Cara Memperbaiki Fashdisk yang Tidak Bisa Dibuka
Cara Memperbaiki Fashdisk yang Tidak Bisa Dibuka

Waktuku.comFlashdisk milikmu tidak dapat dibuka sama sekali? Masalah satu ini cukup menguras otak karena membingungkan, padahal jika hanya membuka atau melihat isinya flashdisk-nya saja.

Perlu kamu ketahui, tidak semua flashdisk dapat berjalan mulus seperti kebanyakan, terutama saat melakukan format. Kebanyakan, orang-orang mem-format flashdisk tidak sepenuhnya selesai akan bedampak kepada flashdisk yang digunakan, contohnya flashdisk menjadi tidak bisa dibuka.

Flashdisk tidak dapat dibuka, terjadi karena system yang ada pada flashdisk telah terkena virus atau proses format tidak berjalan semestinya, sehingga terjadilah kesalahan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melakukan langkah-langkah yang akan saya berikan kali ini. Caranya cukup mudah dan tidak membuatmu bingung.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Bisa Dibuka

Artikel ini dibuat karena banyak sekali yang mengalami masalah satu ini. Karena rata-rata apa yang dicari oleh si pengguna tidak sesuai dengan isi tutorial untuk mengatasinya, maka dari itu artikel ini saya buat guna membantu kamu memecahkan masalah flashdisk-nya.

Cara untuk memperbaikinya cukup mudah, kamu hanya perlu beberapa menit saja untuk memperbaikinya. Silahkan ikuti langkah-langkahnya.

a. Pastikan Flashdisk telah terpasang dengan benar pada PC atau laptop yang digunakan
b. Buka File Explorer (Tekan saja ‘Windows + E’ untuk shortcut)
c. Sekarang, carilah drive removable yang digunakan oleh flashdisk kamu
d. Setelah itu, klik properties untuk memasuki tool yang digunakan dalam proses checking flashdisk
e. Nantinya, kamu akan melihat tab ‘General, Tools, Hardware, Sharing, ReadyBoost dan Customize’. Di sana, kamu pilihlah tab tools
f. Di tab tools, kamu akan melihat Error-Checking (tools inilah yang digunakan untuk melakukan checking flashdisk kamu), lalu klik Check Now untuk memulai
g. Kemudian, kamu akan melihat sebuah dialog Format Flashdisk yang muncul.
h. Silahkan set sesuai yang kamu mau, lalu klik Quick Format
i. Biasanya, kamu akan kesulitan dalam melakukan formatting, bisa karena flashdisk yang digunakan atau karena faktor lain. Jika tidak bisa diformat, kamu ganti File System yang digunakan menjadi NTFS
j. Silahkan coba flashdisk yang digunakan, pasti sudah dapat dibuka