Cara Memperbaiki Aki Basah
Cara Memperbaiki Aki Basah

Waktuku.com – Jika sebuah kendaraan tanpa menggunakan aki, kita ambil sebuah motor untuk contohnya, maka motor tersebut tidak akan mampu melakukan starter, sehingga untuk menghidupkan motor tersebut diharuskan diselah terlebih dahulu. Begitu pula pada lampu dan klakson pasti tidak dapat digunakan.

Accu atau biasa dikenal dengan aki merupakan sebuah baterai yang berfungsi untuk men-supply arus listrik guna berbagai komponen pada kendaraan. Contohnya seperti system starter, lampu dan lain sebagainya.

Hal tersebut terjadi karena arusnya mengalami gangguan atau terganggu. Apabila sebuah aki motor yang mungkin kamu miliki mengalami kerusakan, ada satu cara yang cukup unik untuk mengatasinya, yakni dengan menggunakan sebuah obat Bodrex atau obat puyer dan lain-lain.

Salah satu alasan dari obat Bodrex atau Puyer dapat memperbaiki aki, karena campuran dari bahan kimia yang terdapat dari Bodrex mampu mereduksi oksidasi di dalam aki yang digunakan, maka dari itu aki pun dapat kembali berfungsi sebagaimana semestinya.

Mungkin ada hanya beberapa orang yang mengetahui hal ini, yakni ketika motor yang kamu gunakan tersebut dipacu dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka sistem penerangan maupun klakson masih dapat digunakan, meskipun tidak normal seperti biasanya.

Cara Memperbaiki Aki Basah dengan Bodrex

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan aki atau accu motor yang soak (rusak) yang hendak dijadikan sebuah percobaan. Setelah itu, kamu buang dan kosongkan seluruh larutan (cairan) yang tersisa di dalam aki tersebut.

Kemudian, tuangkanlah sebuah air panas ke dalam aki, hal tersebut bertujuan untuk membersihkan dan mengaktifkan sel-sel yang mati pada aki tersebut. Siramlah berulang-ulang hingga buangan air dari dalam aki bersih.

Jika sudah, silahkan keringkan aki tersebut hingga 3 jam lamanya. Akan lebih bagus dikeringkan selama sehari penuh guna memastikan bahwa aki telah kering dan bersih sepenuhnya.

Setelah kering, sekarang kamu masukkan cairan ari aki yang baru. Disamping itu, pada tiap lubang atau sel aki, masukkanlah satu tablet bodrex yang telah ditumbuk secara halus. Lalu, diamkanlah aki selama satu hari, selanjutnya adalah cas lebih dahulu aki sebelum digunakan.