Inilah 3 Cara Mengatasi Inflasi yang Paling Tepat

Cara Mengatasi Inflasi

Waktuku.com – Cara mengatasi Inflasi merupakan suatu kondisi dimana harga barang semakin naik secara terus-menerus akibat dari ketidakseimbangan antara arus uang dan juga arus barang. Inflasi ini juga bisa terjadi karena jumlah uang yang sudah beredar ternyata sudah melebihi batasan jumlah barang yang telah dibutuhkan.

Cara mengatasi inflasi ini bisa anda tempuh dengan beberapa hal dan salah satunya tentu dengan mengendalikan jumlah uang yang diedarkan. Kenaikan ini sebetulnya bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lebih panjang. Jangan sampai hal ini memberikan dampak buruk pada keuangan anda.

Inflasi ini menjadi salah satu gejala ekonomi yang tak bisa dihilangkan hingga tuntas. Berbagai macam usaha yang biasanya dilakukan hingga saat ini hanyalah sebatas pengendalian saja atau sebatas mengurangi. Kini inflasi bisa digolongkan dalam 4 bagian yakni inflasi ringan, sedang, berat bahkan ada pula hiperinflasi. Biasanya untuk inflasi ringan ini akan mengalami kenaikan harga masih di bawah angka 10% dalam waktu satu tahun, inflasi sedang antara 10% hingga 30% per tahunnya dan juga hiperinflasi ternyata sudah tak mampu dikendalikan lagi.

Terjadinya inflasi dalam suatu negara ternyata bisa memberikan beragam dampak yang negatif. Dampak tersebut bisa dirasakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari perusahaan, masyarakat, bahkan juga pemerintahan. Dampak yang sudah ditimbulkan oleh adanya inflasi ini seperti halnya penetapan harga yang tidak tepat oleh para produsennya. Minat masyarakat dalam menabung kini semakin menurun. Selain itu tingkat ekspor barang menuju luar negeri kini semakin menurun saja.

Adanya inflasi yang terlalu tinggi ternyata bisa memberikan dampak yang semakin buruk dalam perekonomian negara kita. Hingga akhirnya ada berbagai macam kebijakan yang diambil guna mengurangi atau bahkan mengatasi adanya inflasi. Bab ini seringkali menjadi topic pembicaraan bagi mereka para pengusaha atau bahkan para pekerja yang tersebar di seluruh dunia. Jika inflasi terjadi maka kenaikan biaya dan krisis keuangan akan terjadi. Sementara itu masih banyak sekali orang awam yng belum paham tentang inflasi. Hanya saja efeknya memang begitu nyata pada anda gimana caranya mengatur biaya untuk kebutuhan keseharian.

Mungkin saja anda tak mampu mengendalikan inflasi, tetapi tidak juga membuat anda tidak berdaya dengan permasalahan tersebut. Alangkah baiknya anda bisa memahami bagaimana bisa inflasi ini berpengaruh pada daya beli anda. Hingga akhirnya diperlukan strategi yang efektif supaya mampu melindungi kondisi keuangan saat ini.

Cara Mengatasi Inflasi

Mengingat begitu pentingnya cara mengatasi inflasi, maka anda harus serius dalam penanganan kasus yang satu ini. Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebagai cara mengatasi inflasi ini pastinya anda harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Bahkan menariknya ada beberapa ahli ekonomi sudah sekapat bahwasanya inflasi kini tidak ada hubungannya dengan jumlah uang yang sudah beredar.

Hingga akhirnya supaya mampu mengatasi permasalahan inflasi, maka anda membutuhkan suatu kebijakan yang paling tepat. Kebijakan ini bisa diambil sebagai cara mengatasi inflasi. Cara tersebut sudah terbagi menjadi kebijakan fiskal, kebijakan moneter bahkan juga kebijakan yang lainnya. Supaya anda lebih jelas lagi mengenai hal ini, sebaiknya anda perhatikan berbagai cara berikut ini:

1. Menerapkan kebijakan moneter

Kebijakan yang satu ini menjadi segala bentuk kebijakan yang sudah diambil oleh pemerintahnya dalam bidang keuangan. Tujuan dari cara ini pastinya agar kestabilan moneter tetap terjaga dan mampu meningkatkan kesejahteraan mayarakatnya. Kebijakan moneter kini telah terbagi menjadi beberapa hal yaitu:

a) Kebijakan dalam menetapkan persediaan kas
Bank sentral sekarang ini mampu mengambil sebuah kebijakan untuk mengurangi uang yang beredar. Hal ini bisa dilakukan dengan menetapkan berapa persediaan uang yang akan diedarkan sekaligus memberikan ketetapan akan persediaan uang kas pada bank. Dengan begitu jumlah uang beredar semakin berkurang hingga akhirnya inflasi bisa lebih ditekan.

b) Adanya kebijakan diskonto
Supaya anda mampu mengatasi inflasi, Bank sentral kini mulai menerapkan sebuah kebijakan diskonto. Dengan cara yang satu ini maka nilai suku bunga akan semakin meningkat. Hal ini juga bertujuan supaya masyarakat lebih terdorong hatinya untuk menabung. Bahkan kebijakan ini juga berharap supaya jumlah uang yang diedarkan bisa berkurang.

c) Adanya kebijakan Operasi Pasar Terbuka
Melalui kebijakan yang satu ini, Bank Sentral mampu mengurangi jumlah dari uang yang diedarkan. Caranya cukup mudah sekali hanya dengan menjualkan surat yang berharga. Semisal saja Surat Utang Negara. Jadi semakin banyaknya jumlah surat yang sudah terjual, jumlah uang yang diedarkan pun makin berkurang hingga akhirnya bisa membuat tingkat inflasi juga ikut berkurang.

2. Menerapkan suatu kebijakan fiskal

Kebijakan yang satu ini merupakan sebuah langkah yang bisa membawa pengaruh atas suatu penerimaan maupun pengeluaran dari pemerintah. Kebijakan ini bisa berpengaruh pada tingkat inflasi. Kebijakan fiskal ini diantaranya:

A. Mampu menghemat angka pengeluaran pemerintah
Sekarang ini pemerintah sudah mampu menekan angka inflasi dengan cara mengurangi angka pengeluaran. Dengan begitu permintaan suatu barang maupun jasa akhirnya mampu membuat harga semakin menurun.

B. Mampu meningkatkan tarif pajak

Supaya mampu menekan angka inflasi, pemerintah pun bisa meningkatkan tarif pajaknya. Semakin naiknya tarif pajak untuk sebuah rumah tangga atau bahkan perusahaan bisa mengurangi tingkat konsumsinya. Angka pengurangan ini akhirnya juga membuat permintaan barang maupun jasa akan semakin berkurang. Harga pun nantinya juga ikutan turun.

3. Menerapkan Kebijakan Lainnya

Cara mengatasi inflasi kini bisa juga diatasi dengan memperbaiki dampak yang sudah menyebabkan inflasi. Bukan hanya menerapkan kebijakan fiskal maupun kebijakan moneter saja namun anda juga perlu menerapkan beragam kebijakan yang lainnya. Cara lain yang bisa dilakukan supaya mampu mengatasi inflasi yakni sebagai berikut:

a. Tingkatkan produksi sekaligus menambah jumlah barang yang ada di pasar
Cara mengatasi inflasi bisa juga dilakukan dengan meningkatkan jumlah barang yang ada di pasaran. Kini pemerintah juga mampu mengeluarkan sebuah perintah guna meningkatkan produksinya. Hal ini pastinya bisa dengan mudah ditempuh dengan cara memberikan subsidi pada sebuah perusahaan yang telah memenuhi target.

b. Tetapkan harga maksimum beragam jenis barang
Cara mengatasi inflasi bisa juga diterapkan dengan menetapkan harga dari beberapa jenis barang. Penetapan harga ini tetap harus realistis. Jika penetapannya nanti tidak realistis, maka bisa berakibat pada munculnya black market.

Itulah tadi sekilas informasi mengenai cara mengatasi inflasi yang bisa anda tempuh. Setelah mengetahui tentang inflasi, kini anda pun akan semakin paham mengenai pentingnya mengatur keuangan. Apabila anda sudah mampu mengaturnya bahkan dengan proses akutansi yang terbilang tepat, maka inflasi pun bisa dikendalikan dengan mudah. Jurnal ini menjadi sebuah software akuntasi online yang sudah siap memberikan bantuan dalam hal proses akuntansi.

Entah itu mulai dari pencatatan sebuah transaksi keuangannya hingga akhirnya menjadi sebuah laporan keuangan. Dengan adanya jurnal ini maka anda bisa dengan mudah mengelola keuangan yang ada dalam bisnis anda kapanpun dan juga dimanapun tempatnya. Semoga saja dengan beragam rangkaian cara mengatasi inflasi ini permasalahan keuangan anda bisa terpecahkan. Bahkan anda bisa terhindar dari adanya inflasi yang mungkin bisa di alami oleh siapapun.