Cara Menghilangkan Keputihan

Waktuku.comCara menghilangkan keputihan, memang dibutuhkan oleh setiap wanita yang mengalami keputihan baik yang berlebihan ataupun tidak. Masalah keputihan kebanyakan dialami oleh wanita yang sedang hamil ataupun sebelum masa menstruasi.

Biasanya keputihan akan diobati jika sudah keluar banyak dan mengganggu aktivitas wanita. Banyak sekali obat keputihan yang tersedia ditoko obat terdekat. Namun jika anda ingin mengobati keputihan secara alami, ada juga bahan alami yang bisa digunakan yang mudah dijumpai disekitar anda. Berikut ini beberapa cara menghilangkan keputihan secara alami dengan bahan bahan yang sangat aman digunakan.

Cara Menghilangkan Keputihan yang Berlebihan:

Menggunakan Kunyit

manfaat kunyit

Untuk mengatasi masalah keputihan, ternyata bisa anda obati dengan mengkonsumsi kunyit. Bahan alami ini memang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya ialah untuk mengatasi masalah keputihan dan masalah kesehatan lainnya.

Kandungan zat anti bakteri yang ada pada kunyit mampu menghilangkan keputihan dengan sempurna. Cara menggunakan kunyit untuk menyembuhkan keputihan ialah:

– Sediakan kunyit secukupnya
– Bersihkan terlebih dahulu
– Kemudian parut dan ambil sarinya dengan cara diperas
– Minum air hasil parutan kunyit secara rutin, pagi dan sore.

Dengan mengkonsumsi secara rutin, keputihan anda akan hilang dan anda akan lebih percaya diri dalam beraktivitas. Selain cara menghilangkan keputihan menggunakan kunyit, anda bisa memanfaatkan bahan alami lainnya seperti dibawah ini.

Menggunakan Bawang Putih

bawang putih

Ternyata bawang putih juga bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Terdapat zat antijamur sekaligus antivirus yang ada dalam bawang putih sehingga berkhasiat dalam mencegah maupun menyembuhkan keputihan yang anda alami.

Dengan mengkonsumsi bawang putih ini secara rutin juga akan menghambat munculnya bakteri pada area kewanitaan anda. Jadi, sangat dianjurkan agar anda mengkonsumsi bawang putih yang kaya manfaat ini.

Menggunakan Daun Sirih

daun sirih

Untuk bahan alami selanjutnya, ini sudah banyak digunakan oleh nenek moyang jaman dahulu untuk mengobati keputihan. Kandungan alami yang terdapat pada daun sirih mampu mengusir keputihan secara alami.

Sifat antibakteri sekaligus antijamur inilah yang menjadikan daun sirih sangat ampuh sebagai cara menghilangkan keputihan. Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan, ikuti langkah langkah dibawah ini:

– Siapkan daun sirih secukupnya atau satu genggam
– Bersihkan terlebih dahulu
– Rebus daun sirih yang telah dicuci bersih. Tunggulah sampai airnya mendidih
– Setelah airnya menyusut, angkat dan saring
– Gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan area kewanitaan anda
– Setelah itu bilas dengan air sampai bersih

Dengan menggunakan daun sirih secara rutin, maka keputihan yang anda alami akan hilang dan penggunaan bahan alami ini tanpa efek samping. Gatal gatal yang anda alami pada area kewanitaan juga bisa diatasi dengan daun sirih ini. Setelah keputihan anda sembuh, hentikan penggunaan cara ini.

Menggunakan Daun Sambiloto

Daun Sambiloto

Cara menghilangkan keputihan selanjutnya bisa menggunakan daun sambiloto. Khasiat yang akan anda dapat dari daun ini ialah mampu mencegah munculnya peradangan sekaligus sebagai penghilang keputihan pada area kewanitaan anda.

Manfaat lain yang didapat dari daun sambiloto ini ialah sebagai penyembuh demam yang terjadi pada anak anak. Untuk menggunakan daun sambiloto sebagai penghilang keputihan, anda bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini:

– Siapkan daun sambiloto secukupnya, potong dibagian batangnya
– Setelah itu, cuci sampai bersih
– Rebus didalam air mendidih
– Setelah agak menyusut, angkat dan saring
– Tambahkan madu murni pada air rebusan daun sambiloto untuk dikonsumsi

Untuk menyembuhkan keputihan yang anda alami, konsumsi air rebusan ini secara rutin. Jika keputihan yang anda alami sudah menghilang, anda bisa menghentikan cara ini.

Cuka Apel

cuka apel

Kandungan alami ini bisa membantu untuk menyeimbangkan PH secara alami, meningkatkan bakteri baik, sekaligus menjaga agar area kewanitaan tidak bau. Sehingga, anda bisa menggunakan bahan alami ini sebagai cara menghilangkan keputihan.

Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan keputihan:
– Sediakan cuka apel secukupnya
– Tambahkan dengan madu satu sendok makan
– Masukkan kedua bahan alami diatas kedalam air hangat
– Minum secara rutin satu gelas per hari

Jika keputihan yang anda alami sudah sembuh, anda bisa menghentikan cara ini. Ada cara lain yang sangat mudah anda lakukan seperti berikut ini.

Biji Ketumbar

biji ketumbar

Anda juga bisa memanfaatkan biji ketumbar untuk cara menghilangkan keputihan secara alami. Kandungan alami dalam biji ketumbar mampu menghilangkan keputihan secara alami pada area kewanitaan anda.

Cara menggunakan biji ketumbar ini untuk menghilangkan keputihan ialah:
– Siapkan biji ketumbar secukupnya
– Kemudian rendam biji ketumbar dengan segelas air
– Tunggulah sampai semalaman
– Setelah pagi hari, minum air rendaman biji ketumbar

Dengan cara ini, keputihan yang anda alami akan berangsur angsur menghilang. Anda juga bisa menggunakan cara lainnya seperti dibawah ini:

Mengkonsumsi Buah Pisang

pisang

Cara menghilangkan keputihan selanjutnya dengan mengkonsumsi buah pisang. Karena dengan mengkonsumsi buah pisang ini akan menghilangkan sekaligus mencegah keputihan yang terjadi pada area kewanitaan anda.

Buah pisang juga bisa membantu menyembuhkan masalah reproduksi dalam tubuh yang caranya ialah menstabilkan hormon dalam tubuh anda. Cara menggunakannya dengan mengkonsumsi 2 kali sehari pagi dan sore. Buah ini juga sangat efektif untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium pada buah pisang juga bisa membantu untuk meningkatkan detak jantung lebih sehat.

Jahe

jahe

Banyak manfaat yang bisa anda ambil dari jahe. Salah satunya ialah sebagai cara menghilangkan keputihan. Jahe bisa mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri yang terjadi pada area kewanitaan anda.

Cara menggunakan jahe untuk mengatasi keputihan:
– Sediakan jahe secukupnya (1 ruas )
– Bersihkan terlebih dahulu
– Kemudian rebus jahe yang sudah dibersihkan
– Tunggu sampai airnya mendidih
– Setelah itu, angkat dan saring airnya
– Minum airnya dalam keadaan hangat

Anda bisa mengkonsumsi air rebusan jahe ini pagi dan sore. Dengan mengkonsumsi ini, maka masalah keputihan pada area kewanitaan anda bisa teratasi tanpa efek samping.

Akar Mawar

bunga mawar

Selain baunya yang wangi, ternyata akar mawar juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan keputihan yang alami. Anda bisa menggunakan akar bunga mawar secukupnya dan mengikuti langkah langkah dibawah ini.

– Sediakan akar bunga mawar secukupnya
– Cuci bersih sebelum digunakan
– Setelah itu, rebus akar mawar menggunakan air sampai mendidih
– Setelah itu, angkat dan saring untuk diambil airnya
– Minum rebusan akar mawar selagi hangat

Dengan mengkonsumsi rebusan air mawar ini, masalah keputihan yang anda alami akan sembuh secara bertahap. Selain keputihan, rasa gatal yang dirasakan pada area kewanitaan juga akan hilang dengan mengkonsumsi ramuan ini.

Biji Mangga

biji mangga

Selain mangga bisa dikonsumsi, ternyata bagian bijinya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Salah satunya ialah untuk cara menghilangkan keputihan secara alami. Anda bisa menggunakan biji mangga untuk menghilangkan keputihan dengan cara:

– Sediakan biji buah mangga secukupnya
– Haluskan biji mangga supaya menjadi bubuk
– Campurkan bubuk tersebut dengan air hingga berbentuk pasta
– Oleskan pada area kewanitaan anda dan tunggu sampai mengering
– Setelah itu, bilas sampai bersih

Jika anda merasa risih menggunakan cara ini, maka gunakan cara yang lebih mudah seperti yang sudah dijelaskan diatas yang cara membuatnya dengan langsung dikonsumsi.

Akar Bayam

bayam

Bagian bayam selain daunnya ternyata bagian akarnya juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh anda. Khususnya untuk menghilangkan keputihan secara alami. terdapat kandungan anti bakteri pada akar bayam yang cukup kuat sehingga bisa melawan bakteri maupun virus sebagai penyebab keputihan yang anda alami.

Untuk menggunakan akar bayam sebagai penghilang keputihan, gunakan langkah dibawah ini:

– Sediakan akar bayam secukupnya
– Bersihkan terlebih dahulu
– Selanjutnya haluskan dengan cara diblender
– Campurkan dengan gula agar rasanya manis, tambahkan air sebelum diblender
– Minum jus akar bayam 2 kali sehari

Dengan mengkonsumsi ramuan ini, masalah keputihan yang anda alami akan sembuh secara bertahap dan tanpa efek samping. Akan tetapi jika masalah ini sudah sembuh, anda bisa menghentikan pemakaiannya.

Makan Biji Rami dan Alpukat

alpukat

Masalah keputihan yang disebabkan oleh bakteri serta penyakit di dalam organ reproduksi dapat disebabkan oleh system kekebalan tubuh yang kurang. Sehingga anda bisa mengatasinya dengan cara meningkatkan system kekebalan tubuh anda.

Dengan begitu, anda bisa mengkonsumsi campuran bahan alami antara biji rami dengan alpukat. Makanan alami ini akan menjaga keseimbangan lendir dalam area kewanitaan anda.

– Siapkan biji rami secukupnya
– Siapkan pula buah alpukat yang masih segar
– Konsumsi campuran 1 sendok biji rami dengan buah alpukat
– Untuk hasil yang maksimal, konsumsi saat pagi dan sore hari

Dengan kedua makanan tersebut, maka juga bisa mengubah pH yang tak sehat menjadi lebih sehat.

Minum Air Rebusan Beras Putih

air beras

Anda juga bisa menggunakan rebusan beras untuk sebagai cara menghilangkan keputihan. Dengan mengkonsumsi rebusan ini, maka secara bertahap keputihan yang anda alami akan hilang.

Cara menggunakan cara ini ialah:
– Siapkan beras yang sudah dicuci bersih
– Selanjutnya rebus beras tersebut
– Setelah mendidih, ambil air rebusannya
– Tambahkan dengan madu untuk menambah khasiat ramuan ini

Lakukan secara rutin cara ini agar keputihan yang anda alami bisa cepat hilang. Pada air beras tersebut mengandung bahan aktif yang bisa melawan bakteri serta virus yang menyebabkan munculnya keputihan pada area kewanitaan anda.

Minum Jus Lemon dan Madu

madu

Bukan Cuma air rebusan beras saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan keputihan. Anda juga bisa mengkonsumsi jus lemon serta madu sebagai cara menghilangkan keputihan.

Terdapat kandungan antioksidan dalam jus lemon maupun madu yang dapat melawan radikal bebas secara efektif. Selain itu, kedua bahan alami ini juga bisa mengeluarkan seluruh racun dalam tubuh sekaligus menghilangkan penyakit yang disebabkan karena peradangan.

Cara menghilangkan keputihan menggunakan jus lemon dengan madu:
– Siapkan lemon secukupnya
– Bersihkan sebelum digunakan
– Ambil sarinya lalu blander dengan ditambah sedikit air
– Setelah itu, saring dan tambah dengan 1 sendok madu

Bakteri baik yang terdapat pada area kewanitaan juga bisa ditingkatkan serta melawan bakteri jahat sebagai penyebab keputihan dengan mengkonsumsi kedua bahan alami ini. Jadi konsumsi jus lemon serta madu secara rutin jika ingin hasil yang maksimal.

Minum Jus Anggur dan Madu

jus anggur

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan jus anggur dengan madu sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Pada buah anggur terdapat sebuah zat yang mampu melawan bakteri maupun virus sebagai penyebab masalah keputihan yang anda alami.

Apalagi kandungan warna alami pada anggur ungu dan merah juga bisa meningkatkan jumlah pH alami yang terdapat pada area kewanitaan.

Cara menggunakan jus anggur dengan lemon sebagai penghilang keputihan:
– Siapkan anggur secukupnya
– Bersihkan terlebih dahulu kemudian blander
– Setelah itu, tambahkan dengan 1 sendok madu untuk dikonsumsi.

Tidak perlu mencampurkan air pada ramuan ini karena dengan mengkonsumsi jus anggur murni serta madu akan menyembuhkan keputihan yang anda alami secara cepat.

Makan Yogurt

yogurt

Bahan alami ini termasuk makanan yang didalamnya mengandung probiotik secara alami yang tinggi. Dengan kandungan bakteri baik pada yogurt mampu menghambat perkembangan bakteri jahat pada area kewanitaan sebagai penyebab keputihan.

Bahan alami ini juga bisa melawan infeksi jamur pada area kewanitaan anda. Selain itu, yogurt juga mampu memelihara organ reproduksi anda. Konsumsi yogurt setiap hari agar masalah keputihan yang anda alami bisa sembuh. Karena cara alami ini bisa menyeimbangkan keadaan alat reproduksi tubuh anda.

Minum Jus Delima

buah delima

Buah delima memang dipercaya sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Anda bisa menggunakan cara ini dengan cara di haluskan menggunakan blander. Terdapat kandungan nutrisi penting dalam buah ini yang bisa menghilangkan masalah keputihan yang anda alami.

Ramuan ini bisa meningkatkan kestabilan hormon sekaligus mencegah tumbuhnya bakteri maupun virus sebagai penyebab keputihan. Ramuan ini juga bisa membunuh seluruh bakteri jahat pada area kewanitaan anda.

Cara menggunakan jus delima untuk menghilangkan keputihan:
– Siapkan buah delima secukupnya
– Bersihkan terlebih dahulu
– Haluskan buah delima dengan cara diblander dan tambahkan air sedikit
– Saring dan tambahkan madu satu sendok

Konsumsi jus delima ini satu kali sehari. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Jus Basil dan Susu

susu

Anda juga bisa menggunakan cara lain dengan jus basil dengan susu. Bahan alami basil sangat dipercaya sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Hal itu karena terdapat senyawa alami pada basil yang dapat meningkatkan kesehatan pada area kewanitaan anda.

Ramuan ini juga bisa mengendalikan kondisi pH pada area kewanitaan anda. Masalah ini biasa dialami wanita ketika menjelang serta setelah menstruasi.

Cara menggunakan jus basil dan susu untuk menghilangkan keputihan:
– Sediakan beberapa helai daun basil
– Bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan
– Selanjutnya haluskan daun tersebut
– Campurkan dengan segelas susu rendah lemak
– Konsumsi secara rutin agar keputihan yang anda alami bisa menghilang.

Ramuan ini bisa anda jadikan alternative sebagai penyembuh keputihan secara alami. Dengan campuran bahan alami ini, tentu tidak akan menimbulkan efek samping untuk kesehatan anda.

Jika harus memilih antara bahan alami dan bahan yang mengandung kimia, sebaiknya pilihlah bahan alami yang tidak akan membuat efek yang berarti bagi kesehatan tubuh anda.

Karena bisa jadi, dengan bahan kimia yang terkandung dalam obat yang anda gunakan justru bisa memperparah keputihan yang anda alami. Selamat mencoba.