Cara Memperbaiki aki Kering yang Lemah
Cara Memperbaiki aki Kering yang Lemah

Waktuku.comAki merupakan sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (berbalikan) dengan efisiensi yang tinggi.

Maksud dengan proses reversibel adalah di dalam baterai dapa mengubah energi kimia menjadi tenaga listrik.

Aki ini sangat berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang nantinya akan digunakan untuk men-supply (menyediakan) listrik pada sebuah sistem pengapian, lampu-lampu, starter dan komponen listrik lainnya.

Akhir-akhir ini banyak sekali produsen otomotif sepeda motor yang beralih menggunakan sebuah aki kering, karena penggunakan aki kering ini dinilai jauh lebih efisien daripada menggunakan aki basah.

Aki kering merupakan aki yang bebas dari perawatan, sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan air aki.

Selama penggunaan pun sangat berbeda dengan aki basah yang perlu melakukan perawatan aki dengan mengontrol ketinggian air aki agar tetapi pada garis aman.

Perawatan aki basah ini hampir dilakukan setiap bulannya, jika aki basah kehabisan air aki, maka aki pun akan langsung rusak.

Namun, aki kering kerap sering terjadi sebuah masalah yang tidak terduga-duga, sehingga membuatnya menjadi tidak dapat digunakan semestinya, contohnya adalah aki yang lemah.

Terdapat suatu cara untuk memperbaiki aki kering yang lemah, yang mana cukup mudah untuk dilakukan.

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Lemah

Sebelum itu, silahkan kamu siapkan alat-alat yang dibutuhkan, berupa obeng minus, suntikan dan air zuur. Air zuur merupakan sebuah air aki yang digunakan pada saat aki masih baru.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas terlebih dahulu. Setelah itu, buka paksa tutup aki dengan menggunakan sebuah obeng minus atau alat apapun itu yang dapat membukanya.

Hal tersebut karena aki pabrikan memang dilem dan tertutup sangat rapat sekali.

Setelah terbuka, akan terlihat 6 lubang aki dengan penutup karet. Isikan air zuur ke dalam aki kering tersebut kira-kira hingga 1 cm dari mulut lubang aki, lalu tutup rapat kembali.

Pasangkan kembali aki kering, dan cobalah kamu nyalakan motor dan jalankan motor kamu dengan RPM yang agak tinggi selama kurang lebih 20 menit.