15 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dalam 1 Hari

Cara Menghilangkan Jerawat

Waktuku.comCara menghilangkan jerawat menjadi artikel yang tentunya sangat diminat banyak orang terutama wanita. Karena bisa dikatakan bahwa wanita memang lebih detail dalam urusan penampilan sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan penampilan memang harus dipikirkan secara detail.

Memiliki penamilan yang sempurna tentu menjadi impian banyak semua wanita. Hampir semua wanita rela menyisihkan sebagian waktu dan keuangannya demi melakukan perawatan baik itu perawatan tubuh maupun wajah. Untuk perawatan tubuh mungkin bisa dinomerduakan, namun untuk perawatan wajah tentu menjadi hal pokok yang dipikirkan oleh wanita.

Tidak bisa dipungkiri bahwa penilaian pertama yang menentukan seseorang menarik dan tidak adalah dilihat dari wajah. Dengan kata lain seorang wanita akan dinilai cantik jika memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat tentu menjadi point plus tersendiri. Lain hal jika wanita tersebut memiliki wajah yang kusam dan tidak terawat, tentu orang – orang pun akan enggan untuk melihatnya.

Kulit wajah yang tidak terawat selain membuat kusam juga menimbulkan berbagai noda seperti noda hitam maupun bekas jerawat. Jerawat memang menjadi musuh terbesar semua wanita karena jerawat ini dianggap sebagai momok menakutkan yang bisa merusak penampilan. Bahkan tak jarang banyak sekali wanita yang merasa tidak percaya diri oleh adanya jerawat ini sehingga membuat mereka berusaha mencari cara menghilangkan jerawat tersebut.

Jerawat atau dalam istilah medis disebut dengan acne vulgaris merupakan benjolan warna merah yang timbul akibat penyumbatan pada pori-pori kulit wajah atau juga bisa disebabkan karena peradangan pada kulit wajah yang disertai dengan darah atau nanah.

Jerawat merupakan permasalahan kulit wajah yang sangat mengganggu seseorang, karena bila di wajah terdapat jerawat maka akan sangat mengganggu penampilan. Sebenarnya, banyak faktor yang memicu tumbuhnya jerawat misalnya kulit berminyak, pola makan yang salah, polusi udara, bakteri P. acne, dan ketidakseimbangan hormon.

Untuk menghilangkan jerawat, biasnya banyak cara yang dilakukan, misalnya dengan cara tradisional dari bahan-bahan alami tumbuhan atau dengan cara modern dengan produk kecantikan atau facial di salon dan klinik kecantikan.

Namun terkadang, dengan pergi ke salon atau ke klinik kecantikan tetap tak dapat menghilangkan jerawat, dan terkadang akan memberikan efek yang semakin parah pada kulit wajah jika tak cocok dengan cara yang dilakukan. Sehingga dengan cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan alami tentunya menjadi solusi yang tepat agar menghasilkan wajah yang bersih terbebas dari jerawat.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat

Semua wanita tentu tidak ingin memiliki wajah berjerawat karena jerawat tersebut bisa mengurangi kecantikan yang dimilikinya. Namun tak jarang pula wanita yang malas untuk melakukan perawatan wajah tetapi berharap bisa memiliki wajah yang bersih tanpa noda. Logikanya adalah tidak akan pernah ada hasil jika tidak ada usaha. Sama halnya dengan wajah yang bersih mulus tanpa noda.

Untuk mendapatkan wajah yang mulus tanpa noda tentu dibutuhkan perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Jika merawat saja malas, bagaimana jerawat tidak menyukai kulit wajah anda? Tepat sekali, hanya berawal dari malas merawat wajah justru berujung jerawat yang bermunculan dimana – mana sehingga akhirnya anda harus mencari cara menghilangkan jerawat tersebut.

Namun sebelum anda mengetahui apa sajakah cara menghilangkan jerawat ini, ada baiknya anda juga harus mengetahui tentang faktor penyebab munculnya jerawat ini. berikut penjelasannya.

1. Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab pertama munculnya jerawat akibat anda kurang menjaga kebersihan. Kebersihan ini meliputi beberapa hal baik kebersihan wajah, alat – alat make up maupun semua benda yang memiliki menungkinan bersentuhan dengan wajah anda misalnya ponsel.

-Kebersihan Wajah

Untuk menjaga kebersihan wajah, biasakan anda mencuci wajah anda secara teratur yaitu 2 kali sehari, setipa bangun tidur dan malam menjelang tidur. Cara menghilangkan jerawat tersebut yaitu dengan sampai membiarkan kulit anda tidur masih dalam keadaan kotor.

-Kebersihan Peralatan Make Up

Jika anda biasanya menggunakan kuas atau spons sebagai peralatan make up anda, sebaiknya anda selalu memperhatikan kebersihannya. Cara menghilangkan jerawat adalah selalu cuci bersih semua perlengkapan make up anda secara rutin untuk menghindari debu maupun bakteri yang bersarang di peralatan make anda tersebut yang mana bisa memicu timbulnya jerawat.

2. Akibat Perubahan Hormon

Wanita biasanya cenderung mengalami banyak perubahan hormon terutama ketika masa haid dan kehamilan yang mana bisa memicu timbulnya jerawat.

3. Pola Makan yang Buruk

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa jerawat juga bisa muncul akibat anda kurang menjaga asupan makanan. Kurangnya asupan buah dan sayur serta ditambah kebiasaan buruk anda dalam mengkonsumsi makanan berminyak, maka bisa membuat produksi minyak berlebih sehingga memicu jerawat bermunculan. Cara menghilangkan jerawat yang terbaik yaitu dengan memperbaiki pola makan serta asupan makanan yang anda konsumsi setiap hari.

4. Efek Iritasi

Wanita memang selalu tergoda jika melihat kosmetik. Sehingga seringkali wanita menjadi kalap ketika berbelanja make. Namun sayangnya tidak semua kandungan kosmetik yang anda beli akan cocok dengan kulit anda. Tak jarang yang justru iritasi dengan produk kosmetik yang digunakan.

Salah satu bentuk iritasi kulit yang alergi terhadap kosmetik adalah dengan munculnya jerawat. Cara menghilangkan jerawat yaitu dengan tidak berganti – ganti kosmetik serta selalu selektif dalam memilih jenis kosmetik yang akan digunakan.

5. Make Up Tebal

Tahukah anda bahwa ternyata kulit juga butuh bernafas. Jika anda sering menggunakan make-up tebal maka kemungkinan akan menyumbat pori–pori wajah. Terlebih jika anda tidak maksimal dalam membersihkan wajah maka akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Cara Alami Untuk Cara Menghilangkan Jerawat:

Jerawat memang sangat mengganggu penampilan sehingga siapapun yang mengalami pasti akan segera mencari cara menghilangkan jerawat tersebut. Namun sebelum anda menempuh cara medis yang tentu saja akan membutuhkan banyak biaya, maka tak ada salahnya anda menggunakan cara menghilangkan jerawat yang lebih alami yaitu dengan memanfaatkan bahan – bahan alami yang ada disekitar anda. Berikut beberapa bahan – bahan yang bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat.

Es Batu

Menghilankan Jerawat Dengan Es Batu

Jerawat yang meradang tentu tak hanya akan mengganggu saja namun juga menyakitkan. Untuk membantu meredakan radang tersebut, anda bisa memanfaatkan es batu untuk mengompres jerawat tersebut. Kompres jerawat menggunakan es batu secara teratur sampai dengan jerawat anda kempes.

Es batu ternyata sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. Karena es bantu akan membantu menghilangkan minyak berlebih serta kotoran yang menempel pada kulit wajah. Tak hanya itu es batu juga berfungsi untuk mengurangi peradangan akibat jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu, tentunya menggunakan es batu yang berasal dari air besih dan steril. Dan anda bisa menempelkannya secara langsung es batu pada kulit selama beberapa detik. Lakukan cara ini selama 3 kali sehari hingga jerawat pada wajah mengempes.

Lidah Buaya

lidah buaya untuk wajah

Aloe vera atau lidah buaya memang banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Lidah buaya memiliki kandungan bersifat antibakteri sehingga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain itu lidah buaya juga bisa membantu mengecilkan pori.

Lemon

kulit jeruk untuk wajah

Di dalam lemon terdapat kandungan asam askrobat-L yang berfungsi untuk mengurangi masalah peradangan pada kulit seperti pori-pori tersumbat dan berjerawat. Selain itu lemon juga dipercaya untuk mencerahan kulit dan ampuh menghilangkan noda pada wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan lemon yaitu dengan:

– Ambil 1 buah lemon kemudian belah menjadi dua bagian
– Peras lemon hingga menghasilkan air
– Oleskan perasan lemon pada wajah yang berjerawat
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Lakukan treatment cara menghilangkan jerawat dengan lemon sehari sekali maka wajah anada akan segera terbebas dari jerawat.

Mentimun

mentimun untuk wajah

Ketimun memiliki kandungan yang kaya akan manfaat untuk wajah. Kandungan antioksidan dalam ketimun mampu mengeluarkan racun serta menangkal radikal bebas pada wajah, serta kandungan vitamin C pada ketimun akan membantu melembabkan kulit sehingga wajah akan segar dan halus.

Selain itu, ketimun juga memiliki kandungan asam amino yang mampu membersihkan dan menghilangkan jerawat dengan ampuh. Sehingga dengan ketimun, wajah anda bukan hanya sehat dan lembut namun juga terbebas dari jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan ketimun, sangat mudah yaitu dengan:

– Ambil ketimun, lalu kupas hingga bersih
– Parut ketimun hingga halus menjadi bubur
– Peras bubur ketimun
– Oleskan perasan ketimun tersebut pada wajah secara merata
– Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih

Atau anda juga bisa dengan memotong ketimun dan menempelkannya secara langsung pada wajah. Lakukan treatment cara menghilangkan jerawat dengan ketimun secara rutin yaitu 4 kali dalam seminggu.

Madu Untuk Wajah

madu untuk wajah

Selain dimanfaatkan untuk melembabkan wajah ternyata madu juga bisa anda gunakan untuk mengatasi jerawat karena madu bersifat anti bakteri. Totolkan madu secukupnya pada jerawat lalu diamkan selama beberapa menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin sampai jerawat anda mereda. Usahakan menggunakan madu murni.

Pepaya Untuk Wajah

pepaya untuk wajah

Pepaya sering digunakan sebagai bahan masker karena dipercaya bisa mencerahkan wajah. Namun pepaya ini juga memiliki kandungan yang dapat membantu meredakan eradangan jerawat. Anda hanya perlu menghaluskan pepaya secukupnya kemudian mengoleskannya ke bagian jerawat. Bilas sampai bersih dan lakukan secara teratur sampai jerawat sembuh.

Baking soda

baking soda untuk jerawat

Baking soda memiliki kandungan anti bakteri yang berfungsi untuk menetralkan keasaman kulit sehingga dapat menghentikan aktifitas bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Tak hanya itu, baking soda juga ampuh membunuh bakteri, sehingga dapat mengangkat sel kuit mati serta membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak, sehingga tak hanya mengangkat jerawat saja, dangan baking soda juga akan memberikan wajah yang segar terbebas dari minyak berlebih. Langkah yang harus anda lakukan untuk cara menghilangkan jerawat dengan baking soda yaitu:

– Ambil 2 sendok makan baking soda kemudian campurkan dengan 1 sendok air
– Aduk campuran tersebut hingga terbentuk pasta
– Oleskan pasta baking soda pada wajah secara merata
– Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih

Sebagai perhatian, dalam menggunakan baking soda untuk menghilangkan jerawat sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu bagaimana reaksi kulit wajah anda terhadap baking soda, caranya adalah dengan mengoleskan pada sedikit bagian wajah anda. Jika tidak menimbulkan reaksi kulit yang kemerahan, maka anda bisa melanjutkan pemakaian.

Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi juga sangat ampuh menghilangkan jerawat yang bersarang pada wajah anda. Karena dalam pasta gigi mengadung hidrogen, fluride, triclosan dan peroksida yang berperan sebagai bahan aktif untuk mencegah iritasi pada kulit, sehingga akan mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu pasta gigi juga dapat mengeringkan jerawat dengan cepat, sehingga jerawat yang bersarang pada wajah anda akan hilang.

Cara menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengoleskan secara langsung pasta gigi pada jerawat di wajah anda. Kemudian diamkan selama 20 menit, dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluride rendah, atau lebih baik jika anda menggunakan pasta gigi organik. Dan perhatian! Hindari pasta gigi pada kulit yang sensitif.

Minyak Pohon Teh atau Tea Tree Oil

masker wajah

Anda tentunya banyak menemukan produk kecantikan yang mengandung minyak pohon teh atau tea tree oil, karena minyak pohon teh dihasilkan dari tanaman malaeuca yang berasal dari Australia. Di dalam minyak pohon teh terdapat zat terpenoid yang dapat mengusir bakteri penyebab jerawat sehingga minyak ini sangat ampuh menghilangkan jerawat beserta bekasnya.

Untuk menghilangkan jerawat dengan minyak pohon teh yaitu dengan:

– Ambil 5 ml minyak pohon teh kemudian campurkan pada sedikit air
– Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat menggunakan kapas
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih

Lakukan treatment tersebut selama 3 kali dalam sehari. Perlu diperhatikan, minyak pohon teh bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang, sehingga sebelum anda mencobanya, sebaiknya lakukan uji reaksi pada sedikit bagian kulit tangan anda, jika tak menimbulkan reaksi maka penggunaan bisa dilanjutkan ke wajah anda.

Cuka Sari Apel

Apel

Anda bisa mencari cuka sari apel di supermarket terdekat. Untuk menghilangkan jerawat dengan cuka sari apel sangat efektif dilakukan, karena cuka sari apel mengandung asam laktat dan asam malat yang berfungsi sebagai antikosidan untuk mempercepat penyembuhan kulit akibat jerawat. Sehingga dengan cuka sari apel maka wajah anda akan terbebas dari jerawat. Caranya yaitu:

– Ambil 5 ml cuka sari apel, kemudian campurkan dengan air secukupnya
– Oleskan pada wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas
– Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih

Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan cuka sari apel pada malam hari sebelum tidur, dan membilasnya setelah tidur.

Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih memang bahan yang kaya akan manfaat, salah satunya adalah bermanfaat untuk kulit wajah. Bawang putih mengandung senyawa slicin yang berguna sebagai antiseptik yang mamapu menangkal den membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa thiacermonon sulfur yang bermanfaat untuk mengeringkan jerawat. Sehingga dengan bawang putih maka wajah anda akan terbebas dari jerawat yang menyerang. Caranya adalah dengan:

– Ambil 1 buah bawang putih, kemudian bersihkan dari kulitnya
– Haluskan bawah putih hingga menjadi bubur
– Oleskan bawang putih pada wajah yang berjerawat
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih

Agar hasilnya lebih maksimal, bawang putih yang telah dihaluskan dicampur dengan cuka sari apel. Serta lakukan treatment tersebut secara rutin sehari sekali maka wajah anda akan bersih terbebas dari jerawat.

Scrub Gula

gula
Image by: tosshub.com

Perlu anda ketahui, gula murni mengandung asam glikolat dan AHA yang sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah serta dapat menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Selain itu, gula juga berfungsi untuk membuhuh bakteri penyebab jerawat karena dinding sel bakteri penyebab jerawat tak tahan dengan gula, sehingga bakteri akan mati dan jerawat akan hilang. Cara menghilangkan jerawat dengan scrub gula yaitu dengan:

– Ambil 2 sendok makan gula dan campurkan dengan 1 sendok makan air hangat
– Aduk hingga menjadi pasta
– Oleskan scrub gula pada wajah secara merata
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

Sebaiknya gunakan gula murni agar hasilnya lebih maksimal, dan lakukan treatment tersebut secara rutin sehari sekali maka jerawat pada wajah anda akan hilang.

Alpukat

masker alpukat

Selain merupakan buah yang banyak digunakan untuk menurunkan berat badan, ternyata alpukat juga memiliki fungsi lain yaitu dapat menghilangkan jerawat dengan sangat baik. Buah yang kaya akan vitamin E ini sangat baik untuk merawat kecantikan kulit Anda. Tak hanya digunakan dengan cara dikonsumsi saja, buah alpukat juga bisa Anda jadikan masker untuk menghilangkan jerawat yang membandel pada wajah Anda.

Cara membuat masker dari buah alpukat ini juga terbilang sangatlah mudah. Anda hanya perlu menambahkan madu ke dalamnya agar masker buah alpukat dapat bekerja secara maksimal pada wajah yang berjerawat. Usahakan untuk menggunakan madu murni, hal ini karena madu murni mengandung hydrogen peroksida yang memiliki fungsi sebagai antibakteri. Lalu, bagaimana cara membuat masker alpukat yang satu ini?

1. Siapkan wadah
2. Ambil daging buah alpukat dan masukan ke dalam wadah
3. Haluskan daging buah alpukat dengan menggunakan garpu
4. Tambahkan satu sendok madu murni ke dalamnya lalu campur hingga merata
5. Tambahkan perasaan lemon ke dalamnya (cara yang satu ini opsional, Anda bisa menambahkan lemon atau tidak ke dalam adonan masker)
6. Aplikasikan masker yang telah dibuat ke wajah yang berjerawat
7. Diamkan masker selama 15 hingga 20 menit
8. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih dengan menggunakan air hangat

Cukup mudah bukan untuk membuat masker dari buah alpukat yang satu ini? selain dapat menghilangkan jerawat, masker dari buah alpukat juga bisa membuat wajah Anda tampak halus dan kenyal.

Kulit Jeruk

kulit jeruk
Image by: teen.co.id

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat ialah kulit jeruk. Siapa sangka, kulit yang biasanya dibuang sia-sia ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan wajah terutama untuk menghilangkan jerawat. Cukup menakjubkan bukan?

Hal ini karena kulit jeruk mengandung vitamin C dan alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori kulit secara maksimal karena tersumbat debu ataupun kotoran yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu, kulit jeruk juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Hal ini berarti kulit jeruk juga mampu mencerahkan wajah Anda. Untuk membuat masker dari kulit jeruk juga cukup mudah, simak baik-baik bagaimana cara membuat masker dari kulit jeruk untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

1. Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu kulit jeruk
2. Keringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari
3. Haluskan kulit jeruk yang telah kering sehingga menjadi bubuk
4. Kemudian, tambahkan air secukupnya. Aduk sampai merata hingga menjadi pasta
5. Aplikasikan pada wajah yang berjerawat dan diamkan beberapa menit
6. Bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat

Itu dia cara mudah membuat masker kulit jeruk yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat secara menyeluruh. Jadi mulai sekarang, jangan buang kulit jeruk karena nyatanya kulit jeruk juga memiliki khasiat yang tak kalah baik dengan daging buahnya.

Putih telur

masker putih telur

Putih telur juga masuk ke dalam daftar bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena putih telur ternyata mengandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat.

Tak hanya itu, putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori serta mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Cara membuat masker dari putih telur pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

1. Ambil satu butir telur
2. Pisahkan putih dan kuning telur
3. Kemudian kocok putih telur hingga mengembang
4. Aplikasikan pada wajah yang berjerawat
5. Tunggu hingga kering
6. Bilas dengan air hangat sampai bersih

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat masker putih telur untuk menghilangkan jerawat secara alami? Tak hanya menghilangkan jerawat, putih telur rupanya juga bisa menghilangkan komedo secara maksimal.

Dengan bahan-bahan yang ada di sekitar anda tentunya masalah jerawat yang bersarang pada wajah anda akan diatasi dengan mudah. Karena bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda tentunya akan dapat diminimalisir efek samping pada wajah anda. Selain itu bahan-bahan di sekitar anda juga tak akan membutuhkan biaya yang mahal, sehingga untuk menghilangkan jerawat tak perlu harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika wajah anda berjerawat, yaitu dengan:

1. Rajin membersihkan wajah tentunya akan membatu merawat wajah anda agar selalu bersih. Karena wajah yang bersih tidak akan mudah diserang oleh bakteri penyebab jerawat

2. Jangan menyentuh atau memencet jerawat anda, karena hal ini akan menyebabkan jerawat anda iritasi. Apalagi jika tangan anda kotor tentunya jerawat akan bertambah parah dan sulit dihilangkan. Perlu anda ketahui, jangan memencet jerawat, karena bisa menimbulkan luka, sehingga akan membekas dan sulit dihilangkan, bahkan tak bisa dihilangkan.

3. Ketika anda sedang berjarawat, jangan menggunakan make up berlebih, karena akan membuat jerawat menjadi sulit dihilangkan. Dan jika anda telah menggunakan make up maka bersihkan hingga bersih sebelum tidur

Sebenarnya untuk menghilangkan jerawat sangat mudah, asalkan dengan cara yang benar. Penggunaan bahan kimia untuk menghilangkan jerawat memang bisa dengan cepat, namun obat kimia tentunya akan memberikan efek samping.

Meskipun tak langsung memberikan efek samping setelah penggunaan, namun akan memberikan efek samping jangka panjang, seperti penuaan dini dan kulit menjadi keriput. Sehingga gunakanlah bahan-bahan alami tanpa bahan kimia untuk cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan tepat.