13 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Waktuku.comCara menghilangkan flek hitam sekarang ini semakin banyak dicari oleh kaum wanita. Karena kebanyakan wanita ingin wajahnya terlihat sempurna tanpa ada flek hitam.

Bukan Cuma masalah jerawat yang menjadi masalah seorang wanita. Tapi juga masalah flek hitam. Masalah ini adalah noda ataupun bercak hitam di wajah yang disebabkan karena masalah pigmentasi kulit yang berlebihan. Meskipun keadaan ini tidak berbahaya bagi anda, namun banyak yang kurang percaya diri dengan masalah satu ini.

Ada banyak penyebab yang bisa membuat wajah anda memiliki flek hitam. Diantaranya ialah:

1. Hiperpigmentasi

Keadaan ini ialah kondisi kulit karena peningkatan melanin. Yakni sebuah zat pada tubuh yang berpengaruh besar terhadap pewarnaan kulit. Kondisi hiperpigmentasi terjadi saat bagian wajah mengalami kerusakan. Keadaan tersebut juga bisa disebabkan kulit wajah telah memproduksi melanin secara berlebih dan membuat flek hitam di wajah menjadi tampak sangat jelas.

2. Hormonal yang tidak seimbang

Kondisi hormone seseorang yang kurang seimbang juga bisa mengakibatkan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Hal ini biasanya dialami oleh wanita ketika sedang dalam masa kehamilan ataupun saat mengalami masa haid. Sehingga muncul flek hitam di kulit wajahnya.

3. Terlalu terpapar sinar matahari

Jika anda banyak mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung akan berakibat kulit wajah memproduksi melanin yang berlebih. Sehingga muncul flek hitam di kulit wajah anda. Jadi, anda harus memberikan perlindungan bagi kulit saat melakukan aktifitas di luar.

Cara melindungi kulit wajah terhadap paparan sinar matahari secara langsung ialah menggunakan tabir surya, mengkonsumsi air putih yang cukup, sering mengkonsumsi teh. Semua itu bisa anda lakukan untuk menjaga agar kulit wajah terhindar dari bahaya paparan langsung sinar matahari.

-Menggunakan tabir surya setiap hari

Anda bisa menggunakan pelembab dengan kandungan tabir surya didalamnya. Hal ini sangat penting meskipun anda berada dalam cuaca mendung maupun anda beraktifitas dalam ruangan. Gunakan produk pelembab yang memiliki kandungan perlindungan UVA maupun UVB minimal SPF 15.

-Konsumsi Air Putih secukupnya

Mengkonsumsi air putih yang cukup akan menjadikan tubuh anda sehat dan menjaga agar kulit tetap elastis. Paling tidak anda harus mengkonsumsi air putih sekitar 2 liter perhari. Hal ini bertujuan agar anda tidak dehidrasi.

Dikarenakan ketika kulit anda mengalami dehidrasi, maka secara otomatis tidak akan mampu menahan sinar matahari secara langsung. Selanjutnya akan menyebabkan timbulnya flek hitam pada kulit muka anda.

-Rajin Minum Teh

Alasan kenapa mengkonsumsi teh sangat bagus untuk kesehatan ialah karena didalamnya mengandung zat antioksidan. Sehingga sangat bagus bagi kesehatan kulit. Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi teh setiap pagi secara rutin.

Dengan ini, anda akan memperoleh senyawa polifenol sehingga bisa menghalangi perkembangan tumor kulit. Sekaligus bisa mengontrol peradangan maupun mencegah kerusakan DNA dalam tubuh anda.

4. Bertambahnya Usia

Faktor bertambahnya usia seseorang juga bisa mengakibatkan timbulnya flek hitam pada kulit wajah. Masalah flek hitam sering sekali muncul ketika seseorang semakin tua. Karena kulit anda tidak mampu memproduksi jaringan sel kulit baru atau ketika anda masih muda.

5. Bekas jerawat

Masalah jerawat juga sering menimbulkan bekas sehingga lama kelamaan berubah menjadi flek hitam. Nah, bekas jerawat pada wajah juga sulit sekali hilang dan membutuhkan waktu sangat lama. Apalagi jika anda tidak menghilangkan bekas jerawat pada wajah takutnya akan membuat wajah anda banyak flek hitamnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam Dan Bekas Jerawat

Jika anda sudah mengetahui beberapa penyebab flek hitam diatas, anda juga harus tahu apa saja cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan masalah tersebut. Hal ini agar anda semakin percaya diri dan tidak minder ketika bertemu dengan rekan anda.

Karena jika didiamkan secara terus menerus menjadikan flek hitam akan sulit dihilangkan. Jadi, anda harus secepatnya membersihkan flek hitam di wajah anda menggunakan beberapa bahan alami berikut ini. Karena dengan bahan alami tidak akan mengakibatkan efek samping yang berbahaya bagi kulit wajah anda.

Lemon atau Jeruk Nipis

lemon

Untuk cara menghilangkan flek hitam secara alami yang pertama bisa anda gunakan lemon atau jeruk nipis. Meskipun kedua buah tersebut berbeda, akan tetapi terdapat kandungan yang sama didalamnya yang sangat baik untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.

Kandungan mineral dan juga vitamin dalam buah ini hampir sama. Akan tetapi kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis memang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lemon. Meskipun begitu, anda masih bisa menggunakan salah satu dari kedua jenis buah tersebut untuk menghilangkan flek hitam pada wajah anda.

Cara pemakaian bahan alami ini juga sama, hanya tinggal mengoleskan air perasan jeruk nipis atau lemon dibagian wajah yang terdapat flek hitamnya saat malam hari. Setelah keesokan harinya, anda bisa mencuci bersih wajah anda menggunakan air hangat.

Tomat

tomat

Bahan alami lain yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam ialah tomat. Kandungan alami tomat juga tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai penghilang flek hitam pada wajah. Anda juga bisa mengambil manfaat tomat untuk mencerahkan kulit wajah anda.

Cara menghilangkan flek hitam dengan tomat bisa anda lakukan dengan menghaluskan tomat menjadi jus tomat. Selanjutnya anda gunakan sebagai masker ataupun bisa juga anda mengoleskan irisan tomat pada wajah yang terdapat flek hitamnya secara rutin setiap malam. Setelah pagi, anda bisa membersihkan kulit wajah dengan air hangat.

Mentimun

mentimun

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda pilih ialah mentimun. Anda bisa menghilangkan flek hitam dengan mentimun yang caranya sangat mudah. Anda tinggal memarut timun kemudian menjadikannya masker 2 hari sekali sampai flek hitam pada wajah telah hilang.

Lidah Buaya

lidah buaya

Bukan Cuma rambut anda yang sehat dengan bahan alami lidah buaya ini. Ternyata lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah anda. Dengan lidah buaya ini, anda bisa menghilangkan flek hitam yang ada di wajah anda.

Flek hitam yang disebabkan karena bekas jerawat ataupun bekas luka bisa dihilangkan dengan lidah buaya secara efektif. Cara menghilangkan flek hitam menggunakan lidah buaya ialah mengoleskan secara langsung jel lidah buaya dibagian wajah yang ada flek hitamnya. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang lebih maksimal.

Bengkoang

bengkoang

Khasiat bengkoang juga bisa anda ambil untuk menghilangkan flek hitam pada wajah anda. Bengkoang juga banyak digunakan untuk memutihkan kulit muka. Jadi, anda bisa mengambil kedua menfaat tersebut dari buah bengkoang ini.

Cara menghilangkan flek hitam menggunakan bengkoang juga sangat mudah. Yakni dengan menjadikannya sebagai masker yang bisa anda terapkan secara rutin minimal 2 hari sekali. Anda juga bisa menggunakan buah bengkoang saat malam hari. Dan setelah pagi, bisa langsung membersihkan dengan air hangat.

Semangka

semangka

Anda juga bisa menggunakan buah semangka sebagai cara menghilangkan flek hitam secara alami. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin dan mineral dalam buah semangka yang sangat ampuh untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah anda.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Anda tinggal menggunakan semangka untuk masker wajah. Haluskan semangka dengan cara diblender kemudian jadikan untuk masker. Tunggulah sampai 20 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan buah ini secara rutin.

Menggunakan Madu

madu

Bahan alami satu ini juga memiliki manfaat sebagai cara menghilangkan flek hitam. Dengan kandungan alami pada madu akan sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam. Anda juga bisa menggunakan madu untuk mengencangkan kulit wajah secara alami.

Cara menggunakannya cukup oleskan madu di bagian area wajah yang ada flek hitamnya. Atau anda juga bisa menggunakan masker seluruh bagian wajah dengan madu ini. Tunggu sampai madu mongering dan bersihkan menggunakan air hangat.

Masker dari beras

masker dari beras

Anda juga bisa membuat bahan alami untuk cara menghilangkan flek hitam dari beras. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan menyiapkan beras yang sudah dibersihkan, kemudian rendamlah dengan air dingin.

Haluskan beras menggunakan cara manual ataupun diblender. Setelah beras menjadi halus, anda bisa mengoleskan pada wajah yang ada flek hitamnya. Tunggu sampai 30 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan bahan alami ini untuk mencerahkan wajah anda.

Pepaya

pepaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah ialah buah papaya. Hal ini karena pada buah pepaya memiliki kandungan enzim papain untuk menghilangkan sel kulit yang mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.

Cara menggunakan pepaya sebagai cara menghilangkan flek hitam sangat mudah sekali yakni dengan:
– Menyediakan sepotong pepaya matang kemudian kupas kulitnya.
– Haluskan sampai membentuk pasta kental.
– Gunakan untuk masker pada wajah anda yang ada flek hitamnya. Tunggulah sampai 15 menit.
– Kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

Kandungan vitamin E

Anda bisa menggunakan bahan alami yang mengandung vitamin E untuk menghilangkan flek hitam. Karena kandungan vitamin E sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, radikal bebas juga bisa membuat wajah anda ditumbuhi oleh flek hitam dan mempercepat penuaan.

Jadi, dengan vitamin E akan menjaga wajah bebas dari flek hitam dan menjaga agar kulit wajah tetap awet muda. Dalam Vitamin E juga terdapat kandungan zat antioksidan serta pelembab alami yang bisa anda manfaatkan untuk kesehatan kulit.

Untuk memperoleh manfaat vitamin E, anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E. Selain itu, anda juga bisa mengambil manfaat dari minyak almond dan langsung mengoleskannya pada kulit anda.

Sementara anda pun bisa mengkonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin E didalamnya seperti : Sayuran berdaun hijau, kerang, Alpukat, Ikan, dan juga Brokoli sebagai cara menghilangkan flek hitam secara alami.

Susu

susu

Bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam selanjutnya ialah susu. Bukan Cuma itu saja, susu juga diklaim mampu mencerahkan kulit secara alami. Kandungan asam laktat yang terdapat pada susu juga bisa menghilangkan sel kulit yang telah mati, mencerahkan flek hitam dan mengecilkan pori pori pada kulit.

Cara menjadikan susu sebagai cara menghilangkan flek hitam ialah basahi bola kapas menggunakan susu. Lalu gosokkan secara perlahan menggunakan gerakan memutar dibagian wajah. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, lakukan setiap hari dalam waktu 5 menit.

Kentang

kentang

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari kentang salah satunya ialah sebagai cara menghilangkan flek hitam yang ada di wajah anda. Cara menggunakan bahan alami ini juga sangat mudah. Yakni dengan tahap tahap berikut ini:

– Cucilah kentang mentah sampai bersih kemudian iris tipis.
– Dinginkan irisan kentang di dalam kulkas sekitar 2 hingga 3 jam.
– Kemudian, anda bisa menggosokkan irisan kentang tersebut dengan perlahan di bagian wajah yang ada flek hitamnya. Tunggulah sekitar 5 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.
Selain itu, anda juga bisa memakai masker kentang dengan langkah berikut ini:
– Tumbuk kentang sampai halus dan menjadi pasta.
– Kemudian tambahkan madu 1 sendok makan
– Campur kedua bahan tersebut kemudian oleskan pada area wajah yang terdapat flek hitamnya. Tunggulah sekitar 15 menit.
– Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas untuk menghilangkan flek hitam pada wajah cantik anda.

Havermut

vavermut

Cara selanjutnya dengan menggunakan bahan alami oatmeal. Cara alami ini sangat baik untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam. Oatmel bisa membantu proses pengelupasan sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.sehingga menjadikan kulit wajah anda tampak lebih putih.

Untuk langkah langkah yang harus anda lakukan ialah:
– Haluskan oatmel sampai menjadi bubuk.
– Kemudian gunakan oatmel 2 sendok makan yang ditambahkan dengan perasan jeruk lemon.
– Aduklah sampai semua bahan tercampur rata dan menjadi pasta.
– Oles pada wajah anda dengan sambil dogosok secara perlahan sekitar 3 menit.
– Tunggulah sampai masker kering atau kurang lebih 15 menit.
– Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Mengonsumsi jus buah

Anda juga bisa menghilangkan flek hitam dari dalam tubuh. Yakni dengan mengkonsumsi jus buah yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Beberapa buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral berikut ini bisa anda konsumsi dalam bentuk jus.

Jus Wortel

Anda bisa mengkonsumsi jus wortel sebagai cara menghilangkan flek hitam. Caranya dengan memotong wortel kemudian haluskan wortel dengan cara diblender. Minumlah sarinya secara rutin. Dalam wortel juga mengandung provitamin A sehingga mempunyai manfaat untuk melembabkan sekaligus mengobatkan kulit yang kasar hingga menghilangkan flek hitam di wajah anda.

Jus Tomat

Mengkonsumsi jus tomat juga sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam pada wajah anda. Hal ini karena dalam buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang dapat menurunkan pembentukan melanin. Dengan ini, akan menjadikan wajah anda sangat lembut dan bebas dari flek hitam.

Lakukan salah satu cara menghilangkan flek hitam diatas dengan rutin jika anda ingin hasil yang lebih maksimal. Selain bahan alami diatas, anda juga bisa menggunakan cara medis untuk menghilangkan flek hitam. Biasanya cara medis tersebut akan menjadikan kulit wajah lebih cepat bersih dari flek hitam.

Namun terkadang cara tersebut bisa menimbulkan efek samping yang kurang bagus untuk kulit wajah anda. Jadi, akan lebih baik jika anda menggunakan cara alami diatas untuk menghilangkan flek hitam dan mengatasi masalah kulit wajah lainnya.