8 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Waktuku.comCara menghilangkan karang gigi secara alami sekarang ini semakin penting untuk disimak. Hal ini karena kesehatan gigi memang sangat utama dan harus tetap dijaga. Jadi, apabila anda mengalami masalah ini, sebaiknya langsung mencari solusi terbaiknya.

Apakah anda pernah mendapati orang yang bau mulut? Bahkan apakah anda sendiri yang pernah mengalami hal ini? Jika anda salah satunya, maka hal ini bisa disebabkan karena adanya karang gigi yang mengerak.

Sementara karang gigi yang anda miliki tersebut bisa juga diakibatkan karena kesehatan mulut yang kurang terjaga. Misalnya saja menyikat gigi kurang dari dua kali sehari, atau suka mengkonsumsi makanan manis seperti coklat.

Karang gigi yang anda miliki juga bisa menjadi plak solid dan menjadikan gigi berwarna kuning bahkan menyebabkan timbulnya bau mulut kurang sedap. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bisa jadi karang gigi menimbulkan berbagai penyakit gigi, gusi dan juga mulut.

Meskipun masalah tersebut sering dialami oleh masyarakat, namun minat mereka ke dokter gigi ternyata masih saja berkurang. Pasalnya mereka takut jika harus bertemu dengan dokter gigi. Padahal sebenarnya dokter gigi tersebut akan memberikan solusi yang anda hadapi ini dengan sangat baik.

Akan tetapi, bagi anda yang malas ke dokter gigi, masih ada cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Namun sebelum anda mencari tahu caranya, ketahui dulu penyebab timbulnya karang gigi berikut ini.

Penyebab Munculnya Karang Gigi

Timbulnya karang gigi memang disebabkan karena factor tertentu. Sehingga anda harus menghindarinya sebisa mungkin agar karang gigi tidak muncul digigi indah anda. Apa saja penyebab munculnya karang gigi, simak ulasan berikut ini:

1. Tidak Menggosok Gigi Setelah Makan

Kebanyakan orang beranggapan jika gosok gigi 2 kali sehari pagi dan malam sudah bagus untuk kesehatan giginya. Meskipun hal ini benar, alangkah baiknya jika setelah makan anda menggosok gigi.

Tujuannya adalah agar karang gigi tidak muncul di gigi anda. Karena sisa makanan yang telah menempel pada celah-celah gigi tersebutlah yang bisa menimbulkan karang gigi. Oleh karena itu, setelah makan anda harus berkumur dan juga menggosok gigi supaya kesehatan mulut dan gigi anda terjaga.

2. Kebiasaan Mengonsumsi Makanan Tertentu

Timbulnya karang gigi juga bisa diakibatkan karena anda suka makan makanan tertentu. Diantaranya ialah suka mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein berupa the maupun kopi.

Kebiasaan merokok juga bisa menjadi factor timbulnya karang gigi. Apalagi mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan. Hal ini adalah factor yang bisa menimbulkan karang gigi.
Jadi, jika anda ingin gigi anda sehat, kurangi makanan manis seperti coklat atau permen.

Hindari juga mengkonsumsi makanan yang kurang sehat bagi gigi. Bukan Cuma itu saja, makanan yang mengandung kabohidrat juga dapat pemicu timbulnya karang gigi. Jadi, yang paling penting ialah menggosok gigi setelah makan.

3. Cara Menyikat Gigi Yang Salah

Apakah anda sudah rajin menggosok gigi namun masih ada karang gigi? Jika iya, amati dulu bagaimana cara anda menyikat gigi. Apakah sudah benar? Jika anda menggosok secara asal asalan, maka tidak mungkin bisa menghilangkan karang gigi yang timbul di gigi.

Biasanya hanya bisa menjangkau permukaan dalam mulit di bagian tengahnya saja. Jadi, usahakan ketika anda menggosok gigi sikat giginya mampu menjangkau semua bagian gigi.

Jika anda ingin menggosok gigi bagian permukaan depan, bisa dengan gerakan melingkar gerakannya dari atas kebawah sampai pada tepi gusi anda. Anda juga harus membersihkan lidah dengan pembersih lidah. Hal ini agar kuman dan sisa makanan hilang. Yang terakhir, kumurlah sampai bersih.

Lakukan cara menghilangkan karang gigi dengan menyikat gigi secara benar. Jangan menggosok gigi dengan asal asalan.

4. Plak Yang Dibiarkan Saja

Jika di gigi anda muncul plak berwarna kuning, sebaiknya langsung bersihkan. Untuk plak yang tipis, dapat hilang dengan menggosok gigi. Sementara pada plak yang sudah lama terbentuk, dapat dibersihkan oleh dokter gigi diklinik.

Jika plak yang ada pada gigi anda dibiarkan, maka bisa menimbulkan karang gigi yang sulit dihilangkan. Sementara jika karang gigi tidak segera dibersihkan, maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti berikut ini.

Efek Karang Gigi yang Tidak Dibersihkan

1. Bau Mulut

Salah satu akibat yang bisa ditimbulkan oleh karang gigi yang tidak dibersihkan ialah bau mulut yang kurang sedap. Hal ini karena sisa sisa makanan yang sudah terinfeksi bakteri serta mengalami pembusukan pada gigi anda. Ketika bakteri tersebut mengeluarkan toksin serta merusak gusi, hal ini bisa berakibat bau mulut yang sangat parah. Ditambah lagi bisa memicu timbulnya kerusakan pada gigi.

2. Gingivitis (Radang Gusi)

Saat plak digigi terbentuk dan tidak segera dihilangkan akhirnya akan menumpuk. Nah kondisi seperti ini juga membuat bakteri berkembang lebih pesat. Kemudian bakteri membentuk sarang pada garis gusi, lalu bakteri tersebut menyerang gusi yang membuatnya mengalami peradangan.

Ciri ciri seseorang yang mengalami masalah radang gusi maupun yang biasa disebut dengan gingivitis ialah gusi yang mengkerut, bengkak, dan warna gusi lebih merah atau mengalami pendarahan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, akan berakibat yang lebih fatal lagi seperti gangguan berikut ini.

3. Periodontitis

Inilah akibatnya jika radang gusi yang dialami tidak segera diatasi. Masalah periodontitis merupakan kondisi ketika gusi seseorang sudah sangat parah dan menyebabkan adanya kerusakan dibagian tulang maupun jaringan lunak. Hal ini juga bisa ditandai oleh terbentukanya kantong maupun lingkaran-lingkaran yang terdapat pada permukaan gusi.

Bagi seseorang yang mengalami masalah periondontitis juga mengalami beberapa gejala. Diantaranya ialah gusi yang berwarna sangat merah ditambah keunguan, dengan tekstur yang lebih lunak serta terlihat menyusut. Hal ini juga membuat nafas si penderita memiliki bau kurang sedap ditambah keluarnya nanah maupun keadaan gigi mulai rapuh.

4. Gigi Berlubang

Jika gusi maupun jaringan yang ada didalamnya sudah rusak serta terinfeksi bakteri, hal ini akan membuat tulang gigi menjadi melemah. Keadaan ini juga bisa meningkatkan risiko timbulnya gigi berlubang. Jika sudah seperti ini, sudah tidak bisa diusahakan lagi. Jadi, anda harus merelakan gigi anda hilang.

5. Gangguan Kesehatan Lainnya

Masih ada bahaya yang sangat mengerikan lagi karena adanya karang gigi. Salah satunya ialah saat bakteri sudah masuk pada gusi serta menginfeksi jaringan lunak yang ada didalamnya. Hal tersebut juga bisa membuat bakteri ikut masuk di dalam tubuh dengan aliran darah. Jika bisa sampai seperti itu, maka bisa memicu berbagai masalah kesehatan diantaranya gangguan pernafasan, stroke, ganggaun jantung bahkan masih banyak lagi masalah kesehatan yang akan muncul.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan karang gigi baik yang sudah menumpuk ataupun yang masih baru. Karena karang gigi yang ada pada gigi jangan dibiarkan saja.

Jika sudah berakibat fatal, tentunya akan merembet kesemua gejala kesehatan lainnya. Sebelum anda mengalami hal yang cukup serius, cepatlah membersihkan karang gigi agar tidak menumpuk yang menjadi sarang bakteri. Untuk ulasan selanjutnya, simak penjelasan tentang cara menghilangkan karang gigi berikut ini.

Bagaimana Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cara Alami?

Menggosok Gigi Dengan Cara Yang Benar

Jangan menggosok gigi sembarangan karena ada teknik tertentu yang harus anda lakukan untuk menggosok gigi. Dengan teknik ini, gigi anda akan lebih bersih dan bisa menjangkau keseluruh permukaan gigi anda.

Untuk beberapa teknik penting yang harus anda ketahui ketika menyikat gigi diantaranya ialah:

– Cara memegang sikat gigi harus pada sudut 45 derajat terhadap gusi.
– Lakukan gerakan kearah belakang secara perlahan.
– Anda harus menjangkau semua permukaan, mulai permukaan luar, dalam, maupun atas gigi geraham anda.
– jika anda ingin membersihkan permukaan depan gigi, sikat bisa dimiringkan pada arah vertical dan gosoklah dari arah atas ke bawah ( naik turun).

Selain itu, gosoklah gigi minimal 2 kali sehari. Pakailah sikat gigi dengan permukaan bulu lembut supaya dapat menjangkau semua bagian gigi. Setelah masa penggunaan sikat 3-4 bulan, anda harus menggantinya dengan sikat yang baru. Hal tersebut bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi.

Gunakan Siwak

siwak

Banyak yang sudah mengetahui siwak. Manfaatnya hampir sama dengan sikat gigi. Untuk siwak ini biasa menggunakan bahan dari ranting pohon. Biasanya dari pohon arak paling banyak tumbuh di daratan Afrika, Asia barat, dan Arab.

Alat inilah yang digunakan oleh nabi untuk menggosok gigi jaman dahulu. Akhir-akhir ini beberapa ilmuwan telah menemukan jika siwak sangat ampuh sebagai cara menghilangkan karang gigi.

Ini karena pada siwak telah terkandung enzim sebagai pencegah terbentuknya plak di gigi. Ditambah lagi adanya kandungan senyawa berupa asam antibakteri untuk membunuh bakteri yang ada dalam rongga mulut.

Pada siwak juga terdapat kandungan bahan lain serupa pada sikat gigi. Diantaranya ialah semisal flouride, vitamin C, pottasium, tannin, klorida, dan juga sulfur.

Pakailah Pasta Gigi Yang Didalamnya Mengandung Flouride

pasta gigi fluoride

Saat ini hampir semua pasta gigi mengandung Flouride yang ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Jadi, anda bisa memilih pasta gigi yang mana yang memiiki kandungan senyawa tersebut didalamnya.

Senyawa flouride bukan Cuma ampuh sebagai cara menghilangkan karang gigi saja melainkan juga bisa mencegah timbulnya pembusukan makanan pada gigi. Senyawa tersebut bahkan bisa memperkuat enamel gigi anda.

Jika anda rajin menggosok gigi dengan pasta gigi yang didalamnya mengandung flouride, ketika karang gigi anda tidak terlalu parah, maka perlahan karang tersebut bisa memudar. Akan tetapi, anda juga harus menghindari makanan manis karena bisa memperburuk kerusakan pada gigi anda.

Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan. Oleh karena itu, lakukan gosok gigi secara teratur dengan pasta gigi yang megandung fluoride.

Menggunakan Benang Gigi (Dental floss)

benang gigi

Biasanya plak dan juga karang gigi banyak muncul pada gigi ujung. Atau bagian gigi yang berdekatan pada gusi. Oleh karena itu, sulit sekali untuk menjangkau karang gigi tersebut menggunakan sikat.

Jika hal ini terjadi, anda bisa menggunakan benang gigi untuk mengatasinya. Meskipun pemakaian benang gigi tidak dapat membersihkan dengan tuntas, namun hal ini cukup efektif digunakan.

Benang gigi mampu merontokkan karang gigi yang ada meskipun hanya sedikit. Setidaknya bisa mengurangi tumpukan karang gigi anda. Asalkan anda melakukannya secara hati hati. Jangan sampai anda menggosok terlalu keras.

Hal tersebut bisa menipiskan email gigi maupun melukai gigi anda. Selain cara diatas, anda bisa menggunakan cara menghilangkan karang gigi lainnya yang sangat aman diantaranya ialah.

Cara Menghilangkan Karang Gigi:

Ada banyak sekali bahan alami bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah karang gigi. Dengan bahan alami berikut ini, maka gigi anda akan lebih sehat secara alami dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Jambu Biji

Tahukah anda jika ternyata jambu biji sangat baik bagi kesehatan. Salah satunya ialah untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Jambu biji ini juga sangat berpotensi sebagai penyembuh penyakit periodental atau penyakit yang berkaitan dengan gusi.

Dengan jambu biji juga sangat ampuh sebagai pembunuh bakteri Streptococcus mutans (merupakan bakteri penyebab terbentuknya plak gigi). Selain jambu biji, ternyata daunnya juga bisa bermanfaat untuk mengatasi inflamasi maupun rasa nyeri.

Jika anda ingin menggunakan cara alami dengan jambu biji ini, caranya sangat mudah. Yakni dengan mengunyahnya secara langsung jambu biji yang sudah dipotong-potong. Taburkan juga garam sedikit saja.

Kunyahlah tepat pada bagian gigi anda yang ditumbuhi dengan karang. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, anda bisa melakukan cara ini 1 atau 2 kali sehari. Berhentilah ketika karang gigi mulai berkurang.

Baking Soda

baking soda

Sebagai pengembang kue, ternyata baking soda juga berkhasiat sebagai cara menghilangkan karang gigi. Alasannya karena baking soda memiliki sifat basa. Jadi, bisa membantu dalam menetralkan proses pembusukan asam dalam mulut anda.

Cara menggunakannya ialah dengan membuat campuran baking soda 1 sendok teh dengan garam ½ sendok kecil. Campur dan aduk sampai merata. Oles pada sikat gigi anda kemudian sikatlah gigi seperti biasa dengan ramuan yang anda buat tersebut.

Jika anda selesai melakukan cara ini, jangan lupa berkumur sampai bersih. Baking soda juga hanya boleh digunakan 1 kali dalam satu minggu. Jadi, anda cukup melakukan kegiatan ini satu kali seminggu. Jika terlalu sering, bisa berakibat enamel gigi menjadi menipis dan juga rusak.

Untuk cara menghilangkan karang gigi selanjutnya, anda bisa menggunakan bahan alami yang juga mudah ditemukan.

Cengkeh

cengkeh

Jika jaman dahulu cengkeh ini banyak digunakan oleh orang tua, namun ternyata bahan alami ini memiliki khasiat bagus untuk kesehatan gigi. Salah satunya ialah untuk menghilangkan karang gigi dan juga plak yang ada pada gigi anda.

Terdapat kandungan senyawa sebagai anti plak serta anti gingivitis (peradangan di gusi) yang ampuh untuk mengatasi masalah karang gigi dan juga plak yang anda alami.
Cara menghilangkan karang gigi dengan cengkeh bisa dilakukan secara mudah.

Yakni dengan menghaluskan cengkeh. Dan ambil 1 sendok kecil bubuk cengkeh tersebut, taruh pada mangkuk. Tambahkan dengan 5 tetes saja minyak zaitun. Setelah diaduk rata, anda bisa menggunakan ramuan tersebut untuk menggosok gigi.

Lakukan secara rutin agar plak dan karang gigi menghilang dengan bertahap. Anda juga bisa memilih bahan alami lain yang ada dilangkah berikutnya.

Lidah Buaya

lidah buaya
Image by: lampungpro.id

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya juga bisa anda lakukan dengan menggunakan lidah buaya. Terdapat kandungan anti bakteri anti bakteri maupun anti mikroba dalam lidah buaya yang sangat baik untuk gigi.

Dengan kandungan itulah lender lidah buaya bisa digunakan sebagai penghilang karang gigi dan juga plak gigi. Anda juga bisa menggunakan cara alami ini untuk menyembuhkan radang gusi.

Cara penggunaanya hanya perlu mengoles gigi dengan gel lidah buaya memakai sikat gigi ataupun pakai tangan secara langsung. Biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, bersihkan dengan berkumur. Pemakaian tersebut dapat dilakukan 2-3 kali selama seminggu.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa anda lakukan dirumah. Pilihlah cara yang menurut anda paling mudah. Dengan cara-cara diatas, gigi yang terdapat karang dan juga plak bisa hilang secara bertahap. Selamat mencoba.