5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat dan Mudah

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Waktuku.comCara menghilangkan bau kaki bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang aman tanpa efek samping. Masalah bau kaki memang sangat mengganggu siapa saja. Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan bau kaki semakin menyengat. Salah satu faktornya ialah karena keringat yang berlebih.

Kebersihan kaki juga bisa mempengaruhi bau pada kaki. Namun sebelum anda mengetahui apa saja Cara menghilangkan bau kaki, ketahui dulu factor factor yang bisa menyebabkan bau kaki menyerang anda. Tujuannya supaya anda lebih mudah mencari solusi bau kaki ini.

Penyebab Bau Kaki

Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengguna sepatu ialah bau kaki. Biasanya setelah seharian menggunakan sepatu akan membuat kaki menjadi bau. Selain karena menggunakan sepatu yang terlalu lama, bau kaki juga bisa disebabkan karena beberapa factor lainnya. Diantara factor penyebab bau kaki bisa anda ketahui pada penjelasan berikut ini.

Bau Kaki Karena Bakteri

Hal utama yang bisa menjadi penyebab bau kaki ialah bakteri. Terlalu lama menggunakan sepatu bisa membuat bau kaki karena bakteri telah bersarang pada sepatu & permukaan kulit kaki anda.

Selain itu, keringat yang berlebih juga akan dimakan oleh bakteri. Dengan begitu, zat asam akan diproduksi dan mendukung tersebarnya bau kaki. Ini juga bisa terjadi saat anda tidak membersihkan dengan baik kaki anda.

Bau Kaki Karena Tingginya Kelenjar Keringat

Masalah bau kaki juga erat kaitannya dengan kelenjar keringat. Apalagi tingkat kelenjar keringat setiap bagian tubuh berbeda. Khususnya dibagian kaki termasuk memiliki kelenjar keringat terbanyak dibandingkan anggota tubuh lainnya.

Meskipun pada dasarnya keringat di kaki tak berbau, akan tetapi hal ini bisa memicu timbulnya bau. Sehingga bau tak sedap bisa saja keluar bila kaki anda lama berkeringat dan membuat bakteri berkesempatan memakan keringat yang berlebih tadi.

Bau Kaki Karena Penggunaan Kaos Kaki

Banyak yang beranggapan jika menggunakan kaos kaki bisa mengirangi bau kaki. Sehingga banyak yang member saran agar mengenakan kaos kaki ketika mengenakan sepatu tertutup. Namun ternyata hal ini tidak bisa membuat kaki anda bebas bau.

Karena bau kaki bisa saja muncul meskipun anda menggunakan kaos kaki ketika bersepatu. Hal itu karena kaki akan sulit bernapas karena kurangnya ruang. Keadaan kaki tertutup & berkeringat bisa meningkatkan resiko bau kaki.

Pemakaian kaos kaki yang bahannya keliru juga bisa memicu munculnya bau kaki. pilihlah kaos kaki yang berbahan katun agar bisa menyerap keringat secara maksimal. Pemakaian kaos kaki yang tidak pernah ganti padahal sudah lembab & berkeringat bisa menyebabkan bau kaki juga. Hal tersebut bisa membuat keadaan semakin parah dan menyebabkan bau kaki yang tak kunjung hilang. Untuk mencegah bau kaki, anda bisa mengganti kaos kaki setiap kali digunakan.

Bau Kaki Karena Kaki Lembab

Jika kaki dalam keadaan basah, jangan langsung menggunakan sepatu. Terutama jika sepatu yang digunakan adalah sepatu tertutup. Karena kaki yang lembab justru bisa membuat bakteri gampang sekali bersarang pada kulit kaki atau didalam sepatu.

Bisa jadi karena keadaan kaki yang masih basah ataupun keringat secara terus menerus turut serta membuat bau kaki muncul. Jadi, kaki yang gampang lembab bisa membantu perkembangan bakteri pada kaki maupun sepatu.

Jika bakteri telah berkumpul, maka gas yang disebabkan bau kaki akan muncul dan bau tak sedap pun bisa terjadi. ada 3 macam kotoran ataupun gas yang baunya menyengat karena bakteri yang bersarang, diantaranya: Isovaleric acid, Propanic acid, dan

Methanethiol.

Pada Isovaleric acid menghasilkan aroma tengik seperti pada bau cuka maupun aroma yang baunya seperti keju. Sementara methanethiol bisa membuat kaki keluar bau seperti bau keju & belerang kedua campuran bau tersebut akan sangat mengganggu. Aroma ini dihasilkan dari kulit mati yang ada pada kaki. selanjutnya ialah propanic acid, yakni bau yang bisa dihasilkan oleh bau kaki yang aromanya sangat kecut.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Kaki di Sepatu?

Apapun yang menjadi penyebab bau kaki, anda harus bisa mencari cara menghilangkan bau kaki secara alami untuk mengatasinya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, tentu akan membuat kaki anda semakin bau dan tidak akan merasa nyaman dimanapun anda berada. Oleh karena itu, beberapa bahan alami dibawah ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang anda alami.

Menyelipkan Kertas Pengering

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengurangi bau pada kaki ialah dengan menyelipkan kertas pengering pada sepatu yang akan digunakan. Jadi, siapkan kertas pengering sebelum menggunakan sepatu seharian. Dengan kertas pengering ini, keringat berlebih akan diserap oleh kertas pengering. Dengan begitu, kaki tidak akan terasa lembab.

Anda hanya membutuhkan 1 lembar kertas saja untuk dimasukkan pada sepatu. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir jika beraktifitas menggunakan sepatu sepanjang hari. Kertas pengering tersebut juga bisa menjadikan sepatu lebih segar dan bersih.

Menggunakan Deodoran

Meskipun biasanya deodorant digunakan untuk mengurangi bau ketiak, namun anda bisa menggunakan deodorant untuk cara menghilangkan bau kaki. Dengan deodorant tersebut, maka minyak yang keluar dari kaki bisa berkurang. Sehingga bisa digunakan juga pada kaki anda yang mengeluarkan keringat berlebih dan mengeluarkan bau.

Jika deodorant ini digunakan pada ketiak dengan cara mengoleskannya, maka anda bisa menggunakan deodorant pada kaki dengan cara dioleskan langsung. Hal ini sangat efektif untuk mencegah perkembangan bakteri pada kaki.

Memotong Kuku Yang Panjang

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya ialah dengan memotong kuku yang panjang. Cara ini adalah cara paling mudah yang bisa anda lakukan. Karena dengan memotong kuku pada jari kaki, kebersihan kaki akan terjaga dan bau kaki yang berasal dari kuku panjang kaki anda akan hilang.

Karena banyak sekali kotoran yang ada pada kuku panjang. Dengan begitu, perkembangan bakteri menjadi lebih cepat dan mudah pada kaki anda. Bahkan kuku juga telah menampung kotoran, untuk menghilangkannya, cara mudahnya ialah memotong kuku panjang pada jari kaki anda.

Merendam Kaki Pada Air Teh

teh

Ternyata manfaat air teh tidak hanya bisa menyegarkan tubuh jika dikonsumsi. Karena kaki anda juga bisa disegarkan dengan cara merendam kaki didalam air teh ini. Setelah menggunakan sepatu seharian, sempatkan waktu untuk merendam kaki pada ramuan ini.
Untuk menggunakan ramuan ini, lakukan langkah langkah berikut ini:
– Siapkan beberapa helai daun teh
– Kemudian rebus menggunakan air mendidih
– Setelah hangat, gunakan rebusan ini untuk merendam kaki
– Tunggulah sampai 25 menit
– Lakukan cara ini secara rutin sampai bau kaki hilang

Pada daun teh terdapat sifat anti bakteri sama halnya pada daun sirih dan garam. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau badan yang berlebih.

Menggunakan Obat Kumur

berkumur

Ternyata cara menghilangkan bau kaki selanjutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat kumur. Pada obat kumur tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau mulut serta mengembalikan kesegarannya. Karena anda bisa menggunakan obat kumur ini untuk menghilangkan bau kaki.

Pada obat kumur mengandung anti bakteri sehingga membuat bakteri mati. Namun anda juga bisa membuat obat kumur yang alami untuk mengatasi masalah ini. Bahan alami yang bisa anda jadikan sebagai obat kumur alami ialah ketumbar, daun sirih, ataupun cengkeh.

Cara menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau kaki:
– Siapkan obat kumur secukupnya
– Larutkan beberapa tetes dari obat kumur didalam air hangat
– Rendam kaki anda didalam larutan obat kumur tadi
– Lakukan cara ini selama 20 menit atau lebih
– Kemudian angkat kaki dan bilas dengan air bersih

Anda juga bisa menggunakan obat kumur ini dengan cara merendam kapas didalam larutan air dan obat kumur. Selanjutnya gosokkan kapas tersebut pada kaki secara merata.

Merendam Kaki Dalam Air Jeruk Lemon

lemon

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya sudah sering dilakukan oleh banyak masyarakat. Anda bisa menggunakan air jeruk lemon untuk merendam kaki yang bau. Lakukan cara ini setelah anda seharian menggunakan sepatu.

Cara menggunakan air jeruk lemon untuk menghilangkan bau kaki:
– Langkah pertama siapkan jeruk lemon segar secukupnya
– Selanjutnya masukkan air dalam baskom
– Peras jeruk lemon secukupnya dan larutkan dengan cara diaduk sampai tercampur
– Setelah itu, gunakan untuk merendam kaki selama 25 menit atau lebih
– Lakukan secara rutin terutama setelah seharian menggunakan sepatu.

Dalam lemon mengandung anti bakteri sehingga bisa membunuh kuman yang bisa menyebabkan bau kaki. Anda juga bisa mengganti jeruk lemon dengan jeruk nipis. Cara menggunakannya juga sama dengan cara diatas.

Merendam Kaki Dalam Air Garam

garam

Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan bau kaki dengan air garam. Dalam air garam mengandung zat anti bakteri yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang disebabkan karena bakteri yang menempel pada kaki dan sepatu.

Cara menggunakan air garam untuk menghilangkan bau kaki:
– Siapkan garam secukupnya
– Selanjutnya masukkan garam pada air hangat yang disiapkan pada baskom
– Kemudian rendam kaki pada larutan air garam tersebut selama 25 menit
– Lakukan setelah seharian beraktifitas menggunakan sepatu.

Anda bisa melakukan cara ini secara rutin sampai bau kaki hilang. Air garam sangat efektif untuk menghilangkan bau kaki karena bakteri. Bahkan air garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap.

Menghilangkan Bau Kaki Dengan Daun Sirih

daun sirih

Anda juga bisa menggunakan daun sirih untuk cara menghilangkan bau kaki. Sama hal nya dengan garam, pada daun sirih juga memiliki sifat anti bakteri yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau kaki walaupun berkeringat sekalipun.

Selain itu, kandungan dalam daun sirih sama dengan minyak atisiri juga dapat menghilangkan bau kaki. Caranya ialah dengan merendam kaki didalam ramuan daun sirih selama 25 menit. Untuk langkah langkahnya, simak berikut ini.
– Langkah pertama siapkan beberapa lembar daun sirih secukupnya
– Kemudian cuci sampai bersih
– Rebuslah dengan air secukupnya
– Setelah air mendidih, dan daun sirih telah berubah warna, angkat
– Tunggu sampai airnya hangat kemudian gunakan untuk merendam kaki
– Biarkan selama 25 menit
– Setelah itu angkat kaki dan bilas dengan air bersih

Selain dengan cara diatas, anda juga bisa mengkonsumsi rebusan dari daun sirih sebagai penghilang bau tak sedap baik pada kaki ataupun pada anggota tubuh lainnya. Itulah beberapa cara menghilangkan bau kaki yang bisa dilakukan dirumah. Beberapa kandungan bahan alami diatas bisa digunakan sangat efektif untuk membunuh bakteri sebagai penyebab bau kaki. Semoga bermanfaat.