Cara Mengecilkan Perut

Waktuku.com – Berikut cara mengecilkan perut secara alami untuk orang yang memiliki masalah penumpukan lemak di area perut yang patut dicoba. Perut buncit biasanya terjadi karena pada area tersebut mendapatkan banyak sekali asupan lemak dan kurangnya latihan fisik yang menyebabkan pembakaran lemak dan kalori sangat minim terjadi.

Selain itu biasanya orang yang memiliki perut buncit disebabkan 3 pemicu utama yaitu:

• Sering makan camilan

Orang berperut buncit biasanya memiliki kebiasaan memakan camilan yang mengandung gula dan lemak seperti coklat, kue maupun ice cream secara berlebih.

• Kurang gerak

Kurangnya aktivitas fisik sangat memiliki efek yang cukup signifikan dalam penumpukan lemak pada perut dengan kata lain asupan kalori yang masuk pada tubuh tidak gunakan sebagai sumber energi secara maksimal tetapi hanya tertimbun dan menjadi lemak di perut.

• Minuman Alkohol dan bersoda

Kandungan alkohol dan soda pun dapat menyebabkan perut mengalami kebuncitan apalagi jika diminum secara berlebihan, karena minuman tersebut memiliki kadar gula dan kalori yang terbilang tinggi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, sebelum anda masuk ke bagian cara untuk mengecilkan perut, alangkah lebih baiknya rubah 3 kebiasaan di atas terlebih dahulu. Jika sudah, berikut ada 2 cara alami untuk mengecilkan perut yang wajib anda lakukan dengan sebaik-baiknya yaitu dengan berolahraga secara rutin dan menjalani diet.

Olahraga menjadi salah satu langkah awal dan penting untuk anda, yang ingin mengecilkan perut. Karena dengan rutin berolahraga secara teratur, mampu memaksimalkan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk diubah menjadi sumber energi.

Setidaknya orang yang memiliki kegemukan atau pun orang normal harus melakukan olahraga minimal 30 menit secara rutin 3x dalam seminggu, adapun olahraga yang disarankan dan bermanfaat untuk mengecilkan perut sebagai berikut:

1. Senam Aerobik

Senam Aerobik merupakan jenis olahraga yang perlu dilakukan untuk mengurangi penumpukan lemak pada perut walaupun terbilang cukup lama tapi dengan sering melakukan senam aerobik dijamin anda akan mendapatkan penurunan berat badan secara konsisten. Selain itu olahraga yang satu ini memiliki unsur-unsur penting dari olahraga yang baik seperti Kesinambungan, memiliki sebuah ritme dan intensitas yang teratur yang tidak terlalu membuat anda cepat kehilangan oksigen yang tentunya menyebabkan cepat datangnya rasa capek pada tubuh.

2. Berenang

Bukan hanya menyenangkan melakukan olahraga ini, tapi juga dapat memberi efek yang cukup cepat dalam mengecilkan perut dengan tidak terlalu memberi beban yang berat pada bagian tubuh. Jadi bagi orang yang memiliki tubuh yang termasuk ke dalam obesitas dapat melakukan olahraga ini dengan mudah dan nyaman. Prinsip olahraga berenang ini sama dengan senam aerobik yaitu dengan bertahap.

3. Jogging

Olahraga ini paling sederhana yang dapat menghilangkan perut buncit karena dapat dilakukan dimanapun dibandingkan dengan olahraga lainnya. Karena dengan melakukan jogging setiap hari selama 30 menit dapat membakar 500-900 kalori pada tubuh manusia. Jadi dengan begitu jogging merupakan salah satu olahraga yang sangat cepat menghilangkan buncit pada perut yang perlu anda coba.

4. Bersepeda

Dengan melakukan aktivitas bersepeda juga dapat berpengaruh untuk menghilangkan perut buncit secara efektif. Jika bersepeda selama kurang lebih 30 menit setiap hari ini setara dengan melakukan pembakaran kurang lebih 300 kalori. Selain itu juga bukan hanya dapat menghilangkan perut buncit tetapi juga bisa melatih otot pada paha agar lebih berotot atau kuat.

5. Lakukan olahraga untuk membentuk otot perut

Olahraga yang memiliki manfaat untuk membentuk otot perut sangatlah penting dilakukan untuk menghilangkan lemak berlebih pada perut itu sendiri dengan menggantinya dengan masa otot. Berikut beberapa olahraga yang dapat membentuk otot perut:

A. Sit Up

Sit up adalah salah satu gerakan olahraga yang memiliki tingkat keberhasilan menghilangkan perut bucit yang lumayan tinggi. Untuk melakukan Sit Up yang baik dan benar:

• Pertama lentangkanlah tubuh anda di atas matras dengan posisi kaki dalam keadaan lurus.
• Lalu taruh kedua tangan di belakang atau bisa juga di samping kepala.
• Angkatlah bagian badan atas anda seperti posisi orang ingin duduk tetapi dengan kaki tetap terlentang lurus.
• Lakukanlah sit up minimal sehari sebanyak 25 kali.

B. Back Up

Gerakan back up adalah sebuah kebalikan dari gerakan sit up. Karena back up dilakukan dengan posisi tubuh dalam keadaan tengkurap. Untuk melakukan back up berikut caranya:

• Berbaring dalam posisi lurus tengkurap.
• Kedua tangan diletakan di samping kepala atau bisa juga di belakang kepala.
• Lalu angkatlah badan bagian atas anda secara berulang-ulang.
• Lakukan gerakan ini kurang lebih sebanyak 30 kali dalam sehari.

C. Sikap lilin

Gerakan sikap lilin juga dapat memberikan efek untuk menghilangkan perut buncit. Untuk melakukan sikap lilil berikut caranya:

• Rentangkan tubuh anda di atas matras
• Lalu angkat kedua kaki ke atas sampai perut anda juga ikut terangkat dan dengan kaki masih dalam keadaan lurus.
• Kemudian tahan posisi tersebut dengan kedua tangan selama beberapa menit.

D. Gerakan bersepeda

Gerakan ini dapat dilakukan untuk anda jika ingin bersepeda tetapi tidak memiliki sepedanya, tetapi dengan hasil melatih otot yang sama baiknya. Berikut cara melakukan gerakan bersepeda:

• Baringkanlah tubuh anda pada matras dengan posisi menghadap ke atas dan lurus.
• Lalu angkat kedua kaki sambil melakukan gerakan seperti orang yang sedang mengayuh pedal sepeda.
• Lakukanlah gerakan ini minimal 10 menit dalam sehari.

E. Ball Crunch

Ball crunch merupakan sebuah gerakan sit up tetapi dilakukan di atas bola karet. Untuk melakukan gerakan ini berikut caranya:

• Pertama cobalah duduk pada sebuah bola karet besar dengan kaki di bawah menyentuh lantai.
• Lalu baringkanlah tubuh anda secara perlahan ke belakang hingga punggung anda bersentuhan dengan bola karet tersebut.
• Selanjutnya kedua tangan taruh di belakang kepala.
• Cobalah angkat angkat tubuh bagian atas anda dengan pantat tetap menyentuh bola.
• Lakukanlah gerakan ini 35 kali dalam sehari.

Selain pentingnya berolahraga untuk mengecilkan perut buncit, dengan menjalani diet juga sangat perlu anda lakukan karena. Diet ini dilakukan hanya dengan mengubah porsi makan dalam sehari, semisal jika tadinya makan dengan porsi 3 kali dalam sehari cobalah kurangi menjadi 2 kali makan. Tetapi dengan catatan harus menjaga pola makan yang baik dari segi waktu, jenis makanan, dan jumlah makanan. Berikut cara diet yang tepat yang dapat memberikan efek untuk mengecilkan perut buncit:

6. Hitunglah jumlah kalori yang masuk

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin menjalani diet adalah selalu menghitung jumlah kalori yang masuk pada tubuh anda secara benar. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa untuk menghilangkan 1kg lemak pada tubuh diperlukan pembakaran kalori sebanyak 7000 kalori.

Oleh sebab itu dengan mengawasi jumlah kalori yang masuk saat makan sangat dianjurkan untuk anda lakukan agar kalori yang masuk tidak terlalu banyak. Cobalah kurangi juga 300-400 kalori dalam sekali makan.

7. Mengkonsumsi protein

Protein merupakan nutrisi terpenting jika anda ingin mengecilkan perut. Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat protein yang tinggi akan membuat anda lebih cepat kenya dibandingkan dengan makan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu protein juga dapat metabolisme pada tubuh anda meningkat 80-100 kalori dalam perharinya.

8. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Jika ingin melakukan diet dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah hal yang wajib anda lakukan karena makanan tersebut merupakan makanan yang memiliki lemak yang sangat sedikit.
Disamping itu juga pada sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang bermanfaat untuk mengikat air yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan serta lebih cepat melarutkan lemak pada tubuh.

9. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi

Gula memang memiliki rasa manis yang sangat disukai oleh manusia, tapi jika berlebihan dalam mengkonsumsinya akan memberikan efek yang tidak baik pula pada tubuh kita seperti gigi gampang bolong, dan juga obesitas. Selain itu juga dengan mengkonsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan hati anda tidak dapat melakukan metabolisme pada seluruh fruktosa dan membuat zat ini hanya akan menjadi lemak yang lebih menumpuk pada bagian perut anda. Maka dari itu kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi karena dengan mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi adalah cara mengecilkan perut yang efektif.

Dewabet