9 Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Cegukan

Waktuku.com – Kali ini kami akan membahas tentang cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa. Cegukan yang terjadi pada orang dewasa bisa sangat menganggu untuk sekitarnya. Karena suara cegukan pada orang dewasa bisa terdengar sangat nyaring. Selain itu cegukan yang dialami oleh orang dewasa bisa berlangsung secara terus menerus.

Cegukan bisa terjadi karena adanya kontrasi yang tiba-tiba pada daerah diagframa. Kontraksi yang terjadi biasanya akan berulang dalam beberapa menit. Cegukan seperti ini biasanya tidak akan terjadi dalam sekali.

Namun bisa saja terjadi berkali-kali dalam satu waktu. Jika cegukan tidak segera disembuhkan, maka akan menganggu Anda dalam beraktifitas. Selain menganggu diri sendiri, cegukan juga bisa menganggu orang lain.

Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus

cara menghilangkan cegukan

Cara menghilangkan cegukan tidaklah sulit. Bagi orang dewasa, cegukan pastilah sangat menganggu. Dan hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan cegukan yang terjadi secara terus menerus.

Mengkonsumsi Beberapa Makanan Tertentu

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi jika Anda mengalami cegukan. Diantaranya adalah mengkonsumsi roti kering, dan mengkonsumsi madu murni dan Beberapa jenis makanan di atas tidak harus dikonsumsi secara  berbarengan.

Anda bisa mencobanya secara satu-per satu sampai Anda menemukan makanan yang cocok. Anda hanya perlu mengunyah atau mengulum makanan tersebut dengan perlahan. Lakukan proses tersebut beberapa kali hingga cegukan menghilang.

Mengunyah es Batu dan Madu

es batu

Menurut beberapa riset, mengatakan bahwa mengunyah es batu dan mengulum madu dapat menghilangkan cegukan. Anda hanya perlu mengunyah es batu di dalam mulut sambil menahan nafas. Kegiatan ini bisa Anda lakukan dalam beberapa menit. Namun jika Anda tidak terlalu kuat mengunyah es batu, Anda bisa mengulumnya saja.Selain es batu, Anda juga bisa mengulum madu untuk menghilangkan cegukan. Madu di sini yang digunakan adalah madu murni. Jadi pastikan madu yang Anda gunakan adalah madu murni yang asli kualitasnya.

Menggunakan Air Putih dan Air Lemon

air lemon

Menggunakan air putih adalah salah satu cara menghilangkan cegukan yang lumayan jitu. Anda bisa meminum air dengan cepat ataupun lambat. Bisa juga dengan cara menahan air di dalam mulut sampai cegukan yang terjadi berhanti. Selain air putih, Anda juga bisa menggunakan air lemon sebagai obat.

Minumlah perasan air lemon secara perlahan. Anda juga bisa menahan air perasan lemon di dalam mulut. Lakukan hal tersebut hingga cegukan yang terjadi berhenti.Selain menggunakan air perasan lemon, Anda juga bisa mengkonsumsi buah lemon. Anda tidak perlu memakan habis buah lemon  yang ada. Anda hanya perlu menghisap buah lemon secara perlahan. Hingga cegukan yang Anda alami berhenti, baca juga manfaat jeruk nipis.

Menahan Nafas Sambil Menekan Hidung

Menahan nafas bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu dengan mengatupkan mulut rapat-rapat ataupun dengan menekan hidung dengan kedua tangan. Menghilangkan cegukan dapat dilakukan dengan cara menekan hidung menggunakan salah satu tangan. Lalu selanjutnya Anda harus mengelola proses pernafasan.

Yaitu dengan cara mengambil nafas melalui mulut dan mengatupkan mulut rapat-rapat. Anda juga harus memastikan tidak ada sedikitpun udara yang masuk ke dalam tubuh. Lakukan cara ini selama satu menit sampai cegukan bisa dihentikan. Dua cara ini dikenal yang paling efektif sebagai cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk dipergunakan pada anak di bawah usia 12 tahun.

Lakukan Proses Bernafas Di Dalam Plastik

Untuk menghilangkan cegukan, Anda bisa melakukan proses bernafas di dalam plastik. Bernafaslah sepuas-puasnya di dalam plastic. Lalu setelah plastik menggelembung, cobalah untuk meletuskannya secara mendadak. Melakukan prose pernafasan di dalam plastik kemudian meletuskannya, bisa dipercaya untuk menghilangkan cegukan secara cepat.

Anda harus berbaring

Anda bisa berbaring dengan cara memposisikan lutut yang ditekuk ke arah perut. Cara seperti ini bisa dibilang sangat ampuh dalam menghilangkan cegukan. Lakukan posisi ini dalam beberapa menit, tanpa merubah posisi seperti tadi. Jika Anda merasa pegal dengan posisi ini, lentangkan kedua kaki Anda dan tariklah nafas perlahan. Jika cegukan masih terjadi, kembali ulangilah kegiatan di atas beberapa kali.

Meletakkan kaki di atas Kepala Anda

Untuk menghilangkan cegukan Anda bisa menggunakan cara berupa memposisikan kaki untuk berada di atas kepala. Posisi kaki di atas kepala bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga cegukan pun bisa diatasi dengan cara tersebut.

Membungkuk dan sentuhlah ibu jari kaki Anda

Salah satu cara menghilangkan cegukan adalah dengan membungkukan badan dengan tangan menyentuh jari kaki. Cara seperti itu akan membuat perut menjadi tertekan dan diafragma menjadi tertekan. Tertekannya diafragma bisa membuat cegukan hilang.

Anda harus menekan langit-langit mulut

Salah lagi cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menekankan jari pada langit-langit mulut. Anda harus memijat bagian langit-langit mulut dengan perlahan. Ketika Anda melakukan proses pemijatan, tanpa sadar Anda juga akan menahan nafas.Menahan nafas merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan cegukan. Anda harus memastikan bahwa langit-langit mulut tidak tergores oleh kuku. Jadi pastikan kuku Anda sudah terpotong rapi ketika mulai memijat langit-langit.

Mengagetkan diri sendiri

Cara yang terakhir ini mungkin terdengar mustahil. Namun begitulah faktanya. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa menghilangkan cegukan bisa dengan cara dikagetkan. Dalam hal ini, Anda memerlukan bantuan orang lain untuk mengejutkan Anda. Anda tidak bisa melakukan cara terakhir ini seorang diri. Teriak dan menjeritlah jika perlu ketika terkejut. Anda tidak perlu menahan-nahan lagi suara yang keluar dari tenggorokan.Karena dengan berteriak dan menjerit, diharapkan gangguang pada diafragma akan kembali normal.

Baik cegukan yang dialami oleh anak kecil ataupun orang dewasa pastilah sangat menganggu. Keadaan cegukan seperti ini pasti menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Maka dari itu, sangatlah penting untuk Anda mengetahui cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa di atas. Semoga ulasan yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda semua dalam menghilangkan cegukan.