12 Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

Cara Mengecilkan Pipi

Waktuku.comCara mengecilkan pipi bisa dilakukan bagi siapa saja yang punya pipi tembem. Biasanya wanita kurang nyaman memiliki pipi tembem sehingga mereka mencari cara untuk mengecilkan pipi tembemnya tersebut.

Untuk mengecilkan pipi, ada beberapa cara yang bisa anda pilih. Seperti ada yang melakukan operasi atau menggunakan bahan alami yang tetap menyehatkan. Anda juga bisa melakukan senam wajah jika ingin pipi anda tirus dan tidak tembem lagi.

Cara ini paling mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang besar. Ada juga cara lain misalnya melakukan pemijatan pada area wajah terutama pada bagian pipi. Untuk lebih jelasnya apa saja yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan pipi, langsung saja ikuti penjelasan berikut ini.

Bagaimana Cara Mengecilkan Pipi?

Senam Wajah

Jika anda ingin mengecilkan pipi, salah satu caranya ialah dengan melakukan senam wajah. Anda bisa melakukan senam wajah selama 15 menit saat pagi hari sebelum pergi mandi. Kemudian setelah senam wajah, anda bisa langsung mandi supaya wajah anda lebih segar.

Selain itu, pipi anda yang semula tembem akan berangsur angsur tirus. Beberapa senam wajah berikut bisa dilakukan ketika pagi hari.
Smilling Fish / Membentuk Mulut Seperti Mulut Ikan

Cara mengecilkan pipi yang pertama bisa anda lakukan ialah dengan senam wajah gerakan smilling fish. Gerakan ini ialah membentuk mulut anda seperti mulut ikan. Gerakan ini juga sangat baik untuk meniruskan pipi tembem anda. Dengan latihan ini maka pipi anda semakin kencang dan menjadikan pipi lebih tirus lagi.

Cara melakukan smilling fish untuk mengecilkan pipi:
– Langkah pertama bentuk mulut seperti menyedot pipi (sampai terlihat seperti wajah ikan)
– Kemudian ulangi sampai 10 detik
– Selanjutnya anda bisa tersenyum selama 5 detik
– Terus ulangi langkah langkah berurutan diatas sampai minimal 15 kali.

Lakukan setiap hari sampai pipi tembem anda berubah menjadi lebih tirus. Cara ini akan mengencangkan pipi yang membuatnya lebih tirus dan tidak kendor. Senam wajah satu ini juga akan membuat pipi anda lebih segar dan tidak terlihat lelah.

Berkata X-O

Senam wajah yang bisa membuat pipi anda lebih tirus ialah dengan melakukan gerakan berkata X-O. Tahukah anda jika gerakan yang sepele ini justru bisa membuat pipi tembem anda menjadi lebih tirus. Fungsinya ialah mampu mengecilkan garis rahang sekaligus mengencangkan pipi anda yang tembem. Sehingga menjadikan pipi lebih tirus dan kencang.

Banyak yang kurang menyadari jika gerakan wajah paling banyak digunakan untuk melafalkan kata setiap hari ialah mirip dengan anda melafalkan X dan O. Tahukah anda jika gerakan ini paling banyak dilakukan ketika sedang berbicara maupun mengunyah makanan.

Nah, jika anda membuat latihan ini sebagai gerakan senam wajah tentu akan bermanfaat untuk mengecilkan garis rahang sekaligus mampu menghilangkan lemak yang ada pada leher. Umumnya para reporter maupun penyiar radio melakukan gerakan X-O ini untuk pemanasan sebelum mereka mulai bersiaran. Hal ini dilakukan mereka supaya pipi mereka tidak kaku sehingga mulut juga bisa berbicara secara lancar.

Puffy Cheeks / Gerakan Meniup Udara

Cara mengecilkan pipi selanjutnya yang bisa dilakukan ialah senam wajah dengan gerakan seperti meniup udara. Ternyata latihan meniup ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak yang terdapat pada keseluruhan wajah maupun leher, termasuk juga pada pipi anda.

Dengan latihan ini, maka otot otot diwajah akan tertarik sehingga menghilangkan timbunan lemak yang ada di bagian pipi maupun dagu.
Bahkan latihan meniup tersebut juga bisa mengangkat pipi dengan alami, sehingga menjadikan wajah semakin tampak berseri.

Cara melakukan senam wajah meniup udara untuk mengecilkan pipi:
– Langkah pertama besarkan pipi sampai maksimal seperti akan meniup udara
– Lalu keluarkan air dari mulut dalam waktu 5 detik
– Lakukan latihan ini secara rutin setiap hari atau lakukan minimal 5 kali setiap harinya.

Gerakan meniup udara dengan kondisi mulut tertutup ini juga bisa membuat otot pipi bagian atas lebih kuat. Selain itu, pipi anda juga terlihat lebih tirus dan lebih kencang. Wajah juga akan terlihat lebih segar dan tidak tampak lelah. Jadi, lakukan senam wajah ini untuk cara mengecilkan pipi secara alami dan aman.

Memutar Lidah

Latihan memutar lidah memang sudah biasa dilakukan. Tahukan anda jika gerakan ini bisa membuat pipi anda lebih tirus. Karena gerakan ini bisa mengurangi lemak yang menumpuk pada pipi anda.

Caranya sangat mudah, anda tinggal menutup mulut dan memutar lidah. Selain itu, lidah juga harus bisa menyentuh bagian luar gigi atas maupun gigi bawah. Lakukanlah gerakan ini searah dengan jalannya jarum jam kemudian lakukan juga sebaliknya atau berlawanan terhadap arah jarum jam. Latihan ini bisa dilakukan secara berulang minimal 10 kali sehari. Jika ingin hasil maksimal, lakukan setiap hari sampai pipi menjadi tirus.

Gerakan Mengangkat Dagu

Latihan satu ini juga termasuk senam wajah paling baik untuk mengecilkan pipi tembem anda. Selain bisa menghancurkan lemak di pipi, latihan ini juga bisa menghilangkan lemak di sekitar dagu, tenggorokan maupun leher. Sedangkan untuk melakukan gerakan ini, kondisi punggung anda harus tegak dengan pandangan mata yang focus terhadap satu titik saja.

Selanjutnya, angkatlah dagu & bibir ke atas, seperti ingin mencium atap kemudian tahan sampai 5 detik. Untuk hasil yang lebih baik, maka ulangi latihan ini minimal 10 kali. Senam wajah ini akan membuat pipi lebih kencang dan wajah juga tampak segar.

Gerakan Kumur-Kumur

Cara mengecilkan pipi juga bisa dilakukan dengan latihan seperti gerakan berkumur. Latihan ini bisa menggerakkan sekaligus mengencangkan otot yang ada pada pipi. Sehingga pipi lebih kencang dan tampak tirus. Lemak yang terdapat pada pipi juga akan hilang.

Gerakan berkumur kumur juga bisa membentuk otot dagu serta menjaga rahang supaya tetap sehat. Lakukan latihan ini setiap anda selesai menggosok gigi yakni melakukan kumur kumur dalam waktu 1 menit. Untuk memaksimalkan hasilnya, lakukan gerakan ini minimal 5 kali sehari. Untuk air yang digunakan bebas karena anda bisa menggunakan air hangat maupun air biasa.

Gerakan Memutar Leher

Cara mengecilkan pipi selanjutnya juga bisa dilakukan dengan gerakan memutar leher. Dengan melakukan gerakan ini, bukan Cuma pipi anda yang tirus tetapi juga bisa menghilangkan lipatan yang terdapat pada dagu. Manfaat lain gerakan ini ialah menghilangkan stress dan juga memperkuat garis rahang anda.

Otot otot anda dibagian leher maupun wajah juga lebih kencang dengan melakukan gerakan ini. Menjadikan wajah lebih awet muda dan menghilangkan kerutan kerutan yang ada diwajah.

Cara melakukan latihan ini ialah anda perlu memutar kepala & leher dalam waktu 4 menit. Untuk mendapat hasil lebih maksmial, lakukan setiap hari sampai pipi anda lebih tirus. Ulangi juga gerakan ini minimal 5 kali sehari.

Tersenyum

Cara mengecilkan pipi yang paling mudah dilakukan ialah dengan tersenyum. Anda bisa tersenyum sangat lebar yang akan membuat otot pipi secara otomatis tertarik. Hal tersebut juga membuat lemak pada pipi menjadi bergoyang dan selanjutnya akan hancur.

Namun ada juga cara lain selain tersenyum, yakni dengan mengangkat otot pipi dan mengangkat lemak di pipi. Cara melakukan hal ini ialah dengan posisi punggung tegak kemudian tersenyumlah lebar didepan kaca. Kemudian tarik kembali otot yang telah terangkat karena senyuman anda kemudian tahan dalam waktu 15 detik. Ulangi minimal 10 kali agar hasilnya maksimal.

Latihan Melepas Rahang

Gerakan yang bisa dilakukan selanjutnya ialah dengan latihan melepas rahang. Gerakan ini ialah membuka mulut dengan sangat lebar. Tujuannya ialah supaya otot yang ada di pipi dan dagu bisa tertarik sehingga pipi menjadi lebih kencang. Pipi tirus pun akan anda peroleh dengan tulang pipi yang terlihat serta dagu tidak terlipat.

Untuk melakukan latihan ini, anda hanya perlu membuka lebar mulut anda kemudian tahan dalam waktu 5 detik. Selanjutnya anda harus tutup mulut dengan sangat rapat. Ulangi cara ini minimal 10 kali sehari.

Mengunyah Permen Karet

Fungsi lain dari mengunyah permen karet ialah bisa membantu membakar kalori yang ada pada pipi. Namun pilih jenis permen karet tanpa gula. Karena jika anda memilih permen karet yang terdapat kandungan gula didalamnya justru akan membuat pipi anda tembem.

Kunyahlah permen karet dalam waktu 15 menit. Dapat juga dilakukan 2 kali sehari yakni pagi dan sore. Latihan ini hampir sama dengan melakukan gerakan X-O diatas. Jadi, manfaatnya juga hampir sama dengan anda melakukan gerakan X – O diatas. Yakni bisa mengecilkan pipi menjadi lebih tirus dan mengencangkannya.

Gerakan Peregangan Wajah

Untuk mengecilkan pipi yang tembem anda juga bisa melakukan latihan peregangan wajah. Anda harus rileks dan memberis sensasi yang santai pada wajah anda. Cara melakukannya ialah menekan halus pada wajah menggunakan jari tengah dan jari telunjuk dari hidung bergerak ke telinga.

Bersamaan dengan ini, anda harus membentuk bibir seperti duck face. Lakukan dengan rutin setiap hari minimal 5 kali sehari. Dengan gerakan ini, maka pipi anda akan lebih kencang dan wajah menjadi lebih segar. Masih ada banyak manfaat yang anda peroleh ketika anda melakukan latihan ini. Misalnya menjadikan awet muda karena menghilangkan kerutan diwajah.

Jaga Pola Makan, Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Selain melakukan senam wajah diatas, anda juga bisa memperbaiki pola makan supaya pipi anda tidak lagi tembem. Hindari beberapa makanan yang banyak terdapat kandungan gula dan garam didalamnya. Karena asupan garam berlebih dalamsebuah makanan mampu membuat wajah tampak bulat atau pipi tembem.

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak sedikit serta makanan yang banyak mengandung vitamin dan juga nutrisi didalamnya. Tambahlah asupan sayuran dan buah dalam tubuh anda. Konsumsi juga makanan yang mengandung omega 3 yang akan membantu menghancurkan lemak di pipi anda. Makanan tersebut juga sangat baik dalam memproduksi kolagen sekaligus mampu mengencangkan otot pada wajah.

Itulah beberapa cara mengecilkan pipi yang paling aman dan mudah dilakukan. Anda bisa memilih salah satu cara diatas yang menurut anda mudah dilakukan. Selain cara diatas, anda juga harus menghindari makanan makanan berlemak yang akan membuat pipi menjadi tembem. Lakukan olahraga secara teratur, tidur yang cukup serta jaga pola hidup yang lebih baik jika anda ingin pipi anda lebih tirus dan tidak tembem. Selamat mencoba.