14 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Cara Memutihkan Gigi

Waktuku.comCara Memutihkan Gigi secara alami dan permanen, Jika ingin gigi lebih putih, tapi juga ingin menghindari bahan kimia, maka artikel ini mencantumkan banyak pilihan yang alami dan aman bagaimana cara memutihkan gigi secara alami dengan menggunakan bahan yang sederhana.

Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui apa penyebab gigi yang harus diketahui kuning? Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya yang cerah.

Jika gigi Anda menguning, Anda sering sekali melakukan kebiasaan buruk. Oleh karenanya, pada saat Anda menerapkan atau melakukan cara memutihkan gigi secara alami. Anda harus mencegahnya sejak dini berusaha menghindari hal-hal yang dapat menjadikan gigi Anda menguning.

Banyak sekali orang yang memiliki anggapan bahwa dengan menggosok gigi saja sudah cukup di dalam merawat gigi. Akan tetapi, Anda masih salah di dalam metode tersebut. Anda harus tahu bagaimana langkah-langkah agar gigi Anda tetap terjaga dari noda menguning dan tetap putih, bersih dan juga sehat.

Makanan tertentu bisa menodai gigi Anda, yang merupakan lapisan terluar gigi Anda. Selain itu, pembentukan plak pada gigi Anda dapat menyebabkannya terlihat kuning. Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diobati dengan pembersihan rutin dan larutan pemutih.

Namun, terkadang gigi terlihat kuning karena enamel yang keras telah terkikis, menunjukkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan kuning dan kurus yang terletak di bawah enamel.

Gimana Cara Memutihkan Gigi Secara Alami?

Baking Soda

baking soda

Baking soda memiliki sifat pemutihan alami, itulah sebabnya mengapa ini adalah ramuan populer dalam pasta gigi komersial. Ini adalah abrasif ringan yang bisa membantu membersihkan bekas noda pada gigi.

Selain itu, baking soda menciptakan lingkungan alkalin di mulut Anda, yang mencegah bakteri tumbuh. Ini bukan obat yang akan memutihkan gigi Anda dalam semalam, tapi Anda harus memperhatikan perbedaan penampilan gigi Anda dari waktu ke waktu. Salah satu caranya adalah:

– Campuran baking soda ini dengan air putih, atau juga bisa campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air.
– Aduk hingga membentuk pasta, kemudian gunakan sebagai pasta untuk menyikat gigi Anda.
– Gunakan setiap kali Anda menyikat gigi.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif untuk menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi standar tanpa baking soda. Semakin tinggi konsentrasi baking soda.

Cuka Apel

cuka apel

Cuka sari apel telah digunakan di dalam cara memutihkan gigi secara alami selama berabad-abad. Asam asetat, yang merupakan bahan aktif utama dalam manfaat cuka apel, secara efektif membunuh bakteri.

Sifat antibakteri dari cuka inilah yang membuatnya berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi Anda. Untuk menggunakannya adalah:

– Sebagai obat kumur, encerkan dengan air dan desiskan di sekitar mulut Anda selama beberapa menit.
– Pastikan untuk membilas mulut Anda dengan air biasa sesudahnya.

Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri yang bisa membantu memutihkan gigi Anda. Namun, terlalu sering menggunakan cuka juga bisa mengikis enamel pada gigi Anda, jadi batasi penggunaannya beberapa kali per minggu.

Siwak

siwak

Siwakan ini merupakan salah satu metode yang sudah tidak asing lagi bagi kita di dalam cara memutihkan gigi secara alami. Siwak ini sejak jaman dulu sudah menjadi salah satu alat untuk membersihkan gigi, gusi, dan juga mulut.

Bahkan ada yang mencatat di dalam sejarah, bahwa siwak ini telah dipakai sejak jamannya Mesir Kuno. Namun sebelum menyiwak pastikan dulu bahan dari siwak ini lembut dan juga bersih agar tidak menimbulkan iritasi. Meskipun semua mulai dari akar siwak dapat digunakan semuanya. Salah satun caranya adalah:

– Siapkanlah siwak Anda yang lembut, bisa dahannya ataupun akarnya. Kemudian tumbuklah siwak tersebut sampai halus.
– Gosokanlah secara perlahan ke dalam gigi Anda. Lakukan hal tersebut dan menggosok kurang lebih selama 10 hingga 15 detik.
– Berkumurlah menggunakan air hangat.

Dapat membuat siwak sendiri dari kayu yang tumbuh di sekitar rumah, namun juga harus Anda pastikan juga bahwa tidak menggunakan kayu yang beracun. Selain itu, kayu yang memiliki getah yang tidak baik dapat membuat gigi hitam atau pun kuning juga mesti harus kalian semua dihindari.

Arang Kayu

arang kayu

Salah satu cara memutihkan gigi secara alami adalah dengan memakai arang kayu. Memang aneh, jelas-jelas Anda menginginkan gigi putih ini malah disuruh menggunakan bahan yang justru bahannya berwarna hitam. Meskipun demikian, Anda janganlah menyepelekan arang kayu ini. Salah satu caranya adalah:

– Celupkan sikat gigi bersih dan basah ke dalam arang bubuk (atau buang kapsul arang ke sikat gigi).
– Bersandarlah di atas wadah arang dan segera sikat sikat arang tertutup di mulut (ini untuk melindungi wastafel Anda).
– Sikat di kecil, lingkaran lembut selama 2 menit, ludah dengan hati-hati dan bilas dengan sangat baik.

Dengan demikian, mulutmu akan terasa luar biasa bersih. Sering gunakan sesuai dengan kebutuhan saja. Karena terlalu sering juga tidak baik untuk gigi.

Kulit Jeruk

kulit jeruk

Cara memutihkan gigi secara alami terbaik salah satunya adalah menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk juga dikatakan sebagai cara efektif untuk menghilangkan noda permukaan dengan mudah dan hemat biaya.

Menggosok bagian dalam (bagian putih) dari kulit jeruk sebelum disikat dikatakan menghasilkan hasil yang sangat baik. Bagian albedo atau putih dari kulit jeruk mengandung vitamin C, pektin, limonen, glukasilat dan serat larut. Cara penggunaannya adalah:

– Anda cukup menggosok sisi putih kulit lembut di seluruh gigi, dengan atau tanpa garam meja. Garam bertindak sebagai scrub dan diperkirakan akan mengintensifkan efek pemutihan.
– Jika Anda kombinasikan bedak dengan kulit jeruk kering dan daun salam kering. Basahi campuran lalu gosok seluruh gigi Anda.

Mengapa kulit jeruk ini sangat efektif di dalam memutihkan gigi? Karena di dalamnya terkandung pelarut alami yang dapat membantu mengurangi beberapa noda pada gigi Anda. Jika perawatan kulit jeruk berhasil untuk Anda, butuh waktu lebih lama untuk melihat hasilnya dan tidak mungkin menghilangkan semua noda.

Buah Strawberry

strawberry

Tidak ada yang melengkapi lipatan lipstik yang lebih baik daripada senyuman putih mutiara. Jadi, bagaimana cara memutihkan gigi secara alami dan baik? Salah satunya adalah dengan menggunakan buah Strawberry. Strawberry mengandung asam malat, yang bertindak sebagai zat untuk menghilangkan perubahan warna pada gigi Anda. Silahkan mencoba dengan beberapa langkah ini:

– Siapkan 1 Strawberry.
– Siapkan ½ sendok makan baking soda.
– Hancurkan Strawberry menjadi konsistensi pulp-y.
– Tambahkan baking soda sampai rata.
– Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menyebarkan campuran ke gigi Anda.
– Diamkan selama 3-5 menit.
– Bilas dan sikat dengan sikat gigi.
– Buang biji strawberry.

Sebaiknya gunakanlah perawatan ini hanya seminggu sekali, karen sifat asamnya dapat merusak enamel pada gigi Anda jika Anda berlebihan dalam menggunakannya.

Lemon

lemon

Lemon adalah salah satu cara memutihkan gigi secara alami dengan baik. karen di dalamnya terkandung vitamin C yang bisa mencerahkan gigi. Ini bertindak sebagai agen pemutih yang menghilangkan perubahan warna kuning.

Ini mengandung asam sitrat yang merangsang produksi air liur yang membersihkan mulut. Sifat asam dan anti bakteri jus lemon membantu membunuh bakteri mulut, memberi gigi lebih cerah dan mencegah beberapa penyakit mulut. Cara Menggunakan Jus Lemon untuk Pemutih Gigi:

– Anda bisa menggunakan lemon dengan cara berkumur atau menggosok gigi dengan kulit lemon.
– Campur 1 sendok teh air dengan 1 sendok teh jus lemon segar.
– Gunakan ini untuk menyikat gigimu sebentar lagi.
– Cuci dengan air dan sikat gigi dengan pasta gigi biasa.
– Oleskan pada gigi dengan jari dan biarkan selama 5 – 10 menit.
– Pastikan untuk membilas mulut Anda dengan air bersih.
– Ulangi dua kali seminggu.

Namun Anda harus hati-hati di dalam memakainya. Karena, keduanya tersebut juga dapat mengikis lapisan pada gigi. Dengan begitu, menggunakan garam ini sangat efektif untuk cara memutihkan gigi yang kuning secara alami. Namun Anda harus ingat, upayakan jangan menggunakan garam ini secara berlebihan, dapat mengakibatkan rusak pada gigi Anda.

Hidoregen peroksida (H2O2)

Salah satu yang terbaik di dalam cara memutihkan gigi secara alami ini adalah dengan menggunakan Hodrogen peroksida. Pada dasarnya ini dipakai sebagai obat luka pada kulit, akan tetapi juga sangat baik sekali jika digunakan di dalam menjaga kesehatan dan juga kesegaran mulut. Caranya adalah:

– Tuangkan 2 sendok teh hidrogen proksida ini dan campurkan ke dalam 3 sendok teh soda, lantas aduk sampai membentuk pasta.
– Tambahkan juga sedikit pasta rasa mint atau dengan juga menambahkan 1 tetes pepermint yang ada pada pasta buatan Anda untuk memberikan kesegaran di dalamnya.
– Tambahkan juga setengah sendok teh garam yang dapat berfungsi untuk mengelupas noda atau juga kotoran pada gigi Anda.

Hiderogen peroksida ini juga dapat Anda pakai berkumur sebelum sikat gigi. Jangan menggunakan hidrogen ini terlalu banyak karena dapat merusak enamel gigi.

Daun Mimba

daun mimba

Para peneliti menggunakan serbuk daun nimba dan ekstrak dalam penelitian mereka, diyakini hal ini adalah salah satu cara memutihkan gigi secara alami. Menariknya, daun nimba bukanlah produk nimba yang paling efektif untuk tujuan perawatan gigi, melainkan kulit pohon nimba (karena itu mengunyah ranting neem). Caranya adalah:

– Ekstrak pada daun mimba tersebut hingga mendapatkan minyaknya.
– Campurkanlah minyak daunnya pada pasta gigi Anda.
– Gosokkanlah pada gigi dengan merata.
– Kumur kemudian, gunakan 2 kali sehari saja.

Daun mimba ini selain sangat ampuh di dalam memutihkan gigi Anda, juga sangat bermanfaat khasiatnya sebagai obat dalam penyembuhan segala macam penyakit.

Kulit Pisang

kulit pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang disukai oleh sebagian besar manusia. Mereka biasanya merupakan salah satu makanan pertama yang diberikan karena mereka mudah dicerna.

Pisang menawarkan nutrisi yang optimal seperti itu, namun tahukah Anda bahwa itu juga sangat baik sebagai senyawa yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi? Mari kita simak langkah-langkahnya:

– Dapatkan pisang yang baru matang (mungkin masih memiliki jejak jumlah hijau di setiap ujungnya, tapi jangan terlalu banyak).
– Kupas pisang dan ambil sepotong kecil bagian dalam kulitnya dan mulai dengan lembut menggosoknya di sepanjang gigi Anda.
– Saat Anda menggosok dan melewatkan waktu, mineral akan diserap ke gigi dan mulai mempromosikan pemutihan.
– Sikat dengan pasta gigi pilihan Anda, bilas, dan diamkan.

Anda juga akan mendapati bahwa kulit pisang mengandung kalsium dan vitamin D dalam jumlah banyak. Ini akan memperkuat gigi dan membantu mereka untuk benar-benar menyerap mineral lebih baik.

Daun Salam

daun salam

Salah satu cara memutihkan gigi terbaik adalah dengan menggunakan daun salam. Karena di dalamnya terkandung banyak vitamin yang dapat menjaga dan merawat gigi Anda menjadi tampak lebih putih. Adapun cara pemakainnya adalah:

– Haluskan daun salam sampai lembut dan halus.
– Campurkan kulit jeruk yang sudah kering serta lembutkan kembali.
– Gunakanlah sedikit air, kemudian campurkan keduanya hingga menjadi pasta.
– Anda sudah bisa menggunakan sebagai pemutih gigi bernoda atau mengkuning.

Mengapa daun salam ini mampu menjaga gigi putih merona? Karena di dalamnya terdapat kandungan yang bagus untuk merawat gigi Anda, salah satunya adalah vitamin A, B, C, dan juga D.

Keju

keju

Keju sangat bagus sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Karena di dalamnya terkandung kaya protein, kalsium, fosfor, dan asam laktat, yang semuanya membantu melawan bakteri di mulut Anda dan membuat enamel lebih kuat.

Kasein, sejenis protein yang ditemukan pada susu, terutama keju, bekerja dengan kalsium dan fosfor untuk membantu memperbaiki email. Protein mengikat gigi dan mencegah asam menyebabkan kerusakan. Caranya adalah:

– Ambil keju secukupnya.
– Konsumsi setelah makan
– Lakukan ini rutin 1 kali sehari.

Alasan Anda harus menggunakan keju dalam perawatan gigi putih ini karena di dalamnya terkandung nutrisi penting di dalam merawat tulan gigi Anda. sehinga dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka gigi Anda akan terjauhkan dari noda mengkuning.

Coklat Hitam

coklat

Selama ini banyak sekali yang mengatakan bahwa menkonsumsi coklat akan merusak igi. Namun fakta tersebut salah besar! Memang benar jika coklat tersebut banyak mengandung gulanya.

Tapi tidak pada coklat hitam ini, karena, coklat hitam adalah salah satu bahan yang dapat merawat gigi dan juga memperkuat lapisan gigi. Anda tidak percaya? Lakukan beberapa di bawah ini:

– Gosokkan coklat hitam pada gigi kuning Anda.
– Lalu diamkan sebentar, kemudian gosok gigi Anda dengan pasta gigi.
– Kumur dan lakukan ini rutin setiap hari.

Coklat hitam ini mempunyai banyak sekali kandungan yang ampuh di dalam merawata gigi Anda. salah satunya adalah kandungan antioksidan. Zat tersebut sangat membantu Anda di dalam menangkal kerusakan gigi, sehingga dapat menjadikan gigi Anda sehat dan bebas dari noda.

Gosok Gigi Secara Rutin

gosok gigi

Kadang kita lupa cara memutihkan gigi secara alami dan juga merawat bagaimana gigi kita agar tetap bersih, putih dan sehat. Meskipun pada kenyataannya untuk merawat gigi itu tidak cukup hanya pasta gigi saja. Lakukan beberapa hal di bawah ini:

– Sikatlah gigi 2 hingga 3 kali sehari. Adapun sikat gigi terbaik membutuhkan waktu hingga sekitar 3 menit.
– Pastikan juga bagaimana teknik di dalam menyikat gigi Anda yang benar.
– Gunakanlah sikat gigi yang lembut agar tidak merusak gusi Anda, dan juga usahakan jangan terlalu keras dalam menggosok gigi.

Apalagi jika saat Anda bicara dengan orang lain atau teman Anda. Maka dari itu, segeralah putihkan gigi Anda dengan menggunakan dan cara-cara yang ada di atas. Bahan-bahan dan cara tersebut memang cukup berkhasiat di dalam memutihkan gigi yang berwarna kuning.

Dengan melakukan cara memutihkan gigi secara alami di atas, hal ini akan dapat menghindari dari gigi yang menguning akibat dari perawatan gigi yang tidak baik. maka dengan demikian, gigi Anda akan terlihat lebih putih cemerlang.