Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Waktuku.comCara menghilangkan bau sepatu pada kaki bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan alami yang mudah diperoleh. Karena kaki yang bau sepatu membuat siapa saja kurang nyaman berada disekitar orang lain.

Apalagi jika keseharian anda berada disekitar orang banyak. Pasti akan mencari cara tentang bagaimana cara menghilangkan bau sepatu tersebut. Biasanya bau sepatu bisa dialami oleh kaki yang lama menggunakan sepatu.

Biasanya ketika anda menggunakan sepatu dalam waktu yang lama memang tidak terlalu mengeluarkan bau. Namun saat anda melepas sepatu, pada saat itulah bau yang sangat menyengat keluar dari kaki anda.

Nah, jika anda berada disekitar orang banyak yang mengharuskan untuk melepas sepatu, pasti anda tidak akan merasa nyaman. Olah karena itu, cara menghilangkan bau sepatu sangat penting anda ketahui agar kaki anda terbebas dari bau sepatu ini.

Baking Soda

baking soda

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu pada kaki ialah baking soda. Hal ini karena ada sebuah senyawa pada baking soda yang bisa menciptakan keadaan alkalin di kaki. Dan tak semua bakteri bisa tahan dengan senyawa alkalin dan juga basa.

Bukan Cuma itu saja, adanya sodium bikarbonat dalam baking soda bisa menetralkan pH keringat. Hal ini bisa mencegah aktifitas dari bakteri sebagai penyebab bau pada kaki. Untuk itu, anda bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau sepatu pada kaki anda dengan cara dibawah ini.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau sepatu pada kaki:
– Langkah pertama sediakan baking soda 1 sendok teh
– Kemudian campur dengan beberapa tetes air kemudian langsung oles pada kaki dengan merata
– Jangan lupa sambil beri pijatan pada kaki selama 5 menit
– Setelah ramuan kering, bersihkan dengan air sampai bersih
– Anda juga dapat menaburkan baking soda didalam sepatu selama 1 malam
– Kemudian bersihkan ketika pagi hari
– Dengan begitu, bau pada sepatu akan hilang.

Sehingga kaki dan sepatu terbebas dari masalah bau. Anda pun akan lebih percaya diri dihadapan orang banyak.

Teh

teh

Ternyata untuk menghilangkan bau sepatu pada kaki juga bisa anda lakukan dengan bahan alami berupa teh hijau atau teh hitam. Didalam teh mengandung senyawa yang berperan sebagai antibakteri. Hal ini akan menekan tumbuhnya bakteri yang menjadi penyebab bau sepatu pada kaki.

Dengan begitu, gunakan teh ini untuk menghilangkan bau yang menyengat pada kaki anda. Salah satu caranya dengan merendam kaki setiap hari dengan larutan teh ini.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama siapkan teh hitam, atau teh hijau.
– Kemudian rendam didalam air hangat kantung ataupun bubuk teh hitam tersebut dalam wadah besar
– Gunakan rendaman air hangat dan juga teh tersebut untuk merendam kaki yang bau sepatu
– Biarkan selama 10 menit
– Setelah itu, bilas kaki anda sampai bersih

Selain bisa menghilangkan bau kaki, ramuan ini juga bisa menenangkan kulit sekaligus bisa mengurangi produksi keringan yang berlebih khususnya pada kaki. Gunakan cara alami ini sebagai salah satu cara menghilangkan bau sepatu pada kaki anda.

Cuka Apel

cuka apel

Dalam bahan alami manfaat cuka apel juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai anti bakteri sehingga bisa mengusir bau kaki yang menyengat. Khususnya pada kaki yang mempunyai keringat berlebih. Ada bakteri pada kulit kaki yang tak tahan terhadap kandungan asam dari cuka apel.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama siapkan cuka apel 3 sendok makan
– Kemudian campur dengan air hangat 4 gelas
– Masukkan dalam sebuah wadah kemudian gunakan untuk merendam kaki
– Biarkan sampai 15 menit supaya aroma sepatu pada kaki hilang
– Setelah itu, keringkan kemudian olesi kaki anda dengan pelembab.

Namun biasanya sesudah menggunakan cuka apel pada kaki, maka akan membuat aroma asam pada kaki. Anda bisa menghilangkan aroma tersebut menggunakan lotion ataupun minyak essens yang dioles pada kaki yang sudah terkena cuka apel.

Garam Epsom

garam

Walaupun sebenarnya keringat mengandung garam, namun garam ternyata bisa digunakan untuk merendam kaki yang bau. Dengan merendam kaki selama beberapa menit, maka bau kaki yang anda alami akan hilang.

Hal itu karena adanya senyawa dalam garam Epson khususnya magnesium & sulfat mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada kaki. Bakteri tersebut sebagai penyebab bau kaki tak sedap.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama siapkan garam Epsom secukupnya
– Campur garam Epsom 3 sendok makan dengan 3 gelas air hangat ( jika tidak menemukan gama Epsom, bisa juga menggunakan garam kosher).
– Setelah itu, rendam kaki anda selama 5 menit atau sampai aroma bau kakihilang
– Setelah itu, cuci kaki anda sampai bersih
– Anda bisa melakukan perawatan ini setiap malam atau setelah melakukan aktivitas seharian menggunakan sepatu.

Selain itu, garam Epsom juga bisa menyerap toksin atau racun yang telah dikeluarkan bersama dengan keringat. Jadi, merendam kaki anda selama beberapa menit merupakan cara detoksifikasi tubuh & kaki secara alami.

Minyak Lavender

lavender

Cara menghilangkan bau sepatu pada kaki selanjutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak lavender. Selain wanginya yang sangat semerbak, ternyata minyak lavender juga mengandung senyawa antibakteri dan juga sessence oil.

Senyawa tersebut bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki. Sehingga bau kaki yang anda alami akan hilang dengan minyak lavender ini.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama siapkan minyak lavender secukupnya
– Kemudian larutkan beberapa tetes saja minyak lavender didalam wadah yang berisi air hangat
– Rendam kaki anda selama 15 menit
– Setelah itu, angkat dan bilas sampai bersih
– Lalu keringkan dan pijat menggunakan minyak lavender supaya kaki anda tetap harum dan halus.
– Lakukan secara rutin, sampai bau kaki hilang.

Dengan minyak lavender ini, kaki anda juga akan lebih nyaman dan santai. Dengan begitu, keringat yang berlebihan tidak akan keluar pada kaki anda. Sehingga bau sepatu pada kaki anda berangsur angsur akan hilang.

Alkohol

Ternyata alcohol selain bisa digunakan sebagai antiseptic juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada kaki. Bakteri penyebab bau kaki juga bisa di hilangkan dengan alcohol ini.

Senyawa alcohol bukan Cuma bisa digunakan untuk membunuh bakteri pada kulit kaki saja. Tetapi juga bisa menghambat pembentukan senyawa yang dapat mengeluarkan aroma kurang sedap karena keringat yang berlebihan. Penggunaan alcohol untuk cara menghilangkan bau sepatu pada kaki juga sangat mudah dan praktis.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama siapkan alcohol secukupnya
– Kemudian tuangkan alcohol pada kapas dan oleskan pada kaki
– Tunggulah sampai ramuan mengering
– Setelah itu, bersihkan kaki sampai bersih.

Anda juga bisa menghilangkan bau sepatu yang seharian digunakan dengan cara menyemprotkan alkohol didalam sepatu. Alkohol tersebut berperan sebagai disinfektan yang bisa membunuh bakteri pada sepatu dan menghilangkan bau menyengatnya.

Jahe

jahe

Banyak manfaat yang bisa diambil dari jahe. Salah satunya untuk cara menghilangkan bau sepatu pada kaki anda secara alami. Dalam jahe mengandung berbagai senyawa yang aktif sehingga bisa merangsang pengeluaran toksin yang ada dari dalam tubuh.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama sediakan jahe secukupnya
– Kemudian haluskan jahe berukuran 2cm, kemudian bungkus menggunakan kain
– Selanjutnya masukkan bungkusan kain tersebut didalam air hangat dalam sebuah wadah besar
– Gunakan ramuan tersebut untuk merendam kaki sekitar 15 menit
– Selain dengan menggunakan cara diatas, anda juga bisa langsung mengoles jahe halus pada kaki.
– Biarkan 10 menit selanjutnya bisa dibilas dengan air hangat setelah selesai melakukan cara ini.

Ada sebuah penelitian dari Jerman yang menunjukkan jika jahe bisa merangsang kelenjar keringat dalam mengeluarkan protein disebut dermacidin. Jenis protein tersebut berfungsi untuk disinfektan sehingga bisa mencegah tumbuhnya mikroba ataupun bakteri pada kaki anda.

Cengkeh

cengkeh

Anda juga bisa menggunakan ramuan dari cengkeh untuk menghilangkan bau kaki. Cara menghilangkan bau sepatu pada kaki dengan cengkeh juga sangat mudah. Anda hanya perlu merendam kaki pada rebusan cengkeh beberapa menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk menghilangkan bau pada kaki.

Cara menggunakan:
– Langkah pertama siapkan cengkeh secukupnya
– Kemudian rebus cengkeh sampai mendidih
– Setelah itu, letakkan pada sebuah wadah besar
– Tunggu sampai hangat, dan gunakan untuk berendam selama 15 menit
– Setelah dirasa cukup, bersihkan kaki sampai bersih dan keringkan

Dalam cengkeh juga mengandung senyawa antiseptic serta antiinflamasi sehingga berkhasiat untuk menghilangkan bakteri di permukaan kulit kaki. Sementara untuk senyawa lain seperti senyawa eugenol dalam cengkeh juga berperan penting menghilangkan bau kaki. Yakni memberi aroma harum yang khas pada kulit sebagai penghilang bau sepatu pada kaki.

Tea Tree Oil

minyak teh

Jika anda mengalami bau kaki yang tidak enak, hal ini bisa disebabkan beberapa hal. Salah satunya ialah karena adanya bakteri yang ada pada kulit kaki. selain bakteri, bau kaki juga bisa disebabkan karena infeksi jamur. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan cara menghilangkan bau sepatu pada kaki dengan bahan alami yang aman.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama siapkan minyak pohon teh secukupnya
– Kemudian campur 3 tetes minyak tersebut dengan air hangat 3 gelas
– Gunakan campuran ini untuk merendam kaki selama 15 menit
– Setelah itu, bersihkan kaki sampai bersih
– Anda juga bisa langsung mengoleskan minyak pohon teh ini secara langsung pada kaki
– Caranya dengan melarutkan 3 tetes minyak pohon teh dengan air 1 gelas
– Selanjutnya langsung oles pada kaki dengan media kapas.
– Tunggulah sampai mengering
– Kemudian basuh dengan air sampai bersih

Untuk itu, anda bisa memanfaatkan minyak pohon teh ini untuk menghilangkan bau kaki. Dalam minyak pohon teh mengandung senyawa yang aktif sehingga bisa menghilangkan infeksi jamur. Sekaligus sebagai disinfektan sehingga mampu membunuh bakteri sebagai penyebab bau kaki.

Minyak Kelapa

minyak kelapa

Cara menghilangkan bau sepatu pada kaki selanjutnya dengan minyak kelapa. Dalam minyak kelapa mengandung sebuah senyawa antibakteri bernama asam laurat. Kandungan senyawa tersebut bisa mencegah sekaligus membunuh bakteri sebagai penyebab bau kaki.

Cara pemakaian:
– Langkah pertama sediakan minyak kelapa secukupnya
– Selanjutnya campur minyak kelapa dengan air hangat setengah gelas
– Kemudian oles secara langsung pada kaki sambil diberi pijatan
– Diamkan selama 15 menit
– Setelah ramuan kering, bilas dengan air sampai bersih.
– Anda bisa menggunakan cara ini setiap malam akan tidur.

Nah itulah cara menghilangkan bau sepatu pada kaki yang bisa dicoba sendiri dirumah. Minyak kelapa selain bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki, juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kaki dengan cara menjaga kelembapannya. Jadi, untuk menghilangkan bau kaki yang menyengat anda bisa memilih salah satu bahan alami diatas. Selamat mencoba.