Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected
Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Waktuku.com – Sudah tidak asing lagi, bahwasanya flashdisk memiliki peran penting dalam keseharian kita dalam bekerja, terutama yang menggeluti bidang komputer. Adanya flashdisk ini sangat mempermudah saat melakukan proses transfer file dari PC ke PC lain.

Akan tetapi, terkadang terdapat beberapa masalah yang bisa saja muncul dan mengganggu proses transfer file. Diantara permasalah yang biasa terjadi adalah virus yang menginfeksi flashdisk, flashdisk terbaca hingga flashdisk yang tidak dapat menyimpan file.

Apa yang akan dibahas kali ini, yakni permasalah flashdisk yang tidak dapat menyimpan file, kerap dikenal dengan sebutan Flashdisk Write Protected. Masalah ini cukup banyak dialami para pengguna PC atau laptop, sehingga banyak sekali yang mencari cara mengatasinya.

Penyebab flashdisk menjadi write protected ini terjadi karena kamu tidak melakukan prosedur yang tepat saat hendak melepas flashdisk, yaitu tidak dieject/safely remove usb terlebih dahulu, sehingga system pada flashdisk menjadi corrupt dan berubah menjadi write protected.

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Untuk memperbaikinya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang akan waktuku berikan, di sini waktuku akan memberi 2 langkah berbeda yang dapat kamu ikuti, silahkan pilih salah satu.

Cara Pertama (Melalui Registry Editor)

a. Hubungkan terlebih dahulu FD pada port PC atau laptop
b. Jika FD telah terdeteksi oleh PC atau laptop, kamu diharuskan memasuki program Run (Tekan ‘Windows + R’)
c. Setelah itu, ketik ‘Regedit’ pada kolom yang telah disediakan, lalu tekan enter
d. Saat itu juga kamu akan dibawa menuju program Registry Editor, selanjutnya tekan ‘Ctrl + F’ untuk menggunakan mode pencarian, dan carilah ‘Write Protected’, tekan OK
e. Jika sudah, hapuslah registry yang bersangkutan
f. Setelah terhapus, silahkan restart PC atau laptop

Cara Kedua (Low Level Format)

a. Hubungkan terlebih dahulu FD pada port PC atau laptop
b. Sebelumnya, download tools terlebih dahulu, kunjungi link berikut http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/
c. Jalankan tools yang baru saja didownload tadi. Klik continue for free
d. Pilihlah drive FD yang akan diformat. Lalu continue
e. Setelah itu, klik format this device. Lalu, tunggu hingga selesai

Dewabet