Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Waktuku.comCara menghilangkan jerawat batu memang sangat penting diketahui terutama bagi wanita yang memiliki jerawat batu pada wajahnya. Anda jangan menganggap remeh jerawat batu ini karena keberadaannya sangat mengganggu wajah anda.

Apalagi jerawat yang berjenis batu sangat beda dengan jerawat jenis lainnya. Pasalnya jerawat batu ini memiliki sifat keras, sulit dihilangkan bahkan jika sudah menempel, akan sangat membandel.

Jenis jerawat ini juga merupakan jerawat yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jerawat lainnya. Hal tersebut dikarenakan adanya peradangan luar biasa pada kulit wajah. Jenis jerawat ini juga tidak sama dengan komedo pada umumnya. Ada beberapa penyebab kenapa timbul jerawat batu pada wajah anda diantaranya ialah:

Kulit Wajah Yang Terlalu Sensitif

Salah satu penyebab munculnya jerawat batu ialah kulit muka terlalu sensitive terhadap rangsangan. Jerawat akan menyumbat pada pori pori wajah sehingga mengakibatkan timbulnya peradangan yang dirasakan pada wajah. Inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu.

Disebabkan GEN atau keturunan

Munculnya jerawat batu bisa diakibatkan karena factor keturunan. Jadi, bila keluarga anda mengalami jerawat batu, maka resiko anda mengalami jerawat batu juga semakin besar. Sementara yang membuat hal tersebut terjadi ialah produksi kelenjar minyak secara berlebihan pada kulit wajah.

Menggunakan Pembersih Jerawat Kurang Higenis

Untuk anda yang suka membersihkan jerawat dengan cara yang salah justru akan menumbuhkan jerawat batu yang baru. Misalnya ketika anda mencabut jerawat yang ada diwajah. Hal ini bisa membuat peradangan pada wajah anda. Dan lama kelamaan ajan memunculkan jerawat batu yang meradang.

Jarang Membersihkan Wajah

membersihkan wajah

Jika anda salah satu orang yang malas membersihkan muka setelah menggunakan make up saat malam hari, hal ini bisa memicu timbulnya jerawat batu. Karena ketika malam hari bakteri akan sangat cepat mengalami perkembangan. Sehingga bisa menimbulkan adanya jerawat batu yang meradang.

Pemilihan Kosmetik dan Perawatan Wajah yang salah

Biasanya bagi anda yang memiliki wajah sensitive sangat perlu mencari jenis kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit wajah anda. Karena tak jarang yang menggunakan kosmetik tidak sesuai dengan karakter kulit wajah justru membuat wajah akan muncul jerawat batu. Jadi, anda harus lebih hati hati jika memilih kosmetik.

Jerawat meradang yang sangat parah akan menjadikan kulit wajah terkena iritasi kulit bahkan bisa berujung pada kanker kulit. Jadi, sebelum anda menggunakan kosmetik usahakan untuk konsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit.

Jika anda merasakan jika kosmetik tersebut tidak cocok dengan kulit wajah anda, maka jangan teruskan pemakaiannya. Bisa jadi hal ini adalah pemicu munculnya jerawat batu.

Regenerasi Kulit Wajah Secara Tidak Normal

Jika wajah dalam keadaan normal, tentunya kulit mati akan diganti dengan sel kulit baru secara bertahap namun lebih cepat. Sementara jika sampai proses tersebut telah terhambat, maka akan berakibat munculnya jerawat batu.

Menumpuknya sel kulit mati menjadikan wajah ditumbuhi dengan jerawat batu. Oleh karena itu, jagalah kesehatan kulit anda dengan pola hidup teratur dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E untuk kesehatan kulit anda.

Makanan dan Minuman yang tidak Sehat

Hal yang biasa dialami oleh seseorang yang mengalami jerawat batu ialah mengkonsumsi makanan kurang menyehatkan bagi tubuh. Apalagi wajah anda sangat rentan terhadap jerawat, pasti akan sangat mudah bagi jerawat untuk tumbuh diwajah anda.

Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, atau minuman beralkohol dan mengandung soda. Jika anda mengkonsumsi makanan yang bergizi, tentu bukan Cuma jerawat yang hilang, kesehatan tubuh juga akan terjaga.

Kebiasaan Buruk

Anda juga harus meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan resiko timbulnya jerawat batu. Kebiasaan buruk yang dimaksud seperti suka begadang, merokok atau yang lainnya.

Karena tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup setelah beraktifitas seharian. Begadang dimalam hari juga bisa membuat tubuh anda cepat rusak dengan wajah yang mengalami penuaan secara cepat. Jadi, jika anda ingin terhindar dari jerawat batu, usahakan agar anda tidak melakukan kebiasaan buruk diatas.

Setelah anda mengetahui apa saja yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat, anda juga harus tahu apa saja cara menghilangkan jerawat batu secara alami. Dibawah ini ada beberapa cara yang harus dilakukan jika mengalami jerawat batu.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Daun Jambu

daun jambu

Bahan alami yang pertama untuk membersihkan jerawat batu ialah dengan daun jambu. Caranya sangat mudah, anda tinggal menyiapkan daun jambu 20 helai. Kemudian cuci sampai bersih sebelum digunakan.

Ambil sari dari perasan daun jambu untuk dioleskan pada wajah yang mengalami jerawat batu. Oles dibagian jerawat batu dan tunggulah sampai 5 menit. Sesudah itu bilas wajah sampai bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Belimbing Wuluh

Cara selanjutnya untuk mengatasi jerawat batu ialah dengan menggunakan blimbing wuluh. Siapkan 3 belimbing wuluh segar kemudian cuci sampai bersih. Haluskan belimbing wuluh dengan memarutnya lalu beri air garam sedikit saja.

Oles hasil parutan belimbing wuluh dibagian wajah yang ada jerawat batunya. Tunggulah sampai kering dan bilas dengan air sampai bersih. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan 2 kali sehari.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Lidah Buaya

lidah buaya

Kandungan vitamin dalam lidah buaya sangat bagus untuk menghilangkan jerawat batu. Untuk menjadikan lidah buaya sebagai penghilang jerawat batu, caranya dengan:

– Menyiapkan lidah buaya kemudian potong bagian kulitnya.
– Ambil bagian lendir yang ada didalamnya untuk olesan bagian wajah yang mengalami masalah jerawat batu ini.
– Cara ini bisa dilakukan secara teratur ketika pagi dan juga sore.
– Dengan cara diatas, jerawat batu anda akan mengering dan lama kelamaan akan hilang.

Anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat batu. Cara ini sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Menggunakan Jeruk Nipis

jeruk nipis

Sudah tidak diragukan lagi jika jeruk nipis memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Salah satunya ialah sebagai penghilang jerawat batu. Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam jeruk nipis akan mampu menjaga kulit wajah agar terhindar dari jerawat batu yang membandel.

Cara menggunakannya ialah :
– Siapkan jeruk nipis secukupnya sekitar 3 buah.
– Iris menjadi 2 bagian
– Langsung oles irisan jeruk nipis pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat batu.
– Tunggu sampai 15 menit
– Setelah kering, bilas dengan air hangat sampai bersih

Biasanya ketika awal pemakaian akan membuat wajah terasa perih. Hal ini karena jeruk nipis yang masuk kedalam pori-pori wajah. Jika wajah anda sangat sensitive, jangan menggunakan cara ini, pilihlah cara alami lain yang lebih aman untuk wajah sensitive.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Tomat

tomat

Bahan alami selanjutnya yang sangat aman digunakan untuk menghilangkan jerawat batu ialah buah tomat. Khasiat buah ini sangat baik juga bagi elastisitas kulit wajah. Jadi, selain wajah anda terbebas dari jerawat batu, anda juga bisa menjaga elastisitas kulit wajah dengan baik.

Menggunakan Buah Tomat Untuk Masker:
– Potonglah buah tomat kedalam 2 bagian.
– Gunakan potongan buah tomat untuk olesan wajah secara merata
– Tunggulah sekitar 20 menit
– Setelah kering, bilas dengan air sampai bersih

Menggunakan Buah Tomat Untuk Jus

Jika anda tidak memiliki waktu untuk membuat masker dari buah tomat, cara lain yang bisa anda lakukan ialah dengan membuat jus buah tomat.

– Sediakan buah tomat secukupnya
– Kemudian haluskan buah tomat dengan diblender tambahkan air
– Tuangkan gula pasir juga
– Saring jus tersebut sebelum dikonsumsi.

Dengan mengkonsumsi jus buah tomat secara rutin juga bisa menghilangkan jerawat batu yang ada diwajah anda. Selain cara ini, anda juga bisa menggunakan cara dibawah ini untuk menghilangkan jerawat batu.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Menggunakan Masker

Cara alami yang bisa digunakan selanjutnya ialah dengan tanah liat. Anda bisa memperoleh tanah liat ini di salon dan juga toko. Kandungan yang terdapat pada tanah liat memang sangat bagus untuk kulit wajah.

Untuk membuat masker dari tanah liat memang sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan tanah liat dengan air hangat yang sudah disiapkan. Setelah mencampurkannya, masker ini bisa anda oleskan pada wajah secara merata. Gunakan cara ini untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel pada kulit wajah anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Masker Mentimun

masker mentimun

Tahukah anda jika kandungan air dalam buah mentimun sangat bagus untuk membuat wajah lebih kencang dan cerah secara alami. Anda juga bisa menggunakan masker dari mentimun untuk menghilangkan jerawat batu. Caranya ialah tempelkan irisan mentimun pada wajah anda dalam waktu 20 menit.

Sesudah kering, bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan maker dari mentimun secara rutin untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel pada kulit wajah anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Madu

madu

Banyak perawatan yang bisa memanfaatkan madu untuk bahan alaminya. Salah satunya ialah untuk menghilangkan jerawat jerawat batu. Dengan bahan alami ini anda juga bisa menyembuhkan berbagai masalah yang ada pada kulit wajah anda.

Jadi, tidak ada salahnya jika anda menggunakan bahan alami ini untuk menyembuhkan jerawat batu sekaligus menjaga kesehatan kulit wajah anda agar tetap kencang dan bersih. Pilihlah madu murni untuk dijadikan masker wajah anda. Tunggulah sampai kering atau sekitar 20 menit.

Akan lebih baik jika anda gunakan masker madu ini sebelum tidur. Dan ketika bangun pagi anda bisa langsung membilasnya dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Masker Minyak Zaitun

minyak zaitun

Anda juga bisa menggunakan bahan alami minyak zaitun untuk menghilangkan masalah jerawat batu pada wajah cantik anda. Minyak ini mengandung bahan alami yang sangat berkhasiat terhadap masalah jerawat batu.

Sehingga banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami ini untuk bahan dasar produk kecantikannya. Jadi, anda tak perlu khawatir untuk menggunakan cara alami ini sebagai penghilang jerawat batu. Karena bahan alami ini sangat aman tanpa efek samping.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Putih telur dan madu

Bahan alami telur memang memiliki kandungan protein yang berkhasiat sebagai penghilang penyumbatan pada pori pori kulit wajah. Cara menggunakannya ialah dengan mengambil bagian putih telurnya saja kemudian mencampurnya dengan madu.

Bukan Cuma bisa menghilangkan jerawat batu saja, ramuan ini juga bisa mengencangkan kulit wajah yang kendur. Gunakan cara alami inis etelah selesai mandi kemudian oles keseluruh bagian wajah yang terdapat jerawat batunya. Biarkan sampai kaku, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Jeruk Nipis, Kunyit, Dan Madu

Dalam bahan alami madu mengandung zat antibiotik, anti-inflamasi, serta antibacterial. Sehingga bisa digunakan sebagai bahan alami penghilang jerawat batu.

Sementara pada jeruk nipis maupun kunyit juga memiliki kandungan zat anti radang yang mampu mengurangi rasa nyeri karena jerawat batu. Jadi, anda bisa mencampur ketiga bahan tersebut sebagai bahan alami menghilangkan jerawat batu.

Langkah langkah membersihkan jerawat batu dengan madu, jeruk nipis, serta kunyit:
– Tumbuklah kunyit setelah dicuci bersih.
– Kemudian campur dengan bahan alami yang sudah disiapkan seperti jeruk nipis dengan madu.
– Oles campuran bahan alami tersebut pada seluruh bagian wajah secara merata atau bagian jerawat batunya saja.
– Biarkan selama 30 menit atau setelah kering dan bilas dengan air sampai bersih.
Jika anda ingin hasil maksimal, lakukan dengan rutin satu minggu 2 kali.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Pasta baking soda

Bahan alami selanjutnya ialah dengan baking soda. Anda bisa menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkan jerawat batu, mencegah penyebaran serta mengurangi rasa nyeri pada jerawat batu.

Untuk menggunakan bahan alami ini, anda harus mencampurkan terlebih dahulu dengan air hangat sebelum digunakan. Oles campuran bahan tersebut sekitar 15 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Lakukan 2 kali dalam seminggu.

Untuk kulit yang sensitive tidak diperkenankan menggunakan bahan alami ini. Anda bisa menggunakan bahan alami lainnya yang aman untuk kulit sensitive.

Mengkudu

Dalam buah mengkudu memang mengandung kalium sangat tinggi sehingga sangat bagus dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan peredaran darah yang lancar tentunya akan membuat hormon androgen lebih stabil. Dan inilah yang bisa membersihkan darah kotor sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Untuk menggunakan bahan alami ini, anda bisa memilih buah mengkudu yang sudah matang kemudian menghaluskannya. Campurkan mengkudu dengan gula batu kemudian saring dan didihkan. Tunggulah sampai dingin untuk dikonsumsi dalam 3 kali seminggu.

Mahkota Dewa

Jika anda mengalami jerawat batu yang meradang, maka bisa langsung menggunakan bahan alami dari mahkota dewa ini untuk mengobatinya. Bagian dari mahkota dewa baik buah, daun, maupun umbinya mempunyai sifat anti-radang, yang bisa mengurangi rasa nyeri karena jerawat batu.

Gunakan salah satu bagian saja dari mahkota dewa ini baik daun, buah, ataupun umbinya. Kemudian haluskan bahan alami tersebut. Setiap selesai mandi anda bisa mengoleskan ramuan tersebut dibagian wajah yang berjerawat batu. Tunggulah sampai sekitar 30 menit supaya bisa meresap. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

Sindaguri

Tanaman obat jerawat batu berikutnya adalah sindaguri. Gunakan tanaman ini untuk bahan terapi uap. Terapi dengan uap sindaguri juga bisa menghilangkan jerawat batu tanpa berbekas.

Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan sindaguri:
– Rebus bagian daun sindaguri dengan daun mahkota dewa menggunakan 2 gelas air.
– Tunggulah hingga mendidih. Kemudian masukkan kedalam baskom.
– Kemudian letakan wajah tepat diatas uap dari rebusan tersebut. Usahakan yang terkena uap dibagian wajah yang ada jerawat batunya.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memilih salah satu bahan alami diatas untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel pada wajah anda. Selain cara diatas, masih ada cara alami lainnya yang aman digunakan. Selamat mencoba.