Cara Menghilangkan Bau Mulut

Waktuku.comCara menghilangkan bau mulut sangat penting anda ketahui apabila anda mengalami masalah ini. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami masalah bau mulut ini. Sehingga anda harus waspada dan jangan melakukan hal hal yang bisa membuat bau mulut anda menjadi tidak sedap.

Jika anda ingin menghilangkan bau mulut, maka kenali dulu factor yang mengakibatkan bau mulut bisa terjadi. Hal ini sebagai cara menjaga agar hal ini jangan sampai terjadi. Akan tetapi jika sudah terlanjur terjadi, maka anda harus tahu cara menghilangkan bau mulut melalui penyebabnya.

Beberapa penyebab bau mulut yang sering dialami oleh masyarakat diantaranya ialah kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Terkadang mereka malas menggosok gigi dan kurang memperhatikan cara menggosok gigi secara benar.

Jika masalah ini sampai dibiarkan, tentu bukan Cuma bau mulut yang akan terjadi. Melainkan juga masalah kesehatan lain seperti adanya karang gigi, flak pada gigi maupun gigi berlubang.

Oleh karena itu, kenali dulu apa saja yang bisa menyebabkan bau mulut tak sedap pada diri anda. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini. Kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Beberapa kondisi kesehatan seseorang juga bisa menjadikan bau mulut kurang sedap. Biasanya mereka mengalami sakit tertentu yang dialami didalam mulut. Seperti mengalami sakit sariawan, gusi berdarah ataupun sakit tenggorokan. Selain itu, ada banyak kondisi kesehatan yang membuat seseorang bau mulut seperti:

Penyakit Gusi

Jika anda pernah mengalami sakit gigi pada gusi, tentunya hal ini akan membuat bau mulut anda kurang sedap. Ada sebuah studi yang menyatakan jika adanya hubungan periodontitis dengan gingivitis atau (radang gusi) terhadap munculnya bau mulut. Sedangkan halitosis merupakan hasil bakteri yang tinggal dalam mulut seseorang yang mengalami masalah radang gusi.

Jadi, untuk menghilangkan bau mulut yang terjadi karena radang gusi, anda bisa konsultasikan pada dokter gigi agar masalah gusi anda segera diobati. Jika masalah gusi anda sudah sembuh, maka bau mulut yang anda alami pasti akan hilang dengan sendirinya.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda sebagai cara menghilangkan bau mulut yang tidak diinginkan.

Kanker

Tunggu dulu, anda jangan langsung menyimpulkan jika mengalami bau mulut itu disebabkan karena kanker. Penyakit kanker bisa membuat napas mempunyai banyak komplikasi. Sehingga bau mulut yang dialami oleh seseorang bisa saja sebagai tanda jika orang tersebut mengalami kanker tahap awal.

Sedangkan kemoterapi maupun terapi radiasi juga bisa menyebabkan mulut menjadi kering bahkan mempengaruhi seberapa besar produksi air liur. Jadi, tanpa adanya aliran air liur mencukupi, tentu akan membuat bakteri yang tak anda inginkna bisa meningkatkan pelepasan dari gas sulfur. Hal inilah yang membuat anda memiliki bau mulut yang tidak sedap.

Untuk mengetahui apakah anda mengalami kanker ataupun tidak, bisa langsung cek pada dokter ahli agar masalah anda segera tuntas. Anda pun tidak perlu bingung lagi membuat kesimpulan.

Alergi

Biasanya jika seseorang mengalami alergi akan membuat tenggorokan gatal, mata berair, hidung mengalami tersumbat, bahkan bau mulut pun tidak sedap. Lendir dan juga ingus juga bisa menyediakan lahan bagi kuman jahat sehingga menyebabkan bau mulut anda menjadi tidak sedap.

Bukan Cuma itu saja, biasanya alergi juga membuat mulut menjadi kering. Sehingga bau mulut menjadi tidak sedap. Anda bisa menghilangkan ingus serta menjaga mulut agar tetap segar dan bersih agar lepas dari alergi maupun bau mulut yang kurang sedap.
Jika anda alergi terhadap sesuatu makanan, maka hindari makanan tersebut agar alergi yang mengakibatkan bau mulut tidak menghampiri anda. Dan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara mudah.

Diabetes

Bagi seseorang yang mengalami penyakit diabetes, pastinya tidak akan memiliki produksi insulin yang mencukupi. Oleh karena itu, bisa memicu pada pembakaran lemak dalam tubuh. Keadaan ini biasa disebut dengan ketoasidosis.

Apalagi keadaan ini bisa menjadi resiko peningkatan keton ( merupakan produk metabolism lemak ) sehingga tubuh akan mengeluarkan melalui urin maupun paru paru. Hal ini bisa mengakibatkan napas yang tidak sedap seperti aseton ( atau dimetil keton ).

Penyakit liver

Bukan Cuma penyakit yang diatas saja yang bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Akan tetapi ternyata penyakit liver juga bisa berpengaruh pada bau mulut yang tidak sedap. Bagi penderita penyakit liver yang telah mengalami bau mulut tak sedap biasa disebut dengan fetor hepaticus.

Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya penemuan yang menyatakan jika bau apek yang ada pada mulut bisa menandakan adanya masalah pada organ hati. Apalagi kerap datang sebelum ada gejala lainnya.

Namun tidak selalu bau mulut tak sedap karena penyakit liver. Mungkin ada kondisi lain yang menyebabkan bau mulut pada diri anda. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan pada dokter ahli untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi.

Gagal Ginjal

Kondisi kesehatan yang terganggu lainnya yang membuat bau tak sedap ialah gagal ginjal. Keadaan ini dikarenakan adanya perubahan metabolisme dalam tubuh sehingga menjadikan mulut menjadi kering. Bukan Cuma itu saja, kondisi ini juga membuat produksi air liur berkurang, dan berkurangnya kemampuan pada indra pengecap.

Semua kondisi tersebut bisa berkontribusi pada halitosis dikarenakan air liur yang gagal dalam membersihkan mulut. Jadi, jika anda mengalami hal ini, sebaiknya lebih hati hati dan cari tahu bagaimana cara mengobatinya. Karena jika dibiarkan takutnya bisa berakibat fatal pada kesehatan anda.

Candida Albicans

Selanjutnya ialah kondisi dimana seseorang mengalami masalah Candida albicans. Biasanya jamur ini dialami oleh mereka yang mempunyai tindikan pada lidahnya. Bukan Cuma itu saja, hal ini bisa terjadi karena penggunaan gigi palsu maupun penggunaan kawat gigi.

Biasanya bagi mereka yang menggunakan gigi palsu akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Penggunaan kawat gigi juga bisa mengakibatkan hal serupa terjadi pada diri anda.

Meskipun begitu, anda bisa lebih rajin menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut untuk menjaga agar nafas anda tetap segar dan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Refluks Asam Lambung Kronis

Kondisi ini sangat buruk bagi kesehatan anda. Jadi, anda harus lebih menjaga agar mulut anda tetap bersih. Naiknya asam atau bahan lainnya yang sudah dicerna sebagian di dalam esofagus atau rongga mulut bisa membuat bau mulut anda kurang sedap.

Hal ini menjadikan penderitanya sulit untuk menjaga agar kebersihan rongga mulutnya terjaga.

Untuk anda yang mengalami sakit ini, maka harus rajin rajin menggosok gigi dan membuat mulut anda selalu bersih. Tujuannya ialah supaya bau mulut tidak baud an orang disekitar anda tidak terganggu. Anda pun tidak merasa malu jika berkomunikasi jarak dekat dengan siapa saja.

Helicobacter pylori

Selanjutnya masalah kesehatan yang bisa membuat anda bau mulut ialah infeksi Helicobacter pylori. Masalah kesehatan ini berhubungan dengan sakit maag ataupun gangguan pencernaan lainnya. Sehingga kondisi ini bisa beresiko timbulnya halitosis untuk penderitanya.

Ada penelitian yang menunjukan jika seseorang yang mengalami masalah pencernaan telah menderita infeksi Helicobacter pylori serta mengidap halitosis. Akan tetapi, jika penderitanya mampu menghalau infeksi tersebut, maka halitosis pun akan menghilang.
Bagi penderita infeksi Helicobacter pylori juga rentan memiliki bau mulut yang tidak sedap. Jadi, anda harus selalu menjaga kebersihan mulut untuk mengurangi bau tak sedap pada mulut anda.

Sindrom Sjögren

Biasanya mulut kering bisa dialami oleh adanya masalah autoimun ( kondisi dimana tubuh akan menyerang diri sendiri ). Hal ini adalah sebuah kondisi yang biasa dikenal dengan sindrom Sjögren. Hal ini dirasakan saat tubuh menyerang serta menghambat kelenjar eksokrin (mirip kelenjar air liur) ketika sedang melakukan proses kerjanya.

Hal ini membuat mulut kering dan timbul masalah lain yang berhubungan dengan pencernaan. Bahkan bau mulut juga menjadi tak sedap. Jika hal ini sampai terjadi, anda harus menyikat gigi minimal 2 kali sehari menggunakan pasta gigi mengandung fluoride. Dengan pasta gigi ini akan sangat efektif untuk membuang sisa-sisa makanan maupun plak sikatlah lidah anda agar kebersihannya terjaga.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Jika anda sudah mengetahui apa saja yang bisa mengakibatkan bau mulut, maka sekarang tinggal anda mengetahui cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap tersebut.
Karena bau mulut bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, jadi anda harus bisa mengatasi masalah ini.

Jika hal ini dibiarkan saja, maka orang disekeliling anda tentunya tidak akan nyaman berbicara dengan anda. Hal ini juga bisa membuat anda merasa minder dan tidak mau bergaul dengan orang lain.

Sebenarnya bau mulut juga bisa dibedakan menjadi 2 tipe. Yakni bau mulut normal dan bau mulut akut. Jika anda masih belum tahu bagaimana yang dinamakan bau mulut normal dan akut, simak ulasan berikut ini.

Bau Mulut Normal

Pada jenis bau mulut normal biasa di alami oleh siapa saja ketika pagi hari. Pagi hari memang kebanyakan orang akan mengalami bau mulut. Hal ini sudah biasa dan disebabkan karena sekresi air liur dalam mulut anda yang berkurang.

Jika anda mengalami bau mulut saat pagi hari, bisa dihilangkan hanya dengan gosok gigi. Sekresi air liur dalam mulut anda yang berkurang bisa membuat seseorang menjadi bau mulut. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika mengalami bau mulut normal ini, cara menghilangkan bau mulut ini cukup dengan menggosok gigi.

Bau Mulut Akut

Nah untuk selanjutnya ini memang perlu diwaspadai. Karena bau mulut akut bisa disebabkan karena adanya infeksi atau karena mengalami penyakit tertentu. Jika masalah ini sampai terjadi, maka anda harus segera mengatasinya. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cara alami.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami:

Gosok Gigi

sikat gigi

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan gigi ialah dengan menggocok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari. Jika dirasa kurang, anda bisa menggosok gigi setelah makan agar bau mulut anda tetap segar.

Biasanya orang yang mengalami bau mulut dapat disebabkan karena malas menggosok gigi. Anda juga harus menggosok gigi secara benar agar sikat anda bisa menjangkau semua permukaan gigi. Jadi, bukan Cuma bau mulut yang hilang, gigi anda pun bersih dan sisa sisa makanan yang tertinggal disela sela gigi bisa terangkat.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya ialah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anda bisa memulainya dengan menghilangkan sisa sisa makanan yang tertinggal di sela sela gigi. Oleh karena itu, perlu cara menggosok gigi secara benar agar sisa makanan yang tertinggal bisa terangkat secara sempurna.

Selain itu, terselipnya atau sisa makanan yang tertinggal pada gigi juga bisa membuat penampilan anda terganggu. Dengan sisa makanan yang tertinggal juga bisa membuat bau mulut kurang sedap. Jadi, setelah makan sikat gigilah dengan benar agar bau mulut anda tetap segar. Terutama setelah anda mengkonsumsi makanan yang baunya sangat tajam.

Obat Anti Bakteri

Bau mulut yang terjadi juga bisa dikarenakan adanya bakteri yang bersarang di dalam mulut anda. Biasanya ada bakteri yang telah menginfeksi mulut, gusi dan juga gigi. Dengan infeksi yang dibuat oleh bakteri, maka bau mulut anda menjadi kurang sedap.

Cara menghilangkan bau mulut yang diakibatkan bakteri dalam mulut bisa anda lakukan dengan menggunakan obat anti bakteri. Dengan menggunakan obat tersebut, maka bakteri yang ada dalam mulut anda akan mati. Setelah itu, bau mulut anda akan hilang dan segar kembali.

Biasanya obat anti bakteri ada yang bisa dikonsumsi ataupun ada yang digunakan untuk berkumur saja. Anda bisa memilih sesuai selera anda untuk menjaga agar bau mulut anda tetap segar.

Alat Pembersih Lidah

Indra pengecap memang salah satu tempat paling disukai oleh bakteri. Sehingga lidah dijadikan sebagai pertumbuhan kuman dan juga bakteri selain pada gigi dan gusi. Jadi, mungkin saja anda yang rajin menggosok gigi namun bau mulut anda tetap tidak sedap.
Bisa jadi lidah anda jarang dibersihkan. Sehingga digunakan oleh bakteri dan kuman untuk berkembang biak, hal tersebut mengakibatkan bau mulut tak sedap yang anda alami selama ini.

Apalagi banyak kuman atau bakteri yang dapat membentuk lapisan pada lidah. Sehingga lapisan tersebutlah yang akan menyebabkan timbulnya bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut yang timbul karena bakteri yang bersarang pada lapisan lidah ialah dengan memakai alat pembersih lidah.

Bisa pula memakai sikat gigi untuk menggosok semua permukaan lidah dengan perlahan. Akan lebih baik jika anda menggunakan pembersih lidah karena sudah dibuat sesuai pada tekanan yang dapat diterima oleh lidah. Dengan itu, lidah anda tidak akan terluka karenanya.

Rokok

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya dengan berhenti merokok. Karena kebiasaan buruk ini bisa membuat bau mulut kurang sedap. Kebanyakan orang laki laki yang punya kebiasaan ini rentan terhadap bau mulut.

Kebiasaan merokok juga tidak menjadikan bau mulut saja bahkan kebiasaan ini juga dapat membuat bau badan kurang sedap. Jadi, sebisa mungkin berhentilah merokok dengan cara mengurangi intensitas merokok secara bertahap.

Permen Karet

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya juga bisa anda lakukan dengan cara mengunyak permen karet yang didalamnya tidak terdapat kandungan gula. Dengan mengunyah permen karet bebas kandungan gula akan menjaga agar gigi tidak ditumbuhi dengan plak ataupun karang gigi. Karena plak dan karang gigi bisa membuat anda bau mulut.

Cara ini sangat efektif dilakukan. Karena kebanyakan orang lebih suka mengunyak permen karet daripada harus melakukan perawatan gigi ataupun membersihkan gigi dengan rutin. jadi, anda bisa mengunyah permen karet bebas gula sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Strawberry

Strawberry

Anda pun juga bisa menggunakan cara alami yang menyehatkan untuk menghilangkan bau mulut. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin C didalamnya. Buah yang mengandung vitamin C misalnya ialah strawberry.

Dengan adanya kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah strawberry ini sangat dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Hal ini karena mampu mencegah masuknya kuman ataupun bakteri yang terdapat pada mulut anda.

Nah, cara menghilangkan bau mulut diatas memang tidak begitu susah. Hal yang membuat anda tidak melakukan cara tersebut ialah karena malas. Jadi, jangan sampai malas menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadikan anda bau mulut dan akhirnya anda malu bergaul dengan lainnya.