9 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami dan Permanen

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Waktuku.com – Cara menghilangkan komedo di hidung masalah pada wajah memang tak ada habisnya. Diantaranya masalah jerawat yang tak kunjung sembuh, masalah komedo di hidung dan masih banyak masalah lainnya. Karena itulah anda di tuntut untuk pintar pintar menjaga wajah supaya masalah pada wajah tidak bertambah parah.

Komedo adalah sebuah benjolan kecil yang muncul di permukaan kulit wajah khususnya ujung hidung. Komedo sebenarnya juga termasuk jenis jerawat tapi masih dalam keadaan ringan. Selain di ujung hidung, komedo juga sering muncul di wilayah leher, bahu, dada, punggung serta lengan.

Masalah komedo juga disebabkan oleh sel kulit mati dan juga minyak berlebih terkumpul di luar folikel rambut ujung. Warna komedo terlihat hitam karena kulit yang ada di atas komedo tersebut terbuka kemudian terpapar udara. Cara menghilangkan komedo di hidung juga sangat beragam. Sebelum itu, ketahui dulu apa saja factor penyebab munculnya komedo di ujung hidung.

Faktor Penyebab Munculnya Komedo

Ada beberapa factor penyebab munculnya komedo pada hidung. Berikut ini penyebab munculnya komedo dihidung yang harus anda ketahui:

– Tak bisa terkendalinya perkembangan bakteri propioni bacterium acnes di permukaan kulit
– Adanya penimbunan sel kulit mati yang terjadi di permukaan kulit
– Hormon yang berubah sehingga membuat produksi minyak menjadi berlebih
– Kondisi kulit muka yang sangat kering
– Memakai produk kecantikan wajah berbahan kimia

Tak hanya beberapa factor diatas, komedo juga dibedakan menjadi 2 jenis. Yang pertama komedo hitam dan kedua komedo putih.

1. Komedo hitam:

Jenis komedo hitam ini sifatnya terbuka dan ditandai oleh membesarnya folikel rambut yang tertutup dengan sekumpulan kotoran kulit serta sebum. Jenis komedo hitam ini tampak seperti pori pori membesar serta menghitam.

2. Komedo putih:

Jika dibandingkan dengan jenis komedo hitam, maka komedo putih ini tak terlihat. Tapi bisa ditemukan jika anda menekan nekan pori pori di bagian muka atau lainnya.

Bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung?

Umumnya jenis komedo yang sangat mengganggu adalah komedo hitam. Karena komedo ini terlihat sangat jelas. Pastinya jika anda mengalami komedo hitam tentu ingin menghilangkannya.

Untuk menghilangkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tak hanya itu saja, produk kecantikan juga membuat produk khusus untuk mengangkat komedo yakni masker wajah. Namun ada juga cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung seperti berikut ini.

1. Lemon

lemon
Image by: abelandcole.co.uk

Cara menghilangkan komedo di hidung yang pertama adalah dengan lemon. Didalam lemon mengandung vitamin C yang sangat besar sehingga sangat efektif dijadikan sebagai penghilang komedo. Didalam lemon juga terdapat kandungan asam alpha hidroksi sehingga bisa menangkal radikal bebas dalam kulit anda. Karena itulah lemon bisa dijadikan sebagai penghilang komedo di hidung.

Caranya:
– Ambil perasan buah lemon
– Kemudian langsung oles pada hidung yang berkomedo
– Biarkan selama 15 menit
– Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

Selain dijadikan sebagai penghilang komedo dihidung, anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan komedo di bagian kulit lainnya. Caranya juga sama seperti yang sudah di paparkan diatas.

2. Jeruk Nipis

jeruk nipis
Image by: idntimes.com

Didalam jeruk nipis juga mengandung zat anti-oksidan serta vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit di wajah seperti komedo, jerawat, minyak berlebih dan juga bisa mencerahkan wajah. Kemampuan lainnya ialah mampu mengangkat kulit mati, sehingga bisa menghilangkan komedo dihidung secara alami.

Cara melakukannya:
– Ambil perasan jeruk nipis secukupnya
– Kemudian oleskan perasan tersebut secara langsung pada area komdedo di hidung
– Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air hangat.

Lakukan cara ini secara rutin agar masalah komedo yang anda alami bisa segera teratasi. Namun jika anda merasakan perih saat menggunakannya, maka anda bisa mencoba bahan alami lain yang lebih aman.

3. Kulit jeruk

kulit jeruk
Image by: vemmedaily.com

Ternyata bukan hanya buah bagian dalamnya saja yang bisa dijadikan sebagai penghilang komedo. Karena kulit jeruk ini sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung secara alami. Kandungan vitamin C pada kulit jeruk lebih besar dibandingkan buahnya sehingga efektif untuk menyembuhkan komedo.

Caranya melakukannya:
– Langkah pertama jemur kulit jeruk sampai benar-benar kering
– Setelah itu, baru haluskan dengan cara di tumbuk
– Setelah halus, campurkan kedalam air sampai berbentuk pasta
– Selanjutnya oleskan pasta tersebut pada bagian yang muncul komedo
– Biarkan selama 30 menit
– Berikutnya bersihkan menggunakan air hangat

Kandungan anti-oksidan yang terdapat pada kulit jeruk mampu memperbaiki kerusakan pada kulit wajah karena bahaya radikal bebas sekaligus bisa membersihkan pori-pori.

4. Pepaya

pepaya
Image by: sofabfood.com

Ternyata selain rasanya manis pepaya juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. Hal itu karena adanya enzim papain pada pepaya yang bisa membantu meregenerasi sel kulit mati.

Adapun kandungan Vitamin A, E dan C juga berperan sebagai anti oksidan dan akan menutrisi kulit sekaligus melembabkannya. Kulit mati akan hilang jika anda gunakan masker dari pepaya. Pepaya juga bisa membersihkan kotoran dan komedo yang ada di wajah. Pepaya bisa menjadi sunscreen ataupun tabir surya alami untuk kulit muka Anda.

Caranya:
– Iris iris pepaya menjadi kecil kecil
– Kemudian tumbuk sampai halus
– Gunakan masker pepaya pada wajah selama 30 menit
– Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Langkah langkah diatas bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo dihidung dan mengatasi masalah kulit lainnya.

5. Tomat

tomat
Image by: toriavey.com

Tomat juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan komedo dihidung. Terdapat senyawa anti-oksidan yakni lycopine pada tomat yang sudah terbukti mampu menangkal radikal bebas. Dengan begitu, sel kulit mati tak akan menumpuk dan tak akan muncul komedo di hidung. Anda juga bisa menjadikan tomat sebagai tabir surya alami guna mengurangi resiko kerusakan karena sinar UV.

Cara penggunaannya:
– Tumbuk tomat yang sudah matang sampai halus
– Kemudian oleskan masker tomat tadi pada wajah secara merata
– Tunggu sampai 30 menit
– Setelah kering, basuh dengan air hangat sampai bersih

Tomat juga sering digunakan untuk mengatasi masalah lain pada wajah. Caranya juga bisa anda gunakan secara langsung dengan mengiris tipis tomat dan langsung mengaplikasikannya di wajah.

6. Kacang Kedelai

kacang kedelai
Image by: hellosehat.com

Kedelai memang sudah terkenal dengan sumber proteinnya yang cukup banyak. Selain mengandung protein, didalam kedelai juga mengandung asupan vitamin A, E, B kompleks, zat besi, kalsium, fosfor, dan juga magnesium.

Cara membuat masker kedelai:
– Rendamlah kedelai kedalam air sampai seharian
– Kemudian bersihkan kacang kedelainya baru haluskan dengan diblender tanpa air
– Setelah halus, oleskan pada area wajah yang berkomedo atau oleskan pada wajah secara merata
– Biarkan selama 30 menit
– Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih

Kedelai bersifat antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini. Anda juga bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan komedo dihidung yang membandel. Masker kedelai juga bisa menjadikan wajah lebih cerah, tak berminyak, serta bersih dari komedo.

7. Pasta Gigi

pasta gigi
Image by: hellosehat.com

Metode lainnya sebagai cara menghilangkan komedo di hidung adalah dengan pasta gigi. Terdapat kandungan flouride dalam pasta gigi yang mampu menghilangkan blackheads yang ada di hidung. Untuk itu, anda bisa memilih jenis pasta gigi yang mengandung mint supaya bisa menyejukkan dan memberi kesegaran pada wajah anda.

Cara melakukannya:
– Bersihkan wajah terlebih dahulu
– Kemudian oleskan langsung pasta gigi pada bagian yang berkomedo sambil beri pijatan lembut
– Biarkan selama 15 menit
– Kemudian bilas wajah dengan air hangat

Kemudian anda baru bisa menggunakan pelembab agar wajah anda tidak kering. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan cara ini secara rutin 2 kali seminggu.

8. Alat Pengambil Komedo

alat pencabut komedo

Selain dengan bahan alami, anda juga bisa menggunakan peralatan khusus untuk mengambil komedo di hidung. Pengambil komedo ini dibuat dari bahan besi. Berbentuk menyerupai pena namun dibagian ujungnya berbentuk bulat.

Alat khusus ini banyak dijumpai di salon serta klinik kecantikan. Sebenarnya alat pengambil komedo ini biasa dipakai oleh pakar kecantikan guna membersihkan jerawat maupun blackheads saat proses facial. Namun, tak ada salahnya jika anda gunakan alat ini dirumah tanpa perlu datang kesalon untuk melakukan facial.

Cara melakukannya:
– Langkah pertama anda harus menguapi muka dengan air hangat di baskom. Dekatkan wajah di atas baskom agar uapnya menyerap ke wajah. Tujuannya ialah agar pori pori terbuka dan anda bisa lebih mudah mengambil komedo di hidung.
– Lalu anda tinggal menempelkan alat khusus ini di area yang berkomedo dengan pelan pelan sampai kotorannya berhasil di angkat
– Setelah komedo berhasil di ambil dan wajah sudah bersih, bilas wajah anda dengan air
– Lalu tutup lagi pori pori dengan air dingin ataupun es batu.

Mungkin bagi yang belum pernah menggunakan alat khusus ini merasa kesulitan. Namun jika terbiasa, anda akan sangat mudah melakukannya. Cara ini cukup murah dibandingkan anda harus melakukan facial ke salon.

9. Clay Mask

clay mask
Image by: medium.com

Selain alat pengambil komedo, anda juga bisa menggunakan alternative lain yakni dengan clay mask/ masker tanah liat. Ada banyak macam clay mask yang dapat di pilih misalnya bentonite clay mask untuk cara menghilangkan komedo di hidung.

Masker ini juga telah digunakan sebagai masker perawat wajah dari dulu. Kandungan dalam bentonite telah terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan komedo serta sel kulit mati dengan mudah. Untuk mendapatkan produk ini, anda bisa membelinya via online.

Cara menggunakannya:
– Langkah awal anda harus persiapkan 4 sendok bentonite dan masukkan kedalam mangkuk plastik.
– Lalu tambahkan sedikit air perlahan lahan sampai mengental
– Setelah kekentalannya pas, baru anda aplikasikan masker ini untuk komedo di hidung. (Gunakan kuas untuk mengoleskan masker ini pada wajah. Sebelum di olesi produk ini anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu).
– Biarkan selama 20 menit
– Baru bersihkan wajah dengan air sampai semua bekas maskernya hilang.

Lakukan langkah diatas secara rutin agar hasilnya bisa maksimal. Lakukan selama 2 minggu untuk menghilangkan komedo di hidung. Jika anda kurang suka dengan produk ini, maka anda bisa memilih salah satu bahan alami diatas untuk cara menghilangkan komedo di hidung. Semoga bermanfaat.