Cara Mengatasi Flashdisk 0 Byte
Cara Mengatasi Flashdisk 0 Byte

Waktuku.comFlashdisk merupakan sebuah media penyimpanan data memori flash yang memiliki port USB dan telah terintegrasi. Maka dari itu, flashdisk sangat berguna bagi kamu yang kerap membutuhkan alat untuk menyimpan data secara instan dan dapat dibawa kemana pun dan kapan pun.

Namun, kinerja flashdisk tidak selamanya baik alias tanpa masalah. Jika kamu sembarangan menggunakan flashdisk, kemungkinan besar akan terkena virus. Terutama jika kamu sering menggunakannya di sembarang PC seperti di warnet atau lab sekolah.

Salah satu contohnya adalah flashdisk yang hanya terbaca 0 byte saja. Hal tersebut dikarenakan flashdisk terkena virus karena kamu seringkali menghubungkan flashdisk pada PC atau laptop secara sembarangan. Sehingga, menghambat proses pemindaian.

Untuk mengatasinya sangatlah mudah. Hanya dibutuhkan beberapa menit dan flashdisk pun dapat digunakan seperti biasa. Apa yang harus kamu lakukan hanya meng-install sebuah software atau tool saja.

Cara Memperbaiki Flashdisk 0 Byte

Terkadang, kapasitas flashdisk yang mendadak menjadi 0 byte kerap membuat si pengguna menjadi panik, bahkan memutuskan bahwa flashdisk telah rusak, sehingga ia pun membuangnya. Padahal, masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah, berikut langkah-langkahnya:

a. Pastikan kamu telah memiliki software USB Disk Storage Format Tool pada PC atau laptop kamu. Jika belum punya silahkan kunjungi link berikut http://www.authorsoft.com/usb-disk-storage-format-tool.html. Silahkan install terlebih dahulu
b. Setelah selesai, silahkan kamu jalankan program tersebut sebagai administrator (Run Administrator), lalu masukkan FD 0 byte yang akan diperbaiki pada PC atau laptop
c. Sebelum memulai, lihat terlebih dahulu letter drive FD yang digunakan pada PC. Kamu dapat melihatnya pada File Explorer, contoh letter drive ‘C:’, ‘D:’, ‘E:’ dan sebagainya. Silahkan kamu lihat apa letter drive yang digunakan FD
d. Selanjutnya, kamu pilih letter drive FD, lalu pilih file system FAT32 dan klik Start pada program tersebut
e. Masalah pun teratasi, untuk memastiannya, kamu dapat melihat di properties drive FD

Selain dari cara di atas, kamu juga dapat melakukannya melalui Computer Management, caranya:

a. Masukkan FD pada PC atau laptop
b. Masuk ke program Run (tekan ‘Windows + R’)
c. Masukkan ‘compmgmt.msc’ pada kolom yang disediakan dan enter
d. Setelah itu, klik tulisan storage & disk management
e. Jika FD dalam keadaan bagus, pasti akan terdeteksi sebagai drive baru.
f. Klik kanan pada FD yang digunakan, kemudian pilih create partition
g. Selesai

Dewabet