyak sekali cara menghilangkan kutu rambut yang dilakukan agar rambut tetap sehat tanpa masalah. Sedangkan masalah yang dihadapi oleh kulit kepala ataupun rambut sangat bermacam-macam. Diantaranya ialah masalah gatal pada kulit kepala yang disebabkan adanya kutu yang bersarang.

Kutu memang salah satu hewan parasit yang mampu merusak keindahan rambut dan kesehatan kulit kepala. Bayangkan saja jika ada satu cara menghilangkan kutu rambut saja di kulit kepala pasti rasanya sangat gatal sekali. Hal ini juga bisa mempengaruhi aktivitas yang anda lakukan.

Pasalnya melakukan sebuah kegiatan tidak akan bisa tenang jika ada kutu yang mengganggu kulit kepala maka dari itu dengan cara menghilangkan kutu rambut. Karena pasti setiap kutu mulai beraksi, andapun harus menggatuk kulit kepala anda karena gatal.

Kutu rambut juga termasuk hewan parasit yang bisa berkembang di rambut dan kulit kepala yang kurang terjaga kebersihannya. Mereka juga suka mengkonsumsi darah manusia dari kulit kepala sehingga menimbulkan rasa gatal dan kulit kepala yang berwarna kemerahan.

Kebanyakan kutu rambut berkembang pada rambut anak-anak. Bahkan kutu rambut juga bisa tumbuh selain pada kulit kepala dan rambut. Misalnya pada sisir rambut, baju maupun bantal. Sehingga anda harus lebih hati-hati dengan benda dikamar anda yang kontak langsung dengan orang yang memiliki kutu rambut. Karena akan sangat mudah menularkan pada anda.

Pasti tidak ada yang mau hal ini terjadi. Sehingga anda harus tahu apa saja yang bisa mengakibatkan kutu bersarang di kulit kepala anda. Dengan mengetahuinya, anda bisa mulai melakukan pencegahan agar kulit kepala anda tidak sampai ada kutunya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Dalam 1 Hari

Kamar Yang Kurang Terjaga Kebersihannya

Salah satu penyebab paling umum bisa muncul kutu ialah kamar pribadi anda yang kurang bersih. Jadi, anda harus sering-sering mengganti sarung bantal yang telah anda gunakan setiap hari.

Anda juga harus sering-sering menjemur bantal, guling dan kasur anda di terik matahari. Tujuannya ialah, membuat kutu-kutu yang sudah menempel di sarung bantal ataupun lainnya hilang. Menjaga barang yang anda miliki agar tetap bersih juga sangat penting untuk menghindari adanya kutu di mahkota anda.

Jangan lupa sering-sering mengganti korden kamar dan alas tidur anda. Karena semakin malas anda menggantinya maka semakin besar pula peluang hadirnya kutu pada kulit kepala anda. Terutama bagi anak-anak yang belum bisa menjaga kebersihan, sebagai orang tua tentunya harus lebih hati-hati dan selalu menjaga kebersihan anak-anaknya.

Rambut Yang Kurang Higienis

Penyebab kutu selanjutnya ialah kebersihan rambut yang kurang terjaga. Hal ini karena kutu suka dengan tempat-tempat yang kurang bersih. Sehingga rambut yang tidak terjaga kebersihannya akan menjadi sasaran tempat tinggal barunya.

Cara membersihkan rambut yang efektif ialah dengan menggunakan shampoo. Pemakaian samphoo yang rutin bisa membunuh kutu pada rambut ataupun mencegah timbulnya kutu. Kotoran yang ada pada rambut juga bisa dihilangkan dengan shampoo yang anda gunakan.

Anda juga harus membilas sampai bersih bekas shampoo dikulit kepala anda. Hal ini agar tidak menjadi kotoran baru yang menempel pada kulit kepala karena tertinggalnya bahan kimia dari shampoo yang anda gunakan. Sehingga bisa menyebabkan timbulnya kutu.

Penggunaan Shampoo Yang Tidak Cocok

Pemakaian shampoo juga perlu anda perhatikan dengan baik. Gunakan shampoo yang sesuai dengan karakteristik kulit kepala ataupun rambut anda. Karena penggunaan shampoo yang kurang tepat bisa mengakibatkan kutu bersarang pada rambut anda.

Setiap shampoo memiliki kandungan bahan kimia yang tidak sama. Hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi rambut anda. Usahakan shampoo yang digunakan adalah shampoo yang memiliki kandungan alami didalamnya agar rambut anda tidak rusak karenanya.

Anda juga bisa menggunakan sisir yang lebih rapat untuk mengetahui adanya kutu dikulit kepala anda. Lakukan hal tersebut setelah keramas dengan rutin. Agar jika mulai ada kutu di kulit kepala bisa diatasi segera.

Adanya Kontak Langsung Dengan Penderita

Anda juga harus menjaga diri anda agar tidak terjadi kontak langsung dengan teman yang memiliki kutu. Karena hal tersebut bisa menular pada rambut anda.

Hal ini biasa dialami oleh anak-anak yang bermain dengan teman sebayanya. Mereka biasa berkeringat bersama dan kontak langsung sehingga mudah tertular kutu pada rambutnya.
Bagi anda sebagai orang tua, harus lebih hati-hati menjaga kebersihan anak anda.

Karena kutu lebih mudah bersarang pada anak-anak yang kurang terjaga kebersihannya. Apalagi mereka suka bermain dengan siapa saja tanpa menghiraukan teman yang memiliki kutu.

Menggunakan Sisir Yang Sama Dengan Orang Lain Yang Memiliki Kutu

Usahakan untuk menggunakan sisir yang berbeda dengan orang lain. Karena salah satu media yang bisa menularkan kutu ialah sisir. Jadi anda harus menyediakan sisir yang berbeda-beda untuk anggota keluarga anda.

Tujuannya adalah untuk menghindari tertularnya kutu yang ada pada rambut orang lain. Karena bisa saja kutu tersebut tertinggal pada sisir yang kemudian akan anda gunakan. Dan berakibat kutu tersebut mulai tinggal di rambut anda.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Mudah:

Menghilangkan Kutu Dengan Minyak Kelapa

minyak kelapa

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari minyak kelapa. Selain bisa menghilangkan masalah ketombe pada rambut anda, ternyata minyak kelapa juga bisa berkhasiat membasmi kutu rambut. Hal ini karena adanya kandungan asam lemak jenuh yang ada dalam minyak kelapa.

Dalam bahan alami ini juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun kelembapan kulit kepala anda.
Cara melakukan pembasmian kutu rambut dengan menggunakan minyak kelapa ialah :

• Sediakan 2 sendok makan minyak kelapa yang sudah dihangatkan.
• Anda bisa langsung mengoleskan pada kulit kepala sambil memberinya pijatan lembut.
• Tunggulah dengan menutup kepala atau membungkus rambut dengan handuk sampai satu malam.
• Paginya anda bisa langsung bilas rambut sampai bersih menggunakan shampoo.
• Lakukan cara ini sampai kutu pada rambut anda hilang.

Menghilangkan Kutu Dengan Asam Cuka

cuka apel

Cara selanjutnya yang tak kalah ampuh ialah dengan asam cuka. Bahan alami ini sudah dikenal sangat efektif untuk membasmi kutu rambut. Hal ini karena kandungan asam asetat yang sangat tinggi pada asam cuka.

Dengan kandungan tersebut, kutu rambut akan mati dan tidak akan kembali lagi pada rambut anda. Bukan Cuma kutu rambut saja yang akan mati oleh kandungan asam asetat pada asam cuka, tetapi telur-telur kutu rambut yang masih menempel pada rambut akan seketika mati oleh kandungan ini.

Cara melakukan pembasmian kutu dengan asam cuka ialah:
• Menyediakan 2 sendok besar asam cuka yang sudah dicampur dengan minyak kelapa.
• Selanjutnya anda bisa mengoleskan ramuan tersebut pada kulit kepala saat akan tidur.
• Pakailah penutup kepala seperti diatas sampai pagi.
• Di pagi harinya anda bisa langsung membilas rambut menggunakan shampoo sampai bersih.
• Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan hal ini satu minggu 2 kali sampai kutu rambut anda habis semua.

Minyak zaitun

minyak zaitun

Jika minyak zaitun selama ini anda kenal sangat bagus untuk kulit kepala, ternyata minyak zaitun juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan kutu. Anda bisa melemaskan kutu dengan minyak zaitun. Sementara adanya kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun juga bisa menjaga kesehatan kulit kepala anda.

Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pembunuh kutu rambut, lakukan seperti cara diatas. Yakni dengan menyediakan minyak zaitun seperlunya dan langsung mengoleskan pada kulit kepala. Anda juga harus menutup kepala dengan handuk ataupun penutup kepala lainnya sampai pagi.

Tujuannya ialah agar kutu-kutu di rambut anda bisa mati karena minyak zaitun ini. Selain kutu, telurnya pun akan musnah karena minyak zaitu. Lakukan cara ini secara rutin sampai kutu rambut anda benar-benar mati.

Bawang Putih

bawang putih

Bumbu dapur ini ternyata bukan Cuma berkhasiat untuk menambah lezat masakan saja. Banyak sekali khasiat yang bisa anda ambil dengan bawang putih ini diantaranya ialah untuk membasmi kutu rambut. Itu karena adanya kandungan sulfur pada bawang putih yang tinggi.

Hal ini membuat kutu lemah dan akhirnya akan mati. Namun karena bau yang dikeluarkan sangat tajam, banyak yang tidak kuat dengan bau tersebut. Namun jika anda ingin kutu rambut anda segera hilang, lakukanlah cara ini.

Untuk melakukan pembasmian kutu rambut dengan bawang putih juga hampir sama dengan cara diatas. Anda tinggal menghaluskan bawang putih tersebut dan mencampurnya dengan air. Akan tetapi bahan yang digunakan untuk cara menghilangkan kutu rambut adalah sari dari bawang putih sendiri.

Oleskan sari bawang putih tersebut, pada kulit kepala dan tunggulah sampai minimal 2 jam. Anda juga harus membungkus rambut dengan handuk atau dengan penutup kepala lain. Bilas dengan shampoo dan air hangat agar kulit kepala anda setelah 2 jam. Aplikasikan cara ini secara rutin agar kutu rambut bisa ceat hilang dan rambut anda bebas dari kutu.

Almond

almond

Banyak orang menggunakan almond untuk dikonsumsi. Namun ternyata almond bukan Cuma bisa dikonsumsi saja. Anda juga bisa menggunakan almond untuk bahan alami penghilang kutu rambut.

Almond juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Dengan pemakaian almond ini, kutu rambut akan hilang, rambut menjadi lebih kuat, terjaga kesehatannya, lebih hitam berkilau bahkan tidak bercabang.

Cara menggunakan almond untuk menghilangkan kutu rambut ialah :
• Dengan merendam almond terlebih dahulu sekitar minimal 10 jam.
• Setelah itu, kupaslah almond dan haluskan dengan menggunakan blender ataupun cara manual.
• Berikan campuran berupa perasan jeruk nipis dengan [erasan jeruk lemon.
• Setelah krim tersebut dicampur, anda bisa langsung mengoleskannya dikulit kepala.
• Tunggulah sampai 2 jam agar krim tersebut bekerja untuk membunuh kutu rambut.
• Bisa dilakukan sekali dalam satu minggu sampai kutu rambut hilang beserta telur-telurnya.

Lemon

lemon

Bahan alami selanjutnya yang berkhasiat untuk cara menghilangkan kutu rambut adalah lemon. Bahan alami ini bukan Cuma sangat baik untuk kesehatan tubuh akan tetapi juga sangat baik untuk menghilangkan kutu rambut yang bersarang pada kulit kepala anda.

Lemon sangat ampuh untuk membunuh kutu rambut karena memiliki kandungan asam cuka sangat tinggi. Sehingga banyak yang menggunakan lemon ini untuk menghilangkan kutu rambut sekaligus telur-telurnya.

Caranya sangat mudah hanya dengan mengambil sari lemon kemudian mengoleskan pada kulit kepala secara merata. Sebelum mengolesnya, anda harus mencampurnya dengan air terlebih dahulu.

Tunggu sampai 30 menit agar sari lemon bisa meresap dikulit kepala dan mematikan kutu dan telurnya. Anda bisa langsung membilas dengan air hangat setelah 30 menit. Anda pun juga bisa memadukan bahan alami ini dengan bawang ataupun asam cuka agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Gunakan Shampoo Kutu

keramas

Selain menggunakan shampoo biasa, anda juga perlu menggunakan shampoo anti kutu. Jika anda ingin membelinya, bisa langsung pada toko obat ataupun apotek terdekat. Pada shampoo ini memang di formulasikan untuk membasmi kutu yang bersarang di rambut indah anda.

Karena sifat yang dimiliki oleh shampoo ini sangat iritatif, maka tidak semua tipe kulit kepala ataupun rambut bisa cocok dengan shampoo ini. Cara menggunakannya juga sangat mudah hanya tinggal mengolekan pada rambut anda.

Anda bisa menunggu minimal 10 menit untuk selanjutnya anda bisa membersihkan rambut tersebut dan keramas dengan shampoo biasa. Biasanya cara yang di anjurkan untuk setiap shampoo kutu berbeda. Jadi, anda harus membaca aturan pakai terlebih dahulu.

Akan tetapi jika dirasa kulit kepala anda terasa panas dan anda tidak kuat menggunakan shampoo kutu tersebut, jangan diteruskan. Karena bisa jadi kulit kepala anda tidak cocok dengan kandungan yang ada dalam shampoo kutu tersebut.

Minyak lavender

minyak lavender

Untuk bahan alami selanjutnya memang sudah tidak asing lagi. Banyak produk yang menggunakan manfaat minyak lavender ini untuk bahan utama. Selain minyak lavender sangat ampuh dalam mengusir nyamuk, ternyata anda juga bisa menggunakan minyak lavender ini untuk mengusir kutu rambut.

Minyak esensial ini sangat ampuh untuk cara menghilangkan kutu rambut. Karena dalam kandungan minyak tersebut ada sifat antiseptic sehingga bisa membunuh kutu rambut. Selain itu, sifat antiseptic pada minyak lavender juga sangat ampuh menghilangkan lem pada telur kutu yang telah menempel pada rambut anda. Sehingga satu persatu telur kutu terlepas dan mati.

Cara melakukan pembasmian kutu rambut dengan minyak lavender ialah:
• Setidaknya gunakan 20 tetes minyak lavender yang sudah di teteskan pada kapas dengan ditambahkan minyak zaitun secukupnya.
• Ratakan campuran bahan tersebut sampai ke seluruh permukaan kulit kepala.
• Diamkan sampai pagi dengan kulit kepala yang ditutup oleh handuk ataupun penutup kepala lainnya.
• Anda bisa mencuci rambut saat pagi hari menggunakan shampoo dan jangan lupa sisirlah dengan sisir kutu.
• Cara ini bisa dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

Namun penggunaan cara diatas bisa saja berakibat kurang bagus untuk kulit kepala yang sensitive. Jika hal ini terjadi, anda harus langsung menghentikan penggunaan bahan tersebut. Selanjutnya, anda harus membilas kulit kepala sampai bersih.

Itulah cara menghilangkan kutu rambut yang sangat mudah dilakukan. Anda bisa memilih salah satu cara diatas untuk mengatasi masalah kulit kepala anda yang disebabkan karena kutu rambut.

Selain cara menghilangkan kutu rambut diatas, masih ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kutu rambut. Cara dan bahan yang digunakan juga beragam. Namun sebaiknya anda melakukan cara yang aman dan bahan yang alami untuk hal ini. Selamat mencoba.