13 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dalam 1 Hari

Cara Menghilangkan Komedo

Waktuku.comCara Menghilangkan Komedo, Artikel ini akan membahas cara-cara menghilangkan komedo yang efektif sertamemberikan hasil maksimal. Apa saja caranya? Sebelumnya mari kita kenali dulu, apa sih komedo itu dan apa saja penyebabnya?

Komedo adalah jenis jerawat yang termasuk golongan ringan. Komedo biasanya muncul di wajah, tetapi untuk beberapa kasus komedo dapat juga ditemukan di leher, dada, lengan, dan bahu punggung. Ada beberapa jenis komedo yang biasa kita kenal, mulai dari komedo hitam, komedo putih, mikrokomedo, makrokomedo, komedo raksasa dan komedo solar.

Berbagai macam komedo tersebut mungkin beda jenisnya, tetapi keberadaannya sama-sama mengganggu sehingga mengurangi kepercayaan diri kita. Untuk itu, yang perlu kita ketahui apa sih penyebab komedo itu bisa muncul, supaya kita bisa lakukan tindakan pencegahannya.

Penyebab Munculnya Komedo

Komedo biasanya bersarang pada bagian hidung, mata dan pipi. Sebenarnya komedo adalah tumpukan lemak berlebih yang tersumbat pada pori-pori, sehingga menghasilkan kotoran yang berukuran kecil berwarna putih. Berbeda dengan jerawat, kotoran atau sel kulit mati yang menghasilkan komedo tak tertutupi oleh kulit.

Keberadaan komedo di wajah anda tentunya sangat mengganggu penampilan, karena akan membuat anda tak percaya diri, sehingga berbagai cara menghilangkan komedo biasnya dilakukan oleh sesorang, baik cara instan maupun dengan perawatan. Namun jika komedo tak diatasi dengan benar tentunya akan menyebabkan munculnya komedo dengan jumlah yang lebih banyak.

Suatu folikel rambut terdiri atas sehelai rambut dan kelenjar minyak (sebum). Kelenjar ini memiliki peran untuk menjaga kulit supaya halus. Ketika sel kulit mati dan minyak ini terkumpul di ujung luar folikel kulit, inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya komedo. Komedo ini biasanya berwarna hitam karena kulit di atas komedo terbuka dan tentu terpapar udara dari luar. Hal tersebut bisa terjadi, tentu karena dipicu beberapa faktor berikut ini:

1. Produksi Minyak Berlebih Pada Wajah

Hati-hati, seringkali orang banyak melupakan hal ini. Apa yang kita makan, ternyata juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan keadaan kulit kita. You are what you eat, istilah kerennya. Nah, dari produksi minyak yang berlebih ini salah satu faktor yang dapat memicu munculnya komedo.

Jadi, coba perhatikan lagi makanan yang Anda konsumsi selama ini. Selain gorengan, hindari makanan yang memiliki makanan yang terlalu manis, atau yang kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Makanan ini juga tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit. Yang dianjurkan adalah makan buah dan sayuran yang di dalamnya banyak terkandung nutrisi kulit, selain menyehatkan tubuh tentunya.

2. Wajah Yang Kotor

Masih ingat dengan peribahasa “kebersihan pangkal kesehatan”? Hal ini juga berlaku untuk kesehatan kulit kita. Setelah seharian beraktivitas, biasakan untuk rajin membersihkan muka, apalagi yang menggunakan make up saat kesehariannya. Jika make up masih menempel di muka, pori-pori kulit wajah akan terseumbat karena kandungan kimia yang ada pada produk tersebut.

Selain itu, kemungkinan meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes juga dapat memicu munculnya komedo atau bahkan iritasi pada wajah yang kotor.Jadi, biasakan untuk membersihkan wajah secara teratur ya!

3. Merokok dan Konsumsi Obat Tertentu

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru lho, asap rokok itu sendiri punya dampak berbahaya bagi kesehatan kulit. Selain itu, mengonsumsi obat-obat tertentu seperti pil KB, steroid, dan lithium juga dapat micu munculnya komedo.

4. Hormon

Setiap orang memiliki keadaan hormon yang berbeda-beda. Perubahan hormon yang menyebabkan kenaikan produksi minyak akan memicu munculnya komedo. Hal ini biasanya terjadi pada remaja atau perempuan yang sedang menstruasi.

5. Make Up Yang Tidak Tepat

Menggunakan make-up mungkin salah satu pilihan seseorang dalam menjaga penampilannya. Sebaiknya penggunaan make-up tersebut harus tepat. Pemakaian make-up yang berlebih dapat memicu jerawat dan komedo karena membuat pori-pori tersumbat. Selain itu, pemilihan make-up juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan lingkungan, seperti misalnya kondisi kulit yang terlalu kering pada cuaca yang lembab juga akan memicu komedo di wajah Anda.

6. Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Tangan yang kotor tentu membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan wajah bila kita terlalu sering menyentuhnya. Inilah yang kemudian dapat memicu munculnya komedo jika Anda terlalu sering menyentuh wajah dengan telanjang tangan tanpa memastikan kebersihan tangan tersebut dahulu.

7. Malas Keramas

Malas keramas juga dapat memicu munculnya komedo lho. Bagaimana caranya? Ini dia. Jika kalian memiliki kondisi kulit kepala yang produksi minyaknya berlebih, minyak ini nantinya bisa mengalir ke wajah dan bercampur dengan kotorana tau bakteri. Inilah yang kemudian menyumbat pori-pori sehingga muncul komedo di wajah Anda.

8. Stress

Stress juga akan mempengaruhi kondisi wajah. Hal ini disebabkan keadaan stress mengakibatkan seseorang memiliki hormon yang tidak seimbang, tingkat kepedulian terhadap kebersihan diri pun akan menurun. Inilah yang kemudian memicu kulit wajah menjadi kotor sehingga pori-pori tersumbat dan berubah menjadi komedo.
Setelah kita membahas apa-apa saja penyebab komedo, di akhir artikel kita akan mempelajari bagiamana cara mengatasi komedo itu sendiri. Perawatan yang dibutuhkan dan bagaimana pengobatannya. Simak lebih lanjut di bawah ini!

Perlu anda ketahui beberapa hal yang harus anda lakukan jika memiliki komedo yaitu:

1. Membersihkan wajah secara rajin tentunya akan sangat membantu untuk menghilangkan komedo secara bertahap. Karena seperti yang telah dijelaskan, komedo merupakan tumpukan dari kotoran yang tersumbat di pori-pori. Sehingga dengan anda secara rajin membersihkan wajah maka komedo pada wajah anda akan diminimalisir.

2. Jangan memencet komedo, karena jika anda memencet komedo maka pori-pori pada wajah anda akan semakin lebar, sehingga akan muncul komedo baru yang bersarang pada wjah anda. Lebih parahnya lagi jika anda memencet komedo hingga menyebabkan luka maka kulit anda akan iritasi yang menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Jangan mengkonsumsi alkohol dan hindari merokok, karena racun yang masuk dalam tubuh akan memicu bakteri yang menjadi penyebab timbulnya komedo

4. Rajin mengganti sarung bantal, karena sarung bantal yang telah lama dipakai tentunya memiliki bakteri yang banyak, sehingga bakteri tersebut dapat memicu timbulnya komedo pada wajah anda.

5. Menjaga pola makan agar tetap sehat, karena dengan mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tentunya akan menjaga kulit anda dari dalam, sehingga bukan hanya terbebas dari komedo namun juga mendapatkan wajah yang segar dan sehat.

Jika komedo sudah mulai bersarang pada anda, tentunya akan sangat mengganggu, sehingga anda haru melakukan cara menghilangkan komedo yang benar. Sebenarnya, cara menghilangkan komedo adalah hal yang mudah, karena hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda maka komedo akan hilang.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami:

Dalam mengatasi komedo, treatment yang perlu dilakukan tidaklah susah. Anda bisa mencobanya di rumah. Anda hanya perlu rajin membersihkan wajah dengan sabun yang cocok. Jika menggunakan make-up, pilihlah yang tidak mengandung minyak. Ingat, produksi minyak berlebih bisa memicu munculnya komedo.

Jadi, hati-hati dalam memilih kosmetik. Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi. Selain cara-cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan obat yang dijual secara bebas untuk mengatasi komedo. Obat-obatan ini biasanya tersedia dalam bentuk krim, gel, atau koyo yang bisa ditempelkan pada kulit.

Kandungan yang terkandung di dalamnya biasanya adalah benzoyl peroxide, asam salisilat, atau resorcinol. Tujuan penggunaan obat ini ialah membunuh bakteri yang menyebabkan komedo, mengurangi produksi minyak berlebih, dan membantu mengangkat sel kulit mati supaya tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Jika Anda takut untuk mengatasi komedo yang terjadi dengan bahan-bahan kimia, sebaiknya Anda coba beberapa cara efektif menggunakan bahan alami untuk mengatasi komedo berikut ini!

Putih telur

masker telur putih

Kandungan nutrisi pada putih telur bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Putih telur dapat digunakan untuk menghilangkan komedo serta dapat mengencangkan atau mengecilkan pori-pori wajah, sehingga dengan putih telur, wajah anda akan bebas dari komedo serta tahan terhadap serangan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu dengan:

– Ambil 1 butir telur kemudian pecahkan
– Pisahkan antara kuning telur dan putih telurnya.
– Kocok putih telur hingga mengembang
– Kemudian oleskan pada area yang berkomedo
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur akan efektif menghilangkan komedo jika dilakukan secara rutin, yaitu 3 kali dalam seminggu.

Kayu manis dan Madu

madu

Perpaduan antara kayu manis dan madu sangat efektif untuk menghilangkan komedo, karena madu mengandung antibiotik alami yang akan membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya komedo. Sedangkan kayu manis mengandung protein dan kolagen yang berperan untuk meregenerasi sel kulit, serta mengangkat sel mati yang bersarang di pori-pori.

Cara menghilangkan komedo dengan kayu manis dan madu yaitu:

– Ambil 3 sendok madu dan ditambahkan dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk
– Kemudian campur rata
– Oleskan pada wajah secara rata terutama pada bagian yang terdapat komedo
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Jika anda sulit menemukan bubuk kayu manis, dengan madu saja anda bisa menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah yaitu hanya mengoleskan madu pada area yang terdapat komedo, kemudian tunggu selama 15 menit lalu bilas hingga bersih, maka komedo akan hilang

Baking Soda

baking soda

Baking soda tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan jerawat saja, melainkan juga berfungsi untuk menghilangkan komedo. Karena dalam baking soda mengandung eksfolian yang berfungsi untuk mengikis kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit dan penyebab munculnya komedo. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda yaitu dengan:

– Campurkan 1 sendok baking soda dengan 1 sendok air hingga merata
– Oleskan pada wajah yang berkomedo dengan cara memutar selama 5 menit
– Bilas dengan air hangat hingga bersih

Sebagai perhatian, jangan terlalu lama mengaplikasikan baking soda pada wajah, karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Lakukan cara menghilangkan komedo dengan baking soda 3 kali dalam 2 minggu.

Lemon

lemon untuk wajah

Lemon memiliki kandungan yang kaya manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan asam alpha hydroxi pada lemon berfungsi untuk menghilangkan komedo serta dapat menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Selain itu, lemon juga mengandung asam sitrat yang berguna untuk membersihkan sel kulit mati serta mengencangkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Sehingga dengan lemon maka penyumbatan pada pori-pori wajah anda akan dapat diatasi dengan mudah.

Caranya adalah dengan:

– Siapkan 1 buah lemon, kemudian iris menjadi dua bagian
– Peras irisan lemon tersebut
– Oleskan pada bagian yang terdapat komedo
– Diamkan selama 8 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Hasilnya akan lebih efektif menghilangkan komedo jika ditambahkan dengan madu pada perasan lemon. Dengan perpaduan madu dan lemon tentunya akan mampu mengangkat komedo dengan maksimal. Lakukan cara tersebut 3 kali dalam 1 minggu.

Pasta Gigi

pasta gigi untuk wajah

Kandungan fluride pada pasta gigi dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk menghilangkan komedo. Hanya dengan mengoleskan pasta gigi pada area yang berkomedo selama 10 menit maka komedo akan hilang. Ketika anda mengoleskan pasta gigi pada wajah anda memang akan tersa seperti terbakar, namun ini tidak menjadi masalah, karena jika anda melakukan perawatan ini 3 kali dalam 1 minggu maka komedo pada wajah anda akan hilang.

Teh hijau

teh hiaju untuk wajah

Teh hijau bukan hanya untuk menyehatkan badan saja, namun teh hijau dipercaya dapat menyerap lemak berlebih yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Senyawa yang terkandung dalam teh hijau adalah antikosidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas yang masuk melalui pori-pori wajah.

Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan jika teh hijau mengandung androgen yang berguna untuk mengurangi produksi minyak dalam wajah, sehingga dapat menghilangkan pemicu penyebab komedo. Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau yaitu dengan:

– Merendam teh hijau dalam air panas selama 10 menit
– Ambil kapas, kemudian celupkan pada larutan air teh hijau tersebut
– Oleskan pada wajah secara rata terutama pada area yang berkomedo
– Tunggu hingga 15 menit kemudian bilas hingga bersih

Jika anda memiliki bubuk teh hijau maka anda bisa lakukan cara ini:

– Campurkan 1 sendok bubuk teh hijau dengan 1 sendok air
– Aduk secara rata hingga menjadi pasta
– Oleskan pada wajah terutama yang berkomedo
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih

Teh hijau yang anda minum juga dapat menghilangkan komedo pada wajah anda, yaitu dengan bekerja dari dalam tubuh, sehingga anda harus selalu sedia teh hijau di rumah agar anda memiliki wajah yang sehat terbebas dari komedo.

Uap Air Panas

uap air untuk wajah

Uap air yang panas berguna untuk membuka pori-pori kulit, sehingga akan mudah mengeluarkan komedo yang bersarang pada wajah ada yang menymbat pada pori-pori. Caranya yaitu:

– Siapkan panas dalam wadah
– Kemudian posisikan wajah anda tepat berada pada wadah air panas, namun jaraknya jangan terlalu dekat
– Uapi wajah anda sambil memijat area yang berkomedo selama 5 menit
– Jika komedo telah keluar maka keringkan wajah dengan handuk

Ketika anda memijat komedo anda, jangan disertai pencetan, karena ini akan membuat komedo menjadi parah.

Yogurt dan oatmeal

yogurt

Perpaduan antara yougrt dan oatmeal sangat efektif menghilangkan jerawat, karena yougrt berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada wajah, sedangkan oatmeal berfungsi untuk mengikis dan mengangkat sel kulit mati yang tersumbat dalam pori-pori.

Bukan hanya itu, perpaduan antara yogurt dan oatmeal juga akan membantu untuk memutihkan wajah agar terlihat cerah dan berseri. Cara menghilangkan komedo dengan yogurt dan oatmeal yaitu dengan:

– Campurkan 3 sendok yogurt dan 2 sendok oatmeal
– Aduk secara rata hingga menjadi pasta
– Oleskan pasta tersebut pada wajah secara rata terutama pada bagian yang berkomedo
– Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Lakukan cara ini 3 kali dalam 1 minggu agar menghasilkan wajah tanpa komedo yang maksimal.

Lidah buaya

lidah buaya

Kandungan dalam gel lidah buaya adalah hormon auksin dan hormon giberelin yang berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit serta berguna untuk melembabkan kulit. Sehingga lidah buaya berfungsi untuk menghilangkan komedo serta mencegah timbulnya jerawat. Caranya yaitu dengan:

– Ambil lidah buaya, kemudian ambil bagian gelnya
– Oleskan gel lidah buaya pada wajah yang berkomedo
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Gula Pasir

gula pasir untuk wajah

Selain madu, ternyata gula juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Karena gula mengandung antisepik yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang bersarang pada pori-pori wajah. Selain itu, kristalisasi gula juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Cara yang perlu anda lakukan adalah:

– Campurkan 1 sendok gula pasir dengn 1 sendok air hangat
– Aduk hingga membentuk pasta
– Oleskan pada wajah secara memutar terutama pada bagian yang berkomedo
– Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih

Lakukan cara ini secara rutin 4 kali dalam seminggu maka wajah anda akan terbebas dari komedo.

Minyak Pohon Teh

minyak pohon teh

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo ialah minyak pohon teh. Ya, salah satu bahan alami ini memang memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kecantikan tubuh. Selain dapat membersihkan komedo secara maksimal, rupanya minyak pohon teh juga memiliki manfaat dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara total.

Minyak pohon teh rupanya mengandung antiseptik yang sangat berguna untuk membunuh bakteri penyebab terjadinya komedo serta mengurangi peradangan pada kulit. Namun, bahan yang satu ini bisa menyebabkan alergi terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif. Sebelum menggunakannya alangkah baiknya untuk menguji minyak pohon teh dengan cara mengoleskannya di tangan.

Tunggu beberapa menit, jika tidak terjadi reaksi apapun maka Anda bisa mengaplikasikannya di wajah Anda.

Lalu, bagaimana cara menggunakan minyak pohon teh sebagai bahan untuk menghilangkan komedo? Berikut penjelasannya.

– Siapkan setengah gelas air
– Lalu, teteskan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalamnya
– Ambil kapas dan basahi dengan menggunakan larutan minyak daun teh tersebut
– Oleskan kapas yang telah dibasahi ke bagian yang berkomedo kemudian diamkan hingga 15 menit

Langkah terakhir, bilaslah dengan menggunakan air hangat Cukup mudah bukan cara mengaplikasikan larutan minyak daun teh sebagai bahan untuk menghilangkan komedo? Agar dapat memberikan hasil yang maksimal, gunakanlah larutan minyak daun teh ini secara rutin.

Kulit Jeruk

kulit jeruk

Banyak orang yang mengira bahwa kulit jeruk tidak memiliki manfaat sama sekali dna bahkan banyak yang membuangnya secara percuma. Namun, ternyata kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaat yang mujarab terutama untuk kecantikan wajah.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kulit jeruk yang satu ini, seperti dapat menghilangkan jerawat beserta nodanya, menurunkan berat badan serta dapat menghilangkan komedo secara keseluruhan.

Cara membuat masker dengan menggunakan kulit jeruk sebagai penghilang komedo juga dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tahapan yang perlu Anda perhatikan untuk membuat masker komedo dari kulit jeruk.

– Pertama, terlebih bersihkan dahulu kulit jeruk yang akan Anda gunakan.
– Kemudian, keringkan di bawah sinar matahari
– Setelah kering, haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk
– Campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan menggunakan air secukupnya
– Aduk hingga menjadi pasta
– Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah kemudian diamkan hingga 15 menit
– Bilas dengan menggunakan air hingga bersih dan kemudian keringkan

Kulit jeruk mengandung asam alpha hidroksi serta vitamin C yang mampu membersihkan pori-pori kulit secara maksimal karena tersumbat debu dan kotoran yang bisa menyebabkan timbulnya masalah pada wajah seperti komedo. Gunakan masker kulit jeruk secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cuka Apel

cuka apel

Selain beberapa bahan di atas, rupanya manfaat cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah. Hal ini karena cuka apel mengandung antiseptik yang sangat baik untuk membersihkan pori-pori akibat produksi minyak yang berlebih serta membunuh bakteri penyebab munculnya komedo. Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan komedo juga sangat mudah.

– Siapkan satu gelas air dan satu sendok makan cuka apel
– Aduk keduanya hingga tercampur rata
– Siapkan kapas dan celupkan ke dalam larutan cuka apel
– Oleskan kapas yang telah dibasahi tersebut di sekitar hidung dan dagu
– Diamkan hingga beberapa saat
– Bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan

Cukup mudah bukan untuk membuat masker dari cuka apel yang dapat menghilangkan komedo secara keseluruhan? Seperti beberapa bahan di atas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mencegahnya datang kembali, gunakan bahan tersebut secara rutin

Dengan bahan-bahan yang alami yang ada di sekitar anda, tentunya akan dapat meminimalisir terjadinya efek samping, karena anda telah mengetahui kandungan bahan yang digunakan.

Sebenarnya, menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan komedo memang cepat, namun ini tentunya dapat menyebabkan efek samping, bukannya komedo hilang tetapi akan menimbulkan jerawat.

Dengan cara menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda, tentunya akan hemat biaya, karena anda dapat menemukan bahan-bahannya di sekitar rumah anda. Sehingga anda tak butuh biaya mahal untuk menghasilkan wajah yang bersih tanpa komedo.