Cara Mengeluarkan Dahak

Waktuku.comCara Mengeluarkan Dahak, Demam dan flu yang biasanya menjadi satu paket dapat menyerang kesehatan kita, tapi banyak dari kita merasa sulit untuk menguraikan di antara keduanya.

Mata berair, hidung meler dan kelesuan adalah tanda-tanda umum bahwa penyakit tersebut menyerang kesehatan kita di saat pergantian musim. Batuk berdahak biasanya akan mengiringi keadaan ini, dan tidaklah mudah menemukan cara mengeluarkan dahak hanya dalam sehari.

Sementara itu, zat lengket ini bisa memberi sinyal tentang keadaan kesehatan Anda. Namun perlu diingat, terkadang dahak muncul bukan karena kita sedang mengalami batuk, flu, ataupun gejala pernapasan lainnya.

Dahak diproduksi saat paru-paru seseorang sakit atau mengalami gangguan. Ahli menjelaskan bahwa lendir bekerja untuk melindungi tubuh kita dengan menjaga saluran pernapasan, paru-paru dan nasal kita dari kelembaban.

Tubuh akan menghasilkan lendir untuk menjaga jaringan saluran pernapasan yang tipis dan halus. Sehingga partikel kecil benda asing yang bisa menimbulkan ancaman dapat terjebak dan dipaksa keluar.

Konsistensi lengketnya bekerja untuk menjebak debu, polusi dan partikel alergen untuk mencegahnya mencapai paru-paru kita. Lendir, yang biasa disebut dengan dahak atau ingus, juga mengandung sel kekebalan dan antibodi yang membantu melawan infeksi.

Tubuh kita terus-menerus menghasilkan zat, tapi jika ada jumlah yang berlebihan atau warnanya “berbeda”, itu bisa menandakan infeksi yang lebih serius.

Dan untuk dijadikan sebagai catatan, ada beberapa cara mengeluarkan dahak yang paling sederhana. Dengan meminum banyak air putih setiap hari akan dapat mengeluarkan dahak.

Menghindari konsumsi makanan seperti produk susu, daging atau gorengan dimana produk makanan tersebut dapat meningkatkan produksi lendir. Kemudian minum ramuan minuman panas seperti teh untuk membasahi saluran tenggorokan dapat membantu mengurangi dahak. Dan membatasi paparan terhadap bahan-bahan seperti pembersih rumah tangga, asap cat, bahan kimia atau asap dapat membantu meringankan dahak Anda.

Langkah-langkah di atas adalah langkah pertama cara mengeluarkan dahak sebelum Anda melakukan pengobatan. Memang sekarang ini obat untuk mengatasi flu dan dapat dengan cepat mengeluarkan dahak tersedia di pasaran.

Dengan berbagai merk, harga dan pilihan yang sangat bermacam-macam. Namun hampir semua jenis obat tersebut adalah obat yang berbahan kimia. Memang benar obat-obatan tersebut dapat dengan cepat meringankan penyakit anda, tapi bukan tidak mungkin akan muncul efek samping.

Dan untuk meminimalisir penggunaan obat-obatan berbahan kimia, ada baiknya bukan kalau Anda lebih mengutamakan pengobatan alami. Yuk langsung saja kita simak cara mengeluarkan dahak dengan cara yang alami berikut ini:

Jahe

jahe

Jahe dikenal sebagai bahan obat alami pertama yang dapat membantu mengurangi lendir dalam tenggorokan. Jahe mempunyai sejarah penggunaan sejak dahulu dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional atau alternatif.

Bahan ini telah digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual dan membantu melawan flu dan flu biasa. Berikut ini adalah cara mengeluarkan dahak dengan menggunakan bahan jahe:

– Siapkan jahe yang telah diiris tipis-tipis dan juga segelas air panas
– Masukkan irisan jahe tersebut ke dalam air panas
– Diamkan beberapa menit
– Tambahkan 2 sendok teh madu sebagai pengganti gula dan aduklah
– Minumlah sepanjang hari kapanpun Anda membutuhkannya
– Sebagai alternatif, kunyah irisan jahe mentah secara langsung juga dapat membantu meringankan ganggungan ini

Jahe adalah dekongestan alami dan telah digunakan selama berabad-abad untuk melawan infeksi tenggorokan dan saluran pernapasan. Selain itu, sifat anti-virus, antibakteri dan ekspektoran hadir dalam jahe ini.

Sehingga melegakan tenggorokan dan dada untuk membantu Anda bernafas lebih mudah. Zat utama yang terkandung di dalamnya adalah gingerol yang merupakan senyawa bioaktif utama dalam jahe. Zat ini berperan utama atas sebagian besar sifat obatnya. Dan zat inilah yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Secara historis, jahe memiliki tradisi sejak sebagai bahan yang sangat efektif dalam mengurangi gejala gangguan pernapasan. Dalam jamu, jahe dianggap sebagai obat yang sangat baik yang tidak punya efek samping apapun.

Penelitian ilmiah modern telah mengungkapkan bahwa jahe memiliki banyak sifat terapeutik termasuk efek antioksidan. Yaitu kemampuan untuk menghambat pembentukan senyawa peradangan, dan memiliki efek anti-inflamasi secara langsung. Cara mengeluarkan dahak ini adalah cara yang paling mudah karena bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

Jeruk Lemon

lemon

Lemon dapat menambahkan warna dan rasa pada makanan dan memberikan vitamin C dosis tinggi. Jeruk lemon memiliki khasiat yang menyegarkan dan kebanyakan orang mencampurnya dengan gula atau madu.

Tapi ada beberapa bukti yang mendukung gagasan bahwa memakan jeruk lemon atau minum jus lemon akan mengurangi jumlah lendir yang Anda hasilkan. Atau juga dapat mengurangi kemacetan infeksi pernapasan yang disebabkan oleh lendir atau dahak. Berikut ini adalah cara mengeluarkan dahak dengan bahan utama jeruk lemon:

– Siapkan setengah potong jeruk lemon dan air panas 1 gelas
– Masukkan perasan lemon ke dalam air panas dan aduklah
– Bisa menambahkan gula atau madu secukupnya sesuai selera
– Lakukan sebanyak 3 kali sehari

Apa sih sebenarnya yang terkandung dalam buah jeruk lemon sehingga buah itu dipercaya dapat mengeluarkan dahak? Lemon mengandung vitamin C, asam sitrat, flavonoid, vitamin B kompleks, kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, potassium, dan serat.

Dalam buah ini terkandung vitamin C dalam dosis yang cukup besar. Vitamin C dalam lemon membantu menetralkan radikal bebas yang terkait dengan sebagian besar jenis penyakit. Sehingga secara efektif benar-benar dapat digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam cara mengeluarkan dahak.

Bawang Putih

bawang putih

Batuk adalah cara tubuh mengusir gangguan di saluran pernapasan bagian atas atau tenggorokan. Dan bisa menyerang orang dengan dua cara – batuk kering dan batuk basah. Batuk kering bisa disebabkan karena alergen, bakteri, debu dan iritasi lainnya. Batuk basah disebabkan saat lendir atau dahak berkembang di tenggorokan.

Namun, kebanyakan orang mulai menangis sementara mereka memotong bawang putih, padahal bahan ini sebagai salah satu media untuk cara mengeluarkan dahak secara efektif. Tapi tahukah Anda uap kuat yang keluar dari bawang akan membantu Anda berhenti batuk?

Jadi, alih-alih mengkonsumsi sirup obat batuk, Anda dapat melakukan percobaan menggunakan obat alami ini untuk mengeluarkan dahak. Kita simak saja langsung langkah-langkah mengeluarkan dahak dengan menggunakan bawah putih dan madu berikut ini:

– Iris 2 siung bawang ukuran sedang secara merata dan letakkan di dasar toples
– Kemudian tuangkan 1 cangkir madu ke irisan bawang tersebut
– Tutup toples erat-erat dan simpan selama 9 jam atau semalam
– Sekarang buka toples dan konsumsi 1 sendok teh sirup ini
– Ulangi secara teratur selama 3 – 4 kali sehari sampai Anda terbebas dari batuk dan dahak yang mengganggu

Tidakkah kamu percaya itu? Bawang putih ini kaya akan senyawa belerang yang menunjukkan sifat anti bakteri untuk menyembuhkan batuk berdahak. Sulfur yang bertindak sebagai elemen detoksifikasi kuat dapat membantu tubuh melepaskan racun (terutama dari hati). Benda ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan bekerja sebagai antibiotik dan ekspektoran alami untuk melonggarkan lendir yang menyebabkan batuk.

Bawang putih ini juga mengandung anti-inflamasi yang mengurangi rasa sakit atau pembengkakan yang disebabkan batuk terus-menerus. Selain itu, bawang pun bertindak sebagai penahan batuk yang sempurna dan memberi Anda kelegaan dari batuk dan serta dahak yang mengganggu. Itulah mengapa cara mengeluarkan dahak dengan bawang putih sangat mujarab.

Daun Mint

daun mint

Dahak adalah infeksi virus yang umum pada saluran pernafasan bagian atas yang mempengaruhi selaput lendir tenggorokan. Selaput lendir sekarang meradang menyebabkan sakit tenggorokan, bersin, sakit kepala, pilek dan tersumbat.

Tidak hanya sangat mengganggu tenggorokan bahkan bernapas lewat hidung Anda sulit. Dan bahkan tidak bisa mencium atau mencicipi makanan dengan benar.

Mentha spicata atau mint seperti yang biasa disebut, telah dikenal dengan sifat pengobatannya selama lebih dari 2000 tahun. Daun mint ini telah umum digunakan untuk meringankan flu yang diikuti munculnya dahak. Berikut ini adalah cara mengeluarkan dahak dengan menggunakan daun mint:

– Siapkan beberapa lembar daun mint dan cucilah hingga bersih
– Masukkan ke dalam teko dan tambahkan air secukupnya
– Rebus hingga mendidih kemudian angkat dan biarkan selama beberapa menit
– Minumlah teh mint tersebut sebanyak 3 kali sehari hingga sakit Anda reda

Di dalam tanaman mint mengandung sifat dekongestan dan efek menenangkan. Karenanya tanaman tersebut berkhasiat membantu menumpulkan rasa sakit pada tubuh, menjadikannya obat yang hebat untuk melawan flu yang disertai dahak.

Tanaman mint ini juga mempunyai sifat terapeutik lainnya meliputi anti-inflamasi (melegakan tenggorokan), analgesik (pereda nyeri), anti mikroba (membunuh infeksi virus), antiseptic, antispasmodik (mengurangi kram otot dan kejang), diaphoretic (meningkatkan keringat), mengurangi gas dan mengatasi gangguan pencernaan.

Mudah bukan? Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi bahwa cara mengeluarkan dahak menggunakan daun mint dapat bekerja secara optimal. Dan yang paling penting tanaman ini mudah ditemukan atau bahkan Anda dapat menanamnya sendiri di pekarangan atau taman.

Kunyit

kunyit

Saya sangat yakin setiap orang pernah menderita batuk berdahak. Ini adalah kondisi umum ketika musim dingin. Dan kali ini bagaimana kunyit bisa digunakan untuk mengobatinya sebagai salah satu cara mengeluarkan dahak dengan metode pengobatan rumahan. Manfaat Kunyit yang secara ilmiah disebut sebagai curcuma longa dalam bahasa latin adalah rimpang dari keluarga zingiberaceae.

Tanaman ini adalah ramuan berwarna kuning dengan khasiat obat. Curcuma longa dibudidayakan dan digunakan secara luas di India. Obat tradisional ini digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Penggunaan kunyit untuk batuk merupakan salah satu obat rumahan yang paling populer untuk mengatasi batuk. Kandungan antibakteri dan anti-virus pada kunyit membuatnya menjadi obat terbaik untuk mengobati batuk dan pilek secara alami. Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana mengolah kunyit menjadi obat yang berkhasiat:

– Siapkanlah beberapa ruas kunyit, dan kupaslah, lalu cuci hingga bersih
– Parutlah kunyit yang telah dicuci hingga bersih tersebut.
– Kemudian peras dan ambil airnya.
– Campurkan air perasan kunyit itu ke dalam setengah gelas air panas dan tambahkan sedikit madu atau sesuai selera sebagai pemanis. Minumlah selagi hangat.
– Minum ramuan tersebut 2-3 kali sehari sampai batuk berdahak Anda reda

Kunyit ini adalah tanaman yang sangat berkhasiat karena mengandung senyawa kurkumin. Ada tiga kurkuminoid berbeda yang ada dalam kunyit, yaitu diferuloylmethane, demethoxycurcumin dan bisdemethoxycurcumin.

Dari ketiga zat tersebut, diferuloylmethane hadir dalam jumlah yang lebih tinggi menjadikannya sebagai penyebab warna dari ramuan tersebut. Kurkumin berfungsi sebagai zat anti-inflamasi dan juga memiliki fungsi sebagai anti-bakteri dan anti-virus.

Sifat kunyit ini membantu dalam pengobatan melawan bakteri dan virus yang ada pada penyakit batuk dan pilek. Kandungan anti-inflamasi dan kurkumin membantu meredakan sesak napas yang berkembang pada orang yang menderita batuk kronis.

Dalam bentuk yang lain, penggunaan minyak atsiri yang diekstraksi dari kunyit untuk batuk juga sangat berkhasiat tinggi dalam meringankan batuk dengan menyingkirkan dahak. Maka tidak heran, masyarakat kita yang masih berkultur tradisional banyak yang menggunakan kunyit sebagai bahan obat-obatan utama mereka. Dan tidak salah bila Anda pun mengikuti cara mengeluarkan dahak tersebut.

Air Garam

garam

Berkumur dengan air garam hangat adalah cara lain yang mudah untuk mengeluarkan dahak. Sementara air hangat menenangkan untuk tenggorokan yang teriritasi, maka garam akan membantu menghancurkan bakteri yang mungkin menyebabkan infeksi dan karena hal tersebut akan mengurangi produksi dahak. Caranya adalah sebagai berikut:

– Campurkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat.
– Berkumurlah dengan solusinya.
– Ulangi obat ini beberapa kali dalam sehari.

Mengapa garam dapat menjadi sebagai bahan dalam cara mengeluarkan dahak? Ternyata Garam ini dapat memicu sekresi air liur serta dapat mematikan bakteri. Dimana hal ini akan mempermudah mencairnya lendir sehingga dapat keluar.

Dan juga dapat mengantisipasi timbulnya infeksi akibat saluran tenggorokan yang terluka ketika batuk. Maka dari itu jangan ragu ya?! Kumurlah dengan air garam hangat sesering mungkin selama dahak yang masih ada terasa di tenggorokan. Lakukan setiap hari secara teratur sampai dahak itu benar-benar hilang dari tenggorokan Anda.

Terapi Uap

uap air

Langkah terakhir sebagai cara mengeluarkan dahak secara alami yaitu dengan terapi uap. Menghirup uap adalah cara terbaik dan paling sederhana untuk menyingkirkan dahak. Menghirup uap ke saluran hidung membantu menjadikan dahak mencair sehingga lebih mudah dihilangkan dari sistem pernapasan anda. Ada 2 cara dengan metode terapi uap ini, yaitu:

– Mandi uap dua kali sehari. Aturlah shower Anda pada pengaturan panas yang paling tinggi dan tetaplah di kamar mandi tertutup selama 10 menit untuk membantu mencairkan dahak. Pastikan untuk membasahi tubuh Anda setelahnya, karena air hangat dapat menghilangkan minyak esensial dan kelembaban dari kulit tubuh Anda.
– Sebagai alternatif, tuangkan air mendidih panas ke dalam mangkuk besar. Kerudungkan handuk di atas kepala Anda dan tarik napas selama 5 sampai 10 menit di atas uap air panas tersebut. Hal ini akan membantu Anda melonggarkan sekresi di paru-paru Anda. Anda bisa menggunakan cara sederhana ini beberapa kali dalam sehari.

Batuk berdahak dalam waktu yang sebentar mungkin tidak berbahaya, tetapi yang pasti akan sangat mengganggu kegiatan Anda. Baik anak-anak maupun orang dewasa tidak akan merasakan kenyamanan ketika mendapat gangguan dahak seperti ini.

Dan telah kami sediakan untuk Anda cara alami yang dapat Anda pilih untuk mengatasi gangguan dahak tersebut. Semua cara di atas sangat mudah, murah, efektif dan tanpa efek samping jika dilakukan secara benar dan sesuai aturan. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dan akhirnya setelah semua pembahasan langkah-langkah dari cara mengeluarkan dahak di atas, semua pilihan akan kembali kepada Anda. Apakah Anda tetap ingin menggunakan obat-obatan berbahan kimia?

Ataukah Anda menempuh jalan yang lebih aman dengan cara alami? Sebagai catatan bahwa seaman apapun obat-obatan berbahan kimia, akan tetap menimbulkan efek samping baik langsung ataupun di kemudian hari. Sayangilah tubuh Anda, maka Anda telah menyayangi orang-orang yang menyayangi Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya?!