12 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Waktuku.com – Cara menghilangkan bekas luka, sangat penting diketahui bagi siapa saja yang memiliki bekas luka pada anggota tubuhnya. Hal ini bertujuan untuk mengobati bekas luka tersebut dan membuat tubuh kembali seperti semula.

Bukan Cuma dengan tenaga medis anda bisa menyembuhkan bekas luka yang ada dibagian tubuh anda tetap ada cara alami yang bisa dilakukan dan lebih aman.

Jika dengan mengunjungi tenaga medis anda akan mendapatkan pelayanan penyembuh bekas luka dengan cara melakukan suntik kolagen, operasi bedah plastik, bahkan dengan perawatan berteknologi laser. Untuk perawatan yang biasa digunakan oleh dokter ahli kulit ini memang mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Jadi, jika anda ingin memilih jalan medis, anda juga harus tahu apa saja resiko yang akan anda terima. Misalnya ada efek samping yang tidak anda tahu sebelumnya. Cara tersebut memang banyak dilakukan oleh banyak orang yang memiliki uang lebih.

Nah, bagi anda yang ingin melakukan cara menghilangkan bekas luka, simak ulasan berikut ini. Sebelum itu, anda harus tahu apa saja yang bisa menyebabkan bekas luka pada kulit anda.

Biasanya seseorang yang mengalami kecelakaan, tersiram air panas atau terkena luka karena kebakaran bisa membekas pada kulit anda. Selain luka karena kejadian tersebut, masih ada hal lain yang bisa membuat bekas luka pada kulit anda.

Misalnya pernah mengalami penyakit kulit yang bekasnya masih ada sampai sekarang ini atau lain sebagainya. Jadi, semua bekas luka karena hal tersebut bisa anda atasi dengan beberapa pilihan bahan alami berikut ini.

Apa Obat Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka?

Jeruk Nipis

Buah satu ini memang sangat sering digunakan oleh masyarakat untuk memutihkan kulitnya. Salah satunya untuk memutihkan wajahnya. Namun ternyata buah satu ini juga sangat efektif digunkan sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Hal ini karena pada buah jeruk nipis telah mengandung zat yang paling penting bernama alpha hydroxy acids atau (AHA). Dengan kandungan penting ini, maka buah lemon mampu mengangkat sel kulit yang telah mati. Sehingga mampu meremajakan kulit dan menghilangkan bekas luka.

Hal tersebut juga bisa mempercepat proses regenerasi pada kulit bahkan mampu mengembalikan elastisitas pada kulit anda.

Cara menghilangkan bekas luka pada kulit menggunakan buah lemon:
– Bersihkan dahulu kulit yang mengalami bekas luka.
– Siapkan juga kapas atau cotton buds untuk mengoleskan pada bekas luka anda.
– Sediakan pula air perasan dari jeruk lemon atau 1 sendok makan jus lemon.
– Celupkan kapas tersebut pada ramuan jeruk lemon
– Gosokkan pada kulit anda yang ada bekas lukanya. Tunggulah sekitar 15 menit
– Jika sudah kering, bilas menggunakan air sampai bersih.

Sebenarnya buah lemon bisa menjadikan kulit anda lebih sensitive dengan cahaya. Jadi, apaila anda memakai lemon untuk kulit anda, jangan lupa menggunakan tabir surya juga apabila anda keluar rumah.

Madu

madu

Bahan alami ini juga sering digunakan oleh wanita untuk kecantikan kulitnya. Madu sangat baik untuk melembapkan kulit. Namun madu yang anda gunakan bukanlah madu olahan, tetapi madu murni. Dengan bahan alami ini anda juga bisa mengobati masalah kulit lain dan untuk cara menghilangkan bekas luka pada kulit.

Madu murni dapat melakukan proses regenerasi pada sel-sel kulit yang telah mati. Sehingga kulit anda tetap sehat dan lembab.

Cara mudah mengilangkan bekas luka menggunakan madu murni:
– Sediakan madu 2 sendok makan dengan baking soda 2 sendok makan campur keduanya.
– Siapkan juga air panas dan handuk
– Celup handuk didalam air panas
– Tunggulah sampai handuk terasa hangat
– Tempelkan handuk tersebut pada wilayah kulit yang terdapat bekas luka sekitar 3 menit
– Kemudian oles campuran madu dan baking soda untuk scrub sebagai pengangkat sel kulit mati tepat di bagian bekas luka.

Setelah menunggu kering, bersihkan lagi menggunakan air dingin. Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan bekas luka berikut ini.

Bawang Merah

bawang merah

Bahan untuk cara menghilangkan bekas luka selanjutnya yang bisa anda gunakan ialah bawang merah. Hal itu karena pada bawang merah memiliki kandungan zat anti inflamasi sehingga mampu menghambat kolagen yang ada pada bekas luka. Inilah yang membuat bekas luka menjadi tersamarkan.

Cara mudah menghilangkan bekas luka menggunakan bawang merah:
– Siapkan bawang merah secukupnya 1-2 butir
– Potong menjadi 2 bagian masing masing
– Basuh dahulu bekas luka anda menggunakan air hangat sekitar 10 menit.
– Setelah bersih, anda bisa langsung menggosokkan bekas luka menggunakan irisan bawang merah selama 10 menit.
– Tunggulah sampai 5 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Apabila anda ingin menggunakan bawang merah untuk menyembuhkan bekas luka pada wajah anda, usahakan agar lebih hati hati. Jika sampai terkena mata, maka akan membuat mata pedih.

Lidah Buaya

lidah buaya

Bahan alami selanjutnya bisa anda gunakan untuk cara menghilangkan bekas luka ialah lidah buaya. Terdapat kandungan anti inflamasi pada lidah buaya yang akan mengurangi iritasi pada kulit. Dengan kandungan penting tersebut, berfungsi pula sebagai pengangkat sel kulit mati dibagian kulit yang ada bekas lukanya.

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan, memperbaiki kerusakan kulit, hingga memperkuat sel-sel kulit baru yang sudah diproduksi. Salah satunya ialah dapat menghilangkan komedo putih yang terdapat pada hidung.

Cara mudah menghilangkan bekas luka menggunakan lidah buaya:
– Siapkan lidah buaya segar
– Ambilah bagian jel nya saja
– Kemudian bersihkan terlebih dahulu area bekas luka menggunakan air hangat.
– Oles menggunakan gel lidah buaya bagian bekas luka.
– Tunggulah dalam waktu 1 jam atau lebih lama lebih baik. Agar gel yang sudah anda oleskan bisa meresap didalam kulit yang ada bekas lukanya.
– Setelah meresap, bersihkan dengan air dingin.

Anda bisa melakukan cara ini setiap akan tidur dimalam hari. Jika hasil sudah terlihat, anda bisa menghentikan cara ini. Anda pun bisa menggunakan cara tersebut untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan tetap awet muda.

Mentimun

mentimun

Anda juga bisa memilih cara alami menghilangkan bekas luka lainnya dengan pasta mentimun. Jika anda ingin menggunakan pasta mentimun ini, bisa anda beli di toko kecantikan terdekat. Akan tetapi cara membuat pasta mentimun secara alami juga sangat mudah.

Dalam mentimun juga mengandung zat yang tidak menyebabkan kulit iristasi seperti halnya lemon. Jadi, mentimun juga bisa menghilangkan bekas luka secara efektif tanpa efek samping.

Berikut ini langkah langkahnya:
– Sediakan mentimun segar yang terlebih dahulu sudah dicuci bersih
– Hilangkan bijinya. Lalu campur dengan 4-5 helai daun mint kemudian haluskan campuran bahan alami tersebut.
– Tambahkan putih telur yang sudah di kocok kedalam campuran bahan diatas.
– Oleskan pasta yang sudah jadi tersebut di wilayah kulit yang ada bekas lukanya tunggu sampai 20 menit.
– Kemudian cucilah sampai bersih setelah selesai.

Dengan kandungan yang tidak membuat kulit iritasi, maka mentimun dapat menjadi bahan alami paling aman untuk anda gunakan. Mentimun juga bisa mengenyalkan kulit dan juga mencerahkan kulit anda.

Minyak Zaitun

minyak zaitun

Bahan alami satu ini memang banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Salah satunya untuk menyembuhkan bekas luka yang ada pada kulit anda. Terdapat kandungan vitamin K dan E sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit anda.

Jadi, anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai cara menghilangkan bekas luka. Dengan kandungan alami yang terdapat pada minyak zaitun akan menjadikan bekas luka anda semakin memudar.

Dalam minyak zaitun terdapat kandungan anti oksidan yang sangat tinggi dengan keasaman yang tinggi pula. Inilah yang membuatnya ampuh untuk menghilangkan bekas luka meskipun sudah lama menempel pada kulit anda.

Untuk menggunakannya sangat mudah sekali. Anda tinggal menggosokkan minyak zaitun tersebut pada bekas luka anda. Lalu berikan pijatan sedikit yang akan melonggarkan sel jaringan kulit. Tunggulah sekitar 10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

Anda pun bisa mencampurkan bahan alami minyak zaitun dengan baking soda. Cara ini juga dipercaya lebih ampuh untuk cara menghilangkan bekas luka. Setelah bekas luka telah memudar, anda bisa menghentikan penggunaan bahan alami ini.

Minyak Pohon Teh

minyak pohon teh

Ternyata pada pohon teh terdapat minyak yang bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Anda juga bisa menggunakannya untuk menyembuhkan bekas luka karena operasi bedah ataupun bekas jerawat yang telah lama tidak hilang.

Ini karena didalam minyak pohon teh mempunyai sifat anti bakteri. Sehingga bisa menghilangkan bekas luka yang anda miliki secara cepat.

Untuk membuat ramuan alami penghilang bekas luka tersebut, anda cukup mencampur 1 sendok makan minyak pohon teh didalam air hangat sehingga menjadi sabun. Pergunakan campuran tersebut untuk cara menghilangkan bekas luka pada kulit anda. Tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Biasanya sesudah anda menggunakan bahan alami ini akan berakibat seperti timbulnya kesemutan, iritasi ringan yang terjadi pada kulit anda. Hal ini sebagai pertanda jika ramuan bekerja. Namun bila iritasi berlangsung lama, konsultasikan pada dokter kulit anda.

Mentega Kakao

kakao

Apakah anda sudah mengetahui yang namanya mentega kakao? Itulah bahan baku yang digunakan untuk membuat coklat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan mentega kakao untuk cara menghilangkan bekas luka.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Yakni hampir sama dengan pemakaian lemon untuk menghilangkan bekas luka pada kulit anda. Gosoklah mentega kakao dibagian bekas luka, kemudian tunggu beberapa saat sampai mentega kakao mongering. Lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

Mentega kakao ini juga sering digunakan untuk menghilangkan masalah kulit seperti adanya stretch mark. Bahkan juga bisa membantu untuk menghilangkan tato yang ada pada kulit anda.

Daun Pare

daun pare

Ternyata bahan alami ini bukan Cuma memiliki rasa yang pahit saja. Karena ada khasiat yang bisa anda ambil dari tanaman ini. Salah satunya ialah untuk cara alami menghilangkan bekas luka secara cepat memakai daun pare. Cara melakukannya juga sangat sederhana.

Yakni mencampurkan daun pare yang sudah dicuci bersih dengan air dan menghaluskannya. Pisahkan antara sari dan ampas ramuan ini. Selanjutnya anda bisa mencampur sari daun pare dan tepung beras sampai membentuk pasta.

Gunakan pasta tersebut untuk olesan sambil memberinya tekanan lembut. Tunggulah sampai 2 jam kemudian bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Anda pun bisa mencampurkan sari daun pare tersebut dengan kopi. Selain itu, daun pare juga bisa menyebabkan iritasi kulit. Jadi, untuk anda yang memiliki kulit sensitive bisa melakukan cara lain yang tidak membuat iritasi kulit.

Scrub Daun Mint

daun mint

Anda pasti sudah mengetahui jika daun mint banyak digunakan oleh produk kesehatan untuk bahan dasar pembuatan obat obatan produknya. Biasanya daun mint ini digunakan untuk bahan utama obat kumur, pasta gigi, dan juga minyak.

Hal ini karena pada daun mint mengandung sifat anti inflamasi maupun anti peradangan. Bukan Cuma itu saja, ternyata daun mint juga bisa membantu dalam proses regenerasi sel kulit yang telah mati menjadi sel kulit baru. Jadi, daun mint bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas luka.

Cara mudah menghilangkan bekas luka menggunakan daun mint:
– Siapkan daun mint yang masih segar secukupnya.
– Haluskan daun mint bisa diblender ataupun ditumbuk.
– Lalu campurkan tumbukan daun mint dengan tepung beras ( dapat juga mencampur dengan bahan alami lain seperti kopi, dan baking soda pilihlah salah satu ).
– Usapkan campuran bahan tersebut pada bekas luka tunggulah sampai 15 menit.
– Setelah ramuan mongering, anda bisa membasuhnya dengan air sampai bersih.

Akan tetapi pemakaian daun mint untuk bekas luka terkadang menimbulkan peradangan pada kulit. Jadi, gunakan ramuan ini untuk kulit anggota tubuh saja. Hindari penggunaan pada kulit wajah.

Teh Hijau

teh hijau

Jenis tanaman ini sudah banyak digunakan para produsen untuk produk kecantikannya. Jadi, tak heran jika teh hijau memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Hal ini karena terdapat kandungan yang kaya manfaat pada teh hijau.

Adanya zat Epigallocatechin Gallate (EGCG) maupun yang biasa disebut dengan katekin adalah sebuah zat yang memiliki sifat anti-oksidan, zat anti-bakteri dan juga zat anti-inflamasi. Sehingga terbukti mampu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Salah satunya ialah bisa memudarkan bekas luka yang ada pada kulit.

Sebuah penelitian menyebutkan jika kandungan anti-oksidan yang terdapat pada daun teh hijau ialah 200x lebih kuat dibandingkan vitamin E untuk mencegah sekaligus mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit.

Untuk menggunakan teh hijau sebagai cara alami menghilangkan bekas luka, siapkan teh hijau berbentuk teh celup satu saja. Lalu celupkan teh hijau itu kedalam air panas. Tunggulah sampai air menjadi hangat. Kemudian oles ramuan ini pada bekas luka. Anda bisa melakukannya setiap mandi.

Teh hijau juga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit lain. Misalnya menghilangkan jerawat disertai bekasnya, mengempiskan kantung mata dan juga menjaga keremajaan kulit anda.

Minyak Biji Pangkal Bunga Mawar

air mawar

Banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Minyak biji pangkal bunga mawar. Meskipun anda belum mengetahuinya, namun ternyata bahan alami ini memiliki khasiat bagus untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

Anda bisa membeli minyak tersebut di supermarket atau di apotik terdekat. Jika anda sudah menemukan bahan alami ini, langsung oles di area bekas luka. Sambil dipijat lembut agar bisa meresap secara maksimal. Tunggulah sampai 1-2 jam kemudian bilas menggunakan air dingin sampai bersih. Minyak ini juga sangat efektif sebagai cara alami menghilangkan bekas luka.