10 Cara Mengamankan Android Dari Penjahat Cyber

4
459
Keamanan Android

Waktuku.com – Dizaman yang semakin modern ini, kita serba dimudahkan dengan adanya smartphone khususnya Android, dengan smartphone kita bisa mengakses berbagai hal, seperti website, social media, mobile banking dan masih banyak lagi. nah apakah anda yakin smartphone anda aman dari tindak kejahatan cyber ? apakah anda tahu ponsel Android itu rentan dengan kejahatan cyber ? Bagi anda yang tidak ingin menjadi korban kejahatan cyber, tidak ada salahnya untuk mencoba 10 Cara Mengamankan Android Dari Penjahat Cyber ini.

1. Gunakan Lock Screen Seperti Pattern atau PIN

Selalu biasakan menggunakan PIN, Password, atau Pattern untuk mengunci ponsel Anda lewat Lock Screen.

2. Aktifkan Keamanan “2 Step Verification” dari Akun Google Anda

Android dengan Google adalah satu kesatuan. Misalnya, jika ada seseorang meretas akun Google Anda, berarti dia pun meretas ponsel Android Anda. Untuk mengamankannya, aktifkan keamanan 2 Step Verification dari akun Google Anda.

3. Gunakan Android Device Manager di Ponsel Android Anda

Pastikan Anda mengaktifkan Android Device Manager, karena jika Anda kehilangan ponsel Anda, Anda dapat mencarinya lewat aplikasi ini. Anda juga dapat menghapus semua data lewat aplikasi ini.

4. Pastikan Download dan Install Aplikasi yang Terpercaya

Banyak pengguna Android lebih memilih memasang aplikasi menggunakan format .apk yang telah di crack. Padahal bisa saja aplikasi itu adalah aplikasi yang berbahaya. Disarankan, Anda untuk lebih memilih memasang aplikasi yang terpercaya yang terdapat di Google Play Store.

5. Jangan Pernah Gunakan Web Browser Default dari Ponsel

Web browser yang sudah ada di dalam ponsel biasanya terdapat banyak bugs dan lubang keamanan dimana-mana. Jadi, pasanglah web browser yang sudah pasti aman seperti Chrome, Mozilla, atau yang lainnya yang terdapat di Google Play Store.

6. Jangan Pernah Menggunakan Koneksi Publik (WiFi)

Jika Anda menggunakan koneksi publik, Anda menempatkan ponsel Anda dalam keadaan terancam. Kenapa? Karena sekarang terdapat banyak aplikasi yang dapat meretas ponsel Anda lewat jaringan WiFi.

7. Pastikan Selalu Update OS atau Aplikasi

Jika Anda secara teratur mengikuti atau memasang update terbaru, ponsel Anda bisa saja mengurangi ancaman berbahaya, karena setiap update biasanya menyematkan keamanan terbaru dalam aplikasi atau OSnya.

8. Gunakan AppLock

AppLock adalah aplikasi yang bisa mengamankan ponsel Anda dari lubang yang tidak tertutup, seperti dapat mengunci setting ponsel Anda. Jika ada seseorang yang berusaha mengubah setting ponsel Anda, dipastikan orang itu akan gagal karena AppLock telah mengamankannya.

9. Jika Ponsel Sudah di Root, Install Aplikasi Trusted Root Management

Pertama, jangan pernah root ponsel Anda dari semua program berbahasa Cina atau yang tidak terpercaya. Selalu cek forum XDA atau forum android lainnya untuk proses root yang aman. Gunakan aplikasi seperti SuperSu untuk manajemen aplikasi yang sudah terpercaya di kalangan para rooters ponsel.

10. Gunakan Aplikasi Antivirus yang Terpercaya

Pastikan Anda memasang aplikasi antivirus yang baik pada ponsel Anda, karena dengan aplikasi ini, ponsel Anda akan aman layaknya PC yang memakai antivirus.

  • opsionalmedia

    LOL … penjahat Cyber punya 1001 macam cara., itu baru 10 .., masih kurang. tambahin lagi 😀 . wajib BW yak. http://www.opsional.com

  • yg penting lebih hati hati aja kalo lagi di dumay

    • bener, apalagi yang makai jorok ya ga, hehe
      harus di bersihkan 😀